Dalam setiap citta, PASTI ada SANNA dan juga vedana (2 dari 7 sabbacitta sadharana cetasika = 7 cetasika yg ada dalam semua citta)
saat kontak dengan objek via pancadvara (5 pintu indera), disitu muncul 5 kesadaran yaitu kesadaran melihat, mendengar, membaui/mencium, mengecap dan merasakan (kulit)
dengan vedana, dapat dirasakan apakah itu vedana yg menyenangkan/sukha, ataukan yg tidak menyenangkan/dukkha
tapi dengan sanna, dapat diketahui itu adalah panas, dingin, dsbnya
setelah itu, barulah di batin muncul kesadaran via manodvara (pintu indera pikiran) yg obyeknya adalah lampau, sesuai yg ada di pancadvara
dimana vedananya ada 3 yaitu somanassa, domanassa dan netral
dan persepsi yg muncul bisa menambahkan apa yg muncul di indera, pun bisa mengurangi apa yg muncul di pancadvara......
jadi dalam kasus misal org yg sedang meditasi lalu dipukulkan genderang keras2 dekat telinganya.
secara pancadvara, itu adalah obyek yg tidak menyenangkan
tapi karena batinnya sedang fokus pada obyek lain di manodvara-nya, maka obyek di pancadvara diabaikan