//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...  (Read 663430 times)

0 Members and 8 Guests are viewing this topic.

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.403
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #1635 on: 10 July 2009, 06:26:04 PM »
denger2 itu memang dah pindah agama jadi K. gara2 melihat gereja, padahal sebelumnya dia rajin berdana ke vihara kwan im, katanya mau ke indo mau kesaksian yak? liat lagi brosur nya

tak tahu mau nanya ke mana, semoga di sini tidak terlalu nyasar..
ceritanya gini, kemarin saya lihat brosur. di brosur itu disebutkan seorang suhu anggota sangha dari luar negeri, pendiri vihara di luar negeri akan mengadakan kegiatan di indo. nah, yang saya bingung anggota sangha tersebut memiliiki rambut dan di brosur pertama beliau mengenakan pakaian putih, lalu di brosur yang lain beliau mengenakan pakaian pemuka agama sebelah lengkap dengan atributnya. hmmm, apakah ada aliran baru yang anggota sanghanya boleh berganti2 jubah dan berambut atau apa ya? thanks...
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #1636 on: 10 July 2009, 06:43:09 PM »
Yup.. bhikshuni di Jepang setau saya pakaiannya agak sedikit mirip biarawati ka****k dan memakai kerudung.
appamadena sampadetha

Offline GandalfTheElder

  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.480
  • Reputasi: 75
  • Gender: Male
  • Exactly who we are is just enough (C. Underwood)
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #1637 on: 10 July 2009, 07:19:56 PM »
Quote
denger2 itu memang dah pindah agama jadi K. gara2 melihat gereja, padahal sebelumnya dia rajin berdana ke vihara kwan im, katanya mau ke indo mau kesaksian yak? liat lagi brosur nya

Jadi K gara2 lihat gereja?.... Gedubrakk.....

Paling2 bukan bhiksuni yang benar2 mengerti Dharma, tapi yang "cung cung cep".....

 _/\_
The Siddha Wanderer
Theravada is my root. This is the body of my practice.... It [Tibetan Buddhism]has given me my Compassion practice. Vajrayana is my thunder, my power. This is the heart of my practice..True wisdom is simple and full of lightness and humor. Zen is my no-self (??). This is the soul of my practice.

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.403
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #1638 on: 10 July 2009, 08:08:32 PM »
Quote
denger2 itu memang dah pindah agama jadi K. gara2 melihat gereja, padahal sebelumnya dia rajin berdana ke vihara kwan im, katanya mau ke indo mau kesaksian yak? liat lagi brosur nya

Jadi K gara2 lihat gereja?.... Gedubrakk.....

Paling2 bukan bhiksuni yang benar2 mengerti Dharma, tapi yang "cung cung cep".....

 _/\_
The Siddha Wanderer

salah ding keknya yang ini nih ;D
http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,11772.msg196219/topicseen.html#msg196219
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #1639 on: 12 July 2009, 12:58:06 PM »
Heh? Di brosur terbaru sih masih pake jubah putih seperti anagarika. Tapi tak ada berita soal kesaksian...panitianya sih yg saya tau buddhis lo..
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.403
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #1640 on: 12 July 2009, 08:38:29 PM »
oooh, mungkin beda orang ;D
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Kearahatan Ananda
« Reply #1641 on: 01 August 2009, 02:32:18 PM »
Menurut terjemahan Saddharma Pundarika Sutra yg di-posting oleh Rekan Triyana, Ananda dikatakan telah Arahat pada saat pembabaran Sutra ini, selagi Sang Buddha masih hidup. apakah memang demikian menurut Mahayana? karena menurut Teks Pali, Ananda baru mencapai Kearahatan setelah Sang Buddha Parinibbana.

mohon penjelasan dari sesepuh Mahayana. _/\_

Offline Triyana2009

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 756
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #1642 on: 01 August 2009, 03:28:57 PM »
Namo Buddhaya,

Buat Rekan Indra : Di Bab berapa dan baris keberapa mohon dicantumkan.

 _/\_

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #1643 on: 01 August 2009, 03:39:12 PM »
Quote
BAB I
PURWAKA

 

Demikianlah yang telah kami dengar,

Pada suatu ketika Sang Buddha bersemayam di Rajagraha di Gunung Gridhrakuta, dihadap oleh 12.000 Bhiksu yang semuanya telah mencapai kesucian Arahat, yang tiada tercela, yang telah bebas dari ikatan keduniawian, yang telah mengatasi segala belenggu dan yang telah dapat mengendalikan pikiran dan nafsu keinginannya.

Mereka semua adalah para Arahat yang namanya telah terkenal antara lain adalah Arahat :

Ajnata Kaundinya - Maha Kasyapa - Uruvilva Kasyapa - Gaya Kasyapa - Nadi Kasyapa - Sariputra - Maha Maudgalyayana - Katyayana - Aniruddha - Kapphina - Gavampati - Revata - Pilindavasta - Vakkula - Maha Kaushthila - Nanda - Sundara Nanda - Purna - Maitrayaniputra- Subhuti - Ananda - dan Rahula.


Offline Triyana2009

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 756
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #1644 on: 03 August 2009, 11:23:53 AM »
Namo Buddhaya,

Buat Rekan Indra :

Ananda yang ada di Bab 1 tersebut bukanlah Ananda yang anda maksud tetapi Ananda murid Sang Buddha yang lain yang telah Arahat. Namanya memang sama tetapi berbeda orangnya. Ini diterangkan dalam Longer Saddharma Pundarika Sutra :

............... with them yet other great disciples, as the venerable Ananda, still under training, and two thousand other monks, some of whom still under training, the others masters; with six thousand nuns having at their head Mahâpragâpatî, and the nun Yasodharâ, the mother of Râhula, along with her train; (further) with eighty thousand Bodhisattvas, all unable to slide back, endowed with the spells of supreme, perfect enlightenment, firmly standing in wisdom; who moved onward the never deviating wheel of the law; who had propitiated many hundred thousands of Buddhas; who under many hundred thousands of Buddhas had planted the roots of goodness, had been intimate with many hundred thousands of Buddhas, were in body and mind fully penetrated with the feeling of charity; able in communicating the wisdom of the Tathâgatas; very wise, having reached the perfection of wisdom; renowned in many hundred thousands of worlds; having saved many hundred thousand myriads of kotis of beings; such as the Bodhisattva Mahâsattva Mañgusrî, as prince royal; the Bodhisattvas Mahâsattvas Avalokitesvara, Mahâsthâmaprâpta, Sarvarthanâman, Nityodyukta, Anikshiptadhura, Ratnakandra, Bhaishagyarâga, Pradânasûra, Ratnakandra, Ratnaprabha, Pûrnakandra, Mahivikrâmin, Trailokavikrâmin, Anantavikrâmin, Mahâpratibhâna, Satatasamitâbhiyukta, Dharanîdhara, Akshayamati, Padmasrî, Nakshatrarâga, the Bodhisattva Mahâsattva Maitreya, the Bodhisattva Mahâsattva Simha.

 _/\_

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #1645 on: 03 August 2009, 07:32:09 PM »
Ada referensi lain soal Ananda yg telah 'arhat' ini? Mungkin cerita mengenainya di Sutra? Nama orang jaman dulu memang dikit sih.. Kebanyakan itu-itu aja. Tapi sejauh ini yg saya tau Ananda di Buddhisme cm 1 Ananda sepupu Sang Buddha saja deh..
appamadena sampadetha

Offline Triyana2009

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 756
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #1646 on: 05 August 2009, 09:42:01 AM »
Namo Buddhaya,

Buat Rekan Xuvie : Menurut Saddharma Pundarika Sutra ada Ananda murid Sang Buddha yang telah Arahat dan ada Ananda murid Sang Buddha yang baru mencapai KeArahatan setelah Sang Buddha Parinirvana. Kalo anda punya pandangan yang berbeda silahkan cantumkan referensinya.


 _/\_

Offline GandalfTheElder

  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.480
  • Reputasi: 75
  • Gender: Male
  • Exactly who we are is just enough (C. Underwood)
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #1647 on: 05 August 2009, 12:09:37 PM »
Tidak ada yang namanya dua orang Ananda, baik di Mahayana maupun Vajrayana.

Yang ada adalah kekeliruan menerjemahkan.

Yang bahasa Indonesia itu (menyebutkan Ananda sudah Arhat) adalah terjemahan Burton Watson.

Sedangkan yang bhs Inggris (menyebutkan Ananda masih dalam pelatihan) adalah terjemahan H Kern.

So bisa disimpulkan bahwa Burton salah menerjemahkan, karena Mahayana dan Vajrayana juga sepakat bahwa Ananda mencapai Arhat setelah Sang Buddha Parinirvana.

 _/\_
The Siddha Wanderer
Theravada is my root. This is the body of my practice.... It [Tibetan Buddhism]has given me my Compassion practice. Vajrayana is my thunder, my power. This is the heart of my practice..True wisdom is simple and full of lightness and humor. Zen is my no-self (??). This is the soul of my practice.

Offline Triyana2009

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 756
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #1648 on: 05 August 2009, 01:50:52 PM »
Namo Buddhaya,

Buat Bro Gandalf :

Saya kira tidak ada yang salah menerjemahkan karena ada 2 versi Saddharma Pundarika Sutra dimana yang satu lebih panjang dari yang lain.

Dan terjemahan yang saya posting disini versi mandarin yang diterjemahkan langsung oleh Y.A Kumarajiva dan terjemahan Y.A Kumarajiva ini sudah diakui bahkan oleh kalangan cendekiawan barat sendiri sangat tepat sekali dalam penterjemahannya.Bila anda membaca kisah Y.A Kumarajiva ini anda akan tahu betapa susahnya membawa Kitab Suci dari India ke Tiongkok pada saat itu bahkan dengan taruhan nyawa tetapi berkat perlindungan para Buddha,Bodhisattva dan Dharmapala Y.A Kumarajiva mampu melewati semua itu jadi saya yakin terjemahan Y.A Kumarajiva adalah tepat dan benar.

Terjemahan yang lebih panjang yang anda katakan diterjemahkan oleh H Kern tersebut saya yakin seyakin-yakinnya juga betul karena diambil dari versi yang lain, adalah umum dalam Mahayana apabila ada satu Sutra dengan banyak terjemahan. Ada kanon Tiongkok, Tibet, Mongolia, Bhutan, Jepang tetapi saya meyakini bahwa pada dasarnya semuanya benar. Bahkan H.H Dalai Lama sendiri pernah mengatakan bahwa ada lagi Sutra-sutra yang lain yang belum kita ketahui.

Mengenai nama Ananda, perlu Bro Gandalf ketahui dalam khazanah susastra Sanskrit adalah lazim apabila nama seseorang itu lebih dari satu. Jadi sebelum anda mengetahui dengan pasti bahwa nama kesemua Arahat tersebut, merujuk kepada kedua terjemahan tersebut saya meyakini bahwa ada 2 Ananda seperti yang tertulis dalam Sutra Saddharma Pundarika Sutra .

 _/\_


« Last Edit: 05 August 2009, 01:53:20 PM by Triyana2009 »

Offline sobat-dharma

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.286
  • Reputasi: 45
  • Gender: Male
  • sharing, caring, offering
Re: Pertanyaan kritis mengenai Mahayana menurut pandangan yg berbeda...
« Reply #1649 on: 05 August 2009, 04:55:41 PM »
Mengenai dua atau satu Ananda, saya rasa tidak mungkin langsung mengambil kesimpulan tanpa melakukan penyelidikan lebih lanjut.

To bro Triyana,
bisakah dijelaskan lebih jauh lagi mengenai dua versi Saddharmapundarika Sutra. Apakah ada informasi atau rujukan mengenai ini. Setahu saya, dalam terjemahan Bahasa Inggris memang ada beberapa versi Lotus Sutra, namun kalau teks terjemahannya dalam bahasa lain ataupun bahasa Sanskritnya saya belum tahu. Mohon penerangannya. Trims

To bro, gandalf,
terjemahan Sutra Teratai ke dalam bahas indonesia yang kutahu berasal dari terjemahannya Soothill & ... (aku nggak ingat namanya), kalau nggak salah. Kalau Sutra Teratai terjemahan Burton Watson sudah diterjemahkan, kapankah itu?
« Last Edit: 05 August 2009, 05:00:19 PM by sobat-dharma »
Mereka yang melihat-Ku dari wujud dan mengikuti-Ku dari suara terlibat dalam upaya salah. Mereka takkan melihat Aku. Dari Dharma-lah mestinya ia melihat Para Buddha. Dari Dharmakaya datang tuntunan baginya. Namun hakikat sejati Dharma tak terlihat dan tiada seorangpun bisa menyadarinya sebagai obyek

 

anything