mohon penjelasannnya ko kelana...
(Cmiiw)
Dalam konsep Mahayana/Vajrayana dikenal adanya Panca Dhyani Buddha (Aksobhya Amoghasiddhi, Amitabha, Ratnasambhava dan Vairochana). Kelima Buddha ini dalam ”bentuk” Dharmakaya (tubuh Dharma). Dharmakaya ini dapat memanifestasikan (mewujudkan) dirinya menjadi makhluk yang akan menjadi Buddha (manusia Budha). Dipercaya, Buddha Gotama merupakan hasil manifestasi dari Vairochana. Para Pancen Lama dipercaya sebagai inkarnasi dari Amitabha.Jadi berdasarkan konsep ini memungkinkan adanya Buddha hidup, karena ”suka-suka” Panca Dhyani Buddha mau memanifestasikan menjadi siapa, kapan dan dimana saja. (Saya katakan ”suka-suka” karena saya tidak tahu kriteria atau syarat atau tanda-tanda atau aturan seperti apa bahwa Panca Dhyani Buddha akan atau sedang memanifestasikan diri)
Eternal Buddha, ini hanya istilah dari konsep dimana Buddha dipercaya memiliki usia yang tidak terbatas (abadi). Seorang Buddha dikatakan telah mencapai pencerahan pada masa sebelumnya yang sangat lama. Jadi ketika Buddha Gotama mencapai pencerahan di Bodh Gaya, sebenarnya ia sudah mencapai pencerahan dan menjadi Buddha pada masa yang jauh ke belakang berkalpa-kalpa. Dan ketika mangkat (parinirvana), Buddha tetap eksis (mungkin bukan berarti person Gotama yang masih eksis, tetapi Dharmakaya-nya, atman sejati). Dalam konsep ini pun Buddha (mungkin Dharmakaya-Nya) bisa menjelma atau inkarnasi menjadi manusia Buddha yang baru siapa, kapan dan dimana saja.
Sbr: Mahaparinirvana Sutra
Itu saja yang saya tahu.