//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - Sumedho

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 [9] 10 11 12 13 14 15 16 ... 800
121
Buddhisme untuk Pemula / Re: Jalan mana yang benar ?
« on: 25 April 2014, 11:47:20 AM »
Tapi dalam DN 16 Mahaparinibbana Sutta dikatakan:

1.12. Dan kemudian Sang Bhagavā, selagi berada di Puncak Nasar, membabarkan khotbah terperinci: ‘Ini adalah moralitas, ini adalah konsentrasi, ini adalah kebijaksanaan. Konsentrasi, ketika disertai moralitas, akan menghasilkan buah dan manfaat besar. Kebijaksanaan, ketika disertai konsentrasi, akan menghasilkan buah dan manfaat besar. Pikiran yang disertai kebijaksanaan akan secara total terbebas dari kekotoran, yaitu, kekotoran indria, penjelmaan, pandangan salah, dan kebodohan.’

4.2. Dan di sana Sang Bhagavā berkata kepada para bhikkhu: ‘Para bhikkhu, karena tidak memahami, tidak menembus empat hal sehingga Aku dan juga kalian sejak lama mengembara dalam lingkaran kelahiran kembali. Apakah empat itu? Karena tidak memahami moralitas Ariya, karena tidak memahami konsentrasi Ariya, karena tidak memahami kebijaksanaan Ariya, karena tidak memahami kebebasan Ariya,[54] Aku dan juga kalian sejak lama mengembara dalam lingkaran kelahiran kembali. Dan dengan memahami [123] dan menembus moralitas Ariya, konsentrasi Ariya, kebijaksanaan Ariya, dan kebebasan Ariya, maka keinginan akan penjelmaan menjadi terpotong, kecenderungan ke arah penjelmaan telah dipadamkan, dan tidak akan ada lagi kelahiran kembali.’

yup. dalam DN16 itu salah satu sutta yg paling banyak "tampering" nya juga loh #IYKWIM

personally I put this sutta behind other sutta from other nikaya karena nature sutta ini adalah mashup yg masif.

coba kita bedah potongan itu

Konsentrasi +  moralitas ->  buah dan manfaat besar.
Kebijaksanaan + konsentrasi -> buah dan manfaat besar
Pikiran + kebijaksanaan (Paññāparibhāvitaṃ cittaṃ) -> bebas dari kekotoran indria, penjelmaan, pandangan salah, dan kebodohan

jadi cukup pikiran dengan kebijaksanaan aja... which is sepertinya tidak merefer kepada sila-samadhi-panna kan? cukup elemen dalam panna saja? nah loh


Kemungkinan di aliran medhoyana, ada bergitar benar juga dong.. hehe..

Kalau yang saya tangkap (walaupun belum terang), sila samadhi panna lebih luas karena penjelasan definitif JMB8 tidak mencakup keluasan sila samadhi panna. Cmiiw.
enak aja, itu haram dong.... kgk boleh pegang gitar...  bolehnya memanage gitar dalam bentuk dua ato quartet, tapi tidak trio.

utk sila-samadhi-panna dan jmb8, yah kita2 gitu deh hehehe


122
Buddhisme untuk Pemula / Re: Jalan mana yang benar ?
« on: 25 April 2014, 06:58:04 AM »
Kita harus terbuka melihat aliran lain juga yah... di sebuah aliran medhoyana beberapa dari jalan express bertingkat 21 nya seperti ekspresi benar dan bernyanyi benar itu masuk dalam kategori sila. lalu penerawangan benar masuk dalam samadhi serta ngotot benar itu masuk panna.

jadi kita harus jalankan juga ekspresi benar, benyanyi benar, penerawangan benar, ngotot benar itu dalam buddhism jika untuk mencapai nibbana harus menjalankan sila-samadhi-panna.... tapi sayangnya dalam sutta tidak ada satupun khotbah sang buddha menginstruksikan untuk menjalankan sila-samadhi-panna sebagai cara untuk melenyapkan dukkha (CMIIW) Sudah diinstruksikan demikian malahan orang bikin dan pake Sila-samadhi-panna utk menjelaskan ulang, ironis kan? #joke

jika kita menyebutkan sila-samadhi-panna, sila nya itu diartikan sebagai sila as in contohnya pancasila saja, lalu panna dianggap sebagai "hasil" lalu ada usaha menjelaskan dengan meletakkan panna sebagai sebab dan sebagai akibat, jadi circular panna (awal)-sila-samadhi-panna(pembebasan).... pointnya... makin jauh dari konteks dan ribetin aja...
kalo lsg jelasin JMB8, apa itu JMB8 kek http://dhammacitta.org/dcpedia/SN_45.8:_Vibhaṅga_Sutta lalu kek di DN18 itu kan beres.

jadi berusaha menjelaskan dengan 3 pengelompokan itu, imo, makin ribet dan lari dari esensinya. Itu adalah pengembangan dari teoritis Theravāda terhadap early teaching... dan perlu di note bahwa dalam thesis theravada itu bahwa ujungnya bukan samadhi karena jhana tidak bisa membawa pembebasan dalam pandangan theravada, hanya vipassana. (meskipun belakangan ada usaha2 untuk merekonsiliasinya juga supaya bisa kena dari sutta vs thesis belakangan)

ugh... kepanjangan...

jadi jawaban utk pertanyaan ^ -> ada

123
Buddhisme untuk Pemula / Re: Jalan mana yang benar ?
« on: 24 April 2014, 02:00:56 PM »
yg lebih bener lagi adalah tidak membagi JMB8 menjadi Sila-Samadhi-Panna... itu bisa lost in translation nanti. Dalam Sutta2 Sang Buddha tidak membagi jadi 3 kelompok itu...

dalam JMB8 bisa dimasukan dalam sila-samadhi-panna, akan tetapi sila-samadhi-panna bukan JMB8

Semua dikembangkan dilatih (jangan jadi alasan karena belum yg bawah, udah mau yg atas hehehe), tapi ...

http://dhammacitta.org/dcpedia/DN_18:_Janavasabha_Sutta#27

27. ‘“Inilah pokok pembicaraan Brahmā Sanankumāra. Ia melanjutkan: ‘Bagaimanakah menurut Para Tiga-Puluh-Tiga Dewa? Seberapa baikkah Sang Buddha yang mengetahui dan melihat mengajarkan tujuh prasyarat konsentrasi, demi pengembangan konsentrasi sempurna dan kesempurnaan konsentrasi! Apakah itu? Yaitu, pandangan benar, pikiran benar, ucapan benar, perbuatan benar, penghidupan benar [217], usaha benar, perhatian benar.[35] Keterpusatan pikiran itu, yang dihasilkan tujuh faktor ini disebut konsentrasi benar Ariya dengan landasan dan prasyaratnya. Dari pandangan benar muncul pikiran benar, dari pikiran benar muncul ucapan benar, dari ucapan benar muncul perbuatan benar, dari perbuatan benar muncul penghidupan benar, dari penghidupan benar muncul usaha benar, dari usaha benar muncul perhatian benar, dari perhatian benar muncul konsentrasi benar, dari konsentrasi benar muncul pengetahuan benar,[36] dari pengetahuan benar muncul kebebasan benar.[37]

124
Ulasan Buku, Majalah, Musik atau Film / Re: Riwayat Agung Para Buddha
« on: 22 April 2014, 10:36:46 AM »
jika memenuhi rule dan stock masih ada, maka diberikan

in this case, hokben, lsg aja post di board request dan pm ke stevenchow

125
Diskusi Umum / Re: Niyata-Micchaditthi & Prinsip Moral
« on: 21 April 2014, 02:55:57 PM »
niyata-micchaditthi taken from Ditthikathā.-Second chapter of the Mahāvagga of the Patisambhidāmagga. Ps.i.135-62.

126
nanti akan dibentuk teamnya dulu yah... masih on hold

127
Meditasi / Re: Cara mempertahankan nafas natural saat meditasi
« on: 20 April 2014, 01:51:01 PM »
bernafas natural itu kan artinya nda usah dipusingin. ikutin aja. jadi kalo pas mo panjang yah ikutin panjang, pas mau pendek ikutin pendek. jangan dipaksa semua sama panjangnya, semua panjang atau semua pendek. kalau memang perhatikan emang kita bisa kontrol, dan batasannya tipis dengan dilepas.

129
Ya, ini vinayanya Tradisi Theravada, untuk di yang lain belum tahu juga. Tapi di AN 4.67. Ahirajasutta juga disinggung perlindungan serupa. Karena AN juga termasuk karya awal, kemungkinan berlaku bagi sekte lainnya juga.


PS: Tidak melayani pasien alergi Buddhisme Awal.

di AN 4.67 Ahirāja Sutta (http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,23851.msg435477.html#msg435477) itu tidak dibilang bikin jimat. di Cullavagga 5.6 memang boleh tah bikin jimat?


130
Apa benar demikian? Bahkan di vinaya (Culavagga V.6.), bhikkhu diperbolehkan untuk membuat jimat sebagai perlindungan untuk dirinya sendiri (selama tidak digunakan untuk mendapatkan perolehan); DN 32. Atanatiyasutta juga digunakan untuk mengundang raja Yakkha untuk mengusir Yakkha jahat. Masa' sih tidak ada kepercayaan magis-magis begitu?

Untuk yang ini sepertinya memang demikian. Walaupun magis-magis itu termasuk fenomena yang perlu dipahami, tapi bukan menjadi tujuan utama.

please note, ini dari vinaya theravāda, yg merupakan penjelasan dan implementasi dari patimokha sendiri. Jadi belum tentu berlaku di vinaya sekte lain seperti dharmaguptaka yg dipakai mahayana.

131
Kafe Jongkok / Re: Tebak2an Gbr
« on: 08 April 2014, 07:01:55 AM »
kuping atau kulit manusia

132
Buddhisme untuk Pemula / Re: Membaca paritta ,bagaimana urutannya?
« on: 07 April 2014, 09:11:32 PM »
jika butuh bukunya, PM alamat, nanti ta' kirimken

133
Jurnal Pribadi / Re: note
« on: 03 April 2014, 10:31:03 PM »
idealisme vs publisitas. memang pilihan serba sulit.

134
Mahayana / Re: belum ditrisarana kan? bagaimana?
« on: 27 March 2014, 02:02:10 PM »
tidak. itu merupakan formalisasi kita untuk belindung dibawah triratna. Kalau sendiri sudah bertekad berlindung dibawah triratna yah sama saja. beda upacara dan formalisasinya aja. CMIIW

135
Kafe Jongkok / Re: [case] Bila kalian menemukan dompet?
« on: 14 March 2014, 10:11:20 AM »
jadi gantung ceritanya :P

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 [9] 10 11 12 13 14 15 16 ... 800