//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Perjalanan menjadi seorang Buddhist  (Read 198277 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Perjalanan menjadi seorang Buddhist
« Reply #420 on: 15 March 2013, 03:47:06 PM »
Kini setiap saya berbuah baik saya selalu menyatakan tekad agar hasil kamma baiknya membuat saya lahir di kehidupan saya yg akan datang bukan dgn karunia lahir sebagai seorang raja, bukan seorang jutawan yg kaya raya, bukan kekuasaan tdk terhingga, bukan wajah rupawan cantik jelita, bukan pula lahir di alam surga tertinggi tapi saya hanya berharap saya selalu lahir di tempat yg  ada ajaran buddha damma dan saya dikaruniai kemampuan utk mengenal, memahami dan melaksanakannya sampai akhirnya menuju nibbana, walaupun untuk itu saya harus lahir dalam keadaan miskin, susah, sengsara, buruk rupa dan cacat saya tetap bersedia, karena saya yakin kebahagiaan yg buddha damma berikan pada saya akan melebihi dan membayar lunas semuanya.
Sadhu  sadhu  sadhu

Sabbe Satta Bhavantu Sukhitata




Semoga cita-cita mulia anda tercapai... Sadhu, Sadhu, Sadhu...

Note : Ada juga perumahtangga yang berhasil mencapai tingkat kesucian Arahat, seperti Menteri Santati.
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline thodi

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 124
  • Reputasi: 1
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Perjalanan menjadi seorang Buddhist
« Reply #421 on: 27 March 2013, 04:56:53 PM »
My turn..

  Kisah ini berawal ketika akyu masih kecil.. Gw dari kecil juga udah Buddha. Bonyok gw gajebo. Mereka bilang sih Konghucu, suka pegi ke klenteng n sembahyang tiap malem. Tapi kan Konghucu harusnya ke Li Tang ya? Kalo ke klenteng mah itu kayanya Taoism. Ga tau juga deh.. So, anyway, gw dari SD skolah di skolah multi agama. Jadi ada 4 agama besar di sono (minus Hindu). Gw dari SD-SMA itu ambil agama Buddha. Jadi blajar banyak di skolah.

  Pas SMP gw pernah 'ditipu' sama temen gw. 'Ikut Komsel yu.. Kita pada mo nonton Pokemon'. Wowowowow.. Asoy geboy gw pikir. Soalnya Pokemon waktu itu lagi booming. Kapan lagi gw nonton tuh makhluk kecil warna kuning. Gw ikut tuh.. Singkat cerita akhirnya gw dateng ke sono. Eh, malah diputer felm klise tentang pertobatan. Ada pendeta pindahan dari mana tau ke daerah slum area. Yang semua anak mudanya ikut gang, terlibat narkoba, kriminal, etc. Dan bisa tebak akhirnya, saudara"?? Yep.. Hepi ending dengan beberapa tokoh utamanya tobat  =D>

  Di sono gw udah se whot gitu loh... 'Bajingan' dalem ati gw mikir.. Mana Pikachu-nya?!? MANAAAAAAAAAAA???!???!?? Udah selesai tu felm antah berantah, mereka mule deh doa"... Semua nunduk, semua nangis.. Gw langsung mikir mo bisnis tisue saat itu. Yang laen pada nangis, gw cuma bisa cengo ga percaya.. WTF!? Ini pendeta pasti terbuat dari bawang! Semua mata jadi pada pedih mendadak! Gw pikir manusia terbuat dari tanah liat, taunya ada yang dari bawang. Beres pada nangis. Mule lah MCnya mempersilakan sebuah band memainkan lagu. Semua langsung pada jingkrak" mendadak! Tepuk tangan hore. Put ur hands in d air! Yeah, yeah!! Enyah lah kau pikir gw..

  Udah aja gw langsung cabut. Gw udah ga nyaman banget di antara kumpulan" aneh ini. Apa"an sih ini gw pikir. Di sini ga ada penari erotisnya. Nanggung abis kalo mo hura". Joget", tapi ga ada yang bisa disawer. Gw mo ke club disko dangdut aja. Ehh.. Dicegat gw.. Katanya acara blon beres. Set... Siapa lu dalem ati gw. Otak gw yang super kreatif langsung mikir cari" alesan buat cabut. Yang terpikir di otak gw cuma burung gw doank. 'Mo kencing' gw bilang gitu. 'Oh...'dia mikir dari pada gw pipis di celana n musti gantiin popok gw, dia kasih gw kluar juga akhirnya.'Ya udah.. Tapi nanti balik lagi ya...'. 'Iye' gw bilang.. 'In ur dream, tuyul..' Gw memaki dalem hati.

  Besoknya temen gw nanya,'Gimana acara kemaren? Seru ga?'.. 'Iya.. Banjir aer mata.'

  Later, pas masa" kuliah gw iseng" aja blajar tentang semua agama dari Zoroastric sampe Taoism. Karena gw demen sejarah n kebudayaan, jadi gw plajarin semuanya. Tetep yang bisa gw terima sama nalar gw cuma filosofi timur. Soalnya yang laen kaya ga masuk akal gitu. Otak gw terlalu dangkal ato gimana ya ini? Koq pada ga nyambung semua pertanyaan gw tentang kehidupan di ajaran yang laen.

  Gw skarang plajarin Buddhism n variatifnya, Taosim, n Confucius. Ya menganut paham Tridharma deh boleh dibilang. Tapi beratnya ke Buddhism. Karena basic gw dari sono. Jadi gw ke klenteng iya, ke vihara juga iya. Bodo amat ah.. Gw seneng kaya gini, ya gw jalanin aja.

ngakak bacanya gara2 pengin nonton pikachu jd tertahan evangelist  ;D

btw apakah anda skrg msh praktisi Tridharma atau Buddhism murni?
Janganlah karena marah dan benci mengharapkan orang lain celaka..

Offline ming_l16ht

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 114
  • Reputasi: 5
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: Perjalanan menjadi seorang Buddhist
« Reply #422 on: 02 August 2013, 10:07:05 AM »
 _/\_ Namo Buddhaya

Perjalanannya saya untuk mengenal Buddha sangatlah panjang sekali, awalnya saya mulai dari SD-SMP saya bersekolah di sebuah sekolah yayasan kat***k. saya mulai mengenal ajaran Buddha, mulai SD dimana saya pernah dijanjikan oleh pihak sekolah kat***k tempat saya belajar menjanjikan akan dibaptis untuk menjadi seorang kat***k. tapi pada kenyataan tidak ada pemberitahuan atau apapun. akhirnya saya mulai masuk kedalam Buddhis mulai dari SMP mungkin bisa dibilang krn merasa di bohongi. awal pertama kali saya mempelajari agama Buddha, saya masuk kedalam aliran Maitreya dan dilakukan ciu ciam (Sorry klo salah). akhirnya saya mulai berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yg ada dlm vihara. disela-sela saya menjadi umat Maitreya saya juga sempat mempelajari agama lain juga (I*s**m)

Tapi lama kelamaan diliat kok, pengajaran nya agak extreme... ya. sekitar 1 thn bertahan, akhirnya memutuskan diri untuk pindah ke klenteng. Selama di klenteng saya merasa nyaman, dan akhirnya bergabung dengan muda mudi nya yang kegiatannya dilakukan setiap hari minggu. belajar bersama mendalami mengenal tentang Buddha. sampai diberikan kepercayaan untuk memimpin Nien Ching. Anak2 Remaja dan Dewasa

Setelah mulai beranjak SMA, saya masuk ke dalam SMA swasta dimana saat pelajaran agama berbeda-beda. saya memilih untuk pelajaran agama Buddha. Tetapi pada saat merasakan di SMA ada yang aneh dalam setiap pelajaran agama, dimana si guru yang mengajarkan agama Buddha, memaksakan seorang murid nya untuk hadir setiap minggu di Vihara. apabila si murid tidak hadir, maka akan dimarahi oleh si guru. Dengan ada penekanan seperti itu akhirnya saya memutuskan untuk pindah mata pelajaran. Saya kembali mengambil mata pelajaran agama kat***k, yang saya rasakan disini nyaman damai tentram. sampai akhirnya saya mengambil les agama (katekisasi), untuk di baptis menjadi umat kat***k. tapi saya juga tidak meninggalkan ajaran agama Buddha. krn saya msh sering membaca buku2 tentang Buddhis, yg dimana saya mengambil untuk jalan hidup saya. karena saya pernah mendapatkan kata-kata dalam buku seperti ini... "Apapun ajaran yang Anda anuti/yakini, Anda mengerti akan inti dari ajaran agama tersebut. siapapun bisa mencapai ke-Buddha-an."

Dari situlah akhirnya saya mulai coba mencari lagi, apa yg dimaksud dengan Buddha. setelah lulus dari SMA mulai masuk bangku kuliah, dan saya msh berstatus agama kat***k dan msh berada di kat***k. tapi saya juga masih mempelajari agama Buddha, sampai terkadang ada peresmian vihara pun saya masih masuk dalam kegiatannya. Seiring berjalannya waktu saya sempat pindah Negara lain. Di negara lain pun sy msh mempelajari agama Buddha dgn menyandang status agama kat***k. setelah pulang ke Indonesia, akhirnya mengambil keputusan untuk lebih mendalami ajaran Sang Buddha. berawal dari Tantrayana, disana saya mendapatkan pelajaran lebih dalam lagi mengenal tentang Buddha. Dan turut serta masuk dalam kegiatan-kegiatan yg dilakukan oleh muda mudi nya.

Disamping itu tidak hanya mengikuti kegiatan Tantra saja, tapi kadang di ajak sama teman-teman ke Theravada dan juga belajar disana, dan banyak berkenalan dengan pembimbing spt pak wowor, bhante Uttamo, serta msh banyak lagi. akhirnya coba untuk mendekatkan diri kepada mereka untuk minta bimbingan tentang ajaran Buddha, akhirnya dari sanalah saya merasa bahwa ajaran Sang Buddha membuat saya menjadi lebih dewasa, dengan terbukanya pikiran-pikiran yg dulu masih sempit. dan sejak itu mendatangi guru Agama Buddha saya di sekolah, dan saya berterimakasih atas tujuan dia memarahi krn tidak pergi ke vihara.

mungkin itu yang bisa saya bagikan dari pengalaman dan perjalanan saya, menjadi seorang Buddhist. Sebetulnya panjang banget.... jadi saya persingkat cerita nya saja  :) . takut nnt gak selesai-selesai klo membaca....  :)

 _/\_ Namo Buddhaya
« Last Edit: 02 August 2013, 10:08:45 AM by ming_l16ht »
Give a Man a Fish, Feed Him For a Day
Teach a Man How to Fish, Feed Him For a Lifetime

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.577
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
  • not mine - not me - not myself
Re: Perjalanan menjadi seorang Buddhist
« Reply #423 on: 02 August 2013, 10:25:20 AM »
wah.. mantap juga perjalanan hidupnya.. semoga cepat mendapatkan "penerangan" seperti namanya :)
Ini bukan milikku, ini bukan aku, ini bukan diriku
6 kelompok 6 - Chachakka Sutta MN 148

Offline ming_l16ht

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 114
  • Reputasi: 5
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: Perjalanan menjadi seorang Buddhist
« Reply #424 on: 03 August 2013, 04:19:01 PM »
wah.. mantap juga perjalanan hidupnya.. semoga cepat mendapatkan "penerangan" seperti namanya :)

 _/\_ Terima kasih...

hehehehe.... tapi masih perlu belajar banyak nih om dari teman-teman yang ada di DhammaCitta.
mohon bimbingan apabila saya terjadi kesalahan maka tegurlah saya...

 _/\_ Namo Buddhaya
Give a Man a Fish, Feed Him For a Day
Teach a Man How to Fish, Feed Him For a Lifetime

Offline 4mpla

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 1
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Perjalanan menjadi seorang Buddhist
« Reply #425 on: 25 November 2013, 12:36:25 AM »
dah lama jd sr disini...

posting ah

kenapa ane jg buddhist karena...
ke g****a jauh :D

setelah itu ya udah keterusan ampe jd pengurus vihara dll

mungkin karmanya ketemu ma ajaran buddha kali ya hehehe

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Perjalanan menjadi seorang Buddhist
« Reply #426 on: 28 November 2013, 12:12:29 PM »
dah lama jd sr disini...

posting ah

kenapa ane jg buddhist karena...
ke g****a jauh :D

setelah itu ya udah keterusan ampe jd pengurus vihara dll

mungkin karmanya ketemu ma ajaran buddha kali ya hehehe

kalau bandingkan dengan mesjid... dekat-an mana ?
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline ardb

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 259
  • Reputasi: 11
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Perjalanan menjadi seorang Buddhist
« Reply #427 on: 10 May 2014, 05:04:48 AM »
ikutan ah

Sy berasal dari keluarga buddhist tradisi. jd dr kecil diajarkan pegang hio,minta ama Pek Kong dan dewa dewi agar selamat kemana2,sekolahnya pintar dll.bakar2 kertas sembayang


SD - SMP - SMU di sekolah K*****k.

waktu SMU saya sekolah di Batam tp sekolahnya masih 1 yayasan dgn SD n SMP.

jd pelajaran yg harus dihafal itu dmana Y dilahirkan, sapa nama2 12 rasul pengikut Y , Y di babtiskan dmana? hafal sakramen dll.

tetapi waktu SD - SMP di kampung, guru agamanya meminta kami melakukan kebaktian sesuai agama masing2. dan hrs bawa buku tuk di cap ama Romo/pembina di vihara. jd tiap hari sabtu sore ke vihara baca parita+meditasi+ceramah romo/pembina sama sekali tidak mengerti Dharma.hanya tau Tuhannya agama Buddha adalah Buddha Sakyamuni (karena dr kecil udah di ajarkan ortu adanya sosok Tuhan)

sewaktu SMU di dikenalin ajaran Maitreya,ampe ikut Qiudao n Kaiguang(di titik dijidat gitu)trus di beri tau hand sign n 5 kata mustika. tp jarang ke vihara? malahan ikut kegiatan Barongsai yg diajarkan di dekat kelenteng daerah saya tinggal.
suatu hari wkt plg sekolah jalan2 ke toko buku ketemu buku kecil dan tipis yg penerbitnya SUNYATA.jd sering beli buku itu dibaca. perasaan buku itu lbh ke hal yg stgh mistik.penulisnya punya kekuatan bathin.

ampe setelah lulus SMU mulai bekerja. malah ketemu kembali dgn org2 vihara maitreya jadi ikut kembali ke ajaran maitreya, sering koushou ke sana.

sampai saat itu pengetahuan ttg Buddhism msh 0,00001%. hahaha...

Pada suatu hari, ketahuan klo tante2 saya dr pihak ibu semua pada msk K,bahkan ibu sy mau ditarik masuk K,Kakek dan nenek dr pihak ibu juga udah berhasil disulap.altar sembayang di rmh kakek dibakar saja di depan rmhnya. sampai2 paman saya yg kerjanya di kapal kargo yg plgnya 1 minggu 2 hari ampe marah.katanya klo loe org ga mau sembahyang,kan sy masih mau.soalnya terdapat altar leluhur yg dibakar juga.

Tp Ibu saya tidak sempat dimandikan karena bapak saya, saya dan adik saya tidak setuju.tp ibu saya udah terlanjur percaya oleh omongan mereka ttg semua yg di altar rmh itu pd setan2.jd ibu ku ga pernah pegang hio dll(teman2 tau yah apa saja).malah sering baca buku2 Al-****b,nonton VCD n gengar lagu ttg K. membuat saya dan adik makin sedih.
Dari situ sy coba mencari tau ttg Buddhism, tp lbh ke arah Mahayana.sering nnt video ceramah Ven.Haitao (taiwan)dr youtube.

Trus bbrp thn yg lalu, tante saya(dari pihak bapak) plg ke kampung tuk sembahyang chengbeng,saya diberi buku kecil yg berisi Xinjin,Da bei zhou,Yao shi zhou,Zhun ti zhou dll. mulai dr itu sy sering baca Keng. mulai cr2 info ttg Buddhism di internet. akhirnya duluan ketemu forum wihara dot com.byk juga ilmu yg sy dpt dsana.tp lbh ke arah Mahayana. trus suatu hari di FB saya mendapat bacaan Kalama sutta dr slh satu teman dsana. eh..makin tertarik dengan Buddhism.dan ga tau dr mana akhirnya ketemu forum DC.

Sy mulai mengenal Pancasila , 4 Kesunyataan mulia, 8 Jalan utama , Ehipasshiko, ketuhanan dalam Buddhism dll.akhirnya saya lbh prefer ke Theravada.karena lbh logika ( menurut saya pribadi,tdk ada maksud apa2).saya sendiri percaya juga dengan ajaran Mahayana. oh iya saya pernah Gui yi ( istilah babtis dlm K ) oleh seorang Rinpoche dr Tibet yg dtg ke daerah saya. dan diberi nama Dorje Tsering. wah rujak nih dr Theravada+Mahayana+Tantrayana. hehehe bukannya semuanya sama aja. Sang Buddha adalah guru agung kita.

Dari pengetahuan saya yg secuil ,saya sering menceritakan ttg Dhamma ke ibu saya. akhirnya ibu sy mulai tdk Fanatik sprt tante2 sy yg lain lg.

Sampai saat ini saya msh byk belajar,salah satu kendala saya adalah meditasi. dikarenakan di daerah saya sini tidak ada vihara yg didiamin seorang Bhikkhu.jd tdk ada pembimbing. pernah baca salah satu thread di subforum Meditasi,katanya mesti ada pembimbing. jd blm berani mencoba sih. takut di ganggu Mara. hehe

sekian perjalanan sy. maaf blepotan tulisannya.

Namo Buddhaya  _/\_

oh iya,masih ada byk sih pengalaman dgn tante2 sy yg pd ikut ke ajaran K itu,salah satunya waktu kakekku meninggal. ampe terjadi byk cek cok antar tante2 sy VS paman,saudara kakek dll. parah deh. ada wkt aja sy ceritakan.tp bukan di thread ini.nanti OTT pula. heheh
« Last Edit: 10 May 2014, 05:14:47 AM by ardb »
ada = tidak ada

frenky awi dorje tsering

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.627
  • Reputasi: 149
Re: Perjalanan menjadi seorang Buddhist
« Reply #428 on: 10 May 2014, 10:01:29 AM »
 [at] ardb:

Waktu sodara saya mau persiapan lamaran, itu kan masih pakai tradisi gitu, misalnya buah buahan jumlahnya serba 12, atau bisa juga 18, dst. Selain itu juga siapkan permen, misoa, kaki babi, dst.

Lalu ada yang bilang: "kami sih sudah masuk kr!sten, tidak melakukan hal hal seperti itu lagi."

Hmm.. memprihatinkan. Dia kira itu ajaran agama Buddha.

Kadang saya mikir, apa akses ke ajaran Buddha begitu sulitnya? Apa mereka yang kurang usaha? kok mereka tidak tau apa-apa, dan merasa begitu yakinnya?

Atau memang mereka tidak cocok dengan buddhism? Karena sebagian orang yang saya liat, sudah ketemu ajaran Buddha pun, masih tidak nyambung. Saya jadi ingat kutipan yang tidak saya spoiler berikut ini. Kalau mau baca lebih lengkapnya, bisa buka spoiler atau meluncur ke link sutta-nya:

Spoiler: ShowHide
1.13. Kemudian Sang Bhagavā berpikir: ‘Sakka telah menjalani kehidupan murni sejak waktu yang lama. Pertanyaan apa pun yang ia tanyakan pasti langsung pada intinya dan bukan basa-basi, dan ia akan cepat memahami jawaban-Ku.’ Maka Sang Bhagavā menjawab Sakka dalam syair ini:

‘Tanyakanlah, Sakka, semua yang engkau inginkan! Dan pada setiap pertanyaanmu, Aku akan menenangkan pikiranmu.’
[Akhir dari bagian pembacaan pertama] [276]

2.1. Setelah diundang demikian, Sakka, raja para dewa, mengajukan pertanyaan pertama kepada Sang Bhagavā: ‘Dengan belenggu apakah, Yang Mulia,[23] makhluk-makhluk terikat – dewa, manusia, asura, nāga, gandhabba, dan jenis apa pun yang ada – yang mana, walaupun mereka ingin hidup tanpa kebencian, menyakiti satu sama lain, bermusuhan, dan memfitnah, dan dalam kedamaian, tetapi mereka masih tetap hidup dalam kebencian, menyakiti satu sama lain, bermusuhan dan memfitnah?’ Ini adalah pertanyaan pertama Sakka kepada Sang Bhagavā, dan Sang Bhagavā menjawab: ‘Raja para Dewa, adalah belenggu kecemburuan dan ketamakan[24] yang membelenggu makhluk-makhluk sehingga, walaupun mereka ingin hidup tanpa kebencian ... tetapi mereka masih tetap hidup dalam kebencian, menyakiti satu sama lain, bermusuhan dan memfitnah.’ Ini adalah jawaban Sang Bhagavā, dan Sakka gembira, berseru: ‘Jadi, demikian, Bhagavā. Jadi, demikian, Yang Sempurna menempuh Sang Jalan! Melalui jawaban Bhagavā, aku telah mengatasi keraguanku dan melenyapkan keraguanku!’

2.2. Kemudian Sakka, setelah [277] mengungkapkan penghargaannya, menanyakan pertanyaan selanjutnya: ‘Tetapi, Yang Mulia, apakah yang memunculkan kecemburuan dan ketamakan, apakah asal-mulanya, bagaimanakah hal itu muncul? Karena adanya apakah, hal-hal tersebut muncul, karena tidak adanya apakah, hal-hal tersebut tidak muncul?’ ‘Kecemburuan dan ketamakan, Raja para Dewa, muncul dari rasa suka dan tidak suka,[25] ini adalah asal-mula, inilah bagaimana hal-hal tersebut muncul, ketika suka dan tidak suka ini muncul, maka muncullah kecemburuan dan ketamakan, ketika suka dan tidak suka tidak ada, maka kecemburuan dan ketamakan tidak muncul.’ ‘Tetapi, Yang Mulia, apakah yang menimbulkan suka dan tidak suka? ... karena adanya apakah, hal-hal tersebut muncul, karena tidak adanya apakah, hal-hal tersebut tidak muncul?’ ‘Hal-hal tersebut muncul, Raja para Dewa, dari keinginan[26] ... karena ada keinginan, maka hal-hal tersebut muncul, karena tidak adanya keinginan, maka hal-hal tersebut tidak muncul.’ ‘Tetapi, Yang Mulia, apakah yang menimbulkan keinginan? ....’ ‘Keinginan, Raja para Dewa, muncul dari pemikiran[27] ... ketika pikiran memikirkan sesuatu, maka keinginan muncul; ketika pikiran tidak memikirkan apa-apa, maka keinginan tidak muncul.’ ‘Tetapi, Yang Mulia, apakah yang menimbulkan pemikiran? ....’ ‘Pemikiran, Raja para Dewa, muncul dari kecenderungan untuk mendapatkan lebih banyak[28] ... ketika kecenderungan ini ada, maka pemikiran muncul, ketika kecenderungan ini tidak ada, maka pemikiran tidak muncul.’

2.3. ‘Jadi, Yang Mulia, praktik apakah yang telah dijalankan oleh bhikkhu itu,[29] yang telah mencapai jalan benar yang diperlukan yang menuju kepada lenyapnya kecenderungan untuk mendapatkan lebih banyak?’ [278]

‘Raja para Dewa, Aku menyatakan ada dua jenis kebahagiaan:[30] jenis yang harus dikejar, dan jenis yang harus dihindari. Hal yang sama berlaku bagi ketidakbahagiaan[31] dan keseimbangan.[32] Mengapakah Aku menyatakan hal ini sehubungan dengan kebahagiaan? Beginilah Aku memahami kebahagiaan: Ketika Aku mengamati bahwa dalam mengejar kebahagiaan demikian, faktor-faktor tidak baik meningkat dan faktor-faktor yang baik berkurang, maka kebahagiaan demikian harus dihindari. Dan ketika Aku mengamati bahwa dalam mengejar kebahagiaan demikian, faktor-faktor tidak baik berkurang dan faktor-faktor yang baik meningkat, maka kebahagiaan demikian harus dikejar. Sekarang, kebahagiaan demikian yang disertai awal-pikiran dan kelangsungan-pikiran,[33] dan yang tidak disertai awal-pikiran dan kelangsungan-pikiran, yang ke dua adalah lebih luhur. Hal yang sama berlaku bagi ketidakbahagiaan dan [279] keseimbangan. Dan ini, Raja para Dewa, adalah praktik yang dijalankan oleh bhikkhu itu yang telah mencapai jalan benar ... menuju kepada lenyapnya kecenderungan untuk mendapatkan lebih banyak.’ Dan Sakka mengungkapkan kegembiraannya atas jawaban Sang Bhagavā.

2.4. Kemudian Sakka, setelah mengungkapkan penghargaannya, menanyakan pertanyaan selanjutnya: ‘Yang Mulia, praktik apakah yang telah dijalankan oleh bhikkhu itu, yang telah mencapai pengendalian yang diharuskan oleh peraturan?’[34]

‘Raja para Dewa, Aku menyatakan ada dua jenis perbuatan jasmani: jenis yang harus dikejar, dan jenis yang harus dihindari. Hal yang sama berlaku bagi ucapan dan dalam mengejar tujuan. [280] Mengapakah Aku menyatakan hal ini sehubungan dengan perbuatan jasmani? Beginilah Aku memahami perbuatan jasmani: Ketika Aku mengamati bahwa dengan melakukan suatu perbuatan tertentu, faktor-faktor tidak baik meningkat dan faktor-faktor yang baik berkurang, maka perbuatan jasmani demikian harus dihindari. Dan ketika Aku mengamati bahwa dengan melakukan suatu perbuatan tertentu, faktor-faktor tidak baik berkurang dan faktor-faktor yang baik meningkat, maka perbuatan jasmani demikian harus diikuti. Itulah sebabnya, Aku membuat perbedaan ini. Hal yang sama berlaku untuk ucapan dan dalam mengejar tujuan. [281] Dan ini, Raja para Dewa, adalah praktik yang telah dijalankan oleh bhikkhu itu, yang telah mencapai pengendalian yang diharuskan oleh peraturan.’ Dan Sakka mengungkapkan kegembiraannya atas jawaban Sang Bhagavā.

2.5. Kemudian Sakka mengajukan pertanyaan selanjutnya: ‘Yang Mulia, praktik apakah yang telah dijalankan oleh bhikkhu itu, yang telah mencapai pengendalian atas indria-indrianya?’

‘Raja para Dewa, Aku menyatakan hal-hal yang terlihat oleh mata ada dua jenis: jenis yang harus dikejar, dan jenis yang harus dihindari. Hal yang sama berlaku untuk hal-hal yang dikenali oleh telinga, hidung, lidah, badan, dan pikiran.’ Sampai di sini, Sakka berkata: ‘Bhagavā, aku mengerti makna selengkapnya dari apa yang Bhagavā sampaikan secara singkat. Bhagavā, objek apa pun yang dilihat oleh mata, jika pengejaran ini mengarah pada meningkatnya faktor-faktor tidak baik dan berkurangnya faktor-faktor baik, maka ini sebaiknya tidak dikejar; jika pengejaran ini mengarah pada berkurangnya faktor-faktor tidak baik dan meningkatnya faktor-faktor baik, maka objek ini [282] sebaiknya dikejar. Hal yang sama berlaku untuk hal-hal yang dikenali oleh telinga, hidung, lidah, badan, dan pikiran. Demikianlah aku mengerti makna selengkapnya dari apa yang Bhagavā sampaikan secara singkat, dan dengan demikian melalui jawaban Bhagavā, aku telah mengatasi keragu-raguanku dan menyingkirkan keraguanku.’


2.6. Kemudian Sakka mengajukan pertanyaan selanjutnya: ‘Yang Mulia, apakah semua petapa dan Brāhmaṇa mengajarkan ajaran yang sama, mempraktikkan disiplin yang sama? Menginginkan hal yang sama[35] dan mengejar tujuan yang sama?’ ‘Tidak, Raja para Dewa.’ ‘Tetapi, mengapakah, Yang Mulia, mereka tidak melakukan hal yang sama?’ ‘Dunia ini, Raja para Dewa, terdiri dari banyak unsur. Karena itu, makhluk-makhluk melekat pada satu atau lainnya dari berbagai unsur ini, dan apa pun yang mereka lekati, mereka menjadi sangat menyukainya, dan menyatakan: ‘Ini adalah kebenaran, semua yang lain adalah salah!’ Oleh karena itu, tidak semuanya mereka mengajarkan ajaran yang sama, mempraktikkan disiplin yang sama, menginginkan hal yang sama, dan mengejar tujuan yang sama.’

sumber:

http://dhammacitta.org/dcpedia/DN_21:_Sakkapanha_Sutta

______________________

intinya, saat saya berpikir bahwa toh makhluk terdiri dari unsur yang berbeda-beda, yang melekat pada unsur tertentu, saya jadi maklum (saya pun begitu). Masing-masing menjalani apa yang cocok baginya.

Tapi karena tidak tau hal ini, orang memaksakan orang lain untuk melekat di unsur yang ia lekati.
« Last Edit: 10 May 2014, 10:19:10 AM by dhammadinna »

Offline ardb

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 259
  • Reputasi: 11
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Perjalanan menjadi seorang Buddhist
« Reply #429 on: 10 May 2014, 01:46:32 PM »
[at] dhammadinna
klo yg buah2an, misua, kaki babi , kue tar dll tuh semacam mas kawin dlm adat/tradisi chinese. ga ada sangkut paut dgn agama sih. itulah yg terjadi wkt kakek ku meninggal. tradisi di tolak mentah2.padahal ga ada sangkut paut. terlalu fanatik tuh

setelah membaca sutta sakkapanha saya sih memahami,tp bukan bgt sih caranya mereka. menurutku sih pendeta dr mereka yg telah salah penyampaian kali yah. haizzz... kadang2 demi kepentingan pribadi orang2 bahkan mau berbohong ataupun sembarang menciptakan ucapan yg tidak benar.

semoga semua makhluk berbahagia....

_/\_
ada = tidak ada

frenky awi dorje tsering

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.627
  • Reputasi: 149
Re: Perjalanan menjadi seorang Buddhist
« Reply #430 on: 12 May 2014, 05:30:30 PM »
setelah membaca sutta sakkapanha saya sih memahami,tp bukan bgt sih caranya mereka.

cara?

Kutipan tsb secara bebas sih begini ya:

Ada banyak paham/pandangan/agama yang berbeda-beda.
Makhluk-makhluk melekati salah satunya, menyukainya, dan menganggapnya sebagai kebenaran (dan paham yang lain adalah salah).

kita juga kan ya...  hehe..
« Last Edit: 12 May 2014, 05:32:18 PM by dhammadinna »

Offline ardb

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 259
  • Reputasi: 11
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Perjalanan menjadi seorang Buddhist
« Reply #431 on: 13 May 2014, 12:15:40 PM »
[at] Dhammadina

iya,kita juga menganggap dhamma tuh sebagai Kebenaran.

hehehe...

tp setidaknya saya sebelumnya (sebelum ketemu masalah dgn tante2 saya) tidak merasa kalo ajaran agama K itu salah.

sebelumnya saya merasa semua agama tuh baik,mengajarkan yg baik kepada umatnya. tp apa yg terjadi setelah itu. saya menjadi berpandangan negatif terhadap agama K. mgkn saya tdk boleh begitu,mgkn hanya Oknum2 aja yah yg berperilaku spt yg saya ketemu. hmm ga tau lah. pusing memikirkannya.

 yg penting saya belajar mendalami Dharma,kurangi kejahatan, lakukan kebajikan sucikan pikiran inilah inti ajaran para buddha.

_/\_

:D
ada = tidak ada

frenky awi dorje tsering

Offline JackDaniel

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 824
  • Reputasi: 24
  • Gender: Male
Re: Perjalanan menjadi seorang Buddhist
« Reply #432 on: 13 May 2014, 02:43:09 PM »
SD - SMP - SMU di sekolah K*****k.

waktu SMU saya sekolah di Batam tp sekolahnya masih 1 yayasan dgn SD n SMP.


Sekolah di Yos Sudarso ya?


"Karena pandangan yang salah orang bodoh menghina ajaran mulia, orang suci dan orang bijak. Ia akan menerima akibatnya yang buruk, seperti rumput kastha yang berbuah hanya untuk menghancurkan dirinya sendiri".

DHAMMAPADA, syair 164

Offline ardb

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 259
  • Reputasi: 11
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Perjalanan menjadi seorang Buddhist
« Reply #433 on: 13 May 2014, 04:25:11 PM »
[at] JD
yup, smu nya di yos. mang loe anak yos? heheh saya 1999-2002
ada = tidak ada

frenky awi dorje tsering

Offline JackDaniel

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 824
  • Reputasi: 24
  • Gender: Male
Re: Perjalanan menjadi seorang Buddhist
« Reply #434 on: 13 May 2014, 04:44:36 PM »
[at] JD
yup, smu nya di yos. mang loe anak yos? heheh saya 1999-2002

Nope.. tp gw tinggal di Batam hahahaha
"Karena pandangan yang salah orang bodoh menghina ajaran mulia, orang suci dan orang bijak. Ia akan menerima akibatnya yang buruk, seperti rumput kastha yang berbuah hanya untuk menghancurkan dirinya sendiri".

DHAMMAPADA, syair 164