Komunitas > Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Yuk... Sharing tentang Otomotif

<< < (3/26) > >>

markosprawira:
U2 Mesin Diesel Super Hemat Hyundai

Hyundai Motor Co. berhasil mengembangkan mesin diesel baru U2 yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

U2 diklaim hanya butuh 4,7 liter untuk menempuh 100 km dengan emisi super rendah yaitu 125 gram CO2/km. Memenuhi standar Euro 4, yang tahun depan bahkan akan ditingkatkan menjadi Euro 5.

Mesin berkapasitas 1.582 cc ini merupakan generasi kedua commonrail diesel injection system yang menggunakan teknologi inline dan 4-cylinder.

Kuncinya mesin ini terletak pada penggunaan sistem 1600 bar CRDi baru yang menggunakan lima injeksi per silinder. Teknologi ini lebih presisi ketimbang model terdahulu yang menggunakan sistem 1350 bar.

Teknologi baru lain adalah pengabungan sistem kontrol variable swirl dan electronic controlled exhaust gas recirculation (EGR) cooling system, sehingga U2 bisa meminimalkan ports dan bilik pembakaran.

Walhasil, tenaga yang dihasilkan cukup mencengangkan. Mesin ini menghasilkan tenaga 128 PS (94 kW)  [at]  4000 rpm. Torsi maksimum 26.5 kg.m (260 Nm)  [at]  1900-2750 rpm. Dan hebatnya, 90 persen torsinya sudah bisa dicapai sejak 1500 rpm.

Nah, rencananya, mobil Hyundai pertama yang akan dipasangi mesin ini adalah penerus Getz, i20. Model i20 rencananya akan di luncurkan di Eropa pada akhir tahun ini dan diproduksi di Chennai, India. (TI)

source

markosprawira:
Honda-Yamaha Segera Luncurkan Motor Listrik



TOKYO - Dua produsen sepeda motor Jepang, Honda dan Yamaha berencana meluncurkan sepeda motor bertenaga listrik dalam dua atau tiga tahun ke depan. 

Seperti dilaporkan harian bisnis Jepang Nikkei dan dikutip Reuters, Yamaha menargetkan produk motor listrik mereka akan dipasarkan mulai 2010. Pihak Yamaha mengklaim, motor tersebut dapat berjalan hingga jarak 100 km untuk sekali isi ulang baterai. Motor listrik dipadukan dengan mesin bakar berkapasitas 50 cc.

Sementara produsen sepeda motor terbesar di dunia Honda, akan meluncurkan motor listrik menggunakan baterai lithium ion pada 2011. Honda menargetkan penjualan untuk kalangan usaha, seperti pengantar pos. Japan Post Service berencana mengganti 9.000 unit sepeda motor bermesin konvensionalnya dengan listrik.

Pejabat Honda dan Yamaha membenarkan rencana produksi motor listrik, namun tak bersedia memberikan keterangan lebih spesifik.

Baterai Li-Ion saat ini populer digunakan pada laptop, telepon seluler, termasuk mobil hybrid. Saat ini Li-Ion masih dianggap sebagai jenis baterai paling tahan lama dibanding jenis lainnya. Selain itu, bentuknya juga kompak serta berbobot ringan.(okezone) 

 

tesla:
ga bisa boncengan... ga asyik... :P

markosprawira:
tinggal tambahin gandengan aja bro....

kaya becak motor di medan  :))

markosprawira:
Pontiac G8 ST (Sport Truck)

Pontiac G8 ST (Sport Truck) yang diluncurkan pada ajang New York Auto Show beberapa waktu lalu akan memulai masa produksinya pada bulan Juli 2009, dan diharapkan penjualan pertama dari Sport Truck ini akan dimulai pada awal musim gugur 2009. Sedangkan untuk harga yang dipatok untuk G8 ST (dengan versi mesin V8) akan dimulai dibawah $30.000.

Pihak dari GM mengatakan bahwa mereka akan membangun G8 ST dengan model penggerak roda rear-wheel-drive di Australia, dimana di negara tersebut juga merupakan manufaktur dari Pontiac G8 versi sedan, Holden VE Ute dan VE Commodore sedan. GM pun menjelaskan bahwa selama kurang lebih dua bulan lamanya produksi mobil-mobil tersebut akan dikapalkan menuju Amerika Serikat, dan diharapkan G8 ST poertama akan tiba paling cepat dibulan September atau Oktober 2009.

Mobil berjenis sport truck ini digambarkan mempunyai kekuatan yang sama seperti yang diusung oleh mesin V8 berkapasitas 6.0L (6000 cc) yang sangat bertenaga seperti yang dipergunakan pada G8 GT. G8 Sport Truck ini mampu mendongkrak tenaga hingga 361 hp dengan putaran torsi maksimumnya pada 385 lb.-ft. G8 ST akan memulai debut awalnya dengan mempergunakan transmisi automatic dengan 6-percepatan. (topspeed)

Navigation

[0] Message Index

[#] Next page

[*] Previous page

Go to full version