//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Bagaimana mengetahui kemajuan?  (Read 8666 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Bagaimana mengetahui kemajuan?
« on: 22 October 2007, 04:33:32 PM »
bagaimana kita dapat tahu bahwa meditasi kita ada kemajuan atau tidak?

mohon maaf newbie banget... yg lain udah bilang kok meditasi ga ada kemajuan, gua malah ga tau meditasi dah sampe mana.
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: Bagaimana mengetahui kemajuan?
« Reply #1 on: 22 October 2007, 07:48:46 PM »
IMO:
nggak usah dipusingin Bro.... ;D
terus aja.... just do it!


::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.404
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Bagaimana mengetahui kemajuan?
« Reply #2 on: 22 October 2007, 08:00:29 PM »
cek saja sati/awareness nya. kalau semakin kuat dan bisa terus terjaga (tidak berkhayal/melamun/memikirkan hal lain), itu artinya sudah okeh
There is no place like 127.0.0.1

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Bagaimana mengetahui kemajuan?
« Reply #3 on: 22 October 2007, 09:58:21 PM »
oh... masih harus berjuang neh...

pikiran sering tenggelam di tempat lain sampe gak denger orang lain ngomong. terutama masalah pekerjaan.
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Bagaimana mengetahui kemajuan?
« Reply #4 on: 22 October 2007, 10:38:04 PM »
oh... masih harus berjuang neh...

pikiran sering tenggelam di tempat lain sampe gak denger orang lain ngomong. terutama masalah pekerjaan.
ngelamun kali loe..

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Bagaimana mengetahui kemajuan?
« Reply #5 on: 23 October 2007, 12:22:11 AM »
Just Do It! kaya kata bro willi...
Nike (dewi kemenangan) memberkati dalam melawan Mara...  ;D

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Bagaimana mengetahui kemajuan?
« Reply #6 on: 23 October 2007, 09:05:56 AM »
ngelamun kali loe..

kalau melamun kan sedang mengkhayal... kalo ini kata temen2 gua namanya 'stress'
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline El Sol

  • Sebelumnya: El Sol
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.753
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: Bagaimana mengetahui kemajuan?
« Reply #7 on: 24 October 2007, 01:29:38 AM »
bagaimana kita dapat tahu bahwa meditasi kita ada kemajuan atau tidak?

mohon maaf newbie banget... yg lain udah bilang kok meditasi ga ada kemajuan, gua malah ga tau meditasi dah sampe mana.

gampang...loe ambil kertas dan Pen catet harine..trus loe masuk ke DC and...baca postingan2 gw..pasti loe panas..nah trus loe meditasi selama seminggu..trus baca lage tulisan gw...kalo panasne berkurang..itu tandanya ada kemajuan..kalo gk berkurang dan bertambah..itu tandanya...kamu cocok ikut saya berjalan2 disamsara ini sampai akhir zaman... >:D

avatarmu...

Edward Elric, full metal Alchemist..jangan2..umur loe baru 15 taon yak?
« Last Edit: 24 October 2007, 01:32:20 AM by El Sol »

Offline Hikoza83

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.296
  • Reputasi: 60
  • Gender: Male
  • panda is so cute... ^-^
Re: Bagaimana mengetahui kemajuan?
« Reply #8 on: 24 October 2007, 02:05:11 AM »
bagaimana kita dapat tahu bahwa meditasi kita ada kemajuan atau tidak?

mohon maaf newbie banget... yg lain udah bilang kok meditasi ga ada kemajuan, gua malah ga tau meditasi dah sampe mana.
gampang...loe ambil kertas dan Pen catet harine..trus loe masuk ke DC and...baca postingan2 gw..pasti loe panas..nah trus loe meditasi selama seminggu..trus baca lage tulisan gw...kalo panasne berkurang..itu tandanya ada kemajuan..kalo gk berkurang dan bertambah..itu tandanya...kamu cocok ikut saya berjalan2 disamsara ini sampai akhir zaman... >:D
ya kita seharusnya menghormat kepada Bodhisattva El Sol. karena kita bisa praktek kesabaran dibawah bimbingan Beliau. Demi kemajuan spritual dan perkembangan batin kita, Beliau mengobarkan kebencian dsb, rela masuk neraka, dan mau jalan2 di samsara sampai akhir jaman.
sungguh suatu pengorbanan yang luar biasa...
^:)^ ^:)^ ^:)^


By : Zen
Aku akan melaksanakannya dengan tubuhku,
Karena apa gunanya hanya membaca kata-kata belaka?
Apakah mempelajari obat-obatan saja
Dapat menyembuhkan yang sakit?
[Bodhicaryavatara, Bodhisattva Shantideva]

Offline El Sol

  • Sebelumnya: El Sol
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.753
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: Bagaimana mengetahui kemajuan?
« Reply #9 on: 24 October 2007, 03:12:41 AM »
bagaimana kita dapat tahu bahwa meditasi kita ada kemajuan atau tidak?

mohon maaf newbie banget... yg lain udah bilang kok meditasi ga ada kemajuan, gua malah ga tau meditasi dah sampe mana.
gampang...loe ambil kertas dan Pen catet harine..trus loe masuk ke DC and...baca postingan2 gw..pasti loe panas..nah trus loe meditasi selama seminggu..trus baca lage tulisan gw...kalo panasne berkurang..itu tandanya ada kemajuan..kalo gk berkurang dan bertambah..itu tandanya...kamu cocok ikut saya berjalan2 disamsara ini sampai akhir zaman... >:D
ya kita seharusnya menghormat kepada Bodhisattva El Sol. karena kita bisa praktek kesabaran dibawah bimbingan Beliau. Demi kemajuan spritual dan perkembangan batin kita, Beliau mengobarkan kebencian dsb, rela masuk neraka, dan mau jalan2 di samsara sampai akhir jaman.
sungguh suatu pengorbanan yang luar biasa...
^:)^ ^:)^ ^:)^


By : Zen
gw gk pernah mao untuk berkorban..apalage jadi Bodhisatva...I never like teori Boddhisatva...

it's all happen naturally..gw makin ngerti Dhamma..gw makin gk bisa jalanin gk tao napa..

Buddhist mana yg gk mao jalanin Dhamma dengan perfect?

gw juga mao..tapi sanggung ato tidak..gw ngakuin gk sanggup...

p.s sindiranmu sangat ketara...lain kale kalo mo sindir jangan yg murahan...~~

Offline Hikoza83

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.296
  • Reputasi: 60
  • Gender: Male
  • panda is so cute... ^-^
Re: Bagaimana mengetahui kemajuan?
« Reply #10 on: 24 October 2007, 03:29:02 AM »
gw gk pernah mao untuk berkorban..apalage jadi Bodhisatva...I never like teori Boddhisatva...

it's all happen naturally..gw makin ngerti Dhamma..gw makin gk bisa jalanin gk tao napa..

Buddhist mana yg gk mao jalanin Dhamma dengan perfect?

gw juga mao..tapi sanggung ato tidak..gw ngakuin gk sanggup...

p.s sindiranmu sangat ketara...lain kale kalo mo sindir jangan yg murahan...~~
itu hanya perasaanmu, sol. jujur saja, saya tidak ada bermaksud sindir menyindir. hanya bicara apa adanya. biarlah yang lain menilai juga. :)

in my opinion, mungkin anda sering melakukan hal itu pada orang lain, jd rada2 phobia kalo2 diperlakukan sama oleh orang lain.

praktek Dhamma sederhana sol : positive thinking.
yang sering bikin sulit biasanya diri sendiri..
semoga berbahagia!  _/\_


By : Zen
Aku akan melaksanakannya dengan tubuhku,
Karena apa gunanya hanya membaca kata-kata belaka?
Apakah mempelajari obat-obatan saja
Dapat menyembuhkan yang sakit?
[Bodhicaryavatara, Bodhisattva Shantideva]

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Bagaimana mengetahui kemajuan?
« Reply #11 on: 24 October 2007, 11:13:30 AM »
gampang...loe ambil kertas dan Pen catet harine..trus loe masuk ke DC and...baca postingan2 gw..pasti loe panas..nah trus loe meditasi selama seminggu..trus baca lage tulisan gw...kalo panasne berkurang..itu tandanya ada kemajuan..kalo gk berkurang dan bertambah..itu tandanya...kamu cocok ikut saya berjalan2 disamsara ini sampai akhir zaman... >:D

avatarmu...

Edward Elric, full metal Alchemist..jangan2..umur loe baru 15 taon yak?

dari awal ga ada panas baca postingan loe, malah gw merasa loe tuh unique.

el sol jujur pada diri sendiri
el sol takut teracuni dunia
el sol membentuk perisai
pandangan el sol kehalang perisai
tapi el sol akan berkembang :)

15 taon??? privacy :)
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Bagaimana mengetahui kemajuan?
« Reply #12 on: 24 October 2007, 11:21:38 AM »
Damai2..

Cuma sekedar saran. Coba berdebat seperti Ko Willi dan Ko Suchamda dengan kepala dingin. Jadi debat itu punya tujuan diskusi dhamma.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.437
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: Bagaimana mengetahui kemajuan?
« Reply #13 on: 24 October 2007, 11:25:44 AM »
Damai2..

Cuma sekedar saran. Coba berdebat seperti Ko Willi dan Ko Suchamda dengan kepala dingin. Jadi debat itu punya tujuan diskusi dhamma.

Hedi hebat bisa baca batin Willi dan Suchamda.. ^-^
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline Hikoza83

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.296
  • Reputasi: 60
  • Gender: Male
  • panda is so cute... ^-^
Re: Bagaimana mengetahui kemajuan?
« Reply #14 on: 24 October 2007, 11:30:06 AM »
Damai2..

Cuma sekedar saran. Coba berdebat seperti Ko Willi dan Ko Suchamda dengan kepala dingin. Jadi debat itu punya tujuan diskusi dhamma.

Hedi hebat bisa baca batin Willi dan Suchamda.. ^-^
bro lex baru tau ya? Hedi punya ketajaman mata batin. :)
anak2 di DC semuanya orang baik koq.  _/\_


By : Zen
Aku akan melaksanakannya dengan tubuhku,
Karena apa gunanya hanya membaca kata-kata belaka?
Apakah mempelajari obat-obatan saja
Dapat menyembuhkan yang sakit?
[Bodhicaryavatara, Bodhisattva Shantideva]