//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran  (Read 15216 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline kusalaputto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.288
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • appamadena sampadetha
apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« on: 19 March 2010, 11:08:10 AM »
bro n sista saya mau berbagi pengetahuan mengenai kebakaran soalnya kemarin kebakaran tambora cibubur deket banget dengan rumah dan berkat kamma yang mendukung  rumah saya ga kena ^:)^ ^:)^ ^:)^
kebakaran terjadi di rumah:
1. jangan panik!!! (ini penting karena panik akan menambah kacau keadaan c/o tetangga saya           kebakaran di rumahnya bukannya meminta bantuan malah beresin baju :o :o so dont panic)
2. segera minta bantuan tetangga
3. coba kendalikan api dengan menyiram air atau menutup sumber api dengan karung basah
4. segera jauhkan tabung gas / minyak tanah dari sumber api
5. panggil pemadam kebakaran

kebakaran terjadi di dekat rumah
1. Jangan panik (panik akan meperparah bahkan dapat menyebabkan seorang ibu melupakan anaknya dan menyelamatkan bantalnya :whistle:)
2. bantu memadamkan
3. panggil peadam kebakaran
proses mengungsi
3. segera keluarkan tabung gas dari rumah bawa sejauh mungkin dari sumber api
4. ungsikan keluarga yang masih kecil dan tua dari rumah
5. bereskan surat berharga (akte lahir, surat nikah, surat rumah,dll),uang, pakaian secukupnya
6. terakhir baru ambil barang2 yang masih bisa di selamatkan

kalau ada yang bisa menambahkan lagi di mohon masukannya
semoga bermanfaat  _/\_

nb: untuk memanggil pemadam kebakaran memang sering di mintai siapa yang bertanggung jawab
Spoiler: ShowHide
uang operasionalnya yg kira2 diminta untuk 1 mobil pemadam 10jt
tak perlu takut panggil saja dari pada rumah terbakar, nanti masalah tanggung jawab di rembug saja dengan warga setempat n d jamin pasti mereka akan membantu tanggung jawab itu :x
« Last Edit: 19 March 2010, 11:11:38 AM by kusalaputto »
semoga kamma baik saya melindungi saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan saya menemukan seseorang yang baik pada saya dan anak saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan tujuan yang ingin saya capai, semoga saya bisa meditasi lebih lama.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #1 on: 19 March 2010, 11:10:30 AM »
wew parah juga ya.. gw pikir mobil pemadam kebakaran itu free.. dan dibiayai oleh pemerintah
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #2 on: 19 March 2010, 11:15:30 AM »
...
3. coba kendalikan api dengan menyiram air atau menutup sumber api dengan karung basah
...

Kalo gak salah saya pernah dengar kalo misalnya kebakarannya itu dari kompor, gak boleh langsung disiram air jadi ditutup aja dengan karung basah (keset atau handuk tebal (basah) juga bisa kalo gak ada karung). Bener gak ya, gak boleh langsung disiram air?? Tapi paling baik sih kalo disiapkan alat pemadam kebakaran pribadi di rumah.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #3 on: 19 March 2010, 11:35:31 AM »
...
3. coba kendalikan api dengan menyiram air atau menutup sumber api dengan karung basah
...
Kalo gak salah saya pernah dengar kalo misalnya kebakarannya itu dari kompor, gak boleh langsung disiram air jadi ditutup aja dengan karung basah (keset atau handuk tebal (basah) juga bisa kalo gak ada karung). Bener gak ya, gak boleh langsung disiram air?? Tapi paling baik sih kalo disiapkan alat pemadam kebakaran pribadi di rumah.
kalau pendapat saya pribadi, saya lebih prefer ditutup dengan karung basah atau handuk basah.. atau lebih baik jika ada pasir ditutup dengan pasir.

Penjelasan ilmiahnya menurut saya seperti ini :
Berat jenis dari minyak lebih kecil dibanding air, yaitu kurang dari 1, sedangkan air adalah 1, maka dengan pengetahuan ini, idealnya minyak berada di atas air. Dan dikhawatirkan minyak yang berada di atas air masih bebas terbakar selama masih ada oksigen, dan kebakaran akan turut menyebar bila minyak ikut menyebar dengan "media air"



Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline kusalaputto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.288
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • appamadena sampadetha
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #4 on: 19 March 2010, 12:18:26 PM »
^
 yah untuk kompor minyak memang baik dengan karung basah seperti yg bro forte sebut di atas namun kebakaran bukan hanya karena kompor bisa karena konsleting listrik.
jadi ada tambahan lagi nih matikan mcb pusat ketika terjadi konsleting U/ pencegahan pakai sekring listrik d rumah.
semoga kamma baik saya melindungi saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan saya menemukan seseorang yang baik pada saya dan anak saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan tujuan yang ingin saya capai, semoga saya bisa meditasi lebih lama.

Offline kusalaputto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.288
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • appamadena sampadetha
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #5 on: 19 March 2010, 12:27:34 PM »
wew parah juga ya.. gw pikir mobil pemadam kebakaran itu free.. dan dibiayai oleh pemerintah

bro hal ini udah jadi rahasia umum di daerah saya bila ga ada penanggung jawab mobil pemadam akan datang terlambat sambil menunggu tanggung jawab. sebagai c/o kebakaran besar yg terjadi di tambora persima1 karena pemukiman di sana banyak kontrakan dan low income mobil pemadam lama tiba di tujuan, seperti halnya kebakaran di tambora kampung duri juga seperti itu. namun lain halnya ketika terjadi kebakaran di tambora garuda n tambora tss karena banyak penghuninya bos2 tanah abang belum besar apinya pemadam sudah banyak yg datang. andai benar2 datang tanpa penanggung jawab maka setelah padam akan di minta uang ke rumah2 yg tidak terbakar.
sya secara pribadi menghormati pekerjaan sebagai pemadam kebakaran namun praktek ini yg tidak benar, sedangkan dana dari pemerintah mungkin tidak cukup walau pemadam di danai oleh pemerintah.
alangkah lebih baiknya seperti kata maysive harus ada tabung pemadam sendiri yg kisaran harga tabung >900rb :)) oh indonesia
semoga kamma baik saya melindungi saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan saya menemukan seseorang yang baik pada saya dan anak saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan tujuan yang ingin saya capai, semoga saya bisa meditasi lebih lama.

Offline Elin

  • DhammaCitta Press
  • KalyanaMitta
  • *
  • Posts: 4.377
  • Reputasi: 222
  • Gender: Female
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #6 on: 19 March 2010, 12:50:26 PM »
**glek**
mahal bgt utk bayar jasa 1 mobil blanwir..
kirain cuma bbrp ratus ribu atau maks 2 jt gt... :(

Offline kusalaputto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.288
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • appamadena sampadetha
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #7 on: 19 March 2010, 12:52:21 PM »
**glek**
mahal bgt utk bayar jasa 1 mobil blanwir..
kirain cuma bbrp ratus ribu atau maks 2 jt gt... :(
pastinya g ga tau cuman rumor yg beredar seperti itu, coba aja sekalikali tanya :)) :))
semoga kamma baik saya melindungi saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan saya menemukan seseorang yang baik pada saya dan anak saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan tujuan yang ingin saya capai, semoga saya bisa meditasi lebih lama.

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #8 on: 19 March 2010, 03:58:30 PM »
denger denger juga :P (ikutan ngegosip)

siapa yg bayarnya gedean itu ditanganin lebih dulu

misal bapak A dan bapak B bersampingan, si A bayar 5000 si B bayar 10000, pusat api lebih dekat dengan bapak A, tapi yang disirem duluan yah si bapak B ;D
i'm just a mammal with troubled soul



Offline dewi_go

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.848
  • Reputasi: 69
  • Gender: Female
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #9 on: 19 March 2010, 06:14:23 PM »
Mungkin mang ga ada yang gratis zaman sekarang x y, antisipasinya y dengan cara yang disaranin aja diatas, selamatkan yang diperlukan terutama anggota keluarga :)
Sweet things are easy 2 buy,
but sweet people are difficult to find.
Life ends when u stop dreaming, hope ends when u stop believing,
Love ends when u stop caring,
Friendship ends when u stop sharing.
So share this with whom ever u consider a friend.
To love without condition... ......... .........

Offline wiithink

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.630
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #10 on: 19 March 2010, 11:36:46 PM »
mahal banget..
kemaren, waktu kebakaran di depan rumah, gw mah panggil aja.
tapi, ndak ada tuh di suruh bayar..

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #11 on: 19 March 2010, 11:40:33 PM »
mahal banget..
kemaren, waktu kebakaran di depan rumah, gw mah panggil aja.
tapi, ndak ada tuh di suruh bayar..
Apaka hari-hari selanjutnya ada orang asing mondar-mandir di lingkungan sekitar rumahmu??
kalo benar ??
dia lagi nagih tuch  ^-^
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline wiithink

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.630
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #12 on: 19 March 2010, 11:43:34 PM »
di depan rumah jalan gede, jadi banyak yang mondar mandir..
gw malah nyebut alamat lengkap2 lagi. ndak ada yang tagih2 perasaan.

dulu, waktu rumah engkoh gw kebakaran, sampe telpun ke Caltex lagi
minta tulung luncurkan mobil. ndak ada disuruh bayar

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #13 on: 19 March 2010, 11:52:19 PM »
bisa juga memikirkan bagaimana memiliki rumah serta isinya terdiri dari barang2 yg tidak mudah terbakar.
kalau gak ada barang yg dibakar, gimana api bisa hidup ? (panas+oksigen+bahan baku)
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline wiithink

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.630
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #14 on: 20 March 2010, 12:01:31 AM »
bisa aja, kompornya meleduk dan kena ke plafon..
kalo rumah engkoh gw mah, di lempar ama bom molotov dulu

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #15 on: 20 March 2010, 07:02:43 AM »
bisa aja, kompornya meleduk dan kena ke plafon..
kalo rumah engkoh gw mah, di lempar ama bom molotov dulu

Apalagi plafon terdiri dari tripex dan usuk kayu yg mudah terbakar dan posisinya diatas kompor, maka suatu saat akan berkesempatan utk terbakar.

kalo rumah engkoh gw mah, di lempar ama bom molotov dulu
bahaya banget tuhh.. :( :(
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline kusalaputto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.288
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • appamadena sampadetha
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #16 on: 20 March 2010, 02:35:21 PM »
mahal banget..
kemaren, waktu kebakaran di depan rumah, gw mah panggil aja.
tapi, ndak ada tuh di suruh bayar..
sista tinggal d mana jkt bukan ini biasa terjadi d jakarta pemukiman padat penduduk
semoga kamma baik saya melindungi saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan saya menemukan seseorang yang baik pada saya dan anak saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan tujuan yang ingin saya capai, semoga saya bisa meditasi lebih lama.

Offline wiithink

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.630
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #17 on: 21 March 2010, 12:19:29 AM »
oo..
gw tinggal di pekanbaru..

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.117
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #18 on: 21 March 2010, 05:22:58 PM »
untuk surat berharga mending deposit di safety box bank yang bisa di percaya.(soalnya ada juga loh pencuri di safety box, biasanya orang dalem bank juga)

Offline wiithink

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.630
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #19 on: 21 March 2010, 10:47:57 PM »
tapi kan ndak semua bank ada safety box..
lagian juga, repot pake safety box. kalo mo pake cepet, trus banknya tutup gimana?

Offline kusalaputto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.288
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • appamadena sampadetha
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #20 on: 22 March 2010, 10:39:34 AM »
tapi kan ndak semua bank ada safety box..
lagian juga, repot pake safety box. kalo mo pake cepet, trus banknya tutup gimana?
ya udah bikin safe deposit di rumah di tanem di dalem tanah jamin d selamat dari kebakaran cuman ga selamet dari banjir :)) :)) :))
semoga kamma baik saya melindungi saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan saya menemukan seseorang yang baik pada saya dan anak saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan tujuan yang ingin saya capai, semoga saya bisa meditasi lebih lama.

Offline wiithink

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.630
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #21 on: 22 March 2010, 11:38:46 PM »
kalo di jakarta, tentu caranya ndak efektif.
tapi, kalo di pekanbaru, masih bisa di buat. soalnya ndak pernah ampe banjir gimana gituuuu

Offline kusalaputto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.288
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • appamadena sampadetha
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #22 on: 26 March 2010, 10:29:27 AM »
kemaren hampir kebakaran lagi di deket rumah g cuapek deh
 btw g dapet 1 paritta supaya api ga sampai k rumah Vattaka parita hal 94 paritta suci sti (lom coba si :)) )
semoga kamma baik saya melindungi saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan saya menemukan seseorang yang baik pada saya dan anak saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan tujuan yang ingin saya capai, semoga saya bisa meditasi lebih lama.

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #23 on: 26 March 2010, 01:28:12 PM »
kemaren hampir kebakaran lagi di deket rumah g cuapek deh
 btw g dapet 1 paritta supaya api ga sampai k rumah Vattaka parita hal 94 paritta suci sti (lom coba si :)) )

wuiiiiiiiiiikssss

saatnya bangun rumah tahan api...(apakai semen tahan api)
supaya bro gak stress n kecapekan
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline kusalaputto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.288
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • appamadena sampadetha
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #24 on: 26 March 2010, 01:33:28 PM »
^rumah si beton tahan api cuman prabot n mesin2 di dlm rumah yg ga thn api.
kemarn sampe bawa2 ember buat madamin api hahahaha
semoga kamma baik saya melindungi saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan saya menemukan seseorang yang baik pada saya dan anak saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan tujuan yang ingin saya capai, semoga saya bisa meditasi lebih lama.

Offline wiithink

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.630
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #25 on: 27 March 2010, 03:59:13 AM »
dirumah bro, pake plafon papan ato (eehh.. lupa gw namanya hehehe.. gisum ato apa yah?)

nah, kata papa, kalo rumah beton kebakar, yang duluan di sambar kan plafon, jadi musti beli yang baik. lagian juga, cepet matiin listrik, (ndak tau lah ntuk apanya, gitu kata papa ku)

serem amat sih ko, tetangga2nya.. makanya, jangan pake kompor gas dari pemerintah hehehee....
yang kemarin nih gara2 apa?

Offline kusalaputto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.288
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • appamadena sampadetha
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #26 on: 27 March 2010, 11:38:24 AM »
gara2 thiner orang sablon, ngaduk thiner n cat sambil ngerokok luar biasa kan padahal thiner menguap.
 celana g basah kuyup gara2 gotong air yg kebakar si cuman lantai 2 doank.
listrik di matin tujuannya supaya ga ada konslet sista
dah apake asbes plafon ruma aye lumayanntahan api dah

kenapa sering kebakaran di daerah rumah g karena
1 pemukiman padat
2 banyak rumah yg masih terbuat dari papan
3 kesadaran masyarakat akan bahaya api msh kurang
4 merokok di sembarang tempat coba aja mask yg jualan bensin eceran ngerokok di depan daganggannya ga jadi g isinya nanti malah motor g ikut ke bakar hehehe
semoga kamma baik saya melindungi saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan saya menemukan seseorang yang baik pada saya dan anak saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan tujuan yang ingin saya capai, semoga saya bisa meditasi lebih lama.

Offline wiithink

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.630
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #27 on: 30 March 2010, 06:41:42 PM »
astaga nagaaa...
tiner itu kan bahaya.. itu lah, kalo ndak ada kesadaran..
amit amit jabang bayi, jangan terjadi lagi deh

Offline kusalaputto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.288
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • appamadena sampadetha
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #28 on: 31 March 2010, 09:57:09 AM »
yah begini lah klo tinggal di daerah g hahaha
semoga kamma baik saya melindungi saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan saya menemukan seseorang yang baik pada saya dan anak saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan tujuan yang ingin saya capai, semoga saya bisa meditasi lebih lama.

Offline dewi_go

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.848
  • Reputasi: 69
  • Gender: Female
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #29 on: 01 April 2010, 06:27:57 PM »
tiner, bensin cairan yang sangat sensitif penyulut kebakaran, dulu temen smpku karena ceroboh cek bensin motor pakai lilin, mamanya jadi korban meninggal :'(
Sweet things are easy 2 buy,
but sweet people are difficult to find.
Life ends when u stop dreaming, hope ends when u stop believing,
Love ends when u stop caring,
Friendship ends when u stop sharing.
So share this with whom ever u consider a friend.
To love without condition... ......... .........

Offline Hades

  • Teman
  • **
  • Posts: 85
  • Reputasi: -1
  • darkness isn't bad at all
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #30 on: 01 April 2010, 07:53:44 PM »
biasanya kalo terjadi kebakaran kebanyakan orang panik dan kadang bisa jatuh pingsan. terima kasih atas sharingnya saudara puttho
In darkness I rule over the humanity whom throw away their heart towards hatred and jealousy

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.117
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #31 on: 01 April 2010, 07:59:56 PM »
siap siap tali kalo kebakaran di gedung tinggi. ikat talinya di tiang terdekat atau ranjang dan tinggal melorot turun dari sana yahh.

Offline Hades

  • Teman
  • **
  • Posts: 85
  • Reputasi: -1
  • darkness isn't bad at all
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #32 on: 01 April 2010, 08:02:54 PM »
^

Benar juga yang dikatakan saudara Diamond.

Selain itu ada baiknya siapkan selimut besar dan dibasahkan jika sudah terjadi kebakaran, dan bisa digunakan untuk menerobos api.
In darkness I rule over the humanity whom throw away their heart towards hatred and jealousy

Offline kusalaputto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.288
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • appamadena sampadetha
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #33 on: 02 April 2010, 09:42:11 AM »
siap siap tali kalo kebakaran di gedung tinggi. ikat talinya di tiang terdekat atau ranjang dan tinggal melorot turun dari sana yahh.
wah klo menurut g saran nya untuk di gedung tinggi pake tali kurang cocok deh soalnya untuk orng awam simpul tali serta penyelamatan diri dengan tali masih amat sulit  malah dapat menyebabkan mereka jatuh atau tergantung karena tali terswangkut di tengah perjalanan, pertolongan dengan tali biasanya bisa di lakukan oleh yg terlatih. paling bener klo kebakaran di gedung tinggi lari ke emergency exit soalnya antara emegency exit dengan gedung ada di pisah kan dengan sekat pintu yg tebal untuk menahan api , emergency exit hanya memiliki kekurangan kalau jalan keluarnya  sudah di kepung oleh asap ini juga bahaya karena asap kebakaran sebenarnya penyebab kematian yg utama dalam kebakaran gedung bertingkat di banding terbakar oleh api itu sendiri. _/\_
semoga kamma baik saya melindungi saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan saya menemukan seseorang yang baik pada saya dan anak saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan tujuan yang ingin saya capai, semoga saya bisa meditasi lebih lama.

Offline J.W

  • Sebelumnya: Jinaraga, JW. Jinaraga
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.864
  • Reputasi: 103
  • Gender: Male
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #34 on: 02 April 2010, 06:10:35 PM »
 :o :o :o mahalll.....
10jt hny buat liat "pancuran air kencing" ....

kebakaran terjadi di rumah:
6. basahkan handuk buat dijadikan penutup hidung...

Offline Tekkss Katsuo

  • Sebelumnya wangsapala
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.611
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #35 on: 02 April 2010, 11:20:11 PM »
berdoaaaa  :-[ :-[ :-[

Offline J.W

  • Sebelumnya: Jinaraga, JW. Jinaraga
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.864
  • Reputasi: 103
  • Gender: Male
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #36 on: 03 April 2010, 08:26:18 AM »
8. ketika benar2 terjebak dlm api dan tidak ada jalan keluar, tenangkan pikiran..dan meditasi  ^:)^ ^:)^ ^:)^

Offline kusalaputto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.288
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • appamadena sampadetha
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #37 on: 03 April 2010, 10:32:35 AM »
8. ketika benar2 terjebak dlm api dan tidak ada jalan keluar, tenangkan pikiran..dan meditasi  ^:)^ ^:)^ ^:)^
biar nyampe jhana n ga meraskan apapun yah waktu kebakar :)) :))
semoga kamma baik saya melindungi saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan saya menemukan seseorang yang baik pada saya dan anak saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan tujuan yang ingin saya capai, semoga saya bisa meditasi lebih lama.

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #38 on: 03 April 2010, 11:56:25 PM »
8. ketika benar2 terjebak dlm api dan tidak ada jalan keluar, tenangkan pikiran..dan meditasi  ^:)^ ^:)^ ^:)^
biar nyampe jhana n ga meraskan apapun yah waktu kebakar :)) :))
Apalagi kalo bisa sampe Jhana 8 - 9
baju-pun gak bakal ke bakar  ;D
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.117
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #39 on: 05 April 2010, 07:09:54 PM »
itu bagi mereka yang bisa mencapai jhana kalau yang belum keburu sesak napas dulu dan koit duluan.

yang bener kita semestinya adakan latihan kebakaran bila terjadi kebakaran bagaimana turun atau lompat dari atap / turun menggunakan tali dsb.

jadi pas kebakaran kita jadi punya pengalaman dari drill tersebut.

Offline Brado

  • Sebelumnya: Lokkhitacaro
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.645
  • Reputasi: 67
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #40 on: 04 May 2010, 10:23:05 AM »
Berikut ini adalah penyebab kebakaran yang perlu diperhatikan :
- Meletakan kompor tidak sesuaid engan tempatnya
- Menyimpan bahan bakar dekat dengan sumber api/panas
- Mengisi minyak saat kompor sedang menayala
- Menempatkan lilin/obat nyamuk pada alas yang mudah terbakar
- Memasang tusuk kontak listrik secara bertumpuk
- Melakukan penggantian sekring tidak sesuai aturan

Kelalaian :
- Tidak mengontrol secara rutin alat-alat yang di pakai (kompor, generator, peralatan listrik)
- Tidak pernah mengamati lingkungan setempat sewaktu akan meninggalkan rumah/kantor
- Tidak peduli terhadap larangan-larangan pada tempat berbahaya (dilarang merokok)

Potensi ancaman :
- Hubungan arus pendek
- Kelalaian penghuni
- Pengendalian panas/asap

Jika terjadi kebakaran segera lakukan :
- Bunyikan tanda bahaya (alarm) - Jika menjumpai kebakaran berteriaklah agar tetangga tau dan menghubungi dinas pemadam kebakaran
- Padamkan kebakaran jika memungkinkan - Gunakan alat pemadam api terdekat untuk memadamkan, hindari resiko jika api semakin tak terkendali
- Evakuasi - Jika api tak dapat dikendalikan, segera tinggalkan tempat/sumber api penyebab kebakaran
- Utamakan keselamatan jiwa - Waktu sangat berharga, utamakan keselamatan jiwa anda. jangan habiskan waktu hanya untuk membenahi barang-barang pribadi milik anda

Jika terperangkap dalam suatu ruangan, lakukan tindakan berikut :
- Minta Tolong - beritahu di mana anda berada dengan cara memukul2 pintu atau mengibarkan sesuatu pada jendela agar dinas pemadam kebakaran tau lokasi anda
- Menutup celah pintu - agar asap dari kamar/ruangan sebelah tidak masuk ke ruangan anda, tutuplah celah2 pintu dengan kain/handuk basah
- Merangkak di bawah asap - jika sekeliling anda penuh asap, bernafaslah pendek2 dan berjalanlah dengan merangkak karena udara pada permukaan lantai lebih bersih


Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #41 on: 04 May 2010, 10:58:16 AM »
8. ketika benar2 terjebak dlm api dan tidak ada jalan keluar, tenangkan pikiran..dan meditasi  ^:)^ ^:)^ ^:)^

aya2 wae... plakkk!!

yg plg utama memang tdk boleh panik lalu selamatkan segala sesuatu yg masih bisa diselamatkan :)
thanks Buddha...

Offline J.W

  • Sebelumnya: Jinaraga, JW. Jinaraga
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.864
  • Reputasi: 103
  • Gender: Male
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #42 on: 04 May 2010, 11:33:53 AM »
8. ketika benar2 terjebak dlm api dan tidak ada jalan keluar, tenangkan pikiran..dan meditasi  ^:)^ ^:)^ ^:)^

aya2 wae... plakkk!!

yg plg utama memang tdk boleh panik lalu selamatkan segala sesuatu yg masih bisa diselamatkan :)

*tangkis....tonjok balek mata lophenk*
udh bnr2 terjebak gk ada jalan keluar lg, emang mau selamatkan apa lg :hammer:

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.230
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #43 on: 04 May 2010, 11:47:31 AM »
8. ketika benar2 terjebak dlm api dan tidak ada jalan keluar, tenangkan pikiran..dan meditasi  ^:)^ ^:)^ ^:)^
aya2 wae... plakkk!!

yg plg utama memang tdk boleh panik lalu selamatkan segala sesuatu yg masih bisa diselamatkan :)

*tangkis....tonjok balek mata lophenk*
udh bnr2 terjebak gk ada jalan keluar lg, emang mau selamatkan apa lg :hammer:

menyelamatkan pikiran.. :P
...

Offline wiithink

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.630
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #44 on: 05 May 2010, 08:07:17 PM »
berdoaaaa  :-[ :-[ :-[

kebanyakan doa, jadinya pindah alam..
yang di butuhkan dalam kebakaran tuh, bergerak cepat ntuk nyelamatin barang dan diri

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.118
  • Reputasi: 128
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #45 on: 05 May 2010, 08:24:21 PM »
baca mantra...





*wakakakakaka << contoh umat buddha yg kurang bijak
Samma Vayama

Offline an_atta

  • Sebelumnya: Titin
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 108
  • Reputasi: 15
  • Gender: Female
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #46 on: 11 June 2010, 10:29:19 AM »
Kebakaran Landa Pemukiman di Jembatan Lima
Jumat, 11/06/2010 01:30 WIB
Reza Yunanto - detikNews

Jakarta - Kebakaran terjadi di daerah pemukiman padat penduduk di Krendang Tengah, Jembatan Lima, Jakarta Barat, Jumat (11/6/2010). Api hingga kini belum bisa dipadamkan.

Informasi dilansir TMC Polda Metro, api mulai melalap pemukiman tengah malam pukul 00.10 WIB. Lokasi kebakaran dilaporkan di RT 06/05 Krendang Tengah, Jembatan Lima.

12 Unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Belum ada laporan korban jiwa.
(Rez/Rez)

 [at] Sdr. Kusalaputto, kebakaran yang terjadi tadi malam dekat2 rumah juga ngga?
Kalau tidak salah ini kebakaran yang ketiga kalinya di daerah Krendang sejak pertengahan Maret lalu...   :(
Rumah saya juga tidak terlalu jauh dari daerah Krendang.
Semoga tidak ada korban jiwa dan utk ke depannya semoga tidak sering2 terjadi kebakaran lagi...

Offline kusalaputto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.288
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • appamadena sampadetha
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #47 on: 11 June 2010, 10:54:34 AM »
Kebakaran Landa Pemukiman di Jembatan Lima
Jumat, 11/06/2010 01:30 WIB
Reza Yunanto - detikNews

Jakarta - Kebakaran terjadi di daerah pemukiman padat penduduk di Krendang Tengah, Jembatan Lima, Jakarta Barat, Jumat (11/6/2010). Api hingga kini belum bisa dipadamkan.

Informasi dilansir TMC Polda Metro, api mulai melalap pemukiman tengah malam pukul 00.10 WIB. Lokasi kebakaran dilaporkan di RT 06/05 Krendang Tengah, Jembatan Lima.

12 Unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Belum ada laporan korban jiwa.
(Rez/Rez)

 [at] Sdr. Kusalaputto, kebakaran yang terjadi tadi malam dekat2 rumah juga ngga?
Kalau tidak salah ini kebakaran yang ketiga kalinya di daerah Krendang sejak pertengahan Maret lalu...   :(
Rumah saya juga tidak terlalu jauh dari daerah Krendang.
Semoga tidak ada korban jiwa dan utk ke depannya semoga tidak sering2 terjadi kebakaran lagi...
yup kebakarannya deket rumah g lagi :o :o :o
hah capek dah n beritanya kebakaran salah tuh mulai kebakaran sebelum jam 12 n membesar setelah jam 12.
n klo ga salah si padamnya sekitar jam 2 an deh n g ga tidur sampe jam 4:30 krn mati lampu n baby g kepanasan :o :o :o sekarang ngantuk banget :o
semoga kamma baik saya melindungi saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan saya menemukan seseorang yang baik pada saya dan anak saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan tujuan yang ingin saya capai, semoga saya bisa meditasi lebih lama.

Offline pemula

  • Teman
  • **
  • Posts: 89
  • Reputasi: 1
  • Gender: Male
  • Semoga segala sesuatunya menjadi lebih baik.
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #48 on: 11 June 2010, 11:05:20 AM »
terlalu gampang untuk di bicarakan,  :D

Offline kusalaputto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.288
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • appamadena sampadetha
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #49 on: 11 June 2010, 11:42:37 AM »
terlalu gampang untuk di bicarakan,  :D
maksudnya ???
semoga kamma baik saya melindungi saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan saya menemukan seseorang yang baik pada saya dan anak saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan tujuan yang ingin saya capai, semoga saya bisa meditasi lebih lama.

Offline Raya Ditthi

  • Sebelumnya: lia.oc
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 165
  • Reputasi: 14
  • Gender: Female
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #50 on: 11 June 2010, 01:01:03 PM »
Daerah Jemb.lima/krendang padat penduduknya,jadi harus lebih waspada.

Apalagi kalau disekitar rumah kita banyak kontrakan,waspadalah...waspadalah..!!!
sudah sering terjadi yang ngontrak tuch lalai,mungkin karena bukan  rumahnya x.

Truz  dulu katanya...!! Mitos orang dulu kalau ada kebakaran harus naikin bendera Hitam Setinggi mungkin,
 (kalau nga ada pokoknya kain berwarna hitam polos...lah...!!) :)
Katanya sich Api kalau lihat Kain berwarna hitam, Apinya jadi berbalik arah nga kerumah kita...he..he..dulu sich pernah dicoba :-[ :-[ :-[
waktu msh tinggal dirumah lama...pas kebeneran belakang rumah yg kebakaran, Tetapi  msh blom diteliti tuch  apa betul faktor dari bendera Hitamnya atau dari keberuntungan. ;D _/\_ _/\_
** semoga semua mahluk hidup berbahagia**