//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [ask]4 kasina dan Upasamanussati,Aharapatikulasanna,Maranasati dan Catudhatuvava  (Read 78482 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline djoe

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 892
  • Reputasi: -13
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
memang susah bro kemenyan...butuh konsentrasi yang cukup..ada yang latihan 10 thn kasina jg ga capai jhana, tapi dikasih anapanasati lgsg capai dalam waktu singkat..tetapi jg ada sebaliknya...tapi tergantung carita seh..apa bro kemenyan sendiri caritanya sesuai?

Bisa dijelaskan tentang latihan anapanasati ?

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
« Last Edit: 10 September 2011, 06:32:36 PM by Mas Tidar »
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline djoe

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 892
  • Reputasi: -13
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Ada yang sudah berhasil gak dengan latihan kasina ini?
Mendapatkan abinna

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????
Bisa dijelaskan tentang latihan anapanasati ?

pertama..perhatikan nafas..perhatikan saja pintu hidung..jgn peduli nafas itu kemana..cukup sadari nafas itu masuk dan keluar..panjang dan pendek..halus dan kasar..lambat dan cepat.....nah..lama kelamaan nafas akan semakin halus..sangat halus bahkan tidak kerasa..tapi jgn panik, mesti sadar kita masih punya nafas krn kita blm mati..fokus lgi pada nafas..nah..lama2 akan muncul seberkas cahaya (tidak semuanya memiliki pantualan batin spt ini..ada yang melihat kabut, dsb)..pada awalnya nimittanya berwarna abu2 (tidak semuanya...ada yang warna lain jg..tergantung karakter individu)..biasanya disebut sebagai parikamma nimitta...jangan perhatikan nimitta tsb, tetap fokus pada nafas..seiring dengan konsentrasi meningkat, nimittanya biasanya berubah warna menjadi putih...nah ini disebut ugaha nimitta...di sini yogi jgn perhatikan nimittanya jg, tetap fokus pada nafas...seiring dengan konsentrasi yang meningkat, nantinya nimitta tsb akan menjadi terang dan transparan..ini disebut sbg patibhaga nimitta..jika patibhaga nimitta ini sdh stabil..nah di sini perhatian kemudian di fokuskan pada nimitta ini...nimitta akan semakin terang dan terang..cahaya ini disebut sebagai cahaya kebijaksanaan...jika yogi terus perhatikan patibhaga nimitta ini dalam jangka waktu yang cukup lama..yogi akan mengalami absorpsi konsentrasi kemudian mencapai jhana 1...

kalo sdh capai jhana 1, yogi mesti mempertahankan jhana 1 nya kira 2 atau 3 jam..trus memeriksa 5 faktor jhana..dan ketika yogi keluar dr jhana, dia mesti memeriksa wilayah disekitar hatinya (dada) dimana kesadaran bhavanga berdiam..itu yang dinamakan sebagai hadaya rupa (heart-materiality)...nah kesadaran bhavanga ini cemerlang dan bercahaya dan mirip seperti cermin dalam hati..itu namnya pintu pikiran..dan pada saat yogi melihat pintu pikiran, dia kan melihat anapa patibhaga nimitta yang tadi dia lihat muncul di sana..kemudian dia harus mulai memeriksa 5 faktor jhana

1. vittaka: yang membuat perhatian si yogi pada anapana patibhaga nimitta
2. vicara: yang menopang perhatian pada anapana patibhaga nimitta
3. piti: yang suka dan terpesona pada anapana patibhaga nimitta
4. sukha: yang merasakan kegembiraan pada saat mengalami anapana patibhaga nimitta
5. ekagatta : yang mengonsentrasikan pikiran pada satu titik pada anapana patibhaga nimitta..

pertama yogi harus memeriksa faktor jhana secara satu per satu, setelah itu memeriksanya 5 sekaligus..

di sini yang perlu diperhatikan adalah tiap tahap ada kesulitannya tersendiri..misal ada yang mengalami kesulitan dr parikamma ke ugaha, ugaha ke patibagha, dari patibagha ke jhana 1, dst...

kesulitan2 yang biasanya dihadapi pada saat anapanasati ini, biasanya yogi memperhatikan warna nimitta, memperhatikan bentuk nimitta, memperhatikan cahaya kebijaksanaan, pikiran yg tdk bs bergerak atau stuck didalamnya, muncul keragu raguan..

warna disini kita jd terfokus ke warna nimitta artinya nimitta ini warna demikian akhirnya konsentrasi kita drop..bentuk nimitta kita jg terpaku pada pertahankan bentuk akhirnya drop...belum lagi nimitta tidak muncul atau tidak muncul ugaha nimitta atau patibhaga nimitta walau si yogi sdh konsentrasi pada nafas keluar masuk...


« Last Edit: 11 September 2011, 02:47:11 AM by No Pain No Gain »
No matter how dirty my past is,my future is still spotless

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
untuk mengetahui objek yang cocok ...dgr2 kata pau auk sayadaw..coba latihan 1 objek meditasinya selama 1 minggu..jika tidak cocok (tidak membawa kemajuan), ganti objek lain..


di Pa Auk Tawya center hanya ada 2 jalan untuk memasuki tahap samadhi: anapana atau 4 elemen.
1. jika yogi sedari awal berlatih anapana dan merasa kesuliatan, kemudian memohon kepada sayadaw unt diberi instruksi unt berlatih 4 elemen. hanya sedikit yang berhasil.
2. jika yogi sedari awal berlatih anapana (jhana 1 s/d '8') sukses, kemudian diarahkan 4 elemen biasanya sukses dan memakan waktu yang singkat saja
3. jika yogi sedari awal berlatih 4 elemen dan berhasil akan lebih cepat menguasai anapana jika sayadaw telah memberi instruksi untuk masuk ke anapanasati
4. jika yogi sedari awal berlatih 4 elemen dan merasa kesuliatan, kemudian memohon kepada sayadaw unt diberi instruksi unt berlatih anapana probabilitas keberhasilan lebih tinggi drpd no.1


di Pa Auk Tawya ada seorang bhikkhu yang berlatih anapasati hampir 12 tahun dan belum mencapai apa2 tapi setelah melakukan penembusan patibhaga nimitta bagaikan melaju kencang sampai tahapan vipassana dengan waktu yang singkat.

MOS: khanti paranam tapo tithika (kesabaran adalah latihan pertapaan tertinggi).
we never know when the good parami will rippen, just be wise and practice diligently.
« Last Edit: 11 September 2011, 07:32:43 AM by Mas Tidar »
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????

di Pa Auk Tawya center hanya ada 2 jalan untuk memasuki tahap samadhi: anapana atau 4 elemen.
1. jika yogi sedari awal berlatih anapana dan merasa kesuliatan, kemudian memohon kepada sayadaw unt diberi instruksi unt berlatih 4 elemen. hanya sedikit yang berhasil.
2. jika yogi sedari awal berlatih anapana (jhana 1 s/d '8') sukses, kemudian diarahkan 4 elemen biasanya sukses dan memakan waktu yang singkat saja
3. jika yogi sedari awal berlatih 4 elemen dan berhasil akan lebih cepat menguasai anapana jika sayadaw telah memberi instruksi untuk masuk ke anapanasati
4. jika yogi sedari awal berlatih 4 elemen dan merasa kesuliatan, kemudian memohon kepada sayadaw unt diberi instruksi unt berlatih anapana probabilitas keberhasilan lebih tinggi drpd no.1


di Pa Auk Tawya ada seorang bhikkhu yang berlatih anapasati hampir 12 tahun dan belum mencapai apa2 tapi setelah melakukan penembusan patibhaga nimitta bagaikan melaju kencang sampai tahapan vipassana dengan waktu yang singkat.

MOS: khanti paranam tapo tithika (kesabaran adalah latihan pertapaan tertinggi).
we never know when the good parami will rippen, just be wise and practice diligently.
kok beda dengan yang saya ketahui ya?

anapanasati tidak bisa digunakan untuk mencapai jhana setelah jhana 4 (bahkan untuk mencapai jhana 4 dengan menggunakan anapanasati itu sangat sulit) sehingga yogi perlu mengganti objek meditasi..anapanasati biasanya digunakan kaarena merupakan meditasi yang relatif mudah dilakukan oleh semua orang dan biasanya digunakan untuk membantu yogi memperoleh landasan konsentrasi yang cukup sehingga yogi dapat lebih mudah berlatih objek lain.

objek 4 elemen hanya bisa membantu yogi untuk mencapai tahapan upacara samadhi..tidak dapat membantu yogi memperoleh jhana

di sini apabila yogi merasa kedua objek meditasi tersebut tidak sesuai dengannya, yogi juga dapat menggunakan objek meditasi lain (dengan seijin pembimbing)..

No matter how dirty my past is,my future is still spotless

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
kok beda dengan yang saya ketahui ya?

anapanasati tidak bisa digunakan untuk mencapai jhana setelah jhana 4 (bahkan untuk mencapai jhana 4 dengan menggunakan anapanasati itu sangat sulit) sehingga yogi perlu mengganti objek meditasi..anapanasati biasanya digunakan kaarena merupakan meditasi yang relatif mudah dilakukan oleh semua orang dan biasanya digunakan untuk membantu yogi memperoleh landasan konsentrasi yang cukup sehingga yogi dapat lebih mudah berlatih objek lain.

objek 4 elemen hanya bisa membantu yogi untuk mencapai tahapan upacara samadhi..tidak dapat membantu yogi memperoleh jhana

di sini apabila yogi merasa kedua objek meditasi tersebut tidak sesuai dengannya, yogi juga dapat menggunakan objek meditasi lain (dengan seijin pembimbing)..


minta konfirmasi dulu om, unt yang di Bold.

Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline djoe

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 892
  • Reputasi: -13
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Ada yang sudah berhasil gak dengan latihan kasina ini?
Mendapatkan abinna

Untuk pembuktian dan saksi

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Spoiler: ShowHide


yg kami maksud, dg jalur anapana (sebelah kiri) s/d 4 elemen.
yg kami maksud jhana 1 s/d 8 adalah dijalur sebelah kanan, yi: "Other Smatha Subjects"

sedangkan untuk jalur 4 elemen (sebelah kanan) biasanya langsung masuk ke "Analysis of Materiality & Mentality".
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Untuk pembuktian dan saksi

buktikan sendiri, manfaat yang diterima dan didapat unt Anda sendiri
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline djoe

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 892
  • Reputasi: -13
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
buktikan sendiri, manfaat yang diterima dan didapat unt Anda sendiri

Saya ada mencoba menggunakan api lilin, membayangkan api lilin sepertinya tidak ada masalah. Saya dapat duduk meditasi dengan tenang

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????

minta konfirmasi dulu om, unt yang di Bold.



oh saya salah nulis...

sebenarnya anapanasati emang smapai jhana 4....tapi kalo mau latih arupa jhana, anapanasati jg bisa digunakan..tapi cuman lebih disarankan menggunakan objek kasina..
« Last Edit: 11 September 2011, 12:10:29 PM by No Pain No Gain »
No matter how dirty my past is,my future is still spotless

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Saya ada mencoba menggunakan api lilin, membayangkan api lilin sepertinya tidak ada masalah. Saya dapat duduk meditasi dengan tenang

silakan dilanjutkan: http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=21122.0
kabar kbari kalau sudah ada kemajuan beserta bukti penampakan-nya ;D
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????
duh..ga bs modify lagi..

sebenarnya anapanasati emang sampai jhana 4 karena di anapana faktor jhana ekagata dan upekha bs disisakan, brarti bs jhana 4....tapi kalo mau latih arupa jhana, anapanasati jg bisa digunakan..tapi cuman lebih disarankan menggunakan objek kasina karena kasina itu menghasilkan nimitta yg sgt cemerlang melebihi anapana
No matter how dirty my past is,my future is still spotless

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????
ada yang tau cara masuk arupa jhana 1 dari jhana 4 melalui anapnasati bagaimana?


mau cross check dgn apa yang saya ketahui:

cara masuk arupa: perhatikan ruang di nimitta tersebut..trus saat ruang muncul...konsentrasilah padaa ruang itu dan kembangkan lah...kembangkan kesegala arah, maka nimitta akan hilang..disini nimitta object yg digunakan sebagai landasan masuk arupa ya yg saya maksud..kl nga kenapa wkt kita konsentrasi seolah olah kita tertarik ke dalamnya..usahakan konsentrasi hanya pada ruang itu
yaitu ruang tak terbatas terus menerus...
« Last Edit: 11 September 2011, 01:32:11 PM by No Pain No Gain »
No matter how dirty my past is,my future is still spotless

 

anything