//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran  (Read 15216 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline kusalaputto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.288
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • appamadena sampadetha
apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« on: 19 March 2010, 11:08:10 AM »
bro n sista saya mau berbagi pengetahuan mengenai kebakaran soalnya kemarin kebakaran tambora cibubur deket banget dengan rumah dan berkat kamma yang mendukung  rumah saya ga kena ^:)^ ^:)^ ^:)^
kebakaran terjadi di rumah:
1. jangan panik!!! (ini penting karena panik akan menambah kacau keadaan c/o tetangga saya           kebakaran di rumahnya bukannya meminta bantuan malah beresin baju :o :o so dont panic)
2. segera minta bantuan tetangga
3. coba kendalikan api dengan menyiram air atau menutup sumber api dengan karung basah
4. segera jauhkan tabung gas / minyak tanah dari sumber api
5. panggil pemadam kebakaran

kebakaran terjadi di dekat rumah
1. Jangan panik (panik akan meperparah bahkan dapat menyebabkan seorang ibu melupakan anaknya dan menyelamatkan bantalnya :whistle:)
2. bantu memadamkan
3. panggil peadam kebakaran
proses mengungsi
3. segera keluarkan tabung gas dari rumah bawa sejauh mungkin dari sumber api
4. ungsikan keluarga yang masih kecil dan tua dari rumah
5. bereskan surat berharga (akte lahir, surat nikah, surat rumah,dll),uang, pakaian secukupnya
6. terakhir baru ambil barang2 yang masih bisa di selamatkan

kalau ada yang bisa menambahkan lagi di mohon masukannya
semoga bermanfaat  _/\_

nb: untuk memanggil pemadam kebakaran memang sering di mintai siapa yang bertanggung jawab
Spoiler: ShowHide
uang operasionalnya yg kira2 diminta untuk 1 mobil pemadam 10jt
tak perlu takut panggil saja dari pada rumah terbakar, nanti masalah tanggung jawab di rembug saja dengan warga setempat n d jamin pasti mereka akan membantu tanggung jawab itu :x
« Last Edit: 19 March 2010, 11:11:38 AM by kusalaputto »
semoga kamma baik saya melindungi saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan saya menemukan seseorang yang baik pada saya dan anak saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan tujuan yang ingin saya capai, semoga saya bisa meditasi lebih lama.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #1 on: 19 March 2010, 11:10:30 AM »
wew parah juga ya.. gw pikir mobil pemadam kebakaran itu free.. dan dibiayai oleh pemerintah
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #2 on: 19 March 2010, 11:15:30 AM »
...
3. coba kendalikan api dengan menyiram air atau menutup sumber api dengan karung basah
...

Kalo gak salah saya pernah dengar kalo misalnya kebakarannya itu dari kompor, gak boleh langsung disiram air jadi ditutup aja dengan karung basah (keset atau handuk tebal (basah) juga bisa kalo gak ada karung). Bener gak ya, gak boleh langsung disiram air?? Tapi paling baik sih kalo disiapkan alat pemadam kebakaran pribadi di rumah.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #3 on: 19 March 2010, 11:35:31 AM »
...
3. coba kendalikan api dengan menyiram air atau menutup sumber api dengan karung basah
...
Kalo gak salah saya pernah dengar kalo misalnya kebakarannya itu dari kompor, gak boleh langsung disiram air jadi ditutup aja dengan karung basah (keset atau handuk tebal (basah) juga bisa kalo gak ada karung). Bener gak ya, gak boleh langsung disiram air?? Tapi paling baik sih kalo disiapkan alat pemadam kebakaran pribadi di rumah.
kalau pendapat saya pribadi, saya lebih prefer ditutup dengan karung basah atau handuk basah.. atau lebih baik jika ada pasir ditutup dengan pasir.

Penjelasan ilmiahnya menurut saya seperti ini :
Berat jenis dari minyak lebih kecil dibanding air, yaitu kurang dari 1, sedangkan air adalah 1, maka dengan pengetahuan ini, idealnya minyak berada di atas air. Dan dikhawatirkan minyak yang berada di atas air masih bebas terbakar selama masih ada oksigen, dan kebakaran akan turut menyebar bila minyak ikut menyebar dengan "media air"



Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline kusalaputto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.288
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • appamadena sampadetha
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #4 on: 19 March 2010, 12:18:26 PM »
^
 yah untuk kompor minyak memang baik dengan karung basah seperti yg bro forte sebut di atas namun kebakaran bukan hanya karena kompor bisa karena konsleting listrik.
jadi ada tambahan lagi nih matikan mcb pusat ketika terjadi konsleting U/ pencegahan pakai sekring listrik d rumah.
semoga kamma baik saya melindungi saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan saya menemukan seseorang yang baik pada saya dan anak saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan tujuan yang ingin saya capai, semoga saya bisa meditasi lebih lama.

Offline kusalaputto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.288
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • appamadena sampadetha
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #5 on: 19 March 2010, 12:27:34 PM »
wew parah juga ya.. gw pikir mobil pemadam kebakaran itu free.. dan dibiayai oleh pemerintah

bro hal ini udah jadi rahasia umum di daerah saya bila ga ada penanggung jawab mobil pemadam akan datang terlambat sambil menunggu tanggung jawab. sebagai c/o kebakaran besar yg terjadi di tambora persima1 karena pemukiman di sana banyak kontrakan dan low income mobil pemadam lama tiba di tujuan, seperti halnya kebakaran di tambora kampung duri juga seperti itu. namun lain halnya ketika terjadi kebakaran di tambora garuda n tambora tss karena banyak penghuninya bos2 tanah abang belum besar apinya pemadam sudah banyak yg datang. andai benar2 datang tanpa penanggung jawab maka setelah padam akan di minta uang ke rumah2 yg tidak terbakar.
sya secara pribadi menghormati pekerjaan sebagai pemadam kebakaran namun praktek ini yg tidak benar, sedangkan dana dari pemerintah mungkin tidak cukup walau pemadam di danai oleh pemerintah.
alangkah lebih baiknya seperti kata maysive harus ada tabung pemadam sendiri yg kisaran harga tabung >900rb :)) oh indonesia
semoga kamma baik saya melindungi saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan saya menemukan seseorang yang baik pada saya dan anak saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan tujuan yang ingin saya capai, semoga saya bisa meditasi lebih lama.

Offline Elin

  • DhammaCitta Press
  • KalyanaMitta
  • *
  • Posts: 4.377
  • Reputasi: 222
  • Gender: Female
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #6 on: 19 March 2010, 12:50:26 PM »
**glek**
mahal bgt utk bayar jasa 1 mobil blanwir..
kirain cuma bbrp ratus ribu atau maks 2 jt gt... :(

Offline kusalaputto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.288
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • appamadena sampadetha
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #7 on: 19 March 2010, 12:52:21 PM »
**glek**
mahal bgt utk bayar jasa 1 mobil blanwir..
kirain cuma bbrp ratus ribu atau maks 2 jt gt... :(
pastinya g ga tau cuman rumor yg beredar seperti itu, coba aja sekalikali tanya :)) :))
semoga kamma baik saya melindungi saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan saya menemukan seseorang yang baik pada saya dan anak saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan tujuan yang ingin saya capai, semoga saya bisa meditasi lebih lama.

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #8 on: 19 March 2010, 03:58:30 PM »
denger denger juga :P (ikutan ngegosip)

siapa yg bayarnya gedean itu ditanganin lebih dulu

misal bapak A dan bapak B bersampingan, si A bayar 5000 si B bayar 10000, pusat api lebih dekat dengan bapak A, tapi yang disirem duluan yah si bapak B ;D
i'm just a mammal with troubled soul



Offline dewi_go

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.848
  • Reputasi: 69
  • Gender: Female
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #9 on: 19 March 2010, 06:14:23 PM »
Mungkin mang ga ada yang gratis zaman sekarang x y, antisipasinya y dengan cara yang disaranin aja diatas, selamatkan yang diperlukan terutama anggota keluarga :)
Sweet things are easy 2 buy,
but sweet people are difficult to find.
Life ends when u stop dreaming, hope ends when u stop believing,
Love ends when u stop caring,
Friendship ends when u stop sharing.
So share this with whom ever u consider a friend.
To love without condition... ......... .........

Offline wiithink

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.630
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #10 on: 19 March 2010, 11:36:46 PM »
mahal banget..
kemaren, waktu kebakaran di depan rumah, gw mah panggil aja.
tapi, ndak ada tuh di suruh bayar..

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #11 on: 19 March 2010, 11:40:33 PM »
mahal banget..
kemaren, waktu kebakaran di depan rumah, gw mah panggil aja.
tapi, ndak ada tuh di suruh bayar..
Apaka hari-hari selanjutnya ada orang asing mondar-mandir di lingkungan sekitar rumahmu??
kalo benar ??
dia lagi nagih tuch  ^-^
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline wiithink

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.630
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #12 on: 19 March 2010, 11:43:34 PM »
di depan rumah jalan gede, jadi banyak yang mondar mandir..
gw malah nyebut alamat lengkap2 lagi. ndak ada yang tagih2 perasaan.

dulu, waktu rumah engkoh gw kebakaran, sampe telpun ke Caltex lagi
minta tulung luncurkan mobil. ndak ada disuruh bayar

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #13 on: 19 March 2010, 11:52:19 PM »
bisa juga memikirkan bagaimana memiliki rumah serta isinya terdiri dari barang2 yg tidak mudah terbakar.
kalau gak ada barang yg dibakar, gimana api bisa hidup ? (panas+oksigen+bahan baku)
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline wiithink

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.630
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #14 on: 20 March 2010, 12:01:31 AM »
bisa aja, kompornya meleduk dan kena ke plafon..
kalo rumah engkoh gw mah, di lempar ama bom molotov dulu

 

anything