//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Perumpamaan-Perumpamaan Dalam Meditasi  (Read 7079 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline metra

  • dandakamma
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 269
  • Reputasi: -11
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Perumpamaan-Perumpamaan Dalam Meditasi
« Reply #15 on: 08 December 2017, 11:36:22 AM »
Quote
Ibarat  Menggergaji Kayu
Seseorang yang sedang menggergaji batang kayu di atas tanah, perhatiannya ditujukan pada gigi gergaji pada titik kontaknya dengan batang kayu, tanpa memperhatikan gigi gergaji yang mendekat atau menjauh, dan ia dengan penuh semangat, melakukan tugasnya dan mencapai hasil yang baik.
Seperti batang kayu di atas tanah, mengibaratkan ikatan (dari perhatian). Seperti gigi gergaji demikian pula keluar masuknya nafas. Seperti perhatian orang yang ditujukan pada gigi gergaji pada titik kontaknya dengan batang kayu tanpa memberi perhatian pada gigi gergaji yang datang mendekat atau menjauh, demikian pula seorang meditator setelah menetapkan perhatiannya pada ujung hidung atau bibir batian atas, tanpa memberi perhatian pada keluar dan masuknya nafas yang datang dan pergi, dengan penuh semangat, menunaikan tugasnya dan mencapai hasil yang baik.


itu benar di permulaan.u bagian setelah permulaan setelah perhatian pada bibir bagian atas didepan hidung lenyap, meditator semestinya bisa diam.
Perumpamaannya menggergaji kayu.setelah perhatian pada titik sentuh mata gergaji hilang krn perhatian mumpuni, selanjutnya ia memperhatikan garis yg dia buat pada kayu.shg hasilnya lurus, rapi dan bersih.