[at] indra,
menurut anda apabila ada umat Buddha yang tinggal di rusia dimana negerinya sangat dingin, apabila dia meminum arak untuk menghangatkan tubuh apakah termasuk melanggar sila?
menurut anda apakah memasak air (membunuh jutaan bakteri ) termasuk melanggar sila?
lalu apa batasan melanggar sila ?
meminum arak menurut vsila/vinaya adalah melanggar sila, dan unfortunately, sila/vinaya tidak memberikan alasan pembenaran termasuk karena tinggal di rusia. di India pada masa Sang Buddha juga ada musim sangat dingin, dalam sutta disebutkan "musim beku" tapi tetap tidak ada toleransi dalam vinaya untuk hal ini.
memasak air hingga membunuh mikroorganisme tidak melanggar sila/vinaya, kalau ada kecoa hidup di dalam air itu baru melanggar sila, batasan yg ditetapkan oleh Sang Buddha adalah sebatas masih terlihat dengan mata telanjang. jangan tanya saya kenapa begitu? bukan saya yg membuat peraturan
kalau demikian halnya , buku vinaya ada tertulis bhiksu kencing harus jongkok, berarti harus dituruti juga ya?
apa makna dari sila/vinaya tersebut?
loh saya sudah biasa melihat para bhikkhu yg kencing jongkok, menurut komentar itu adalah untuk alasan kesehatan (CMIIW)
penjelasannya menarik sekali, tolong dijelaskan lebih lanjut manfaat kencing jongkok buat kesehatan itu apa? lalu tolong dijelaskan pula manfaat bhiksu gak memakai kolor buat kesehatan itu apa?
mungkin Bro harus bertanya kepada ahli kesehatan, saya bahkan tidak peduli dengan kesehatan saya sendiri.
Dengan kata lain anda mengikuti vinaya dan sila secara membuta tanpa mengetahui tujuan dan manfaatnya. minum arak dapat bermanfaat buat kesehatan, khususnya bila ada umat Buddhist yang tinggal di daerah yang dingin. beberapa ramuan tradisional china pun dicampur dengan arak.
Jadi apabila ada umat Buddhist yang lagi sakit dan membutuhkan ramuan yang menggunakan arak, juga gak boleh minum ya?
itu adalah dengan kata lain versi anda, bukan kata2 saya
saya tidak mendalami vinaya, karena bagi saya cukup pancasila. dan menurut pengalaman saya, ketika saya berada di tempat dingin, saya merasa cukup dengan mnum minuman panas, itu sudah cukup untuk menyamankan tubuh saya.
Orang sakit yg membutuhkan arak untuk kesembuhan, itu namanya minum obat, obat yg terbuat dari arak, Pancasila tidak melarang orang minum obat.
saya tidak tahu soal bhikshu, tetapi kalau bagi bhikkhu, vinaya punya aturan seorang bhikkhu hanya memakai 3 potong jubah, jubah bawah, atas, dan luar, kolor termasuk jubah bagian mana ya?
dalam vinaya bukannya ditulis kalo bhikkhu itu gak pake kolor, tapi pake sesuatu mirip kolor jaman baheula?
bisa tolong kutipkan Vinaya yg anda maksudkan Bro?
vinaya juga melarang membunuh, menurut Bro, apa gunanya tidak membunuh, kalau kita punya mantera membunuh, dan bisa lolos dari polisi?
iya benar, but apakah ada yang paham apa tujuan dan makna yang terkandung dalam pancasila buddhist?
sila tidak membunuh, adalah sesuai dengan semangat Buddhist yaitu ajaran cinta kasih kepada semua makhluk. tidak ada alasan yg membenarkan pembunuhan, apalagi yg KATANYA membunuh untuk menolong. menolong kok membunuh...