//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - GandalfTheElder

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 [8] 9 10 11 12 13 14 15 ... 95
106
Quote
Kalau kita mau objektif, sebetulnya walaupun Paus Benedictus lepas 'tahta' demi menjadi bhikkhu/bhiksu, hal tersebut tidak membuat Agama Buddha menjadi lebih benar juga. Berubahnya pola pikir dan kepercayaan adalah hal sewajarnya saja. Hanya saja pihak2 tertentu suka menghebohkan apa yang sebetulnya tidak perlu dibuat heboh. 

Soal Ka-totok (jadi ikut2an istilah sesat nih  ), memang saya jarang sekali (walaupun bukan berarti tidak pernah) dikonfrontasi oleh mereka, jadi memang otomatis lebih nyaman dengan mereka. Umat Kanesten (   ) juga ada yang sangat menghargai kepercayaan lain. Jadi selain indoktrinasinya, tergantung individunya juga. 

Ya benar sekali, berubahnya pola pikir dan kepercayaan sangat erat dengan ketidakkekalan dan jodoh karma, jadi ya memang harus disikapi sewajarnya saja. Umat Kristiani yang jadi Muslim, Hindu, Buddha ya banyak. Umat Buddha Hindu jadi Muslim, Kristiani ya banyak. Umat Hindu jadi Buddha ya banyak juga. Kalau semua bikin kesaksian, mana yang benar? hahaha................

Benar sekali umat Kristiani protestan (balik ke istilah sopan  ^-^) juga banyak yang toleran seperti Gereja Kristiani Jawi Wetan yang modelnya kemasyarakatan kaya NU. Umat"nya saya lihat sangat toleran dan terbuka, bahkan mau bertandang diskusi ke vihara-vihara Buddhis. Saya juga punya temen Mormon yang toleran, juga interest sama Buddhis. Di organisasi Buddhis tempat saya berafiliasi di Surabaya sini, karyawan"nya juga beberapa umat Kristiani Protestan, bahkan pernha juga ada yang dari Karismatik GMS. Sangat toleran. Namun di kalangan protestan, ada kecenderungan bahwa toleransi hanya dilakukan secara individu, bukan pandangan Gereja-nya.

Hal ini berbeda dengan Khatolik. Baik Gereja-nya mengajarkan toleransi dan juga umat-umatnya pun bertoleransi. Saya pernha hadir dalam salah satu Misa Khatolik tahun lalu, dan saya dengar ceramah yang dibawakan Pastor sangatlah menekankan harmoni antar agama, sangat beda dengan satu gereja Kristiani Karismatik Pantekosta yang pernah saya datangi ketika masih SMA, mereka dengan sengaja merendahkan umat M dan Buddhis.

Kalau saya lihat dari temen-temen saya yang Khatolik, 90% toleran (secara sipirtual, pertemanan dan etika masyarakat) dan 40% interest dengan Buddhism. Umat" Protestan yang dididik di sekolah" Khatolik juga punya toleransi yang tinggi.

Sedangkan temen-temen saya yang Protestan terutama Karismatik dengan dididik sekolah" Protestan sebagian besar tidak toleran secara spiritual, mereka hanya toleran secara pertemanan / persahabatan dan etika masyarakat saja seperti yang diajarkan mata pelajaran PPKN di sekolah...hahah....

Dan faktanya....mereka yang Kristiani rada" KTP juga toleran  :))

 _/\_
The Siddha Wanderer

107
Kalau aye lihat sih kasus di atas ya karena ketidakpuasan si bhikkhu sendiri terhadap agama Buddha yang belum sepenuhnya dipahaminya... sehingga menganggap ajaran Kristiani sebagai pemuas dahaga-nya... tidak tahu kalau Buddhisme menawarkan lebih dari yang ia tahu, karena toh dia tampaknya menjadi bhikkhu serta memeluk agama Buddha karena keterikatan dan kepatuhan spiritualnya pada suatu tradisi yang telah ada di Thailand.

Tidak semua umat K keblinger juga... terutama dari kalangan Katholik (katotok :)) ) Banyak pribadi di sana yang luar biasa toleran terhadap agama lain...hahah.. Dalai Lama sendiri pernah mengatakan bahwa di antara para pengikut agama lain, beliau paling dekat dengan umat Katholik. Thich Nhat Hanh juga dekat dengan tradisi Khatolik. Master Shengyen berteman baik dan sering berdiksusi dengan Kardinal Taiwan. Para bhiksu Korea juga sangat bersahabat baik dengan umat dan pastor Khatolik, berbeda dengan para pendeta Protestan yang sering bikin kisruh di sana dengan sengaja menjelek-jelekkan Buddhisme.

 _/\_
The Siddha Wanderer

108


Download bab 3 buku ini di:
http://www.htown-publishing.com/Monk%20to%20Missionary/pdf/Chapter3.pdf

Synopsis

Monk to Missionary is the biography of R. Mani Seangsuwan. Born in Chumphon province in the South of Thailand, Mani knew little of the world outside his small village. At age seventeen he left home in search of fun and adventure. He joined a group of "party animals" in Lopburi, Thailand, and thought for a time this was the life for him.
His mother convinced him that he needed to correct his behavior and suggested he become a Buddhist monk. He followed her advice he became a monk at the local monastery. At the end of three months, the typical period of service as a disciple of Buddha, he decided to continue on. After a year he moved to a Buddhist temple in Thonburi across the river from Bangkok. It was here he started to meet Christians. Taking a pamphlet from the Baptists he received a bible study kit in the mail. He studied the Bible in secret while still a Buddhist monk.
His next step was to earn money to become a school teacher. This was the vision that his mother had for him. He met more Christian missionaries and felt good about their message. He was still concerned how other Thais would view him if they knew he was studying about  Christ. The Thai people believe, "To be a good Thai, one must be a good Buddhist". How could he go against his family and the well established culture of his homeland? His decision changed the rest of his life.

Interview

BOUNTIFUL, Utah — Mani Seangsuwan learned to be patient, to sacrifice and to serve as a Buddhist monk.
As a Mormon he learned to hope.

He found deep joy.

He discovered why he's here on earth.

"For two years, I studied Buddhism in the Wats in Bangkok," Seangsuwan writes in his book "Monk to Missionary." "I learned sacred techniques towards self-mastery. I was taught to gain control over every thought, action and feeling that I ever encountered …

"As a monk, I was to teach self-mastery and show by example what true happiness was.

"However, despite the deep love that I had for the Thai people and Thai culture, I was haunted with feelings that there was still something missing in my life," Seangsuwan continued.

He actually became a monk in an effort to find the answers that were eluding him.

 Then an LDS serviceman introduced the idea of Christianity to Seanguswan and told him about young men in white shirts and ties who teach Christian beliefs.

Three months later, he came across a pair of Baptist missionaries on a Bangkok street corner handing out literature.

"I couldn't believe what they were saying about  Christ. They said he was our Savior and that we needed to repent and become like him."

Seangsuwan walked right up to the missionaries to hear more.

"I think I scared him," he writes. "Can you image how you would feel if a Buddhist monk in the orange robe came up to you, knowing that what you were doing was contradictory to Thai culture?"

He took a pamphlet and returned to the monastery where he cautiously read it. He sent for a simplified Bible and began studying it despite the dismay it caused the other monks.

His reading convinced him he was not meant to remain a monk, and he left the monastery.

Some time later, he found Mormon missionaries preaching near his bus stop.

Though he was intrigued and interested in hearing more, Seangsuwan was also acutely aware that it was too public a place to be seen talking together.

"I told the missionaries that I wanted to speak with them, but we had to walk away where others weren't staring at us … As we walked the missionaries began to tell me the most wonderful story that I had ever heard," he said. "The gospel was something that made so much sense to me that I wished that my family and friends and even the people around me could hear what I was learning."

Seangsuwan pursued a relationship with the missionaries, talking quietly on the bus and later meeting them in a park near the home where he was living with a cousin.

Six months later, he was baptized, knowing full well that he would offend his family and appear to be denying his culture and the Thai way of life.

"I thought about all of those things," he said. "It was time for me to do something right."

Seangsuwan was baptized into The Church of  Christ of Latter-day Saints on April 21, 1973, in a tub on a roof built to collect rainwater.

His mother was disappointed in his choice but did not fight him. The rest of his family were appalled.

Nevertheless, he joined the tiny Thonburi Branch at 25, and at 26 he put in papers for a mission. He was called to serve in the Bangkok Thailand Mission. He was thrilled and scared. He knew a mission in his homeland would be very hard. He would be facing people who had only known him as a monk, challenging their core beliefs.

"I knew they thought I had betrayed them," he said.

Ironically, his training as a monk helped him remain peaceful despite the insults and hateful persecution heaped upon him.

He served that mission well. Because he understood the culture, he could help educate other missionaries and save them from making simple mistakes that could greatly offend the Thai people. (In the early years, a missionary went to prison for sitting on a statue of Buddha as he posed for a picture.)

He later married in the temple and raised a family that includes two sons who've served missions. He translated General Conference speeches for 20 years, served as a temple ordinance worker in the Ogden temple and then served another Thai mission with his wife. (There were 200 members when Seangsuwan joined the church. There were 15,000 when he and his wife returned.)

Living today in Utah at 62, Seangsuwan plans to return to Thailand for a family history/proselyting senior mission as soon as their papers clear.

After that, he and Nadda will probably retire in his homeland and do what they can to grow the church.

"I came here with $25 to go to school. My Heavenly Father helped me. Now the plan for me is to go back and serve him," Seangsuwan said.

"We need to repay the Lord for our many blessings," he said.

http://www.deseretnews.com

 _/\_
The Siddha Wanderer

109
Theravada / Re: Masihkah mau membedakan aliran Theravada dan Mahayana
« on: 03 November 2011, 06:31:02 AM »
Quote
Di Indonesia lebih aneh lagi, ada pihak yg berusaha dengan sengaja menggabungkan dua (atau tiga) jalan besar ini menjadi satu, akhirnya malah menjadi aneh... praktik dan banyak hal tetap berbeda, hanya namanya saja yg sama... secara esensi, sy tidak melihat kegunaan penggabungan ini.. alih2 hanya menambah blok baru saja...

Karena nggabunginnya gak dilandasin dasar yang jelas, makanya aneh... istilah Sanskerta campur Jawa campur Pali....walah2...  :o

Mmg benar seperti itu. Ajahn Brahm dalam Dhammadesananya menyarankan dan membolehkan kita untuk mencicipi berbagai rasa aliran dalam Buddhisme, termasuk Zen dll krn semuanya ajaran Buddha. Tapi bedanya: Ajahn Brahm tidak menggalakkan sinkretis-aliran.

 _/\_
The Siddha Wanderer

110
Theravada / Re: Masihkah mau membedakan aliran Theravada dan Mahayana
« on: 03 November 2011, 06:24:16 AM »
Yup..wkwkw.. maap ralat will_i_am

 _/\_
The Siddha Wanderer

111
Theravada / Re: Masihkah mau membedakan aliran Theravada dan Mahayana
« on: 03 November 2011, 06:14:15 AM »
 [at] Ronald

Mahayana dan Vajrayana tersebar di seluruh dunia, termasuk Srilanka. Pusat penyebaran Mahayana di sana pada zmana dahulu adalah Vihara Abhayagiri, salah satu suciwan Mahayanis yang berasal dari sana adalah Amoghavajra.  Di Srilanka juga banyak peninggalan rupang" Bodhisattva Mahayana.

Di Srilanka dan Asia Tenggara (kecuali Indonesia) Theravada dan Mahayana masuk tp yg berkembang Theravada. Di Tiongkok, Jepang, Korea, Vietnam dan Indonesia, para Shravakayana dan Mahayana masuk, yg berkembang Mahayana.

 [at] william
Klo manggil "xiao-cheng" sama umat Theravada gimana? "Xiao" = kecil, "Cheng= kendaraan".

 _/\_
The Siddha Wanderer

112
Thx... mod delete aja..hehe  ;D

113


Ani Choying Drolma, pendiri Nun Welfare Foundation of Nepal, lahir tahun 1971 di Nepal. Pada usia 13 tahun, beliau bergabung dengan Nagi Gompa, sebuah vihara bhikhuni di Gunung Shivapuri di lereng utara Lembah Kathmandu. Pendidikan dan pelatihan spiritual Ani Choying Drolma berada di bawah pengawasan guru meditasi yang ternama, Tulku Urgyen Rinpoche.

Ani Choying Drolma terlatih dalam meditasi, chanting, ritual, dan upacara Buddhis dan dengan cepat beliau kemudian menjadi kepala chanting di vihara.
Persentuhan dengan Tulku Urgyen Rinpoche, sosok yang penuh dengan kerendahan hati dan selalu memberi pada orang lain tanpa memikirkan diri beliau sendiri, memunculkan sebuah keinginan yang tulus dalam diri Ani Choying Drolma untuk menggunakan semaksimal mungkin setiap kapasitas yang dimilikinya demi manfaat semua makhluk.

Komitmen Ani adalah mempromosikan pertumbuhan bhikkhuni dengan menciptakan lebih banyak kesempatan bagi bhikkhuni untuk belajar dan mengembangkan kapasitas mereka dengan cara yang skillful dan berwelas asih, bukan hanya untuk kepentingan mereka tetapi agar para bhikkhuni kemudian dapat menyiapkan diri mereka dengan lebih baik untuk melayani dan bermanfaat bagi orang lain. Dan untuk itu beliau mendedikasikan seluruh hidupnya untuk mewujudkan salah satu visi gurunya tersebut.

Ani Choying Drolma yang memiliki reputasi internasional dalam hal menyanyikan lagu-lagu dan mantra Buddhist telah melakukan tur di Amerika Utara, Eropa dan Asia. Pada tahun 2000 beliau mendirikan Sekolah Arya Tara untuk bhikkhuni. Sekolah ini berjalan dengan bantuan dana yang terkumpul dari tur chanting Ani di Asia, Eropa, dan Amerika.



 _/\_
The Siddha Wanderer

114




Film yang judulnya terdiri dari empat angka, "1040" adalah sebuah film dokumenter kr****n yang diputar perdana pada Jumat, 12 Maret 2010 sebagai film pembuka di festival film 2010 City of the Angels di pusat film Hollywood, Amerika Serikat. Film ini mengulas kebangunan rohani di Asia dibintangi seorang penginjil dan musisi Jaeson Ma.

Nama Jaeson Ma, mungkin cukup asing di telinga orang Indonesia. Maklum saja karena ia adalah penginjil kelahiran AS dan aktif pelayanan di sana. Di usianya yang belum genap 30 tahun, Jaeson sudah mendirikan Campus Church Networks, memimpin gerakan penanaman gereja yang berbasis di California dan menyebar hingga ke Asia Timur. Baru-baru ini Jaeson yang aktif dalam industri hiburan juga mendirikan perusahaan multimedia Asian Digital Ventures Network (ADVN).

Selain Amerika, Jaeson juga menjelajah mengabarkan Injil ke seluruh Asia, di mana gereja telah tumbuh pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam beberapa dekade terakhir. Selama berbulan-bulan, Jaeson mengelilingi China, Korea Selatan, Hong Kong, Taiwan, Singapura dan Indonesia, untuk membuat film wawancara dengan para pemimpin gereja serta artis-artis di Asia, para seniman dan pengusaha yang mewakili kalangan kr****n maupun non-kr****n.

Hasil perjalanannya tersebut dirangkai dalam film dokumenter '1040' ini. Judul tersebut mengacu ke kawasan yang dikenal dengan sebutan "Jendela 10/40", yaitu daerah antara 10 derajat dan 40 derajat lintang utara yang membentang dari Afrika Utara ke Asia Timur. Sebagian besar negara di kawasan ini didominasi oleh Muslim, Buddha, dan berbagai suku-suku terabaikan yang belum terjangkau Injil.

Dalam lawatannya ke Asia, Jaeson Ma sempat datang ke Surabaya pada Mei 2009 dalam acara "Asia for " yang diadakan Gereja Mawar Sharon Surabaya. KKR selama tiga hari di bandara lama Juanda tersebut dilaporkan menuai 4.256 orang yang menerima Yesus, 1.252 orang dibaptis saat itu juga dan total dihadiri 52.000 orang.

"Saya benar-benar percaya bahwa gereja di timur sedang bangkit menjadi pemimpin global dalam tubuh Kristus pada saat ini untuk digunakan oleh Tuhan sebagai ujung tombak pengenapan Amanat Agung," kata Jaeson Ma. "Saya rasa bagi kami sangat penting bahwa orang-orang di barat diajar untuk melihat apa yang terjadi dengan mata mereka sendiri dan bergabung dalam pada apa yang Tuhan kerjakan dan untuk bermitra dengan saudara-saudara kita di dalam budaya timur yang benar-benar meletakkan kehidupan mereka bagi Injil."

Wawancara dalam film 1040 ini termasuk para pemimpin dan misiologi kr****n terkemuka seperti Mike Bickle, pendiri "International House of Prayer"; Loren Cunningham pendiri "Youth With a Mission"; Steve Douglas, Presiden "Campus Crusade for Christ"; dan pendoa Cindy Jacobs yang juga wakil pendiri "Generals International."

"Apa yang terjadi di Asia sekarang adalah benar-benar kegerakan terbesar Allah dalam sejarah manusia dan banyak gereja di barat tidak benar-benar sadar betapa dinamis gereja di Asia sekarang," kata Mike Bickle. "Ada sebuah kegerakan akar rumput bahwa Alkitab dengan jelas berbicara tentang hal itu akan sangat kuat pengaruhnya, dan saya pikir sebagian besar pada orang muda."

"Mereka akan bergerak dengan kekuatan seperti yang para rasul lakukan dalam kitab Kisah Para Rasul, dan mereka akan sangat mempengaruhi kebudayaan dan bahkan pemerintah di Asia yang akan menciptakan pengaruh yang menyebabkan Asia secara keseluruhan untuk menolak godaan dan ancaman Antikristus. Dan itu sedang terjadi secara besar-besaran," ujar Bickle.

Film ini juga menampilkan Vanness Wu, penyanyi asal Taiwan kelahiran Amerika Serikat. Di Indonesia Vanness pernah populer sebagai anggota kelompok vokal F4 yang juga bermain dalam serial TV Meteor Garden. Tak ketinggalan penyanyi hip-hop MC Hammer juga ikut menyampaikan pandangannya tentang kebangunan rohani di Asia. (Hartono Tj) — dari berbagai sumber

Pemain: Jaeson Ma, Jin MC, Van Ness Wu, Mike Bickle, Elim Chew, MC Hammer, Sean "Jinusean", Steven Douglas, Cindy Jacobs
Produksi: Adventures TV dan Arowana Films
Sutradara: Evan Jackson Leong
Eksekutif Produser: Carl Choi

 _/\_
The Siddha Wanderer

115
Wah yang di Jepang tuh cuma pas acara fashion aja tuh.... kalau sehari" ya gini:

1. Bhiksu Zen


2. Bhiksu Shingon


3. Bhiksu Nichiren Shu


4. Bhiksu Nichiren Shoshu


5. Bhiksu Jodo Shinshu


6. Bhiksuni di Vihara Ryugen-ji Kyoto


Simple but elegant =)

 _/\_
The Siddha Wanderer

116
Pojok Seni / Re: Adele
« on: 28 October 2011, 07:46:08 PM »
Yeah she's so great =D

Tp plg suka yg Set Fire in the Rain sama Rolling in the Deep :D

Nyanyi dan suaranya "jujur".

 _/\_
The Siddha Wanderer

117
Quote
bro gandalf, yang baik, yang dibahas oleh theard u apa dulu, Begini kita bahas dari 2 sisi empiris saja, Pertama bahas dari sisi empiris akademis, Yaitu membahas dari Struktur sejarah arsitektur klenteng itu , artifak atau benda- benda bersejarah klenteng tersebut, dan si tuan rumah dari klenteng tersebut. Sisi empiris kedua Kepercayaan. Klenteng itu kalau bahas secara struktural adalah Kepercayaan Rakyat yang dijalani dari Fungsi klenteng.

Ya saya kira seseorang harus meninjau dari sisi akademis dan keyakinan apa yang ada dalam kelenteng tersebut. Tetapi yang saya lihat dan seperti anda sendiri bilang: money talks. So sisi akademis dan keyakinannya bukankah hilang menjadi suatu tempat ibadah dengan kepercayaan yang dipaksakan dan tanpa dasar yang jelas? Makanya dari kemarin" saya menyarankan adanya studi yang jelas mengenai mana kelenteng Tao, mana yang Buddha dan mana yang bener" Konghucu (Wen Miao atau Kong Miao).

Quote
Jujur saja saya sendiri Berpandangan sama dengan kawan kawan peneliti, fungsi klenteng itu berubah dari waktu kewaktu. selain ibadah kepercayaan, jg bisa jadi pariwisata, bahkan tempat menginap,
Contoh kasus bro Gandalf Klenteng Toa se bio dan Klenteng Butong, itu kalo u berpandangan pasti pertama jawabnya Klenteng, nah Toa se bio sendiri sudah berubah fungsi, bukan saja klenteng tapi Juga menjadi Wihara Teravada dan berjalan dengan kegiatan klenteng yang berbau kepercayaan masyarakat. (karena Pengurus dan pemberi dana adalah Budhis yang berasal dari Kalangan Teravada)

Nah... bukankah ini juga aneh? Kelenteng Tao tapi dijalankan oleh Theravada? Yah tapi saya masih bisa memaklumi kalau pihak Theravada membangun vihara di sebelah kelenteng, jd tetap ada pemisahan yang jelas.

Contoh" lainnya ada di satu kelenteng Mazu di Mojokerto. Dulu mereka berhubungan baik dengan pihak Buddhis, eh karena satu dua masalah internal akhirnya beralih lebih dekat dengan pihak Tao. Sekarang anda di sana dapat menemukan kelenteng, Dao Guan dan Vihara berdekatan sekaligus....

Quote
Contoh lain : Klenteng Butong kalo dilihat sekilas agama TAO, masih menjalan pratek Tatung, masih banyak klenik klenik berbau tao, tapi ada cetiya teravada ada bhantenya dan masih ada kegiatan wiharanya, bingung kan kalo anda lihat.Jadi usahakan bicaranya Tidak secara struktural anda jadi bingung, maka saya bicara satu klenteng saja.

Yah namanya tetep kelenteng TAO, tetapi karena gak ada yang ngurus akhirnya dibina oleh pihak Theravada. Seperti satu kelenteng di Jogja, dilihat" lagi ya TAO tapi akrena ga ada yang ngurus alias terbengkalai ya akhirnya dibina Buddhayana...hahaha

Quote
Bro gandalf maka saya tanya didepak itu seperti apa?. Kalau ada pendekatan empiris akademis, seperti bangunan sejarah, benda benda sejarah budhis di depak, baru bisa usut hukum sebagai pengrusakan barang - barang bersejarah. Kalau empiris kepercayaan yah monggo saya jg bisa membahasnya, itu tergantung si pengurus klenteng

Dua-duanya. Tapi bukan benda sejarah Buddhis yang ada di kelenteng tersebut.

Quote
Oohh tapi beliau (Cheng Hoo) mengambil Trisarana Buddhis, => itu nama dan gelar beliau bro, Coba sekali -kali kalau di kota u ada perkumpulan Chinese Muslim Hunan, ajak diskusi sama mereka soal sampokong, mereka jawab Laksamana cheng ho masih menjalankan sholat 5 waktu, masih menjalankan sila sila dari Islam dan naik haji ke mekkah, Laksamana Cheng ho itu ibarat Gus dur.

Yaaaa.. dari awal kan saya bilang klo Cheng Hoo memang Muslim, hanya saja beliau juga meyakini Buddhisme, bukan sekedar nama saja. Baca saja kisah Cheng Hoo menyumbang dana Sutra Marichi atas dasar keyakinannya sendiri.

Quote
Tidak masalah bro, kepercayaan orang tidak boleh diganggu gugat dengan alasan apapun. Perlu U ketahui San Jiao itu Punya jasa besar terhadap Agama Buddha di Indonesia.
Tanpa Jasa San jiao agama Buddha sekarang ini tidak mungkin ada.

Saya tidak menyangkal jasa-jasa mereka. Organisasi saya hubungannya sangat baik dengan banyak TITD, sering adain kegiatan bersama... majalah yang saya bina sekarang dulu juga pernah memuat satu artikel tentang "Jangan Lupakan Kelenteng" karena kelenteng memang berjasa BESAR. Bahkan salah satu temen baik saya adalah cucu pendiri organisasi TITD di Indonesia, ya anda tahu sendiri lah siapa... haha...

Yang saya pertanyakan adalah kecarutmarutan yang terjadi sekarang ini serta ajang saling rebutan yang terjadi tanpa didasari landasan akademis yang jujur dan jelas.

Quote
Seperti banyak dari Kawan - kawan Budhis  banyak berpikiran negatif tetang  orang San jiao. Padahal Mereka (orang san Jiao) Justru orang yang pertama yang membiayai para bikhu Teravada, dan Mahayana datang ke Indonesia, itu semua jasa orang -orang kepercayaan San Jiao, Semua Bhiksu aliran mana pun bisa hadir di Indonesia dan bisa memiliki wihara seperti sekarang , awalnya mereka yang keluar kocek duitnya untuk pelestarian Buddha dharma di Indonesia.

Ya benar. Tapi jika anda melakukan kajian akademis, banyak misionaris bhiksu" Mahayana yang membangun kelenteng Buddha dan membina Buddhisme di bumi Indonesia sebelum Bhante Ashin Jinarakkhita mempelopori bangkitanya agama Buddha. Jadi pelestarian kelenteng saya kira juga didukung oleh pihak Buddhis dan terjaid beberapa kali:

1. Misionaris bhiksu" Mahayana yang turut membangun kelenteng dan menyebarkan Dharma di sana pada tahun 80-an
2. Ketika budaya Chinese dilarang, bukankah semua kelenteng berlindung di bawah naungan agama Buddha.

Itu dua jasa Buddhisme pada kelenteng / San Jiao.

 _/\_
The Siddha Wanderer

118
Quote
Konsep Apa Bro Gandalf, Ajaran, begini loh, Masuk akal Pengurus Klenteng itu punya keluarga, mereka butuh mata pencaharian, bila ada yang mampu menghidupi mereka, Wajar mereka ikut yang bisa membiayai mereka, pada dasarnya Anda belum pernah mendengar secara langsung pengurus Klenteng itu mengeluh "ekonomi Keluarganya" , ada yang terpaksa mencari mata pencaharian lain.

Kalau dipandang secara umum, memang wajar" saja, tetapi kalau dipandang dari Buddha Dharma yang sejati, hal itu kurang tepat. Bila memang mereka mempraktikkan agama dengan benar, tentu tidak begitu saja putus asa akan ekonomi keluarganya, apalagi dengan cara memanfaatkan kelenteng / tempat ibadah....

Seharusnya kalau mereka benar" perhatian pada keluarga mereka, mereka juga sebenarnya akan emmperhatikan kondisi agama bangsa dan negara..... sifat keseharian seseorang mencerminkan perilakunya dalam lingkup yang lebih luas, Jelas para pengurus kelenteng itu masih EGO dan kurang perhatian pada orang lain, sehingga ekonominya lemah dan rela kelentengnya dimanfaatkan jadi alat politik. Bila mereka tidak care pada kondisi beragama yang ada, maka diragukan lagi apa mereka bener" care sama keluarganya dan umat" kelenteng?

Quote
kasus klenteng daerah mana Bro Boleh tau?. Setau saya permasalahan seperti ini diselesaikan secara hukum
Pihak Buddhis dengan sukarela mengundurkan diri dan tetap sabar tanpa menuntut secara Hukum, ngapain cari geger? hahah....

Quote
Soal Klenteng Gedong batu itu sekarang jadi daerah pariwisata, Unsur Tao dan Konficius bagaimana?. Lah wong masih ada bangunan kuburan muslim, masih ada arstektur jawa, Laksamana Cheng ho Pure Muslim, Dia hanya mempelajari Tao ism, Buddha, dan Konficius, sebagai landasan kekerabatan, Beliau Itu tidak hanya menghargai budhism, tapi tao dan konficius. Gedong batu itu bukan tempat persinghan Laksamana cheng ho, Yang benar Tuban, Klenteng disana hanya memperingatinya kedatangannya.

Oohh tapi beliau (Cheng Hoo) mengambil Trisarana Buddhis, gak seperti sikapnya pada Tao dan Konfusian yang saya kira cuman bahan pembelajaran dari kalangan kerajaan baginya. Saya lihat gak ada tuh altar Buddha di sana, yang ada altar Fude Zhenshen dan Nabi Khonghucu.

Quote
Setuju kalau dipandang pada era 1900, Karena Wihara Belom ada, semua belum ada, apalagi jaman Penjajahan, bagi g gak masalah kalau dilihat segi keadaan peristiwa pada saat itu.

Ok. Kalau sekarang menurut anda bagaimana? Apakah harus berafiliasi thd satu agama apa tetap boleh meyakini San Jiao?

 _/\_
The Siddha Wanderer

119
Kwee Tek Hoay (Sam Kauw Gwat Po Edisi Agustus 1936) :

Apatah betoel Sam Kauw Hwe satoe pakoempoelan "Gado gado"?

• "Bahoea sabagian besar dari orang jang masih pegang tetep Agama Tionghoa dalam praktijk ada memelok Sam Kauw, kerna ini Tiga Agama sadari banjak abad yang laloe soedah tergaboeng mendjadi satoe dalem batin dan panghidoepn orang Tionghoa.

•   Kita sendiri anggep tidak djelek kalo satoe Hoed Kauw Hwe meloeloe perhatiken agama Buddha dan satoe Khong Kauw Hwe tida bitjaraken laen dari agama Khong Tjoe... begitu juga satoe To Kauw Hwe perhatiken agama Too saja....

•   Tapi ia orang tida haroes mentjelah pada Sam Kauw Hwe tjoemah lantaran ini perkoempoelan soedah perhatiken sari dari Tiga Agama jang soedah tergabung dalem batin dan panghidoepan Tionghoa.

•   Sam Kauw Hwe ada pandang seperti soedara dan ingin bekerdja sama sama dengan sasoeatoe pakoempoelan atawa pergerakan jang perhatikan sadja sotoe satoe dari itu Tiga Agama sendirian.

•   Djoega kita tidak ingin bermoesoehan pada laen laen agama jang bukan Sam Kauw kaloe di laen fihak tida ada disiarken apa apa jang bersifat menjerang atawa merendahkan pada Khong Kauw, Hoed Kauw dan Too Kauw, Dunia ada tjoekoep lebar aken masing masing agama bekerdja dalem kalangannja sendiri"

Kwee Tek Hoay (Sam Kauw Gwat Po Edisi Feb 1939) :

•   “Itoe Sam Kauw akan mendjadi satoe philosofie agama jang paling lengkep dan memberi faedah besar bagi manoesia, teroetama bagi bangsa Tionghoea jang leloehoernja soedah kenal itoe tiga peladjaran sadari riboen taon laloe”

Maha Pandita Sasanaputera Satyadharma (Mei 1977) :

•   Pertemuan dari ketiga ajaran kebenaran ini telah menelorkan suatu pandangan hidup dan memupuk alam pikiran manusia Tridharma yang toleran, penuh bakti, sederhana, dan praktis dalam cara berpikir. Adakah hal hal atau sikap semacam itu bertentangan dengan Buddhisme / Taoisme / Konfusianisme?

===================================================================================

Itu pandangan tokoh Tridharma Kwee Tek Hoay, apakah teman" setuju?

 _/\_
The Siddha Wanderer

120
Quote
Hmm.. setau saya di Tay Kak Sie masing2 (Khonghucu/Buddhis/Tao) punya jadwal kegiatannya masing2.
Oia, maksudnya mananya yang menonjol itu terlihat dari mananya yah? Kalau aku sih taunya klenteng itu tempat yang lebih banyak dewa2 nya dan lebih ke Khonghucu dan Tao, kalau vihara hanya untuk berdoa kepada Buddha saja. Memang sebenernya apa perbedaan klenteng dengan vihara? 

Sis dari Semarang? hahah

Khonghucu pada dasarnya tidak memuja dewa", dewa' di kelenteng kebanyakan Tao. Bahkan banyak kelenteng yang didominasi dewa Tao, tapi diaku-akui sebagai kelenteng Khonghucu. Nah lho?

Vihara adalah tempat ibadah agama Buddha. Kelenteng sekarang lebih ke arah tempat ibadah bagi 3 agama sekaligus, karena altarnya campur aduk. Beberapa kelenteng besar asalnya adalah Vihara gaya Tiongkok, namun ketambahan unsur Tao dan Khonghucu krn masyarakat Chinese dulu juga sinkretis... wew.. padahal setahu saya sinkretisme dilarang dalam hukum negara Indonesia ini? CMIIW

Contoh keanehan lagi adalah.... Laksamana Cheng Hoo selain sebagai seorang Muslim, beliau adalah penyokong agama Buddha yang cukup terkenal dan bahkan juga memiliki keyakinan terhadap Buddha Dharma. Tapi coba lihat kelentengnya di Gedong Batu, malah kuat unsur Tao dan Khonghucunya? Unsur Buddhisnya hampir nihil. Padahal Cheng Hoo jauh lebih banyak berhubungan dengan keyakinan Buddhisme dan sangat minim dengan keagamaan Khonghucu. Salah satunya juga karena Cheng Hoo mengabdi pada Raja Buddhis Zhu Yuanzhang dan Raja Buddhis Yongle.

 _/\_
The Siddha Wanderer

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 [8] 9 10 11 12 13 14 15 ... 95
anything