[at] wen78 : tuk ayat itu emang sy mengutip isi alkitab dr 1 paragraf/1 ayat, tp walau kita baca secara keseluruhan maka tetap saja anda akan menemukan esensi dr tindakan ular yg menggoda adam dan hawa, sehingga manusia itu meninggalkan/mengkhianati allah sehingga manusia mulai jatuh dalam dosa... apakah ada tujuan lain ular menggoda manusia ? hubungan nya dengan ayat injil markus, sebenarnya tidak ada, cm teman anda mengatakan bahwa ucapan untuk mencobai umat kr****n dengan ayat itu layaknya ular yg menggoda manusia, klo liat dr esensi sumber cerita dari masing2 pihak, sebenarnya ga nyambung...
di injil markus pada ayat itu, menyatakan keimanan dari umat kr****n terhadap anak tuhan yaitu yesus dan tidak akan celaka oleh apa pun jika beriman pada nya... berarti yg menjadi point disitu adalah keimanan dari mereka yg percaya pada yesus...
sy sudah mendapat kan jawaban dr beberapa orang kr****n dan pendeta kr****n di sby, tetap saja tidak ada jawaban yg pas akan hal itu... lain lg mungkin dengan umat kr****n yg panas, mencari akal tuk mengeles dan bersilat lidah serta memainkan kalimat demi kalimat tuk menutupi hal yg janggal didalam alkitab... tp forum ini bukan tuk membahas persoalan ayat di dalam alkitab, jd sy skip aja...
[at] all : eniwei, byk orang disini dah mulai gerah tuk membahas topik ini, katanya bs menimbulkan kebencian ini itu... sy rasa kita sikapi secara dewasa n bijak aja, umat buddhism diam bukan berarti tidak ada tindakan/tidak melakukan usaha preventif terhadap perbuatan yg "menggelisahkan" dari pihak kr****n tersebut. sy paling tidak suka dengan sikap toleransi yg "kebablasan" dari umat buddhism... ujung2 nya klo udah skak mat baru mengatakan, ya udah lah tidak ada yg kekal... ya udah lah nti kena kamma/karma nya sendiri, ya udah lah ini-itu... beh...
melakukan tindakan prefentif bukan dengan cara kekerasan, tp bs dengan cara yg lebih baik, misalkan mengajak anak ke vihara, mengenalkan dan mengajar dhamma ke anak sedari kecil, diskusi ringan dengan orang kr****n dengan mengontrol emosi (tentunya harus mempunyai pengetahuan dhamma yg cukup, sebelum punya pengetahuan yg cukup jangan sok-sok-an memulai diskusi apa lagi debat... ntar kena skak mat, selain itu berani menyatakan kebenaran dari kr****n, tentunya kita harus mempelajari nya secara khusus sehingga kita tidak di tuduh asal nafsir/comot ayat), intinya tergantung bagaimana kita memandang persoalan ini dan bagaimana kita menyikapi nya, jika disikapi dengan emosi ya, hal itu salah...
kenapa klo dibuddhism kita bahas gini malah pasti ada perlawanan dr pihak buddhism sendiri, sikap toleransi/rendah diri terlalu tinggi dan kebablasan... sedangkan jika ada umat kr****n membahas agama lain di lingkungan mereka, wuih... itu menggebu-gebu dan cepat menyebar dr mulut ke mulut... kenapa begitu efektif pembahasan mereka, karena dengan cara itu bisa memperkuat keyakinan mereka, mereka semakin yakin klo agama lain (termasuk buddhism) emang agama yg palsu/yg tidak menyelamatkan/yg sesat...
ehm... tp apa mau dikata, itu lah gambaran umat buddhism yg selalu mengalah dan bersembunyi dalam ketidakberdayaan... ada yg setuju ? ada yg tidak ? silakan nilai sendiri, sehingga tidak ada kata "semoga tidak menimbulkan kebencian"