dalam visuddhimagga, chanda didefinisikan sebagai :
"Keinginan utk berbuat. Jadi chanda mempunyai karakteristik untuk berbuat. Fungsinya adalah menandai (scanning) obyek. Dan hasilnya adalah kebutuhan (need) akan obyek. Obyek yg sama merupakan sebab utamanya. Dapat dianggap sebagai perpanjangan tangan dalam melihat obyek secara menyeluruh"
Atthasalini : chanda mencari obyek sesuai dengan yg sudah dikenal oleh citta. Chanda membutuhkan obyek, yg juga menjadi sebab utamanya
misal chanda yang berhubungan dengan salah satu dari 8 jenis lobha mula citta. Sulit untuk memisahkan mana yang lobha dan mana yang chanda
Jika kita ingin memperoleh obyek yang menyenangkan, lobha melekati obyek dan chanda-lah yang memungkinkan utk memiliki obyek tersebut.
namun bisa juga untuk obyek yang tidak perlu dimilik, tetap ada juga chanda yang berhubungan dengan lobha
Saat berhubungan dengan dosa mula citta, chanda mencari obyek yang tidak disenangi. Disini bisa dilihat bedanya chanda dengan lobha dimana lobha tidak mungkin bisa berpasangan dengan dosa mula citta
Namun chanda tidak bisa berpasangan dengan moha mula citta.
Untuk moha yang didominasi oleh vicikiccha, fungsinya "ragu-ragu", tidak bisa memegang obyek sehingga tidak memungkinkan chanda utk dapat mencari obyek yg dibutuhkan
pun dalam jenis moha ini, tidak adanya adhimokkha yang menentukan obyek
sedangkan dalam moha yg didominasi oleh uddhacca, juga tidak bisa bersekutu dengan chanda karena sifatnya yang "gelisah"