//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: tanya istilah  (Read 10823 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline nakha

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 1
  • Reputasi: 0
tanya istilah
« on: 23 September 2009, 10:43:00 AM »
Saya seorang pelajar di Banyuwangi, saya mendapat tugas dari guru saya untuk menjelaskan klesavarana & jneyavarana. mohon kepada saudara/saudari mau membantu menjelaskan secara detail beserta contohnya.
Terima kasih sebelumnya, semoga semua makhluk berbahagia....

Offline thioboeki

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 122
  • Reputasi: 5
  • Dimana ada Kebahagian disitu ada Penderitaan,,
Re: tanya istilah
« Reply #1 on: 16 November 2009, 09:20:28 AM »
aduhh,,semua sibuk ya,tak ada yg membantu  utk member baru kita.
Dimana ada Kebahagian disana ada Penderitaan,,

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: tanya istilah
« Reply #2 on: 16 November 2009, 10:09:06 AM »
mohon maaf, kalau servis menjawabnya kurang cepat ya...........  ;)


Klesavarana ini merupakan kekotoran batin dalam artian umum, sementara
jneyavarana meliputi kekotoran batin dalam bentuk intelektual. Kekotoran batin dalam bentuk intelektual ini lebih susah diatasi. Banyak orang yang gagal datang dalam kebenaran karena pikiran mereka dipenuhi oleh berbagai konsep, yang sesungguhnya merupakan pandangan salah.


Klesavarana ini relatif kasar dan mudah untuk di diamati, sementara jneyavarana ini lebih halus.


utk lebih jelasnya, tunggu yg lain membabarkan.....  _/\_ ;D
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline darwin hua

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 103
  • Reputasi: 3
Re: tanya istilah
« Reply #3 on: 20 January 2010, 12:08:12 PM »
mantap banget ^:)^

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.230
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: tanya istilah
« Reply #4 on: 20 January 2010, 11:25:18 PM »
wew.. post lama...
...

Offline Juice_alpukat

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 734
  • Reputasi: 11
  • Gender: Male
Re: tanya istilah
« Reply #5 on: 20 January 2010, 11:28:54 PM »
Haha.

Offline steven benediktus

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 4
  • Reputasi: 0
Re: tanya istilah
« Reply #6 on: 14 February 2010, 08:25:23 PM »
ada yang bisa bantu saya gak,saya ingin tanya apa ada pelatihan sembahyang dewa bumi,terutama dalam pembacaan sutranya?

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: tanya istilah
« Reply #7 on: 14 February 2010, 09:54:10 PM »
ada yang bisa bantu saya gak,saya ingin tanya apa ada pelatihan sembahyang dewa bumi,terutama dalam pembacaan sutranya?

Darimana bro steven tau kalau ada dewa bumi ? ngumpetnya dimana? setau gw isi bumu tak lain adalah lahar (magma) panassssss yg bergejolak dan mencari lapisan kulit bumi yg tipis utk diterobos... dan muncratan tsb berupa gunung berapi, yg lahar panasnya muncrat keluar kemana2 plus gempa bumi gitu lhoooooooooo

atau bro bisa post di KEPERCAYAAN lain dan mendpt jawaban yg lebih menyenangkan hati bro..... =))
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.135
  • Reputasi: 96
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: tanya istilah
« Reply #8 on: 22 February 2010, 08:28:26 PM »
hus neraka saja berapa kilometer dari atas permukaan bumi. kalo dewa bumi yah di permukaan bumi dong.

Offline PIKOCHAN RAPTOR

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 261
  • Reputasi: -2
  • Gender: Male
  • SSBS
Re: tanya istilah
« Reply #9 on: 06 May 2011, 10:33:55 PM »
pertanyaan sy simple Sis/Bro  _/\_

"Sancai x3" , itu artinya apaan sih?

 _/\_ SSBS
 [at]  Perjalanan seribu mil diawali dengan sebuah langkah.
 [at]  Sebuah batu permata tak bisa dipoles tanpa gesekan, seperti halnnya seorang manusia disempurnakaan dengan cobaan hidup.

Offline riatangerang

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 1
  • Reputasi: 0
Re: tanya istilah
« Reply #10 on: 23 December 2011, 03:45:10 PM »
sancai 3x...itu artinya bukan sama seperti sadhu3x ya??

Offline Yani Puk

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.208
  • Reputasi: 37
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: tanya istilah
« Reply #11 on: 03 January 2012, 11:46:04 AM »
sancai 3x...itu artinya bukan sama seperti sadhu3x ya??

sama. Cuma sanchai itu dlm bhs mandarin (CMIIW)

Offline helenfransisca

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 124
  • Reputasi: 7
  • Gender: Female
Re: tanya istilah
« Reply #12 on: 03 January 2012, 01:11:32 PM »
Everything should be made as simple as possible but not simpler

 

anything