//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Abhidhamma utk Pemula  (Read 30403 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Abhidhamma utk Pemula
« Reply #60 on: 28 October 2009, 07:48:18 AM »
^ Pengalaman sendiri yah bro ...
Saat saya menyadari kemarahan timbul (misal: eling sambil bicara dalam hati: "wah gua dah marah-marah nih"), kemarahannya spontan lenyap tuh bro ... (malah kadang suka berbalik jadi ngetawain kemarahan yang barusan timbul) ...

bro g.citra,

trus gimana org lain bisa meniru penjelasan dari bro utk melenyapkan kemarahan ?


bro markosprawira,
mulai utk menetralisir


bisa lebih jelas lagi bagi yg suka marah, gimana dia menetralisir nya ?

thanks sebelumnya
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline g.citra

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.372
  • Reputasi: 31
  • Gender: Male
  • Hidup adalah Belajar, Belajar adalah Hidup
Re: Abhidhamma utk Pemula
« Reply #61 on: 28 October 2009, 11:14:22 AM »
^ Pengalaman sendiri yah bro ...
Saat saya menyadari kemarahan timbul (misal: eling sambil bicara dalam hati: "wah gua dah marah-marah nih"), kemarahannya spontan lenyap tuh bro ... (malah kadang suka berbalik jadi ngetawain kemarahan yang barusan timbul) ...

bro g.citra,

trus gimana org lain bisa meniru penjelasan dari bro utk melenyapkan kemarahan ?


Cara saya, saat 'eling' timbul (sadar akan kemarahan), saya berusaha 'menguatkan eling' tersebut dengan berkata dalam hati (contohnya seperti diatas) ...

Biasanya kemarahan yang paling sulit di lunakkan yaitu kemarahan yang timbul dalam menghadapi obyek yang tiba-tiba membangkitkan  kemarahan itu sendiri ...

Yang kayak gini ini seperti yang saya dah tulis dalam repost buat sis Elin, perlu adanya latihan buat dapat membangkitkan dan menangkap 'eling' itu supaya bisa dipertahankan agar kemarahan (yang timbul sebelum eling), bisa ditekan sampai reda (bahkan bagi yang dah benar-benar terlatih, kemarahan dapat ditekan sampai lenyap) ... :)

salam,

Offline g.citra

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.372
  • Reputasi: 31
  • Gender: Male
  • Hidup adalah Belajar, Belajar adalah Hidup
Re: Abhidhamma utk Pemula
« Reply #62 on: 28 October 2009, 11:24:46 AM »
Quote
Kan waktu marah/sedih/dll, walau kesadaran aktif (gak tidur), tapi kita gak 'sadar' (gak eling) tuh bro ?
Jadi nimbulin 'Eling'nya gimana ?

Saya tidak tahu pastinya, tapi citta kan muncul berganti cepat sekali, ketika kita marah belum tentu semua cittanya dosamulacitta. Kalau sebelumnya kita sudah bertekad bahwa jika kita marah kita akan "pause" dulu mungkin tekad kita sebelumnya itu akan menyebabkan kita lebih sadar (sati). Ketika citta dengan sati ini menyadari bahwa ada dosamulacita yang muncul, ia bisa menyebabkan usaha untuk menenangkan dosamula citta tersebut. Jadi ya intinya sih mungkin sati.

Yang saya bold,
Kalau tekad kita sangat kuat (disertai latihan yang tekun), tentunya kemarahan gak mungkin timbul dong, benarkah ?
Kalau "lupa" (tekad kurang kuat, pernah berlatih walau kurang tekun), tetap aja kemarahan timbul  walau bisa di pause nantinya , benarkah ?
Kalau "lupa" banget (tekadnya sangat lemah, gak pernah latihan) boro-boro bisa "ngepause" tuh bro (malah kemarahan tersebut bisa diteruskan seperti yang di tulis bro Sumedho: ada pembunuhan dengan sadar dll), benarkah ?

salam,

Offline char101

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 237
  • Reputasi: 13
Re: Abhidhamma utk Pemula
« Reply #63 on: 28 October 2009, 12:14:00 PM »
Yang saya bold,
Kalau tekad kita sangat kuat (disertai latihan yang tekun), tentunya kemarahan gak mungkin timbul dong, benarkah ?
Kalau "lupa" (tekad kurang kuat, pernah berlatih walau kurang tekun), tetap aja kemarahan timbul  walau bisa di pause nantinya , benarkah ?
Kalau "lupa" banget (tekadnya sangat lemah, gak pernah latihan) boro-boro bisa "ngepause" tuh bro (malah kemarahan tersebut bisa diteruskan seperti yang di tulis bro Sumedho: ada pembunuhan dengan sadar dll), benarkah ?

Masalah tekad yang saya maksudkan adalah tekad untuk mengendalikan diri jika marah. Saya tidak bisa membayangkan ada tekad untuk tidak marah. Kemarahan itu saya rasa bagian dari kondisi emosional yang sehat, selama bisa dikendalikan saya rasa tidak apa-apa. Yang sotapanna saja belum bisa melenyapkan kemarahan kan (baru di tingkat anagami kemarahan itu dilenyapkan). Lagipula tekad untuk tidak marah itu negative phrase, dan negative phrase itu tidak efektif (untuk tidak marah kita harus mengingat kata marah). Makanya yang diajarkan oleh Buddha adalah metta, dalam bentuk positif.

Lalu teknik pause itu kan teknik populer, secara umum tujuannya bukan menghilangkan kemarahan tapi menghindari mengambil keputusan ketika merasa marah sehingga menghindarkan konsekuensi tidak baik yang bisa terjadi jika kita mengambil tindakan ketika marah. Pause ini bagian dari emotional intelligence EQ

Quote
Resisting or delaying an impulse

Lebih lengkapnya bisa dibaca di
http://practicethis.com/2008/04/03/emotional-intelligence-core-skills/

Masalah lupa, saya rasa sih to forget is human, tapi kita kan tidak selamanya lupa. Kita kan belajar dari kesalahan juga.

Offline g.citra

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.372
  • Reputasi: 31
  • Gender: Male
  • Hidup adalah Belajar, Belajar adalah Hidup
Re: Abhidhamma utk Pemula
« Reply #64 on: 28 October 2009, 05:29:52 PM »
Masalah tekad yang saya maksudkan adalah tekad untuk mengendalikan diri jika marah. Saya tidak bisa membayangkan ada tekad untuk tidak marah.

Lha iya lah bro ... apa emang tulisan saya di baris pertama itu salah yah ? :))

Jadi saat menyadari kalau kita lagi marah, salah satunya timbul dari tekad itu kan bro ?

Quote
ketika kita marah belum tentu semua cittanya dosamulacitta.

Lalu dari citta mana lagi yang bisa nimbulin kemarahan bro ? bisa sekalian contohnya ?

_/\_

Offline char101

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 237
  • Reputasi: 13
Re: Abhidhamma utk Pemula
« Reply #65 on: 28 October 2009, 06:02:38 PM »
Masalah tekad yang saya maksudkan adalah tekad untuk mengendalikan diri jika marah. Saya tidak bisa membayangkan ada tekad untuk tidak marah.

Lha iya lah bro ... apa emang tulisan saya di baris pertama itu salah yah ? :))

Kalau tekadnya mengendalikan diri ketika marah tentunya kemarahan mungkin muncul donk. Walaupun kita sadar penuh bukan berarti kemarahan tidak dapat muncul, karena yang bisa 100% sadar penuh itu cuma arahat. Jadi definisi tentang sadar katakanlah most of the time sadar. Itupun kalau bisa, yang nyatanya sulit. Jadi citta yang muncul berganti-ganti, kusala citta, lobhamula citta, dosamula citta (kalau melihat hal yang tidak menyenangkan, misalnya jalan kotor atau wc bau). Dengan melatih sati, maka secara periodik ada kusala citta yang muncul dengan sati untuk melihat apa citta yang telah muncul sebelumnya. Jika sati tersebut menyadari ada dosa mula citta yang muncul sebelumnya dan lebih spesifik adalah rasa marah terhadap seseorang maka citta tersebut bisa mengkondisikan agar dosa mula citta tersebut ditekan misalnya dengan mengarahkan pikiran ke objek lain selain objek yang membuat marah tersebut.

Tekad saya rasa perlu dilihat secara keseluruhan. Orang yang punya tekad kuat bukan berarti tidak bisa merasa jenuh atau ragu, tapi kalau tekadnya kuat perasaan itu bisa diatasi jika muncul dengan mengarahkan pikiran ke tekad yang telah dibuat sebelumnya.
[/quote]

Quote
Lalu dari citta mana lagi yang bisa nimbulin kemarahan bro ? bisa sekalian contohnya ?

Cara berpikir manusia kan kompleks. Ketika membuat keputusan kita melihat dari berbagai sikap. Bisa kita lihat dari self-dialog kita, ada debat antara sisi yang baik dan sisi yang tidak baik. Misalnya ketika seseorang sedang marah
Quote
Bad: I want to kill him (dosamula citta)
Bad: But if I do that I'll get prisoned (lobhamula citta?)
Good: I'll better calm myself (kusalamula citta)
Bad: But I hate this guy (dosamula citta)

Jadi maksud saya, flow citta yang muncul ketika seseorang marah itu tidak semuanya dosamula citta melulu (walaupun yang dominan adalah dosamula citta) tapi ada juga lobamula citta, ada kusalamula citta. Jika kita telah bertekad sebelumnya dan telah melatih diri maka kusalamula citta yang muncul akan lebih powerful dan bisa mengarahkan pikiran ke arah yang lebih positif.

Offline g.citra

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.372
  • Reputasi: 31
  • Gender: Male
  • Hidup adalah Belajar, Belajar adalah Hidup
Re: Abhidhamma utk Pemula
« Reply #66 on: 28 October 2009, 06:19:56 PM »
^ bro Char101 ... :)

Dari contoh diatas, menurut saya, kesadaran menangkap 4 saat proses pikiran dimana kalau saya terjemahkan menjadi:
bad 1 : marah (domanassasahagatam pathigasampayutam asankharikam)
bad 2 : takut (upekkhasahagatam uddhaccasampayutam)
good 3 : menahan diri (upekkhasahagatam nanasampayutam asankharikam)
bad 4 : marah lagi (domanassasahagatam pathigasampayutam asankharikam)

jadi saat marah (sesaat), tidak ada citta lain yang timbul selain dosamula cita (pathiga), hanya saja karena pikiran berproses "saat demi saat", maka terlihat seperti banyak citta yang dapat timbul ...

Mungkin disini kita kurang nyambung mengenai menterjemahkan marah itu sendiri (dimana saya mengambil prosesnya saat demi saat, dan anda menerjemahkannya sebagai kemarahan global) ... Gak apa-apalah (toh diatas juga anda sudah jelaskan mengenai flow-nya) ... Anumodana sudah memberikan masukkan buat saya ... :)

+ 1 nya disini yah bro ... :)
« Last Edit: 28 October 2009, 06:50:25 PM by g.citra »

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Abhidhamma utk Pemula
« Reply #67 on: 29 October 2009, 07:58:50 AM »
thanks penjelasan dari bro g.citra maupun char101

1. Bagaimana pelatih AB mengatasin kemarahan ?
2. Setelah membaca post2 diatas, koq belum ketemu...
    Sebabnya orang marah itu apa ya ?
    dan dari mana akar kemarahan tsb?
    kemudian kalau marah konsikwensinya apa?

sedangkan kata "eling" gw kurang mengerti (mungkin ini istilah MMD)..

trims sebelumnya..
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.406
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Abhidhamma utk Pemula
« Reply #68 on: 29 October 2009, 08:13:18 AM »
eling itu istilah jowo kan?
There is no place like 127.0.0.1

Offline char101

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 237
  • Reputasi: 13
Re: Abhidhamma utk Pemula
« Reply #69 on: 29 October 2009, 08:30:36 AM »
thanks penjelasan dari bro g.citra maupun char101

1. Bagaimana pelatih AB mengatasin kemarahan ?

Kemarahan, kesedihan, rasa senang semuanya adalah fenomena yang harus dimengerti munculnya, berlangsungnya, dan lenyapnya, bukan untuk diatasi (kalau mengatasi itu domainnya sila dan samadhi), tapi abhidhamma karena domainnya panna seperti juga yang dilakukan dalam vipassana, adalah menganalisa dan bukan mengendalikan.

Quote
2. Setelah membaca post2 diatas, koq belum ketemu...
    Sebabnya orang marah itu apa ya ?

Akar kemarahan adalah dosa (dosamula citta)

Quote
    dan dari mana akar kemarahan tsb?

saya cuma berspekulasi: mungkin di citta vitthi ketika melihat sesuatu yang tidak menyenangkan, jika di proses persepsi dan pencerapan tidak disertai kesadaran (sati-sampajjana) maka di proses javana muncul dosa mula citta

Quote
    kemudian kalau marah konsikwensinya apa?

Efek yang pasti dan langsung adalah perasan tidak enak karena semua dosamula citta berasosasi dengan domanassa (= perasan tidak senang)

Quote
sedangkan kata "eling" gw kurang mengerti (mungkin ini istilah MMD)..

makin banyak istilah, eling, MMD, AB  :-?

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Abhidhamma utk Pemula
« Reply #70 on: 29 October 2009, 09:38:03 AM »
Dear bro Markos yang lebih mengetahui ...

Yup ... saya setuju tidak ada citta yang netral ... anumodana ... :)

pertanyaan lebih jauh yah bro... :)
Seperti yang anda tulis diatas (sabbacittasadharana cetasika) yaitu cetasika: sanna cetasika dan vedana cetasika (dan menurut buku plus 5 lainnya)... sanna kan hanya mengetahui (mempersepsikan) sedangkan vedana yang saya tau ada 3 (kusala, akusala dan netral) ...

Dalam kegiatan sankhara (khanda) yang sama dengan sankhara cetasika, tentunya tidak mungkin 50 macam bentuknya itu muncul bersamaan bukan ?

contohnya mana/dosa/issa/lainnya dalam lotika-cetasika tidak mungkin muncul bersamaan dengan saddha/sati/hiri/lainnya dalam sobhanasadharana dalam 1 proses citta-vithi bukan ?

Tapi salah satu bentuk sankhara cetasika itu pastinya muncul bersamaan dengan sanna-cetasika dan vedana-cetasika bukan ?

Jadi dalam artian lain, sanna cetasika (1) dan vedana cetasika (1) dipisahkan dari sankhara cetasika (50) karena alasan inikah (sabbacittasadharana cetasika) ?

Kalau memang karena alasan diatas, muncul pertanyaan lanjutan:
Lalu mengapa 5 sabbacittasadharana cetasika lainnya (cetana, ekaggata, jivitindriya dan manasikara) tidak dipisahkan dalam khanda lainnya yah ? malah dimasukkan kedalam sankhara cetasika ?

nb: kalau memang pertanyaan saya membingungkan, coba deh tolong diurai sebuah contoh yang saya tulis ini menurut citta-vithi dan citta-cetasika dari abhidhamma ...

... Saya melihat pemandangan bagus dan ingin berlama-lama disana ...

(gak ada maksud apa-apa nih bro ... :)) ... Saya cuma ingin kejelasan pemahaman saya aja ... :) ... )

Anumodana atas perhatiannya ... :)


dear bro yg emg kritis bgt nih... he3

sekedar menambahkan bahwa vedana itu bukan ada 3 (kusala, akusala dan netral) melainkan ada 5 yaitu :
1. di fisik : dukkha dan sukha
2. di batin : domanassa, somanassa dan upekkha

mengenai klasifikasi dalam khandha, sejujurnya saya sendiri tidak tahu.
Itu pertanyaan menarik yg nanti saya bisa ajukan jika ada kusala vipaka bertemu dengan Panjika

Pemandangan bagus itu adalah sukha secara fisik. Itu adalah kusala vipaka bagi anda
Saat anda ingin berlama2, disana muncul akusala citta yaitu lobha mula citta.

Itu kenapa akan muncul kecewa (dosa mula citta) saat pemandangan indah itu berakhir.

kalau memang kita sudah ada pengertian benar mengenai dukkha, anicca maka kita akan tahu bhw itu adalah sekedar pemandangan yg indah, tanpa ada keinginan utk terus menikmati lama2

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Abhidhamma utk Pemula
« Reply #71 on: 29 October 2009, 09:49:52 AM »
thanks penjelasan dari bro g.citra maupun char101

1. Bagaimana pelatih AB mengatasin kemarahan ?

Kemarahan, kesedihan, rasa senang semuanya adalah fenomena yang harus dimengerti munculnya, berlangsungnya, dan lenyapnya, bukan untuk diatasi (kalau mengatasi itu domainnya sila dan samadhi), tapi abhidhamma karena domainnya panna seperti juga yang dilakukan dalam vipassana, adalah menganalisa dan bukan mengendalikan.

sori kalo saya kurang setuju bro...... hasil dari pelaksanaan sila dan samadhi adalah menekan akusala... itu kenapa hasil dari samadhi adalah jhana dimana 5 nivarana mengendap, bukan diatasi/dihilangkan

sedangkan hasil dari vipassana yaitu panna juga bukannya untuk sekedar menganalisa melainkan memahami hakekat sesungguhnya dari segala sesuatu

Quote
   dan dari mana akar kemarahan tsb?

saya cuma berspekulasi: mungkin di citta vitthi ketika melihat sesuatu yang tidak menyenangkan, jika di proses persepsi dan pencerapan tidak disertai kesadaran (sati-sampajjana) maka di proses javana muncul dosa mula citta

secara citta vitthi di pancadvara yg 17 proses, berlangsung kesadaran mengalami obyek yg tidak menyenangkan

sedangkan dalam proses di manodvara lah, munculnya javana2 yg dosa mula citta itu

Quote
Quote
   kemudian kalau marah konsikwensinya apa?

Efek yang pasti dan langsung adalah perasan tidak enak karena semua dosamula citta berasosasi dengan domanassa (= perasan tidak senang)

efek yg lebih lanjut adalah adanya trend batin yg sesuai dengan dosa mula citta.... mendapat obyek yg menyenangkan, ditanggapi dengan dosa mula citta

Quote
Quote
sedangkan kata "eling" gw kurang mengerti (mungkin ini istilah MMD)..

makin banyak istilah, eling, MMD, AB  :-?

eling itu sendiri sebenarnya istilah yg muncul dari kejawen..... jadi dalam kejawen sudah ada eling tapi sedikit terpeleset karena yg dilakukan di kejawen itu adalah samatha (bukan sati sebagai hasil dari vipassana) dan arahnya manunggal dengan Tuhan

saya pribadi ga gitu sreg dengan istilah itu karena riskan akan kerancuan dengan kejawen... lebih baik ucapkan sesuai buddhis aja : sati

Offline g.citra

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.372
  • Reputasi: 31
  • Gender: Male
  • Hidup adalah Belajar, Belajar adalah Hidup
Re: Abhidhamma utk Pemula
« Reply #72 on: 29 October 2009, 01:29:34 PM »
dear bro yg emg kritis bgt nih... he3

sekedar menambahkan bahwa vedana itu bukan ada 3 (kusala, akusala dan netral) melainkan ada 5 yaitu :
1. di fisik : dukkha dan sukha
2. di batin : domanassa, somanassa dan upekkha

Yup ... betul bro ... :)

mengenai klasifikasi dalam khandha, sejujurnya saya sendiri tidak tahu.
Itu pertanyaan menarik yg nanti saya bisa ajukan jika ada kusala vipaka bertemu dengan Panjika

Nanti hasilnya posting disini yah bro ...

Pemandangan bagus itu adalah sukha secara fisik. Itu adalah kusala vipaka bagi anda
Saat anda ingin berlama2, disana muncul akusala citta yaitu lobha mula citta.

Itu kenapa akan muncul kecewa (dosa mula citta) saat pemandangan indah itu berakhir.

kalau memang kita sudah ada pengertian benar mengenai dukkha, anicca maka kita akan tahu bhw itu adalah sekedar pemandangan yg indah, tanpa ada keinginan utk terus menikmati lama2

Lalu cetasikanya gimana tuh bro ? (yang diatas kan hanya cittanya aja) ;D

_/\_

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Abhidhamma utk Pemula
« Reply #73 on: 29 October 2009, 01:39:29 PM »
cetasika itu muncul, berlangsung dan padam bersamaan dengan citta, bro... mirip seperti uang koin dan logam sebagai bahan pembentuknya
koin itu berbeda dengan logam, namun koin tidak mungkin ada tanpa bahan pembentuknya

Kembali ke citta : saat muncul dosa mula citta maka saat itu ada :
- 7 sabbacittasadharana
- salah satu, beberapa atau semua dari pakinaka cetasika
- salah satu/beberapa (ga bisa semua) dari docatuka (4 cetasika dosa)
- salah satu atau beberapa dari moha cetasika

demikian juga saat lobha, mirip kaya diatas hanya saja diganti dengan lotika (3 lobha cetasika).
tapi yg pasti ditthi dan mana tidak bisa muncul berbarengan karena sifatnya bertolak belakang

singkatnya untuk akusala citta :
- saat ada lobha, disitu ada moha
- saat ada dosa, disitu ada moha
- tapi lobha dan dosa tidak bisa muncul bersamaan

kelihatannya secara teori mudah namun saat prakteknya yg sering lolos... he3
« Last Edit: 29 October 2009, 01:45:22 PM by markosprawira »

Offline J.W

  • Sebelumnya: Jinaraga, JW. Jinaraga
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.864
  • Reputasi: 103
  • Gender: Male
Re: Abhidhamma utk Pemula
« Reply #74 on: 31 October 2009, 08:35:35 AM »
 [at]  bro sacheng

Sorry baru reply karna tselflash yg kemarin digunakan sudah mati. So tdk bs bebas berinet 24jam lg.

Haha..JW tdk menguasai abhidhamma..so tdk bs menerangkan yg anda minta.