(1) pada doktrin karma, segala akibat selalu ada sebabnya.
sekarang apa sebabnya "kehendak tuhan" itu?
saya tidak tahu
penganut doktrin nasib pun ketika saya tanya menjawab tidak tahu, yg jelas bagi mereka kehendak Tuhan baik
sebaliknya kalau penganut doktrin nasib bertanya kepada penganut doktrin karma sbb:
'ketika seseorang dilahirkan pertama kali di samsara, karma apa yg menyebabkannya terlahir cantik/jelek, pintar/bodoh, kaya/miskin, dsb'
maka penganut doktrin karma akan mengatakan ada karma sebelumnya karena 'tidak ada awal'
buat penganut doktrin nasib tidak masuk diakal (jgn2 ini ma cuma berkelit) bagaimana kelahiran pertama kali itu tidak ada
(2) Pada doktrin nasib, semua yg terjadi adalah "kehendak tuhan", yg bermakna bahwa segala akibat yg terjadi selalu disebabkan oleh penyebab tunggal. inikah yg anda maksudkan dengan "persamaan"?
kalau menurut anda tidak dpt diterima, namun tidak demikian bagi yg mempercayainya
jadi alat uji apa yg mau dipakai?
(3) Jika sebab demikian yg anda maksudkan dengan "sebab-akibat" dalam nasib, bisakah anda menjelaskan bagaimana "sebab-akibat" dalam doktrin karma, sehingga saya bisa melihat persamaannya.
apakah setiap saat saya harus mengulang apa yang sudah saya sampaikan, baca lagi deh posting sebelumnya
sekedar mengingatkan
kalau saya cuma mengatakan sama2 mengatakan ada sebab
soal sebabnya dpt diterima/tidak, masuk akal/tidak, benar/salah itu di luar ruang lingkup apa yg saya sampaikan
dan sepertinya yg di luar ringkup apa yg saya sampaikan inilah yg selalu ingin anda bahas