//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Topics - Edward

Pages: 1 2 [3]
31
Pengalaman Pribadi / Pengalaman paling memuakkan!!
« on: 02 June 2008, 02:35:31 AM »
NB :Ini adalah pengalaman pribadi saya.Tidak ada sangkut paut dengan suatu badan atau pun label organisasi Buddhis tertentu.Topik ini saya buka karena saya terlalu kesal dengan kenyataan yang ada. Harap bagi yang membacanya dapat berpikir lebih jernih dari pada saya.

Kebetulan akhir-akhir ini saya sedang dekat dengan seorang bhiksu.Bhiksu ini cukup memiliki jabatan dalam oragnisasi Sangha.Karena ia memank bagian dari sebuah organisasi sangha, 1 point yang saya dapat, beliau memank seorang bhiksu, bukan bhiksu gadungan yang tidak jelas asal pakai jubah.Semakin lama, saya semakin sering berhubungan dengan bhiksu tersebut dan semakin mengenal beberapa bhiksu, dan awal ini lah yang mengubah cara pandang saya sepenuhnya terhadap AGAMA & ANGGOTA SANGHA.

Kebetulan beberapa waktu lalu sedang diadakan acara puja bhakti waisak yang cukup besar.Karena saya dekat dengan bhiksu yang berpangkat tersebut, saya diundang atau lebih tepatnya diajak untuk menemani dan mengantar bhiksu dan beberapa bhiksu lainnya.Saya tidak masalah untuk itu, lagi pula saya memang melakukan hal tersebut dengan keinginan saya sendiri, tetapi kejadian tersebut membukakan mata saya sepenuhnya.

Selama perjalanan, ada hampir semua bhiksu yang ada berperilaku dan bersikap bukan sebagai anggot sangha, tetapi lebih seperti pria2 botak yang menggunakan baju kuning yang berakting sebagai orang suci!!! Selama di perjalanan, inilah PELAJARAN yang saya dapat :
1. Seorang anggota Sangha menggosipkan anggota sangha lain sebagai homo, banci, mata duitan, dll
2. Seorang anggota Sangha memaki2 dengan kata-kata binatang pada saat marah.
3. Seorang anggota Sangha dengan kesadaran menyuruh saya untuk berbohong.
4. Seorang anggota Sangha mengomentari penari2 cantik, dan menanyakan saya " menurut kamu yang mana yang cantik? Eh, carikan no hp dia donk".
5. Seorang anggota Sangha menyombongkan urutan generasi mereka.
6. Seorang anggota Sangha menanyakan tanggal lahir saya dll, dan mencoba meramal saya.
7. Seorang anggota Sangha menerima uang secara langsung dan mengatakan uang tersebut akan diberikan untuk vihara, PADAHAL ANGGOTA SANGHA TERSEBUT TIDAK MEMILIKI/ TINGGAL DI VIHARA ATAU CETYA!!
8. Seorang anggota Sangha mengomentari makanan yang disajikan tidak enak dan terlalu sedikit.
9. Seorang anggota Sangha menelepon saya dengan pura2 merubah suara dgn nomor yang tidak dikenal dan menanyakan sama saya "kamu suka laki2 atau perempuan?Kamu masa tidak ingat sama saya?Teganya kamu melupakan saya?Kamu kalau sama laki2 d ranjang sebagai perempuan atau pria?Kamu masa tidak suka laki2, kalau bohong dosa lho, bisa masuk neraka"

Setelah berkelakar dengan seenak lidah mereka, pada saat bertemu umat mereka bersikap sangat hormat dan menerima pujaan dari umat2.Dipuja dan di berikan tempat VIP, berbicara mengenai renungan Waisak, dan berbicara mengenai Dhamma!!

Pengalaman ini sungguh menjijikkan dan merubah pandangan saya sepenuhnya.Saya masih menghormati Buddha, Dhamma dan Sangha. Tetapi berhati-hatilah dengan beberapa anggota Sangha yang cukup terkenal, meyakinkan, tetapi asli-nya hanyalah seorang penipu rendah!

Kejadian ini semakin menguatkan saya untuk tidak melabeli diri saya dengan AGAMA , apalagi dengan melabeli diri aliran2 tertentu.

32
Jurnal Pribadi / Edward
« on: 24 May 2008, 05:15:16 PM »
Wah, akhirnya memberanikan diri untuk membuat post jurnal sendiri nih... 8)

Sedikit perkenalan, saya TIDAK rajin meditasi, itu pun kalau meditasi hanya 30 menit, paling lama juga 1 jam..

Terus koq berani2nya bikin thread jurnal meditasi sendiri?? Soalnya saya justru mau belajar agar lebih rajin meditasi...Makanya bikin thread sendiri, soalnya kalo sudah lama kaga ada perkembangan, siapa tau ada dorongan untuk rajin meditasi lagi... Lagipula justru room ini saya mau share tentang meditasi yang saya lakukan, agar medapat respon dari teman2 d forum, agar ada yang bantu membimbing mengenai meditasi saya... ^:)^

33
Studi Sutta/Sutra / Ksitigarbha Bodhisattva Purva Pranidhana Sutra
« on: 13 April 2008, 01:16:03 AM »
sesuai dgn judul, ada yg tau ga isi sutra ini??

34
Mahayana / makna om mani padme hum??
« on: 04 April 2008, 11:16:14 PM »
Teman2 ada yg isa bantu jelasin makna om mani padme hum??
Di wikipidia sih ada, cma menerut gw terlalu ngebingungin krn definisinya itu dari berbagai tradisi...
Ow iya, klo isa skalian referensi sutra yah...
Biar isa lebh jelas... ;D

35
Mahayana / Catur Mahadewa
« on: 31 March 2008, 01:13:44 AM »
Gw baru nyadar, di beberapa tmpt ibadah tradisi Mahayana, bnyk terdapat rupang2 dewa catut maharaja...
Biasanya posisinya di depan rupang avalokitesvara, klo gw liat sih bentuknya mirip2 kyk pengawal gtu...
Siapa yah itu???

36
Pengembangan DhammaCitta / Member forum DC udh lebh dari 500!!!
« on: 29 March 2008, 05:25:30 PM »
Selamat kepada semua pengurus n momod DC yang tetep mempertahankan kualitas DC!!!!

Ternyata member DC ydh lebih dri 500!!!! ^:)^ <:-P <:-P :o) <:-P :o) <:-P :o)

Bravo!! :jempol:

37
Diskusi Umum / Perpecahan SAngha???
« on: 28 March 2008, 09:41:58 PM »
Gw sedikit tertarik dgn topik ini nih.....
Memecah-belah Sangha dikatakan termasuk perbuatan karma berat....

Di Myanmar sendiri katanya terjadi perpecahan antara anggota Sangha yg ikut demo n yg tidak...
Klo kyk gtu kondisinya jadi gmn???

Trus, klo di Indo sendiri, ada perpecahan di antara anggota Sangha ga yah?

38
Mahayana / Nanya, tolong penjelasannya (Ttg DaBeiZhou)
« on: 17 March 2008, 01:56:06 AM »
Sbnrnya gw rada bingung mo taro di bagian mana, tpi karena berhubungan dengan Ta Pei Cou gw masukin k sini aj deh.....

Beberapa orang memank memiliki karma tersendiri yang membuat orang tersebut bisa melihat aura dan makhluk2 laennya...
Nah, kebetulan gw hari ini baru ketemu orang yg kyk gitu....
Dy bilang, dy sangat percaya dengan kesaktian dari mantra Ta Pei Cou...
Soalnya dy emank udh lama bgt liam keng menggunakan itu, dan semakin lama "kepekaan" dy semakin tajam..
Bahkan dy pernah pas lagi baca Ta Pei Cou merasakan deskripsi yang merupai Jhana(sinar terang,perasaan mulia, senang, dan seperti out of dimension gtu) dengan munculnya gambaran Avalokistesvara..

Sejak itu, dy bilang, kehebatan dari sutra itu, pada saat membacanya sepenuh hati, dari mulutnya bagaikan keluar titik2 sinar yang akan menyeber mengelilingi dy...Asal sinar itu sebernya bukan dari diri dy sendiri, dy bilang kyk ada sinar yang menerangi dy dari langit( kyk di film2 gtu) trus masuk ke dy, and keluar dari dy...
Bahkan jika dy sedang ingin mengunakan medium air untuk diminum, pada saat pembacaan Ta Pei Cou di hadapan air tersebut, air tersebut bagaikan terisi titik2 sinar yang berasal dari pembacaan sutra tersebut...

Bisa tolong bantu dijelaskan dari berbagai aspek?

39
Buddhisme untuk Pemula / athasila
« on: 11 October 2007, 07:04:10 AM »
Tmn2 ada yg bantu jelasin athasila ga???
Katanya kyk puasa gtu yah?
Emank tujuannya apa?

Mohon penjelasanya... ^:)^ _/\_

40
Vegetarian / Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« on: 04 October 2007, 01:27:59 PM »
Tmn2, mo berbgai sedikit nih...
Awal mula pengen mencoba untuk bervegetarian ialah karena tertarik untuk melatih hawa napsu diri sendiri.
Selain itu pada saat membaca link di internet ttng pembabaran maha karuna dharani.D situ dibahas seikit ttgn bervege.

Nah,selama minggu pertama dan kedua cukup berat jg, karena terbiasa dengan makanan daging yg selalu disediakan d rmh..Makan pun terkadang jd kaga napsu.Cma makan tempe goreng ato tahu atau telur..
Apalgi bnyk acara undangan makan yg notabene smuanya mengandung daging, tapi karen udh bertekad hati untuk menyelesaikan selama 1 bulan, akhirny isa bertahan juga sampai skrng di minggu ke3...

Minggu pertama dan kedua cukup sukses menahan godaan makanan enak yg disediakan..
Memasukin minggu k tiga, mulai jadi bosan bgt dengan variasi makanan non daging yg itu2 aj...Sempet juga mo lepas,tapi inget lagi dengan kaul d awal mulai...Temen2 yg non buddhis sempet bertanya2,koq gw yg biasa rakus makanny ini isa tahan dengan makanan yg itu2 doank...sampe ad jg tmn yg bilang klo badan gw jadi tmbh kurus bgt,pdhl udh di cek d timbangan cma turun 2 kilo doank...

Skrng sih, lagi menjalani minggu ketiga,tetapi akirny gw sendiri memiliki pemikiran sebagai berikut:
  • Dengan bervege, gw jadi merubah dasar dari keinginan makan itu sendiri.Biasanya, gw makan bukan karena lapar, tapi karna napsu hal lain yg merupakan pelampiasan emosi.Contohnya, klo stres,pasti bwaannya mo makan mulu.Liat makanan enak,walaupun msh kenyang pasti makan juga..
  • Dengan bervege, tidak akan membuat kita menjadi suci, tetapi dengan bervege membuat gw lebih menghargai makhluk hidup.Makan secukupny, tak perlu berlebihan...
  • Dengan bervege, bagaikan pelatihan akan kesadaran diri sendiri.Gw menjadi lebih aware n mindfull.
  • Gw jg jadi tidak terlalu pilih2 makanan untuk selalu makan yg enak..

Sampai skrng, gw msh dalam minggu ketiga mencoba makan vege, ga tau setelah lewat masa 1 bulan ini akan melanjutkan ato kaga...

Bagaimana menurut teman2?

41
Studi Sutta/Sutra / prajna paramitta hdrya sutra
« on: 26 September 2007, 10:50:34 PM »
Kaka da yg isa bantu jelasin tentang ini ga?
Kebetulan dapt ilham dari mimpi nih...

42
Lingkungan / Info penting!
« on: 23 September 2007, 11:52:56 PM »
Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh PBB, ternyata 20% dari polusi udara di dunia yg dapat mengakibatkan pemanasan global berasal dari produk pertanian, termasuk perkebunan, peternakan dan perikanan.
Bahkan mengalahkan polusi udara yg diakibatkan oleh transportasi yg hanya sebesar 15%.Ternanyata, dalam proses pengembang biakkan produk peternakan, hewan2 tersebut mengahasilkan gas metan yg sangat berbahasa bagi ozon kita juga kadarnya sudah terlalu bnyk.

Negara2 maju rata2 mengkonsumsi sekitar 200gr daging perhari/kapita, negara berkembang sktr 25gr/kapita dan negara miskin 5 gr/kapita.Tetapi, sebenarnya manusia sebaiknya hanya mengkonsumsi dagin sekitar 25gr daging perharinya...Karena jika terlalu bnyk akan menyebabkan penyakit, dan jika terlalu sedikit jg tdk baik.

So.. tmn2, sebaiknya sedikit megurangi konsumsi daging, untuk kesehatan dan slh satu cara dalam menjaga bumi kita tercinta ini...


43
Vegetarian / Are you a vegetarian??
« on: 22 September 2007, 10:45:17 AM »
Ayo teman2 ikut polling untuk mengetahui apakah tmn2 seorang vegetarian.Polling ini ga bermaksud mendiskreditkan bagi yg vege ato tidak, pilihan ada di tangan masing2.... :D

Tapi silahkan ditambah commentnya yah, biar lebih seru... _/\_

44
Perkenalan / Salam Kenal all....
« on: 20 September 2007, 08:49:52 PM »
Alow...

Salam kenal untuk semuanya...

Nama gw Edward.Tinggal di daerah Jakarta barat.
Gw sendiri terasa tertolong banget dengan adanya forum sperti ini di internet.soalnya gw tuh termasuk org yg mls bgt ke vihara untuk dpt pengetahuan tentang dhamma...Karna itu, mohon bantuannya dari teman2 sekalian agar isa membantu gw dalam mengaratasi rasa kehausan gw tentang dhamma...

Thx all....

45
Theravada / Langkah2 awal untuk meditasi bagi pemula
« on: 19 September 2007, 09:10:48 PM »
Ada yg isa kasih masukan bwt gw ga???Lgi pengen belajar meditasi nih, kira2 untuk pemula seperti gw langkah2 awal meditasi gmn yah???

Pages: 1 2 [3]
anything