//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: pilih yg mana?  (Read 26037 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
pilih yg mana?
« on: 22 October 2007, 12:15:34 PM »
kalau kita mengunjungin seorang teman yg sedang sakit (mungkin demam berdarah) dan di kamarnya byk nyamuk. kemudian dia bilang tadi gw br beli bayg*n, tapi belum dipakai. tolong semprotin donk...

bagaimana nih?

1. ada nyamuk
2. masih hidup
3. niat membunuh nyamuk tetapi menolong manusia
4. ssstt...
5. semoga nyamuk2 itu dilahirkan di alam yg lebih baik  :'(

apakah ini membunuh?

tambahan neh... di lantai juga banyak semut tak berdosa jadi korban... gimana mo ngusir semut...

apakah umat budhist ga pake bayg*n?
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Sukma Kemenyan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.840
  • Reputasi: 109
Re: pilih yg mana?
« Reply #1 on: 22 October 2007, 12:18:21 PM »
Semprot!!!
Yaps, itu membunuh

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: pilih yg mana?
« Reply #2 on: 22 October 2007, 12:32:06 PM »
ini karma buruk or baek?
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Sukma Kemenyan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.840
  • Reputasi: 109
Re: pilih yg mana?
« Reply #3 on: 22 October 2007, 12:34:52 PM »
sejak kapan membunuh karma baek ?

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: pilih yg mana?
« Reply #4 on: 22 October 2007, 12:36:32 PM »
kan nolongin orang
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Kelana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.226
  • Reputasi: 142
Re: pilih yg mana?
« Reply #5 on: 22 October 2007, 12:43:54 PM »
Sekarangkan jamannya Hi-tech  8) dan sudah ada krim anti nyamuk yang diolesin ke tubuh, mungkin bisa dijadikan alternatif.
GKBU
 
_/\_ suvatthi hotu


- finire -

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: pilih yg mana?
« Reply #6 on: 22 October 2007, 12:44:55 PM »
Tesla n friends....

IMO:
karma adalah perbuatan yang didorong oleh niat.
Apapun tindakan kita, akan berbuah sesuai dengan niat yg ditanamkan. Kadar buahnya tergantung pada kadar bathin kita sewaktu melakukan suatu tindakan.

Problem: Membunuh nyamuk karena dimintai tolong oleh teman kita yg sakit.
Ada pilihan yg bisa dilakukan:
~ menganjurkan memasang gelombang suara (frekuensi khusus) anti serangga
~ memakai krim anti nyamuk
~ membuka jendela dan mengusir nyamuk keluar dengan kipas angin
~ tidak mau melaksanakan pembunuhan dan membiarkan saja / berharap orang lain yg melakukannya
~ melakukan pembunuhan nyamuk dengan terpaksa (demi teman kita agar tidak terganggu)
~ melakukan pembunuhan nyamuk dengan senang hati (bathin: gw sikat nih nyamuk, mampus deh elu!)

Semua pilihan ada di tangan kita. Semuanya dapat dilakukan, tergantung bathin kita.

Pembunuhan, meski dengan terpaksa (demi menolong teman) tetap saja namanya pembunuhan.Buah karmanya tentu saja tetap ada, namun tidak sefatal dibanding pembunuhan yg dilakukan dengan penuh kebencian (terhadap nyamuk tsb).

::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: pilih yg mana?
« Reply #7 on: 22 October 2007, 12:49:58 PM »
Wew
Jawaban yang yahud..

Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: pilih yg mana?
« Reply #8 on: 22 October 2007, 12:56:49 PM »
lain kali gw nyaranin pake krim aja dech...

apakah kita (dalam kesempatan hidup sebagai manusia) dapat terhindar dari pembunuhan? (membunuh)
soalnya yg diceritakan hanyalah salah satu kasus. sebenernya masih banyak kasus yg mirip.
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline langitbiru

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 547
  • Reputasi: 23
Re: pilih yg mana?
« Reply #9 on: 22 October 2007, 01:03:59 PM »
sptnya sih cukup sulit untuk benar2 bebas dr membunuh binatang kecil  :(

ada yg tahu bagaimana mengusir semut? rumah aku diinvasi semut nih  :'(
oni... kao titi bobo... gigi...

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: pilih yg mana?
« Reply #10 on: 22 October 2007, 01:09:13 PM »
Hm.. Setahu saya ce. Semut itu peka dengan panas.
Saya pernah diajari oleh orang minang di sini. Waktu itu kue bersemut. Untuk mengusirnya cukup diletakkan di samping oven, karena panas semutnya pada lari sendiri.

Mungkin Ce LB harus letak pemanas kali..  ^-^
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: pilih yg mana?
« Reply #11 on: 22 October 2007, 01:24:10 PM »
kedengerannya sih perfect, jaman sekarang udah ada krim / lotion anti nyamuk, tapi apakah itu practical? apakah anda mau terus2an pake lotion anti nyamuk selama ada di rumah? apakah anda mau anak anda yg masih kecil terus2an digosokin ama lotion anti nyamuk yg kita blom tau efek jangka panjangnya... blom lagi kalo tangannya dijilatin ;D

kalo saya sih, sebisa mungkin mengusir, sesudah itu semprot habis. yg penting itu bagaimana usaha kita supaya jangan sampai lagi banyak nyamuk atau semut datang ke rumah. bisa pasang kawat nyamuk, rajin2 bersihin rumah, membersihkan air tergenang, membuat rumah kita tidak nyaman untuk serangga, pake furniture yg udah direndam bahan anti semut dan termite...

life is not perfect...
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.437
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: pilih yg mana?
« Reply #12 on: 22 October 2007, 01:26:54 PM »
Sekedar tambahan...

Semprot anti-serangga tidak hanya beracun buat serangga, tetapi juga beracun buat manusia.
Apalagi kalau di semprot di dekat orang yang sedang kurang  fit / sakit.
Waspadalah.. :D
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: pilih yg mana?
« Reply #13 on: 22 October 2007, 01:29:06 PM »
Hidup ini selalu penuh pilihan...

Btw kok pake bayg*n, pake H*T donk...  ;D

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: pilih yg mana?
« Reply #14 on: 22 October 2007, 01:37:52 PM »
Just Sharing:

Memang, cukup sulit bagi kita untuk dapat menghindari pembunuhan (termasuk menjaga sila2 lainnya) di kehidupan keseharian kita.

Yang dapat kita lakukan adalah "berusaha sebaik mungkin" untuk menjaga sila kita.
Bila keadaan memaksa dan tidak dapat dihindari, maka tindakan kita itu harus disadari penuh sebagai: PELANGGARAN.

Jika kita mencari-cari PEMBENARAN atas tindakan kita, kita rugi dua kali.

Rugi pertama:
Telah melakukan pelanggaran sila (meskipun keadaan terpaksa)

Rugi kedua:
Pikiran bermain mencari dalih untuk membenarkan tindakan kita. Saat itu pikiran telah kita latih untuk menipu diri sendiri. Kalau berhasil menemukan suatu alasan sebagai pembenaran, maka untuk selanjutnya pelanggaran kedua menjadi mudah dilakukan, karena pikiran telah terkonsep dengan pembenaran semu tersebut. Akan lebih gampang untuk melakukan pelanggaran susulan.

Idealnya jika telah melakukan suatu pelanggaran sila (meskipun keadaan terpaksa) lebih baik kita menyadari: AKU TELAH MELAKUKAN PELANGGARAN. Sehingga untuk kedepannya kita lebih berhati-hati dan berusaha mencari jalan keluar yang lain dulu.

::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)