http://www.dw.de/jalan-tol-sepeda-hemat-waktu-dan-biaya/a-16601472Siapapun yang pernah terjebak macet pasti tahu kalau mobil memakan waktu, amarah
dan uang. Di Jerman tengah dibangun jalan tol sepeda untuk mendorong lebih banyak
komuter memilih sepeda ketimbang mobil.
mudah, tapi saya akan tetap bersepeda walaupun lebih lama," ujarnya.
Cibulski adalah jurubicara bagi klub bersepeda nasional Jerman ADFC - namun ia
tergolong minoritas. Hanya 1 dari 10 warga Jerman yang bersepeda ke kantor
dibandingkan yang naik mobil atau kendaraan umum.
Namun ADFC bertekad untuk mengubah angka tersebut. Sebuah studi yang digelar
Kementrian Transportasi Jerman menemukan bahwa apabila separuh dari total
perjalanan di bawah 5 kilometer dijalani dengan sepeda dan bukan mobil, hampir 6
juta ton emisi karbondioksida dapat dihindari per tahun - empat persen dari seluruh
emisi yang diakibatkan lalu lintas sehari-hari.
Jalan tol sepeda dua jalurSurvey juga menunjukkan bahwa para pesepeda umumnya lebih cepat mencapai kantor
ketimbang pengendara mobil. Saat mobil terjebak macet, sepeda dapat melaju di antara
mobil-mobil yang mengantri. Sejumlah pesepeda, seperti Cibulski, cukup beruntung
untuk memiliki jalur sepeda yang memadai untuk perjalanan mereka.
"Di kota saya di Bremen, banyak orang yang bersepeda ke kantor, jadi para pejabat
pemerintah merespon dengan membuat jaringan jalur sepeda yang baik," jelasnya.
Pemerintah negara bagian Nordrhein-Westfalen (NRW) ingin selangkah lebih maju dan
membuat jalan tol sepeda untuk mengurangi kepadatan jalan.
Jalan tol sepeda pertama di Jerman rencananya memiliki panjang 85 kilometer melalui
pusat-pusat kota termasuk Duisburg, Essen, Bochum dan Dortmund. Pemerintah ingin
memperbaiki jaringan jalur sepeda di kota-kota besar lainnya seperti Köln dan Düsseldorf.
Pemerintah NRW juga tertarik untuk mendorong warga menggunakan sepeda dalam
perjalanan jarak jauh.
Pesepeda nantinya akan memiliki jalan tol dua jalur selebar 4-5 meter dan dilengkapi
sejumlah lampu lalu lintas. Serta ada rencana untuk menambahkan lampu-lampu jalan,
rambu-rambu dan bahkan pusat pelayanan untuk beristirahat atau reparasi sepeda.