//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - btj

Pages: 1 2 3 4 [5] 6 7 8 9 10 11 12 13
61
Seremonial / Re: Selamat menempuh HIDUP BARU Sis M14k4
« on: 18 June 2014, 11:00:23 AM »
Selamat yah. Semoga memasuki arus.
:)

62
Pengalaman Pribadi / Re: astral projection
« on: 11 June 2014, 07:53:16 PM »
Wei ternyata TS belum balik juga untuk mengklarifikasikan jawabannya. Jangan-jangan.... Ooh tidak.
Adakah seseorang yang mengetahui lokasi TS terakhir kali?
:o

63
Personality / Re: hal2 yg anda suka tentang gubenur DKI Jokowi ...
« on: 11 June 2014, 06:56:19 PM »
Yang saya sukai dari Jokowi adalah kelihatannya beliau disukai ama anak2 DC.
:p
 (Spoiler)---kalau pake  gak ada fasilitas spoiler yah?

64
Turut bermudita yah CICI DEVI (ikut2an Oma Elin) :)

Maafin aku CICI DEVI karena gak ikut bareng anak2 DC.

65
Sepertinya surat ini sudah mengalami revisi.
Saya pernah membaca yang satu lagi lebih "menyeramkan", ada "ancamannya" jika tidak mengindahkan/menyebarkan surat ini jika diterima.

Ngomong-ngomong kenapa musti dicopy sebanyak 41x?
Jikalau melebihi target (lebih dari 41 lembar) apakah bisa menimbulkan efek samping?
Mengingat ini forum kan berisi ratusan atau mungkin ratusan ribu anggota.
Apakah hitungnya peranggota yang membaca surat ini dihitung 1 lembar atau gimana?

Soalnya saya khawatir TS tidak mengikuti "aturan pakainya" sehingga bukannya mendapatkan manfaatnya tapi justru mendapatkan hal yang tidak diinginkan, salah satu indikasi tidak menguntungkan yang saya lihat adalah reputasinya langsung -1 begitu surat ini diposting dan hari ini sudah menurun lagi menjadi -2.
Ini sepertinya ada yang salah, entah suratnya entah ritual penyebarannya yang keliru?

66
Buddhisme untuk Pemula / Re: kosong adalah isi..isi adalah kosong..
« on: 03 June 2014, 11:51:12 AM »
Ketika disepadankan dengan manusia:
Ombak 1 = Manusia A
Ombak 2 = Manusia B
Sebab Akibat = Karma
Samudra = alaya vijnana / shunyata

Jadi sesuai dalam Avatamsaka Sutra yaitu ”Semua dalam Satu, Satu dalam Semua”, bukan satu juga bukan semua. Ini berbeda dengan Manunggaling Kawula Gusti yang mana ketika anak sungai melebur ke dalam samudra Brahman / Tuhan maka identitas dirinya melebur, bukan seperti itu. Konsep dalam Buddhis adalah bagaikan samudra dengan ombaknya, yaitu seseorang tetap mempertahankan identitasnya, namun bukan sebagai identitas yang berdiri sendiri, melainkan identitas yang selalu bergantungan dengan yang lain.

This does not mean, however, a fusion of the self and others in a relationship in which the self is annihilated. The symbiotic viewpoint within the law of dependent origination is the overcoming of our closed-off egotism and is an attempt to create communality from the autonomy of individuals. (Konsep Symbiotic dari Rev. Shiio Benkyo)

Maka dari itu dalam Mahayana dikenal istilah Jala Indra, yaitu satu fenomena berkaitan dengan fenomena yang lain, satu hal berakibat dan berkaitan satu sama lainnya, semuanya tak terpisahkan, tidak ada Ego yang berdiri sendiri, semua bagaikan DNA yang bersifat anitya, anatman

Sumber : copas

67
Buddhisme untuk Pemula / Re: kosong adalah isi..isi adalah kosong..
« on: 03 June 2014, 11:50:03 AM »
Kisho Kurokawa mengatakan alaya adalah basis kesadaran, alaya bukanlah semacam pikiran tetapi lebih bagaikan “energi kehidupan” atau “DNA”. Dari alaya muncul berbagai macam potensi, demikian juga dari shunyata muncul semua fenomena di dunia ini. Symbiosis dan Metabolisme semuanya merupakan kegiatan yang dinamis dari alaya.

Thich Nhat Hanh memberikan gambaran ketika ditanya apakah setiap orang memiliki alaya vijnana sendiri-sendiri? TNH menjawab: “Ini bagaikan samudra, oleh berbagai sebab dan akibat, muncullah ombak, dan ombak yang satu menimbulkan ombak yang kedua. Namun ombak yang satu berbeda dengan ombak yang kedua. Demikian juga ketika di laut ada banyak ombak, satu ombak yang satu berbeda dengan ombak yang lain, namun sebenarnya hakekat mereka saling berkaitan yaitu dalam satu samudra. Dan untuk satu ombak menjadi muncul butuh penyebab angin serta ombak yg lain

68
Buddhisme untuk Pemula / Re: kosong adalah isi..isi adalah kosong..
« on: 03 June 2014, 11:48:43 AM »
Buddhism provides an ideological basis for the coexistence of all things. Each living thing contributes to the harmony of the grand concert of symbiosis. The Buddhist term "dependent origination" describes such symbiotic relationships, as nothing and no one exists in isolation.  Each individual being is destined to function to create an environment that sustains all other existences. Symbiosis, needless to say, fundamentally means mutualism. However, a symbiotic relationship is not a predetermined harmony. It respects mutual independence and individuality.

Konsep Co-exitnya Shiio Benkyo (seorang pandita Jodo Shinshu) dan konsep Inter-Being-nya Thich Nhat Hanh bisa dibilang mirip sekali, akrena sama-sama menekankan harmoni mengingat semuanya saling berkaitan.

Alaya / Tathagatagarbha

Dzogchen Ponlop Rinpoche mengatakan bahwa shunyata absolut dan alaya absolut sebenarnya tidaklah terpisahkan satu sama lain. Sutra Lankavatara mengatakan Tathagatagarbha adalah alaya-vijnana, Ratnagotravibhanga mengatakan Tathagatagarbha adalah Shunyata dan Sutra Mahaparinirvana mengatakan Tathagatagarbha adalah Pratitya-samutpada dan Karma (Inter-Being nya Thich Nhat Hanh). Ditambah lagi Dogen Zenji mengatakan: “ketidakkekalan adalah Tathagatagarbha”

69
Buddhisme untuk Pemula / Re: kosong adalah isi..isi adalah kosong..
« on: 03 June 2014, 11:47:27 AM »
Thich Nhat Hanh mengaitkan Shunyata dengan Inter-being (ketersalinggantungan - karma dan Pratityasamutpada). Shunyata berarti kosong akan Diri (Aku) yang berdiri sendiri, tetapi PENUH akan semua hal di dunia ini (Inter-Being). Seseorang tidak mungkin terpisah dari yang lain atau dengan dunia, semua saling berkaitan, semua saling bergantungan dan satu hal muncul karena hal yang lain muncul, sebab akibat.

Nah sesuatu yang kreatif ini merupakan basis dari semua maka dari itu Shunyata memiliki istilah lain yaitu Buddha-Nature atau Tathagatagarbha atau alaya –vijnana atau amala vijnana.

Arsitek dunia Kisho Kurokawa yang mendasarkan konsep arsitekturnya pada pandangan Madhyamika (yang sering dituduh nihilistik) mengatakan bahwa sebenarnya Shunyata bukanlah nihilisme, tetapi merupakan suatu yang kreatif, dinamis, dan bergerak maka dari itu konsep arsitektur "Symbiosis dan Metabolism" muncul dari Kisho Kurokawa. Ini semua dijelaskan dalam buku tulisannya sendiri. Kisho Kurokawa mengambil konsep Madhyamika yang terintegrasi dengan konsep co-existnya Shioo Benkyo

70
Buddhisme untuk Pemula / Re: kosong adalah isi..isi adalah kosong..
« on: 03 June 2014, 11:44:50 AM »
Ya Shunyata bukanlah pengertian yang nihilistik, tetapi merupakan suatu "proses" yang kreatif, yang dapat memunculkan banyak potensi. Shunyata membuat kita dapat hidup dan berubah, kalau semuanya permanen dan tidak berubah, maka manusia tidak akan ada bedanya dengan benda mati yang konstan / membatu.

Thich Nhat Hanh mengisahkan sebuah cerita. Ada seorang ayah yang terus mengeluh tentang konsep kekosongan (shunyata) dalam agama Buddha. Lalu kemudian anak perempuannya berkata, “Ayah, tolong berhenti mengeluh! Kalau bukan karena shunyata, aku tidak akan tumbuh menjadi sebesar ini.” Ya shunyata mengandung arti anitya juga. Bukankah melihat anak tumbuh besar adalah sesuatu yg indah?? Maka dari itu shunyata bukanlah konsep yang negatif. Bahkan Tsem Tulku Rinpoche mengatakan oleh karena ketidakkekalan maka kita dapat merubah diri kita menjadi lebih baik, bahkan dalam organisasi Soka Gakkai, karena shunyatalah maka seseorang dapat menggapai cita-cita dan mengembangkan talenta yang dimiliki. Semua ini karena shunyata. Seandainya semua itu punya aku yang berdiri sendiri dan permanen, maka dunia akan menjadi hambar dan kaku.

71
Buddhisme untuk Pemula / Re: kosong adalah isi..isi adalah kosong..
« on: 03 June 2014, 11:43:17 AM »
Pada dasarnya semua fenomena di dunia ini adalah Shunyata dan Anatman (kosong dan tanpa diri yang berdiri sendiri). Namun Shunyata itu bukanlah kosong song melompong tetapi Shunyata justru adalah suatu konsep yang sangat sangat positif, Thich Nhat Hanh pernah berkata:

If we are not empty, we become a block of matter.
We cannot breathe, we cannot think.
To be empty means to be alive, to breathe in and to breathe out.
We cannot be alive if we are not empty.
Emptiness is impermanence, it is change.
We should not complain about impermanence,
because without impermanence, nothing is possible.
(Komentar Prajnaparamita Sutra)

72
Meditasi / Re: Cara mempertahankan nafas natural saat meditasi
« on: 22 April 2014, 07:30:35 PM »
Sepertinya menjanjikan. Akan saya coba praktekkan, Thanks  _/\_

Jangan terbuai janji bisa-bisa nanti terbawa ke meditasi. :))

73
Perkenalan / Re: Ingin hidup di Lingkungan Umat Buddha
« on: 16 April 2014, 08:33:17 AM »
 
hati2 !!!, jangan sampai salah bergaul, karena ajaran buddha banyak di belokkan yang ngaku tokoh2 atau panutan buddhis, demi kepentingan sendiri

Ingat!!! Jangan salah coblos!  :P

74
Buddhisme untuk Pemula / Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« on: 16 April 2014, 08:04:30 AM »
Mungkin karena manusia sudah terbiasa dengan pikiran dualitasnya, kalau ada berarti tidak mungkin tidak ada, kalau tidak ada berarti tidak mungkin ada.
Orang-orang sulit menerima sisi yang apa adanya (nondualitas).

75
Buddhisme untuk Pemula / Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« on: 15 April 2014, 05:37:47 PM »
Tidakkah seperti penyangkalan diri? kalau berbeda dimana poin utama bedanya?
Dengan begitu apakah dapat dikatakan bahwa umat buddhist tidak diperkenankan memiliki sesuatu sebagai milik pribadi?


Permisi ikutan juga ya.
Jika tidak ada yang namanya diri, tidak ada diri yang sesungguhnya, atau tidak ada inti diri kekal (anatta) karena apa yang disebut sebagai diri adalah terdiri dari unsur-unsur yang bukan diri, maka pertanyaan bahwa "apakah umat buddhist tidak diperkenankan memiliki sesuatu sebagai milik pribadi," dengan sendirinya akan menjadi tidak valid dong?
Oleh karena si pemilik sendiri kan tidak ada/tidak valid.

Dan karena kita memang tidak dapat menemukan diri yang kekal, maka dapat dikatakan bahwa memang demikian adanya, bukanlah penyangkalan.

Pages: 1 2 3 4 [5] 6 7 8 9 10 11 12 13