//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - tesla

Pages: 1 ... 414 415 416 417 418 419 420 [421] 422 423 424 425
6301
Buddhisme untuk Pemula / Re: What is "Ehipassiko" ?
« on: 02 November 2007, 03:23:35 PM »
[at] Kembara : yup, semua cuma bertanya gimana buktiin kamma, tumimbal lahir, asal mula alam semesta..... tapi dengan menggunakan pikiran yang masih diliputi lobha, dosa dan moha

ya ga nyambung laaah ;D
so intinya semua butuh waktu.
kalau udah tercerahkan semua akan terjawab sendiri.

6302
Keluarga & Teman / tanya seputar susuk
« on: 02 November 2007, 11:23:23 AM »
salah satu kerabat saya menggunakan susuk nih...
susuk yg dimaksud adalah untuk mempertahankan kecantikan.
dulu dia pernah ngaku susuknya berupa batu permata (agak lupa...)
nah sekarang dia udah berusia lanjut, tapi wajahnya lebih muda dari anaknya lho.

kemudian anaknya beberapa ada yg meninggal mendadak.
kata 'orang pinter', nenek saya ini tidak ingin melepas susuknya, shg dia ga bisa meninggal.
so susuknya mencari pengganti yaitu orang terdekatnya... ga tau deh mo percaya ato enggak ???

pernah dicari orang untuk membantu lepasin, tapi dia menolak.
nah kata yg mo lepasin "kalau hati orangnya ga mo lepasin, gimanapun ya tetap ga bisa"
perilakunya juga aneh... suka senang kalau orang susah.
dia belakangan ini suka sekali nyusahin orang. anaknya, siapa aja yg perhatiaan sama dia
malah dia buat susah.
trus kelihatannya dia senang atas penderitaan yg dia buat.
kata bokap gw dia itu udah dikuasai oleh 'susuk' tsb.
bener ga seh... ga ngerti neh yg beginian.

pendapat saudara/i gimana?
gw ingin membantu nih. mengingat usianya, gw berharap bisa membuat pikirannya jadi lebih bahagia.
skr kayaknya dipenuhin iri & kebencian...
trus kalau gw ingin melimpahkan jasa, bisa ga untuk orang yg masih hidup? tapi dia bukan nenek kandung. boleh dikatakan nenek angkat... (udah khawatir nih kelahirannya berikutnya... dasar gw memang pesimis :P )
caranya gimana untuk melimpahkan jasa?

6303
Diskusi Umum / Re: dimanakah letak 'nama' seorang manusia?
« on: 02 November 2007, 09:53:15 AM »
transplantasi jantung udah bisa sering dilakukan, jadi kesimpulannya nama ga terletak di hati (heart).

transplantasi otak udah pernah dilakukan? ada yg tau?
apa yg terjadi? apakah characternya pindah?

6304
Diskusi Umum / Re: dimanakah letak 'nama' seorang manusia?
« on: 01 November 2007, 03:07:34 PM »
Kalo buah mangganya bukan tersembunyi...jadi ada dimana buah itu? :-?

Quote
masih ada di tanah (mineral), di udara, dll gitu dech.
Apa kamu "yakin" itu?

 _/\_ :lotus:

buah mangga agak sulit sis Lily... coba kita ganti sebuah kursi kayu aja deh... :)

dimanakah sebuah kursi kayu sebelum menjadi kursi?
mungkin dapat berupa kayu.
sebelum kayu, pohon.
dst...

6305
Diskusi Umum / Re: dimanakah letak 'nama' seorang manusia?
« on: 01 November 2007, 02:26:34 PM »
Tersembunyi...

Umpama buah mangga...
Sebelum Pohon mangga berbuah, buahnya ada di mana? :-?
Karena ada kondisi yang pas (cocok) misalnya : udara, tanah yang subur, pupuk dll maka mengkondisikan buah mangga....

 _/\_ :lotus:

kalau buah mangga bukan tersembunyi sis Lily :)
melainkan zat-zatnya masih belum membentuk buah mangga.
masih ada di tanah (mineral), di udara, dll gitu dech. :) :) :)

 _/\_

6306
Diskusi Umum / Re: Melihat Peta
« on: 01 November 2007, 02:20:34 PM »
thank you ko sumedho  ^:)^ ^:)^ ^:)^

 _/\_

6307
Diskusi Umum / Re: dimanakah letak 'nama' seorang manusia?
« on: 01 November 2007, 11:35:35 AM »
saya juga berpikir nama tidak terattach pada rupa.
hanya karena ransangan terbesar diterima mata (kalo ga salah 80% dari semua indra) maka seolah-olah nama terletak diotak.
dan karena pas emosi dada jadi sesak, nama diasumsikan terletak di hati.

tapi tepatnya dimana ya?

6308
Diskusi Umum / Re: Melihat Peta
« on: 01 November 2007, 11:30:58 AM »
oh i see...

bukunya ada dijual di gramedia ga?

6309
ingin tau pendapat masing2 nih...

mahkluk hidup itu kan terdiri dari rupa & nama.

nah skr dimana letak nama tsb? didalam rupa atau diluar rupa?
atau nama itu tidak ada di dimensi ruang?

6310
Diskusi Umum / Melihat Peta
« on: 01 November 2007, 10:52:47 AM »
beberapa bulan yg lalu seorang paman saya meninggal karena penyakit.
mengingat kembali dalam hari-hari terakhir, sifat beliau terlihat sangat aneh.
kira 2/3 hari sebelum kematiannya tiba-tiba beliau melambaikan tangannya seperti menyapa sesuatu.
padahal kami melihat yg di sapanya itu dinding kosong (jadi tidak mungkin salah lihat tiang gantungan infus dikira orang).
hal ini terjadi berulang-ulang. kemudian dia bercerita bahwa kerabatnya datang menjemput (kerabat yg sudah meninggal. yg pasti saya sendiri ga kenal).
lalu kata orang tua saya itu memang hal biasa. :o
kemudian ada orang yg men-claim mempunyai mata bathin dan menjelaskan ciri-ciri si penjemput.
memang dari keterangannya tidak dicocokkan dg paman saya krn kondisi tidak memungkinkan.
cuma ciri-ciri yg dijelaskan itu dibetulkan oleh orang tua saya.
misalnya tinggi, tetapi hanya mengenakan singlet & sarung.
ciri2 tsb sangat cocok dg kalo ga salah kakaknya.

bagaimana tanggapan orang Buddhist mengenai fenomena itu? apakah itu cuman halusinasi?

6311
Diskusi Umum / Re: Mata Pencaharian Ideal Seorang Umat Buddhist
« on: 01 November 2007, 10:16:48 AM »
[at] tesla : kekna anda menggunakan asumsi manusia adalah pemangsa segalanya ;D....

atau bagaimana jika dibalik, bahwa manusia juga yang bisa memperbaiki segalanya???

bahwa kita selalu berusaha untuk berbuat baik melalui tindakan, ucapan dan pikiran???

biar kita tidak lobha seperti yang anda sebut itu loh.... ;)

kayaknya ada salah paham nih... maksud saya bukan pemangsa segalanya...
yg ingin saya sampaikan adalah jgn mencari yg ideal karena yg ideal itu sebenarnya tidak ada...
so kita sebagai umat Buddhist jalanin aja, asal jangan serakah (mengambil melebihi yg kita perlukan).

misalnya postingan Kembara (sorry neh ga maksud nyinggung, hanya mau menyatakan opini):
kita sukses dg membawa orang2 di bawah kita. it's good for me. tapi tidak memenuhi kriteria mata pencaharian umat buddhist.
kenapa???
contohkan aja

Wall Mart, perusahaan sukses yg membawa seluruh karyawannya yg berjumlah jutaan orang.
disamping itu dia jg berkontribusi menekan laju inflasi sehingga orang-orang ekonomi yg lebih lemah dapat mengakses kebutuhan dengan harga terjangkau.
sekarang dibalik itu, tahukah kamu berapa orang yg jatuh bangkrut dengan munculnya WallMart?

contoh lain yg terbalik Konosuka Matsushita (kalo ga salah dia ini sangat mendalami Zen lho...). dulu untuk menjaga kelansungan hidup perusahaannya, dia memproduksi senjata & alat2 perang dunia ke 2 lho. kalau dari bio nya seh dia sangat depresi waktu itu (mungkin krn ga idealis), tapi kalo dia ga ikut produksi alat perang, nasib karyawannya gimana?
kemudian setelah perang... perusahaannya ingin ditutup oleh sekutu krn perusahaan pembuat senjata. tidak jadi karena petisi dan perjuangan karyawan nya... loncat ke sekarang: Masushita Manufacturing itu terkenal dg merk dagan National-Panasonic.

1. WallMart idealis??? kalau tidak memandang ke luar (melihat ke dalam) maka dia sangat idealis.

2. Matsushita, ga idealis??? tapi di sisi lain yg diperjuangkan itu nasib karyawannya lho.

6312
lho kok malah dibilang pembenaran sih? ???

IMHO, memang betul disana ada lobha & dosa. menurut saya juga timbul amoha lho...

malah kalau dia membiarkan anaknya mati menurutku lobha+dosa+moha...

6313
Meditasi / Re: Sensasi ketika meditasi
« on: 31 October 2007, 01:37:30 PM »
oh kalau nafas ilang jg pernah (kaya ga bernafas tapi ga sesak)
tangan ilang jg pernah... (ga merasakan keberadaan tangan)

apa ini sensasi???  ???

6314
Meditasi / Re: Sensasi ketika meditasi
« on: 31 October 2007, 12:36:21 PM »
kok gua ga ada sensasi ya???

harus tekun meditasi nih... :) :) :)

6315
ada pepatah bisnis yg mengatakan

'satu roti gak mengenyangkan perut semua orang'

komentar saya: turut kasihan bagi yg ga kebagian roti.

maksud kata2 diatas tu apa ya? kok saya ga ngerti, sapa yg dikasihani?

Btw, jika biksu turun ke jalan untuk berdoa membela rakyatnya yang menderita dianggap salah dan disalah2in karena dianggap politik dan melanggar vinaya, kenapa ga sekalian aja WALUBI bikin pernyataan lagi salah2in DALAI LAMA, karena dalai lama juga berjuang utk rakyatnya, bahkan sampai ke pemerintahan.

Jadi biar sekalian kelihatan aneh, lucu + malu2in. di saat hampir seluruh umat di dunia mengagumi DALAI LAMA, hingga meraih berbagai penghargaan karena perjuangan utk rakyatnya, WALUBI sebagai "wakil umat budha Indonesia" mengecam karena yang dilakukan beliau melanggar vinaya. hehehe geleng geleng... :whistle:

suara walubi itu bisa diumpamkan roti.

sorry kalau postingan gw menyinggung...  ^:)^ ^:)^ ^:)^

Pages: 1 ... 414 415 416 417 418 419 420 [421] 422 423 424 425
anything