//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Karma  (Read 2792 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Karma
« on: 14 December 2010, 09:01:25 PM »
Sering kita dengar anggapan bahwa dalam buddhisme (khususnya Mahayana) bahwa karma orang tua bisa menurun ke anak.
Dalam referensi Pali, sudah ada kutipan jelas bahwa setiap makhluk mewarisi karma-nya sendiri.
Apakah dalam sutra mahayana juga ada pembahasan mengenai karma ini?
Kalo bisa tolong diqoutekan jg donk yg versi Pali dan versi Kanon Mahayana...
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.404
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Karma
« Reply #1 on: 14 December 2010, 09:28:14 PM »
There is no place like 127.0.0.1

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Karma
« Reply #2 on: 14 December 2010, 09:30:33 PM »
thx boss...ada yg versi sutra mahayana kaga?
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.404
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Karma
« Reply #3 on: 14 December 2010, 09:40:35 PM »
harusnya di Madhyama Āgama juga ada dan senada.
There is no place like 127.0.0.1

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Karma
« Reply #4 on: 14 December 2010, 10:28:30 PM »
btw anggapan bahwa karma bisa diturunkan itu berasal dari anggapan semata atau beneran ada referensinya?
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.563
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Karma
« Reply #5 on: 14 December 2010, 10:36:54 PM »
btw anggapan bahwa karma bisa diturunkan itu berasal dari anggapan semata atau beneran ada referensinya?

sepertinya berasal dari ajaran lain "dosa turunan". Sebaliknya, dalam Buddhisme, saya belum pernah mendengar tentang karma orang tua yg diwariskan kepada anak2nya.
« Last Edit: 14 December 2010, 10:39:00 PM by Indra »

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Karma
« Reply #6 on: 14 December 2010, 10:55:01 PM »
Kayaknya lebih tepat disebut "anggapan umum". Sering banget dapet celetukan "ohh...karena orangtua-ny begini...makanya anakny masih nanggung karma orang tua jadi begitu..." Apalagi klo yg ramal2an gitu...
Ato jangan2 dari Kong Hu Cu jg kali yah? Soalnya sering banget dah celetukan seperti itu... Teruss, karena dulu Buddha di Indo masih berupa "campuran agama2 laen" jadinya seperti itu...

 [at]  Indra setahu gw dosa turunan dlm ka****k sudah "dibayar lunas" oleh Mr Y sejak disalib, jadi setiap manusia yg lahir stlh itu udh kga nanggung dosa turunan...
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.563
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Karma
« Reply #7 on: 14 December 2010, 10:58:05 PM »
Kayaknya lebih tepat disebut "anggapan umum". Sering banget dapet celetukan "ohh...karena orangtua-ny begini...makanya anakny masih nanggung karma orang tua jadi begitu..." Apalagi klo yg ramal2an gitu...
Ato jangan2 dari Kong Hu Cu jg kali yah? Soalnya sering banget dah celetukan seperti itu... Teruss, karena dulu Buddha di Indo masih berupa "campuran agama2 laen" jadinya seperti itu...

 [at]  Indra setahu gw dosa turunan dlm ka****k sudah "dibayar lunas" oleh Mr Y sejak disalib, jadi setiap manusia yg lahir stlh itu udh kga nanggung dosa turunan...

dosa turunan dari A&H itu selalu ada, Mr Y cuma memberikan personal guarantee.

gak tau juga deh, gak kenal baik sama Mr.Y soalnya

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.404
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Karma
« Reply #8 on: 15 December 2010, 05:13:56 AM »
mungkin diturunkan itu dari memperhatikan bahwa orang tua yg jahat, anaknya ketularan dapet jelek.

Itu semua padahal tidak mengindahkan bahwa itu hanya kondisi dimana mendukung kamma buruk anak ikut berbuah.
There is no place like 127.0.0.1

Offline willian

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 104
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
  • Lakukan segala sesuatu dengan sepenuh hati.
Re: Karma
« Reply #9 on: 15 December 2010, 11:46:09 AM »
Sharusnya yang mahayana jga senada..
Apapun yang sedan kamu lakukan, lakukanlah dengan sepenuh hati. Sebab apapun yang sedang kamu lakukan sekarang, itulah yang akan menentukan masa depanmu. Kita hidup untuk hari ini, bukan dari masa lalu dan bukan untuk masa depan..

 

anything