Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia
Topik Buddhisme => Sekolah Buddhis dan Sekolah Minggu => Topic started by: hemayanti on 10 October 2010, 02:59:47 PM
-
Setiap minggu saya bertugas di SMB,, :)
seringnya di anak2 kelas 3SD sampe yang belum sekolah.. yang masih kecil2 gitu..
Mereka kadang agak susah di atur,, khususnya yang udah kelas 2-3SD gitu..
Biasa gurunya lagi cerita di depan,, eh.. mereka malah main2....
Susah juga yah,, namanya juga anak2 pasti gitu.. ^-^
Hmmm.... latihan kesabaran nih sepertinya... ;D
Tapi ada yang bisa ngasi saran gak.
Bagaimana yah tips dan trik buat hadapin anak2 yang susah diatur itu,
biar mereka bisa diem dan gak berulah lagi.. :-?
-
Harus ada satu guru yg killer diajak jaga, kalo gak bakalan ribut terus tuh.
-
Mungkin kurang menarik ceritanya? atau bisa juga membawakan ceritanya kurang menarik?
Biar lebih menarik, bisa juga anak-anak diajak terlibat dalam cerita. Saya nonton di Daai Tv, anak-anaknya - misalnya - disuruh jadi rumput yang sedang bergoyang ;D Lucu sih. Jadi si pembawa ceritanya ngomong, "hayo, mana rumputnya.." trus anak-anak itu angkat tangan dan dilambai-lambai perlahan. Lalu dipake juga boneka-boneka, jadi seolah-olah boneka itu yang bicara. Bisa juga nanti bonekanya bercakap-cakap dengan anak-anak.
Kalo mau nonton, judul acaranya Rumah Dongeng, tiap hari Minggu jam 08.30 WIB di Daai tv
Kalo untuk non-cerita (pelajaran), bisa juga disogok dengan hadiah untuk anak yang bisa menjawab pertanyaan atau anak yang paling serius memperhatikan (paling diam) ;D
Ini contohnya membawakan cerita:
-
biar mereka bisa diem dan gak berulah lagi..
ada yg belajar melaui beberapa cara...
audio
visual
kinetic
jadi anak tidak harus berdiam... bisa goyang bagaikan rumput2 gitu (dpt yg diatas).
mungkin sis bisa google multiple intellegence....
-
Hemayanti, yang di atas itu part II, ini part I-nya biar kumplit. Btw, keliatannya lebih menarik kalo membawakan ceritanya gak sambil baca buku, tapi langsung aja diceritain pake boneka (atau alat peraga lainnya).
-
Diajarin tentang pancasila buddhist.. ;D
-
Hemayanti, yang di atas itu part II, ini part I-nya biar kumplit. Btw, keliatannya lebih menarik kalo membawakan ceritanya gak sambil baca buku, tapi langsung aja diceritain pake boneka (atau alat peraga lainnya).
makasih yah.... :)
-
saran aja, anak-anaknya banyak ngak? trus apakah dari yg tk - 3 sd di gabung? kalo di gabung mungkin cerita nya kurang mengena atau cocok untuk anak yg lebih besar.
-
saran aja, anak-anaknya banyak ngak? trus apakah dari yg tk - 3 sd di gabung? kalo di gabung mungkin cerita nya kurang mengena atau cocok untuk anak yg lebih besar.
iya sekarang udah dipisah jadi 3 kelas om.
kelas kecil itu mulai dari yang belum sekolah sampai 2sd
kelas tengah dari kelas 3sd-6sd
dan kelas besar smp dan sma, walau kadang juga kelas 6 gabung disini.
hehehehe... ;D
-
saran aja...
1. komunikasi 2 arah (mis tanya jawab). jadi jgn gurunya ngomong sendiri aja di depan.
2. ada waktunya care, ada waktunya disiplin.
-
saran:
1. usahakan pengemasannya sangat menarik minat anak2 & banyak ragamnya tidak itu2 saja
2. sederhanakan pesan yg ingin disampaikan cukup 1 atau 2 pesan saja dan disesuaikan dengan daya tangkap anak2
3. jinakkan pemimpin (yg dominan) di antara mereka
apa yg saya sampaikan hanyalah pemikiran saja
tentunya praktek di lapangan jauh lebih sulit
moga2 dpt membantu
kalau bisa, share apa yg sudah dikerjakan dan hasil2nya
kalau memang butuh masukan lagi, saya siap puter otak
btw, saya salut dgn anda yg mau memikul tanggung jawab ini
pekerjaan ini cukup berat, cobalah tetap semangat dan jangan mudah putus asa
anggaplah bekal nanti kalau jadi orang tua