//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Apakah ajaran Buddhist Mahayana mengenal kata ATMAN ?  (Read 35007 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline xenocross

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.189
  • Reputasi: 61
  • Gender: Male
Re: Apakah ajaran Buddhist Mahayana mengenal kata ATMAN ?
« Reply #75 on: 12 October 2010, 11:28:14 AM »
Hanya tulisan Hui Neng yang dimasukkan sebagai Sutra, dan itu juga merupakan sebuah anomali yang sangat jarang ditemui.

Kalau sudah masuk ke Saddharmapundarika Sutra, saya gak tahu....
Itu sutra yang saya hindari dan saya tidak baca, karena sifatnya yang kontroversial.
Satu saat dari pikiran yang dikuasai amarah membakar kebaikan yang telah dikumpulkan selama berkalpa-kalpa.
~ Mahavairocana Sutra

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Apakah ajaran Buddhist Mahayana mengenal kata ATMAN ?
« Reply #76 on: 12 October 2010, 03:25:43 PM »
Hanya tulisan Hui Neng yang dimasukkan sebagai Sutra, dan itu juga merupakan sebuah anomali yang sangat jarang ditemui.

Kalau sudah masuk ke Saddharmapundarika Sutra, saya gak tahu....
Itu sutra yang saya hindari dan saya tidak baca, karena sifatnya yang kontroversial.

Lebih utama mana ? Saddharmapundarika sutra atau komentar-komentar para yogi mahayana seperti Chandrakirti dkk ?

Apakah boleh memilah-milah mana sutra yang boleh dipedomani, mana yang tidak ?
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline xenocross

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.189
  • Reputasi: 61
  • Gender: Male
Re: Apakah ajaran Buddhist Mahayana mengenal kata ATMAN ?
« Reply #77 on: 12 October 2010, 06:56:58 PM »
menurut saya pribadi boleh, karena memang saya membaca sutra untuk kemajuan spiritual saya sendiri, bukan orang lain. Karena saya tidak mendapat manfaat dari membaca sutra tsb, malah muncul keraguan, maka saya menghindari membacanya.

Dan karena itu juga saya tidak mempunyai kemampuan menjawab pertanyaan mengenai sutra tsb
Satu saat dari pikiran yang dikuasai amarah membakar kebaikan yang telah dikumpulkan selama berkalpa-kalpa.
~ Mahavairocana Sutra

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Apakah ajaran Buddhist Mahayana mengenal kata ATMAN ?
« Reply #78 on: 12 October 2010, 10:04:11 PM »
menurut saya pribadi boleh, karena memang saya membaca sutra untuk kemajuan spiritual saya sendiri, bukan orang lain. Karena saya tidak mendapat manfaat dari membaca sutra tsb, malah muncul keraguan, maka saya menghindari membacanya.

Dan karena itu juga saya tidak mempunyai kemampuan menjawab pertanyaan mengenai sutra tsb

berarti umat K ataupun I ataupun ajaran kepercayaan lain boleh juga mencomot ayat-ayat di dalam kitab suci mereka untuk di pedomani sesuai dengan selera masing-masing tanpa memandang keseluruhan KITAB SUCI sebagai suatu kesatuan ?
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline Triyana2009

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 756
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: Apakah ajaran Buddhist Mahayana mengenal kata ATMAN ?
« Reply #79 on: 14 October 2010, 07:44:21 PM »
Namo Buddhaya,

maaf bro triyana, biarpun saya penganut ajaran "konon katanya begitu", saya gak akan langsung percaya perkataan orang
 tolong sebutkan yang jelas dimana referensi dari "demikian menurut ajaran Madhyamika Prasangika" , siapa yang bilang, ada di buku apa halaman berapa?

Banyak tersedia dalam buku-buku Agama Buddha Mahayana tetapi hampir keseluruhannya dicetak dan diedarkan diluar negeri silahkan cari sendiri di Google.

Kalau ada member Penerbit Karaniya yang tertarik menerbitkannya di Indonesia saya akan berikan referensi lengkap buku-buku mana saja yang membahas hal ini.

Saya berikan artikel singkat padat yang membahas hal ini :

Rebirth

Rebirth is the process of coming back into a new body and a new life.
Both rebirth and reincarnation are the process of coming back, but the
words cannot be used interchangeably. In rebirth, an ordinary human
being is forced to return to samsara. In reincarnation, a choice is made
to come back for a specific reason and purpose.
In Tibet you can meet reincarnated lamas. They have come back mainly to
serve others; they have made an unbreakable promise to do so.
Even among Tibetans it’s difficult to understand or believe in life
after death. The process does not have to do with the physical body, but
the mind or consciousness. If we believe the mind is energy, we can’t
possibly believe in rebirth or life after death. That’s because the body
is the source of energy, and at death, when bodily functions end, the
energy ceases.
While Christians believe in a life after death – heaven or hell –
Buddhists believe in a series of lives.


The three levels of consciousness:

It is difficult to understand rebirth or reincarnation if you don’t
understand the nature of mind or consciousness. The mind, according to
Buddhism, has three levels: gross, subtle and very subtle.
The gross mind relies on the body’s functions. When something goes
wrong with the body, that dysfunction may affect the mind (e.g. strokes
or brain injuries). When the body stops, the gross mind stops.
The subtle mind’s existence is only partly tied to the functions of the
body. The subtle mind continues from life to life, but does not carry
all the information necessary.
The subtle mind is not considered an entirely safe container or "Swiss
bank" for all the information that travels from life to life. The subtle
mind can be influenced by external factors.
The very subtle mind is the "clear light of mind." It has nothing to do
with body functions. However, it remains inactive during our lives, its
latent potential activated at death. When the functions of the gross
mind stop because the body’s functions have stopped, at the last stage
of physical death (near black attainment), the clear light of mind
activates.
The very subtle mind cannot be affected by external factors. It safely
carries information from the past to the present and from the present to
the future.


Further explanation:

We can use reasoning to understand the possibility of rebirth or
reincarnation by understanding the essence of mind or consciousness,
which may momentarily change but does not lose its essence.
First, we know a cause must arise before existence. What is that cause:
material or immaterial?
If we believe consciousness is a material substance, we must ask if a
material substance produces or causes mind or consciousness. Then we
must divide the material cause in two, the substantial cause and the
contributing cause or cooperating force.
Consider a mango, which is a material substance. The substantial
material cause would be the mango seed in soil; contributing material
causes would be heat, fertilizer, and moisture.
The material cause itself turns into its effect. The mango seed becomes
the mango.
Or consider a gold ring. When a gold ring is made from gold, the gold
metal is the substantial material cause of the forthcoming gold ring. A
jeweler can turn gold into a gold ring without changing the essence of
the gold. The cause itself turns into its effect.
Now, consider consciousness again. If the cause of very subtle
consciousness is material, then we would have a substantial material
cause of consciousness and a contributing material cause. The
substantial material cause would have to turn into consciousness without
changing its essence. Why? Because the cause turns into its effect; the
essence is unchanging.
According to Buddhists’ understanding then, consciousness is not
material. Why? Because it’s impossible for a material thing to turn into
mind or consciousness without changing its essence.
The uniting of sperm and egg don’t qualify. The sperm and egg serve as
substantial cause of the gross body and mind, not of very subtle
consciousness. The bardo being, when it finds its new body, has a strong
influence on the united sperm and egg, but is not the cause of very
subtle consciousness, either.


Further distinguishing subtle and very subtle consciousness:

Our five senses arise when we come into contact with objects and
stimuli. Beneath each of the five senses is a consciousness through
which information goes to the subtle consciousness and is stored. The
subtle consciousness serves as a conduit of information from the five
senses to the very subtle consciousness.
The subtle consciousness has some sense of "I" and "you." The very
subtle consciousness has no "I," no duality.
The subtle consciousness is not entirely reliable as a container of
information as consciousness moves from life to life, while the very
subtle consciousness is reliable.
It is necessary to understand the very subtle mind to understand karma.
The essential nature of the very subtle consciousness is not different
from one person to another. However, each person’s karmic information,
carried by the very subtle consciousness, is different.
Modern science, when it talks about mind or memory, talks about the
grosser levels of mind, neurons, cells, chemistry, not very subtle
consciousness.
Very subtle consciousness goes life to life, life to life without
changing its essence, going from past to present to future without
changing its essence. We are not talking here about a physical location,
but movement through time.

Activating clear light of mind, or very subtle consciousness, through
meditation


Through meditation the clear light of mind can be activated and
experienced, through gaining control of the body functions, stopping
gross mind and its thoughts. When conceptual thoughts cease during
meditation, the mind returns to its natural state, unbiased, neither
attracted nor repulsed by anything. Once we have that meditation
experience, once we have that control of our mind, we can use special
techniques to activate very subtle consciousness. If we understand clear
light of mind, we can understand rebirth or reincarnation.
In meditative equipose, we learn to remain in clear light of mind. We
can become one with clear light of mind and share very subtle
consciousness temporarily. But at the end of meditation, we return to
duality.

Oleh GESHE DAKPA TOPGYAL ( Geshe Jampa graduated from Drepung Loseling Monastery in India, and has taught in St. Petersburg, Russia, and in Lithuania. He was ordained by His Holiness the Dalai Lama. We are very grateful that he has come to share the Dharma with us )

 _/\_

Offline Triyana2009

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 756
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: Apakah ajaran Buddhist Mahayana mengenal kata ATMAN ?
« Reply #80 on: 14 October 2010, 07:48:20 PM »
Namo Buddhaya,

anatta itu realitas

Bro Xenocross yang baik, iya saya setuju anatta adalah realitas, jadi menurut bro Xenocross manakah yang lebih baik, mengembangkan suatu konsep mengenai realitas atau hanya "simply" mengajak orang menyelami/mengalami realitas itu?

Quote
Buddha mengajar sudah sempurna. tetapi dari masa ke masa selalu ada yang salah mengerti
Nagarjuna hanya meluruskan pandangan salah yang ada waktu itu.
Sebenarnya bukan salah mengerti bro, hanya tidak menyelami jadi kurang mengerti, karena anatta adalah realitas maka kita perlu menyelami/mengalami maka akan mengerti.
Apakah dengan keterangan Nagarjuna orang menjadi mengerti anatta? Atau hanya menambah kebingungan orang yang belum mengerti? Malah menjadi bertambah bingung dan ragu "mana yang benar...?"

Quote
Mengenai alaya-vijnana, saya tidak tahu karena belum menembus sampai kesana. Saya tahu ini kan dari "konon katanya begitu"
Hanya sebagai renungan kita bro... Apakah Chandrakirti menganggap dirinya lebih bijaksana dari Sang Buddha...?
 
_/\_


Saya tidak dalam tingkat dimana saya bisa mengkritisi guru-guru besar masa lalu. Dan saya tidak ingin menjadikan ini Theravada vs Mahayana lagi

Buddha mengajar sudah sempurna, tetapi hal itu bukan berarti kita berhenti. Budhagosa tetap menulis Visuddhi Magga yang merupakan kitab komentar Tripitaka.
Saya melihat karya-karya guru-guru besar Mahayana juga seperti itu, seperti kitab komentar. Dan poin-poin logika Nagarjuna sampai sekarang masih menjadi kurikulum meditasi untuk aliran Buddha Tibet untuk topik sunyata.

Dan Madhyamika Prasangika tidak mempunyai doktrin kesadaran eternal, 3 kesadaran dll, seperti yang saudara Triyana bilang. KAlau memang benar ada, tolong tunjukkan di kitab mana? karya yang mana? Siapa yang bilang?

Sudah saya jawab ya diatas.

 _/\_

Offline Triyana2009

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 756
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: Apakah ajaran Buddhist Mahayana mengenal kata ATMAN ?
« Reply #81 on: 14 October 2010, 07:57:49 PM »
Namo Buddhaya,

Istilah "suñña" atau sunya atau kosong (dari diri/atta/personifikasi) sudah ada dalam Tipitaka dalam menerangkan sifat masing-masing Pancakhandha.

Mengenai apakah Mahayana menolak konsep atman, saya pikir demikian, setidaknya yang saya ketahui dari Prajna Paramita Hrdaya Sutra, yang mengatakan bahwa tiap komponen dalam Panca Skhandha adalah sunya atau kosong (dari suatu personifikasi/atman)
[/qute]

Membahas hal ini akan membutuhkan pemahaman dan waktu yang cukup lama.

 _/\_
« Last Edit: 14 October 2010, 08:00:14 PM by Triyana2009 »

Offline Triyana2009

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 756
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: Apakah ajaran Buddhist Mahayana mengenal kata ATMAN ?
« Reply #82 on: 14 October 2010, 08:34:36 PM »
Namo Buddhaya,

Theravada masuk ke Srilanka sebelum agama Buddha di India pecah menjadi 18 aliran dengan pandangan dan vinaya masing-masing, sehingga sepertinya tidak terpengaruh debat pada masa itu. Dan mungkin juga karena terlalu kolot mempertahankan kemurnian, filosofinya tidak berkembang tetapi tidak ada yang salah paham tentang atman.

Sedangkan 18 aliran itu, masing-masing berdebat dan berfilosofi, dan karena terlalu kreatif memunculkan banyak pandangan salah. Banyak juga pandangan yang bagus, tetapi banyak juga pandangan salah.

Nagarjuna disebut Buddha kedua karena beliau mampu menjelaskan apa yang dimaksud Buddha dalam kitab suci, ketika orang lain tidak bisa (terlalu sibuk berfilosofi? )
Dari tulisan Nagarjuna, Aryadeva, dan Chandrakirti, ajaran Buddha kembali ke jalur yang benar (di India).
Dan aliran Madhyamika dipelajari sebagai konsep dasar Sunyata yang menjadi pilar Mahayana

Selanjutnya Mahayana berkembang, dengan memadukan konsep-konsep dari aliran Buddhisme yang ada waktu itu. Lalu menyebar ke China, Jepang, Tibet, Afghanistan, dll

Sehingga ketika Mahayana dan Theravada bertemu kembali pada abad ke-20, tidak heran ketika mereka bisa sepakat bahwa ajaran Buddha dasarnya adalah Anatta. Theravada melihat Sunyata sebagai konsep Anatta yang dikembangkan lebih jauh.

Bro Xenocross yang baik, Theravada masuk ke Srilanka karena Ajaran Sang Buddha telah terpecah menjadi banyak aliran, justru Y.A. Mahinda sendiri (putra raja Asoka) menyebarkan ajaran Theravada di Srilanka dengan pertimbangan, disanalah kemurnian ajaran Sang Buddha bisa dipertahankan.

 _/\_

Saya kira anda keliru akan hal ini, karena 18 Aliran dalam Agama Buddha tersebut semuanya "sah dan legal" tidak ada yang namanya aliran ini keliru dan aliran itu benar, semuanya benar.

Theravada masuk ke Srilanka karena Ajaran Sang Buddha telah terpecah menjadi banyak aliran, justru Y.A. Mahinda sendiri (putra raja Asoka) menyebarkan ajaran Theravada di Srilanka dengan pertimbangan, disanalah kemurnian ajaran Sang Buddha bisa dipertahankan = Saya luruskan disini : Theravada hanyalah salah satu aliran dari Vibhajjavada. Theravada terbentuk pada era Raja Asoka jadi sebelum itu belum ada Theravada. Ke 18 Aliran adalah benar dan murni.

 _/\_







Offline Triyana2009

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 756
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: Apakah ajaran Buddhist Mahayana mengenal kata ATMAN ?
« Reply #83 on: 14 October 2010, 08:43:26 PM »
Namo Buddhaya,

menurut saya pribadi boleh, karena memang saya membaca sutra untuk kemajuan spiritual saya sendiri, bukan orang lain. Karena saya tidak mendapat manfaat dari membaca sutra tsb, malah muncul keraguan, maka saya menghindari membacanya.

Dan karena itu juga saya tidak mempunyai kemampuan menjawab pertanyaan mengenai sutra tsb

Saran saya bila belajar Buddha Dharma sebaiknya dibawah bimbingan Lama atau Suhu sehingga menghindari adanya pandangan keliru.

Belajarlah dengan urutan yang benar sesuai dengan bahan yang telah diberikan oleh Lama atau Suhu.

Bila muncul pertanyaan akan sesuatu hal yang belum anda ketahui bertanyalah kepada Lama atau Suhu.

 _/\_

Offline Triyana2009

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 756
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: Apakah ajaran Buddhist Mahayana mengenal kata ATMAN ?
« Reply #84 on: 14 October 2010, 08:48:16 PM »
Namo Buddhaya,

menurut saya pribadi boleh, karena memang saya membaca sutra untuk kemajuan spiritual saya sendiri, bukan orang lain. Karena saya tidak mendapat manfaat dari membaca sutra tsb, malah muncul keraguan, maka saya menghindari membacanya.

Dan karena itu juga saya tidak mempunyai kemampuan menjawab pertanyaan mengenai sutra tsb

berarti umat K ataupun I ataupun ajaran kepercayaan lain boleh juga mencomot ayat-ayat di dalam kitab suci mereka untuk di pedomani sesuai dengan selera masing-masing tanpa memandang keseluruhan KITAB SUCI sebagai suatu kesatuan ?

Tentu saja kita meyakini Tripitaka dengan utuh.

Belajar Buddha Dharma hendaknya dibawah bimbingan Lama atau Suhu sehingga anda belajar secara teratur dan sistematis untuk menghindari pandangan keliru.

Silahkan  :backtotopic:

 _/\_

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????
Re: Apakah ajaran Buddhist Mahayana mengenal kata ATMAN ?
« Reply #85 on: 14 October 2010, 09:02:07 PM »
Namo Buddhaya,

menurut saya pribadi boleh, karena memang saya membaca sutra untuk kemajuan spiritual saya sendiri, bukan orang lain. Karena saya tidak mendapat manfaat dari membaca sutra tsb, malah muncul keraguan, maka saya menghindari membacanya.

Dan karena itu juga saya tidak mempunyai kemampuan menjawab pertanyaan mengenai sutra tsb

Saran saya bila belajar Buddha Dharma sebaiknya dibawah bimbingan Lama atau Suhu sehingga menghindari adanya pandangan keliru.

Belajarlah dengan urutan yang benar sesuai dengan bahan yang telah diberikan oleh Lama atau Suhu.

Bila muncul pertanyaan akan sesuatu hal yang belum anda ketahui bertanyalah kepada Lama atau Suhu.

 _/\_

suhu atau lama juga blm tentu bener terlepas dr pandangan keliru.. ;D

mending pake teknik "baca dan tanya yang tidak dimengerti".. nanya2nya jg kalo bisa jgn ama 1 org aja..tanya ke beberapa org..hehehe
No matter how dirty my past is,my future is still spotless

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.993
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: Apakah ajaran Buddhist Mahayana mengenal kata ATMAN ?
« Reply #86 on: 15 October 2010, 05:41:47 AM »
Namo Buddhaya,

menurut saya pribadi boleh, karena memang saya membaca sutra untuk kemajuan spiritual saya sendiri, bukan orang lain. Karena saya tidak mendapat manfaat dari membaca sutra tsb, malah muncul keraguan, maka saya menghindari membacanya.

Dan karena itu juga saya tidak mempunyai kemampuan menjawab pertanyaan mengenai sutra tsb

Saran saya bila belajar Buddha Dharma sebaiknya dibawah bimbingan Lama atau Suhu sehingga menghindari adanya pandangan keliru.

Belajarlah dengan urutan yang benar sesuai dengan bahan yang telah diberikan oleh Lama atau Suhu.

Bila muncul pertanyaan akan sesuatu hal yang belum anda ketahui bertanyalah kepada Lama atau Suhu.

 _/\_

suhu atau lama juga blm tentu bener terlepas dr pandangan keliru.. ;D

mending pake teknik "baca dan tanya yang tidak dimengerti".. nanya2nya jg kalo bisa jgn ama 1 org aja..tanya ke beberapa org..hehehe

Nah lho!!
bukannya sumber 'ilmu pengetahuan' bro Triyana cukup banyak.
Coba Lihat copasan bro Tri berbagai kalangan mulai dari Wikipedia, suhu, biksu, lama sampai Tripitaka  la yau ! :))

  _/\_
« Last Edit: 15 October 2010, 05:43:35 AM by adi lim »
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Apakah ajaran Buddhist Mahayana mengenal kata ATMAN ?
« Reply #87 on: 15 October 2010, 06:07:49 AM »
Namo Buddhaya,

menurut saya pribadi boleh, karena memang saya membaca sutra untuk kemajuan spiritual saya sendiri, bukan orang lain. Karena saya tidak mendapat manfaat dari membaca sutra tsb, malah muncul keraguan, maka saya menghindari membacanya.

Dan karena itu juga saya tidak mempunyai kemampuan menjawab pertanyaan mengenai sutra tsb

Saran saya bila belajar Buddha Dharma sebaiknya dibawah bimbingan Lama atau Suhu sehingga menghindari adanya pandangan keliru.

Belajarlah dengan urutan yang benar sesuai dengan bahan yang telah diberikan oleh Lama atau Suhu.

Bila muncul pertanyaan akan sesuatu hal yang belum anda ketahui bertanyalah kepada Lama atau Suhu.

 _/\_

Udah tentu ini posting yg memihak.....pada Lama dan Suhu.

Utk belajar Buddhism bisa saja ke TRIYANA (wihara).

bisa juga tanya pasa Suhu... (tapi ini suhu Medho),

bisa juga baca Tripitaka, dengar2 ceramah dlm MP3, tanya2 pada member DC
yg menurut gw jauh lebih mudah, cepat dan luas pandangannya (gak sempit dehh)

Forum DC merupakan lahan yg amat bagus utk share pandangan Buddhist
(sorry advertising dikit)

boleh tau Lama siapay dan Suhu siapa yg Triyana2009 rekomendasikan di Indonesia?
kalau salah kan hasilnya gak memuaskan.... mohon dibantu ya....
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Apakah ajaran Buddhist Mahayana mengenal kata ATMAN ?
« Reply #88 on: 15 October 2010, 10:19:23 AM »
Namo Buddhaya,

Theravada masuk ke Srilanka sebelum agama Buddha di India pecah menjadi 18 aliran dengan pandangan dan vinaya masing-masing, sehingga sepertinya tidak terpengaruh debat pada masa itu. Dan mungkin juga karena terlalu kolot mempertahankan kemurnian, filosofinya tidak berkembang tetapi tidak ada yang salah paham tentang atman.

Sedangkan 18 aliran itu, masing-masing berdebat dan berfilosofi, dan karena terlalu kreatif memunculkan banyak pandangan salah. Banyak juga pandangan yang bagus, tetapi banyak juga pandangan salah.

Nagarjuna disebut Buddha kedua karena beliau mampu menjelaskan apa yang dimaksud Buddha dalam kitab suci, ketika orang lain tidak bisa (terlalu sibuk berfilosofi? )
Dari tulisan Nagarjuna, Aryadeva, dan Chandrakirti, ajaran Buddha kembali ke jalur yang benar (di India).
Dan aliran Madhyamika dipelajari sebagai konsep dasar Sunyata yang menjadi pilar Mahayana

Selanjutnya Mahayana berkembang, dengan memadukan konsep-konsep dari aliran Buddhisme yang ada waktu itu. Lalu menyebar ke China, Jepang, Tibet, Afghanistan, dll

Sehingga ketika Mahayana dan Theravada bertemu kembali pada abad ke-20, tidak heran ketika mereka bisa sepakat bahwa ajaran Buddha dasarnya adalah Anatta. Theravada melihat Sunyata sebagai konsep Anatta yang dikembangkan lebih jauh.

Bro Xenocross yang baik, Theravada masuk ke Srilanka karena Ajaran Sang Buddha telah terpecah menjadi banyak aliran, justru Y.A. Mahinda sendiri (putra raja Asoka) menyebarkan ajaran Theravada di Srilanka dengan pertimbangan, disanalah kemurnian ajaran Sang Buddha bisa dipertahankan.

 _/\_

Saya kira anda keliru akan hal ini, karena 18 Aliran dalam Agama Buddha tersebut semuanya "sah dan legal" tidak ada yang namanya aliran ini keliru dan aliran itu benar, semuanya benar.

Theravada masuk ke Srilanka karena Ajaran Sang Buddha telah terpecah menjadi banyak aliran, justru Y.A. Mahinda sendiri (putra raja Asoka) menyebarkan ajaran Theravada di Srilanka dengan pertimbangan, disanalah kemurnian ajaran Sang Buddha bisa dipertahankan = Saya luruskan disini : Theravada hanyalah salah satu aliran dari Vibhajjavada. Theravada terbentuk pada era Raja Asoka jadi sebelum itu belum ada Theravada. Ke 18 Aliran adalah benar dan murni.

 _/\_




Bro Triyana yang baik, boleh tahu sumber anda referensinya darimana...?

 _/\_
« Last Edit: 15 October 2010, 10:21:03 AM by fabian c »
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline Triyana2009

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 756
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: Apakah ajaran Buddhist Mahayana mengenal kata ATMAN ?
« Reply #89 on: 15 October 2010, 07:26:42 PM »
Namo Buddhaya,

Namo Buddhaya,

Theravada masuk ke Srilanka sebelum agama Buddha di India pecah menjadi 18 aliran dengan pandangan dan vinaya masing-masing, sehingga sepertinya tidak terpengaruh debat pada masa itu. Dan mungkin juga karena terlalu kolot mempertahankan kemurnian, filosofinya tidak berkembang tetapi tidak ada yang salah paham tentang atman.

Sedangkan 18 aliran itu, masing-masing berdebat dan berfilosofi, dan karena terlalu kreatif memunculkan banyak pandangan salah. Banyak juga pandangan yang bagus, tetapi banyak juga pandangan salah.

Nagarjuna disebut Buddha kedua karena beliau mampu menjelaskan apa yang dimaksud Buddha dalam kitab suci, ketika orang lain tidak bisa (terlalu sibuk berfilosofi? )
Dari tulisan Nagarjuna, Aryadeva, dan Chandrakirti, ajaran Buddha kembali ke jalur yang benar (di India).
Dan aliran Madhyamika dipelajari sebagai konsep dasar Sunyata yang menjadi pilar Mahayana

Selanjutnya Mahayana berkembang, dengan memadukan konsep-konsep dari aliran Buddhisme yang ada waktu itu. Lalu menyebar ke China, Jepang, Tibet, Afghanistan, dll

Sehingga ketika Mahayana dan Theravada bertemu kembali pada abad ke-20, tidak heran ketika mereka bisa sepakat bahwa ajaran Buddha dasarnya adalah Anatta. Theravada melihat Sunyata sebagai konsep Anatta yang dikembangkan lebih jauh.

Bro Xenocross yang baik, Theravada masuk ke Srilanka karena Ajaran Sang Buddha telah terpecah menjadi banyak aliran, justru Y.A. Mahinda sendiri (putra raja Asoka) menyebarkan ajaran Theravada di Srilanka dengan pertimbangan, disanalah kemurnian ajaran Sang Buddha bisa dipertahankan.

 _/\_

Saya kira anda keliru akan hal ini, karena 18 Aliran dalam Agama Buddha tersebut semuanya "sah dan legal" tidak ada yang namanya aliran ini keliru dan aliran itu benar, semuanya benar.

Theravada masuk ke Srilanka karena Ajaran Sang Buddha telah terpecah menjadi banyak aliran, justru Y.A. Mahinda sendiri (putra raja Asoka) menyebarkan ajaran Theravada di Srilanka dengan pertimbangan, disanalah kemurnian ajaran Sang Buddha bisa dipertahankan = Saya luruskan disini : Theravada hanyalah salah satu aliran dari Vibhajjavada. Theravada terbentuk pada era Raja Asoka jadi sebelum itu belum ada Theravada. Ke 18 Aliran adalah benar dan murni.

 _/\_




Bro Triyana yang baik, boleh tahu sumber anda referensinya darimana...?

 _/\_

Tentu saja boleh bro Fabian, ini referensinya :

Buku Sects & Sectarianism: The Origins of Buddhist Schools Oleh Venerable Bhikkhu Sujato

 _/\_
« Last Edit: 15 October 2010, 07:29:21 PM by Triyana2009 »

 

anything