//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?  (Read 32776 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
[ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« on: 28 August 2008, 10:52:33 PM »
Sesuai judul .... benarkah air kelapa ijo berkhasiat apa hanya mitos?
berkhasiat disini salah satunya, utk wanita yg hamil, konon katanya bila diminum secara rutin
kelak bila melahirkan akan lebih mudah, dan sibayi mempunyai kulit yg putih dan halus

terlepas dr khasiat ato tidak, aye memang mao membawakan air kelapa ijo setiap minggu kepada
sodara aye yg sedang hamil muda  :) dan jg atas permintaan dia, moga2 keinginan dia terkabul ....
mudah melahirkan dgn selamat, sang bayi putih, halus.

ko ... Hedi dan yg laiinya
gimana penjelasan mengenai hal tersebut, mohon pencerahannya

Thanks .....  _/\_
« Last Edit: 30 August 2008, 06:59:44 AM by FoxRockman »
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline antidote

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 249
  • Reputasi: 25
  • Gender: Male
Re: Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #1 on: 29 August 2008, 07:13:25 AM »
copy paste dari http://kelapahijau.wordpress.com/2007/12/24/khasiat-air-kelapa/

Salah satu produk kelapa yang sering dijadikan limbah adalah air kelapa. Sebenarnya air kelapa merupakan air alamiah yang steril dan mengandung kadar kalium, chlor dan kalori yang tinggi. Dalam industri makanan, air kelapa dijadikan bahan baku untuk pembuatan kecap dan nata de coco.
Sementara dalam keadaan segar, air kelapa muda merupakan minuman yang menyegarkan sebagai es kelapa atau es campur.
Air kelapa telah lama dikenal sebagai sumber zat tumbuh, yaitu sitokinin. Selain itu, air kelapa mengandung protein, lemak, mineral, karbohidrat, dan berbagai vitamin (C dan B kompleks) yang amat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Beberapa ramuan dari air kelapa dapat digunakan baik untuk kesehatan maupun kecantikan:

- Air kelapa berkhasiat sebagai diuretik, yaitu untuk memperlancar pengeluaran air seni. Air kelapa muda dicampur dengan sedikit sari jeruk sitrun bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi, juga untuk memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil.

- Jika air kelapa muda yang dicampur dengan susu amat baik untuk makanan anak. Campuran air kelapa muda tersebut mempunyai khasiat untuk mencegah penggumpalan susu dalam perut, muntah, sembelit, dan sakit pencernaan.

- Air kelapa juga mempunyai bermacam-macam khasiat sebagai obat. Di antaranya, minum air kelapa muda juga dapat membantu mengatasi pengaruh racun obat sulfa dan antibiotika lain, sehingga menjadikan obat-obat itu lebih cepat diserap darah.

- Mencuci muka dengan air kelapa secara kontinu tiap hari dapat menyembuhkan atau melenyapkan jerawat, noda-noda hitam, kerutan pada wajah yang datang lebih dini, kulit mengering, dan wajah menjadi tampak berseri.

- Campurlah air kelapa dengan sedikit madu. Ramuan ini merupakan tonikum yang murah tetapi berkhasiat. Ramuan ini merangsang pusat-pusat seksual tubuh dan meniadakan akibat buruk gairah seksual berlebih.

- Jerawat membandel dapat diobati dengan campuran 25 gram pasta kunyit dengan segelas air kelapa, lalu dibiarkan selama semalam suntuk, kemudian tambahkan 3 sendok teh bubuk cendana merah. Aduk-aduklah semua bahan tersebut sampai rata, kemudian disimpan lagi tanpa terganggu selama 3 hari. Saringlah ramuan tadi dengan tiga lapis kain kasa. Simpan sari tadi dalam botol, dan oleskan pada muka dua kali sehari hingga jerawat lenyap.

- Air kelapa juga berkhasiat sebagai obat luka, telapak kaki pecah-pecah, dan eksim. Membuat ramuannya relatif mudah. Rendamlah segenggam beras dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian, kemudian beras digiling menjadi bubuk halus. Tepung beras tersebut digunakan dengan dioleskan setiap hari selama 3-4 hari pada bagian tubuh yang sakit.

- Jika air kelapa muda dicampur dengan sejumput bubuk kunyit dan air kapur sirih dalam ukuran sama merupakan obat luka bakar dan meniadakan rasa panas pada telapak kaki dan tangan. (Nadira)***
NOW

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #2 on: 29 August 2008, 07:51:47 AM »
Thanks 4 antidote yang telah post mengenai manfaat air kelapa (jadi saya gak perlu capek2 :P)

Menurut saya hanya mitos, saya belum menemukan adanya jurnal kesehatan yang menyatakan demikian (sori hanya bisa dari jurnal kesehatan).

Tapi saya tidak menyatakan bahwa mitos itu salah, mungkin ibu2 di forum ini yang sudah ber-ehipassiko bisa turut memberikan pendapat. Atau papa Bond / bro Hengki yang mendalami pengobatan Timur mungkin bisa turut memberikan pandangan.

Terlepas dari itu semua, air kelapa banyak mengandung garam. Salah satunya kalium, jadi ibu yang mengalami tekanan darah rendah, harus memperhatikan ini juga. Selain air kelapa, biasanya wanita yang tengah hamil sering mengalami konstipasi / sembelit / susah buang air besar, jadi ada baiknya banyak mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan serat.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Anestan

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.830
  • Reputasi: 106
  • Gender: Male
Re: Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #3 on: 29 August 2008, 07:54:32 AM »
kalau mengenai jerawat bener d......soalnya temen ada yang coba pake, dari mukanya yang jerawatan parah. bisa licin.....bener lo.....
dia cuma cuci muka aja dengan air kelapa...hampir tiap hari....hahhah

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #4 on: 31 August 2008, 04:55:14 AM »
Thanks ... ko Hedi n antidote   _/\_

ada yg lain mao menambahkan ?

bole dicoba yg berjerawatan pake air kelapa
kalo gw sick gak mao, sayang ... mending air kelapanya buat minum  :P
Thanks ... Anestan


  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #5 on: 03 September 2008, 09:33:04 AM »
Kalo secara Buddhis sih tradisinya berdana bunga, ntar di kehidupan mendatang kulit bisa kayak bunga, bercahaya sebagai akibat perbuatan baik.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline Anestan

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.830
  • Reputasi: 106
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #6 on: 03 September 2008, 12:20:09 PM »
Kalo secara Buddhis sih tradisinya berdana bunga, ntar di kehidupan mendatang kulit bisa kayak bunga, bercahaya sebagai akibat perbuatan baik.
bagaimana dengan berdana minyak and pelita?

Offline Anestan

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.830
  • Reputasi: 106
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #7 on: 03 September 2008, 12:20:58 PM »
bole dicoba yg berjerawatan pake air kelapa
kalo gw sick gak mao, sayang ... mending air kelapanya buat minum  :P
Thanks ... Anestan
ya jangan semuanya.....sedikit aja.....asal basah aja........
minum dulu .....hahhaa........trus campur kelapanya...pake fanta d.....hehehe.....

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #8 on: 03 September 2008, 12:54:13 PM »
Kalo secara Buddhis sih tradisinya berdana bunga, ntar di kehidupan mendatang kulit bisa kayak bunga, bercahaya sebagai akibat perbuatan baik.
bagaimana dengan berdana minyak and pelita?


yah kalo direnungkan bagaimana bahagianya saat berdana (jgn merenungin dana/objeknya loh, itu jadi melekat), seharusnya akan membuat anda masuk surga.

itu kenapa mahluk surgawi rata2 bercahaya........  ;D

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #9 on: 03 September 2008, 01:05:22 PM »
Terlepas dari itu semua, air kelapa banyak mengandung garam. Salah satunya kalium, jadi ibu yang mengalami tekanan darah rendah, harus memperhatikan ini juga.

Bro, bukankah ibu hamil justru dianjurkan untuk mengurangi konsumsi garam?
karena setahu saya, kebanyakan garam biasanya berdampak pada kaki dan tangan yang bengkak

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #10 on: 04 September 2008, 06:38:51 PM »
Terlepas dari itu semua, air kelapa banyak mengandung garam. Salah satunya kalium, jadi ibu yang mengalami tekanan darah rendah, harus memperhatikan ini juga.

Bro, bukankah ibu hamil justru dianjurkan untuk mengurangi konsumsi garam?
karena setahu saya, kebanyakan garam biasanya berdampak pada kaki dan tangan yang bengkak
Dampak pada kaki dan tangan yang bengkak itu biasa terjadi jika ada kelainan. Biasa kelainan pada ginjal.
Makanya terjadi akumulasi cairan. Di samping itu juga perlu dilakukan olahraga berupa senam hamil untuk mengeluarkan cairan salah satunya lewat pori2.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #11 on: 04 September 2008, 10:14:00 PM »
ada ilmu baru nih ... ternyata utk membedakan kelapa ijo dengan kelapa biasa
adalah ...jika kita membeli kelapa ijo, pastikan belum dikupas yaitu masih berbentuk buah kelapa utuh
naahh ... kalo kelapa ijo itu dikupas bagian atas (kutub utara) ato bagian bawah (kutub selatan)
selabutnya berwarna agak merah .... itu benar kelapa ijo ... kalo kelapa biasa selabut warna putih

semoga bermanfaat ......  _/\_


  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #12 on: 04 September 2008, 10:21:22 PM »
maksudnya kelapa muda dengan kelapa yang lebih tua ?
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #13 on: 04 September 2008, 10:43:32 PM »
maksudnya kelapa muda dengan kelapa yang lebih tua ?

bukan ......
beda kelapa ijo dengan kelapa biasa,.... sepintas gak ada bedanya
aye jg di ajarin tukang buah, waktu mao beli kelapa ijo, katanya jgn sampe di boongin
denger2 ... air kelapa ijo lbh berkhasiat dr kelapa biasa

tapi gak tau degh ... bener apa gak??  :))
pesen sodara aye yg lagi hamil muda jg gitu ... mao kelapa ijo ... engga yg lain (kyk iklan) ;D
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Anestan

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.830
  • Reputasi: 106
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #14 on: 05 September 2008, 03:04:03 PM »
maksudnya kelapa muda dengan kelapa yang lebih tua ?

bukan ......
beda kelapa ijo dengan kelapa biasa,.... sepintas gak ada bedanya
aye jg di ajarin tukang buah, waktu mao beli kelapa ijo, katanya jgn sampe di boongin
denger2 ... air kelapa ijo lbh berkhasiat dr kelapa biasa

tapi gak tau degh ... bener apa gak??  :))
pesen sodara aye yg lagi hamil muda jg gitu ... mao kelapa ijo ... engga yg lain (kyk iklan) ;D
kalau kelapa kopyor itu gimana ya cara bedainnya?

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.407
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #15 on: 05 September 2008, 03:14:43 PM »
waktu bayar lebih mahal :))
There is no place like 127.0.0.1

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #16 on: 05 September 2008, 10:53:01 PM »
waktu bayar lebih mahal :))
Hahahaha ... suhu benar
Kelapa ijo 1 buah dijual Rp5 ribu, kelapa biasa Rp4ribu ... week aye kyk tukang kelapa  :hammer:

naah .... Kelapa Kopyor lain lagi ..... katanya dalam 1 pohon kelapa hanya ada 1 ato 2 buah kelapa kopyor
bisa menjadi kelapa kopyor. denger2 ..... bila kelapa tersebut disinarin Rembulan dalam keadaan tidak terhalang oleh buah yg lain.

aacchhh ... aye kok jadi kyk takhyul  :hammer:
yaah itung2 selingan aja ..... kalo denger seperti itu khan  gak kaget lagi  ;D
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.407
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #17 on: 06 September 2008, 12:04:53 AM »
katanya sih kalo kopyor itu adalah hasil yg gagal. ada disuatu tempat *lupa* kopyor itu dibuang, kgk mau dimakan karena produk gagal dari pohon kelapa.

ada denger juga katanya kalau kandungan tanahnya tinggi kalsium bisa jadi kopyor. nga tahu deh bener apa nga.
There is no place like 127.0.0.1

Offline HokBen

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.525
  • Reputasi: 100
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #18 on: 06 September 2008, 12:18:53 AM »
copas dari wikipedia

Kelapa kopyor
Dari Wikipedia bahasa Indonesia

Pada mulanya kelapa kopyor adalah kelapa yang dihasilkan karena perubahan atau mutasi genetis pada saat pembuahan, atau bahkan mungkin pada saat pembungaan. Buah kelapa kopyor mempunyai ciri-ciri antara lain: daging buah yang empuk atau terlepas dari tempurungnya, jumlah air kelapa sedikit, aroma yang khas yang berbeda dari daging kelapa biasa. Buah kelapa kopyor yang masih utuh dapat dikenali yaitu dengan digoyang-goyang ke kiri dan ke kanan, akan terdengar bunyi seolah buah kelapa tersebut bukan terisi air, tetapi terisi pasir.

Buah kopyor sangat disukai karena rasanya yang menyegarkan bila disajikan sebagai minuman. Kegunaan lainnya ada sebagai bahan kue, baik kue kering maupun kue basah. Nilai ekonomisnya juga sangat tinggi. Jika dibandingkan dengan kelapa biasa, harga kelapa kopyor dapat mencapai 4 sampai 5 kalinya. Dengan kemajuan ilmu biologi, sekarang dapat diciptakan pohon kelapa yang mampu menghasilkan 70-90 % buah kelapa kopyor.

Cerita rakyat

Di beberapa daerah di Jawa, masyarakat tidak memakan daging buah kelapa kopyor karena buah tersebut dianggap sisa makanan bulan. Menurut kepercayaan masyarakat tradisional, ketika terjadi gerhana bulan, bulan turun ke bumi dan makan buah kelapa. Sisa buah kelapa yang telah dimakan bulan itu menjadi kelapa kopyor. Untuk mencegah agar bulan tidak makan lebih banyak korban, orang memukul kentongan, beduk dan benda-benda lainnya dengan tujuan menakut-nakuti bulan agar segera meninggalkan bumi.

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #19 on: 06 September 2008, 10:27:13 AM »
Jadi ingat pengalaman pertama makan kelapa kopyor...
Dulu....waktu hamil anak saya.... teman-teman di kantor, suruh saya sering-sering makan kelapa. Tiap hari saya titip teman kantor beli kelapa ijo dan teman kantor tawarin mau coba kelapa kopyor ga? Saya penasaran ama kelapa kopyor itu (Kek apa sih kelapa kopyor itu?), akhirnya saya titip dia beli kelapa kopyor itu.  Besokannya saya mencoba makan kelapa kopyor itu... baru makan beberapa suap... langsung mual dan saya langsung berhenti makan. Dan ga lama kemudian saya muntah2. Bagi saya... kelapa kopyor itu ga enak... ;D

_/\_ :lotus:




~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #20 on: 06 September 2008, 10:42:54 AM »
Ehipassiko lagi ci, jangan pas hamil.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.407
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #21 on: 06 September 2008, 10:53:08 AM »
kalau memang tidak suka, tetap beli saja, yang laen disini siap menampung ;D
There is no place like 127.0.0.1

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #22 on: 06 September 2008, 11:30:02 AM »
Ehipassiko lagi ci, jangan pas hamil.

Waktu hamil.... saya ga idam.... biasa-biasa aja... ;D

Kelapa kopyor dalamnya hancur2 lain banget ama kelapa biasa/ijo...tapi harganya mahal sekali... ;D


_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #23 on: 06 September 2008, 11:33:41 AM »
kalau memang tidak suka, tetap beli saja, yang laen disini siap menampung ;D

maunya.... :))

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #24 on: 06 September 2008, 01:09:53 PM »
Nah itu dia, harganya mahal, banyak yang siap nampung. Tapi ci Lily malah gak doyan.
Makanya saya curiga faktor kehamilan berpengaruh dalam penolakan kelapa kopyor.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline HokBen

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.525
  • Reputasi: 100
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #25 on: 06 September 2008, 01:15:43 PM »
es kopyor...
maknyus....


Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.407
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #26 on: 06 September 2008, 03:14:02 PM »
dulu tiap minggu beli es kopyor spesial di "kedungsari". enak tuh.
kadang beli yang variant "kopyor duren" atau "kopyor alpukat"... *slurrps*
There is no place like 127.0.0.1

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #27 on: 06 September 2008, 10:22:41 PM »
dulu tiap minggu beli es kopyor spesial di "kedungsari". enak tuh.
kadang beli yang variant "kopyor duren" atau "kopyor alpukat"... *slurrps*

sepertinya suhu lagi mengenang masa2 indah waktu dulu berdua  :))
suhu pesen kopyor duren ..... yayang kopyor alpukat yaaah ....
 
es kopyor...
maknyus....



wiiwww ..... suhu romantis  ;D


  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.407
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #28 on: 06 September 2008, 10:38:31 PM »
dulu itu waktu anak baru satu :))

romantis, 1 porsi berdua *padahal mahal*
There is no place like 127.0.0.1

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #29 on: 10 September 2008, 05:33:15 PM »
Nah itu dia, harganya mahal, banyak yang siap nampung. Tapi ci Lily malah gak doyan.
Makanya saya curiga faktor kehamilan berpengaruh dalam penolakan kelapa kopyor.

Kekna saya harus ehipasiko lagi dech.... liat gambarnya keliatan enak ada warna merah n es batu. Dulu saya makan langsung dari batoknya.... ;D kondisinya kurang pas... :))

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.407
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #30 on: 10 September 2008, 07:49:18 PM »
kalo masih belon diapa2xin sih kurang asik. biasanya dikasih sirop dan es. jadinya asin manis gimana gituh...
There is no place like 127.0.0.1

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #31 on: 10 September 2008, 11:30:44 PM »
oh iya .. ci Lily lom share
apa manfaat air kelapa ijo bagi wanita hamil?
apa benar ci ... jika melahirkan jadi lebih mudah? trus anaknya lebih putih? (kalo anaknya nergo, gimana  ;D)
kyknya ini kepercayaan masyarakat kita yaak?
bagi wanita hamil, menanam sugesti minum air kelapa ijo agar lbh mudah melahirkan, itu Baik  :)

Btw .... ci Lily mao titip kelapa ijo? ... aye udah ahli lohh, mana kelapa ijo mana kelapa biasa  ;D

  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #32 on: 11 September 2008, 12:26:31 PM »
apa manfaat air kelapa ijo bagi wanita hamil?

Tidak panas dalam, menghilangkan dahaga.

apa benar ci ... jika melahirkan jadi lebih mudah?

MITOS.
Kalo minyak kelapa....mungkin (ya/tidak) bisa.

trus anaknya lebih putih?
MITOS
Waktu saya hamil...sy sering makan kelapa...tapi anak saya lahir itam juga dan sampai skrg tetap itam, bahkan warna kulit saya lebih putih daripada kulit anak saya.

kyknya ini kepercayaan masyarakat kita yaak?
Yaah...kepercayaan aja... turun temurun... ;D

Btw .... ci Lily mao titip kelapa ijo? ... aye udah ahli lohh, mana kelapa ijo mana kelapa biasa

Tiap hari ada tukang kelapa yang jual kelapa dengan sepedanya yang lewat depan rumah saya. harganya juga tidak mahal hanya  [at] Rp. 3.000,- doang berikut potong lho... ;D

_/\_ :lotus:

 
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #33 on: 26 September 2008, 01:42:35 AM »
ada tambahan .... biar komplit  :)

YANG orang tahu tentang air kelapa muda adalah bahwa air kelapa muda bisa memuaskan dahaga orang. Membuat orang segar kembali setelah kehausan dan kelelahan. Tapi selanjutnya tak hanya sebatas itu. Air kelapa muda malah punya banyak kandungan berharga untuk kesehatan dan kecantikan. Apa saja kandungannya? Apa saja manfaatnya?

Menurut dr Inayah Budiasti S,MS SpGK, spesialis gizi dari Hang Lekiu Medical Centre, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pohon kelapa termasuk pohon yang serbaguna. Buah dan airnya bisa dikonsumsi, daunnya bisa dibuat hiasan janur atau sebagai kulit ketupat. Orang pedesaan biasa menggunakan batang pohon kelapa sebagai jembatan. Setelah buah dan airnya dikonsumsi, batoknya dapat digunakan sebagai arang pembakar. Sari buahnya diolah menjadi minyak.

Buah kelapa memiliki berbagai khasiat, antara lain, mengobati berbagai macam penyakit. "Air kelapa baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena diyakini dapat membuat kulit jabang bayi menjadi putih dan bersih," terang dr Inayah. Selain itu, air kelapa juga bisa dibuat sebagai nata de coco dan kecap. Nata de coco dapat dikonsumsi sebagai minuman segar dengan campuran koktail, es buah, maupun pengganti kolang-kaling. Dan air kelapa yang sama ini bisa dibuat kecap dengan cara mencampurkannya dengan kedelai, gula merah, bawang putih, kemiri, daun salam, lengkuas, kluwak, dan natrium benzoat.

Ada kandungan mikro dan makro dalam air kelapa. Unsur makro yang terdapat dalam air kelapa adalah karbon dan nitrogen. Unsur karbonnya berupa karbohidrat sederhana seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol, dan lain-lain. Unsur nitrogennya berupa protein yang tersusun dari asam amino air kelapa lebih tinggi ketimbang asam amino dalam susu sapi. Selain karbohidrat dan protein, air kelapa juga mengandung unsur mikro berupa mineral yang dibutuhkan tubuh. Mineral tersebut, antara lain, kalium (K), natrium (Na), kalsium (Ca), magnesium (Mg), ferum (Fe), cuprum (Cu), fosfor (P), dan sulfur (S). Kandungan mineral dalam air kelapa dibutuhkan sebagai pengganti ion tubuh. Tak heran, setelah orang minum air kelapa muda, tubuhnya kembali segar.

Air kelapa juga mengandung banyak vitamin, antara lain, vitamin C, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, serta riboflavin. Tak heran jika air kelapa juga dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional sekaligus kecantikan. Selain mineral, air kelapa juga mengandung gula (bervariasi antara 1,7-2,6 persen) dan protein (0,07-0,55 persen). Karena komposisi gizi yang demikian, air kelapa dijadikan bahan baku produk pangan. "Di Filipina, air kelapa dimanfaatkan untuk proses pembuatan minuman, jelly, alkohol, dektran dan cuka," imbuhnya.
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #34 on: 07 October 2009, 12:27:54 AM »
Manfaat air kelapa


-Air kelapa berkhasiat sebagai diuretik, yaitu untuk memperlancar pengeluaran air seni. Air kelapa muda dicampur dengan sedikit sari jeruk sitrun bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi, juga untuk memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil.

-Jika air kelapa muda yang dicampur dengan susu amat baik untuk makanan anak. Campuran air kelapa muda tersebut mempunyai khasiat untuk mencegah penggumpalan susu dalam perut, muntah, sembelit, dan sakit pencernaan.

-Air kelapa juga mempunyai bermacam-macam khasiat sebagai obat. Diantaranya, minum air kelapa muda juga dapat membantu mengatasi pengaruh racun obat sulfa dan antibiotika lain, sehingga menjadikan obat-obat itu lebih cepat diserap darah.

-Mencuci muka dengan air kelapa secara rutin setiap hari dapat menyembuhkan atau melenyapkan jerawat, noda-noda hitam, kerutan pada wajah yang datang lebih dini, kulit mengering, dan wajah menjadi tampak berseri.

-Campurlah air kelapa dengan sedikit madu. Ramuan ini merupakan tonikum yang murah tetapi berkhasiat. Ramuan ini merangsang pusat-pusat seksual tubuh dan menghilangkan akibat buruk gairah seksual berlebih.

-Jerawat membandel dapat diobati dengan campuran 25 gram pasta kunyit dengan segelas air kelapa, lalu dibiarkan selama semalam suntuk, kemudian tambahkan 3 sendok teh bubuk cendana merah. Aduk-aduklah semua bahan tersebut sampai rata, kemudian disimpan lagi tanpa terganggu selama 3 hari. Saringlah ramuan tadi dengan tiga lapis kain kasa. Simpan sari tadi dalam botol, dan oleskan pada muka dua kali sehari hingga jerawat lenyap.

-Air kelapa juga berkhasiat sebagai obat luka, telapak kaki pecah-pecah, dan eksim. Membuat ramuannya relatif mudah. Rendamlah segenggam beras dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian, kemudian beras digiling menjadi bubuk halus. Tepung beras tersebut digunakan dengan dioleskan setiap hari selama 3-4 hari pada bagian tubuh yang sakit.

-Jika air kelapa muda dicampur dengan sejumput bubuk kunyit dan air kapur sirih dalam ukuran sama merupakan obat luka bakar dan meniadakan rasa panas pada telapak kaki dan tangan.
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline marcedes

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.528
  • Reputasi: 70
  • Gender: Male
  • May All Being Happinesssssssss
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #35 on: 07 October 2009, 09:06:25 AM »
kalau mau mulus kulit bayi mulus minum air susu kedelai......itu sudah terbukti loh
Ada penderitaan,tetapi tidak ada yang menderita
Ada jalan tetapi tidak ada yang menempuhnya
Ada Nibbana tetapi tidak ada yang mencapainya.

TALK LESS DO MOREEEEEE !!!

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #36 on: 07 October 2009, 10:47:00 AM »
^
^

ada pro kontra seh.. tapi bagaimana pun juga kalau bisa ASI ya ASI
ada penelitian yang mengatakan air susu kedelai bisa menyebabkan penurunan sistem imunitas..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline ajan

  • Teman
  • **
  • Posts: 71
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #37 on: 07 October 2009, 11:56:16 AM »
Sesuai judul .... benarkah air kelapa ijo berkhasiat apa hanya mitos?
berkhasiat disini salah satunya, utk wanita yg hamil, konon katanya bila diminum secara rutin
kelak bila melahirkan akan lebih mudah, dan sibayi mempunyai kulit yg putih dan halus

terlepas dr khasiat ato tidak, aye memang mao membawakan air kelapa ijo setiap minggu kepada
sodara aye yg sedang hamil muda  :) dan jg atas permintaan dia, moga2 keinginan dia terkabul ....
mudah melahirkan dgn selamat, sang bayi putih, halus.

ko ... Hedi dan yg laiinya
gimana penjelasan mengenai hal tersebut, mohon pencerahannya

Thanks .....  _/\_

kalo bapak emaknya negro, bayinya gak mungkin putih bro.

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #38 on: 07 October 2009, 09:37:40 PM »
Sesuai judul .... benarkah air kelapa ijo berkhasiat apa hanya mitos?
berkhasiat disini salah satunya, utk wanita yg hamil, konon katanya bila diminum secara rutin
kelak bila melahirkan akan lebih mudah, dan sibayi mempunyai kulit yg putih dan halus

terlepas dr khasiat ato tidak, aye memang mao membawakan air kelapa ijo setiap minggu kepada
sodara aye yg sedang hamil muda  :) dan jg atas permintaan dia, moga2 keinginan dia terkabul ....
mudah melahirkan dgn selamat, sang bayi putih, halus.

ko ... Hedi dan yg laiinya
gimana penjelasan mengenai hal tersebut, mohon pencerahannya

Thanks .....  _/\_

kalo bapak emaknya negro, bayinya gak mungkin putih bro.
Kakakaka  ;D ......
ya , iyalah ..... bpk-emaknya negro masa bayinya bule
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline deasy

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 8
  • Reputasi: 1
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #39 on: 14 October 2009, 06:37:08 PM »
air kelapa muda juga bisa untuk infus gak??
kalo bisa kenapa dan gimana prosesnya??

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #40 on: 14 October 2009, 11:04:21 PM »
^
^
waduuh, belom pernah denger tuch air kelapa bisa utk infus?  ::)

coba ntra tanya bro Forte ..... mungkin ada penjelasannya
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #41 on: 14 October 2009, 11:05:57 PM »
beli aja glukosa iv, lebih murah daripada komplikasi infeksi pake air kelapa
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.117
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: [ASK] Benarkah air Kelapa ijo berkhasiat ?
« Reply #42 on: 15 October 2009, 09:19:41 PM »
Sesuai judul .... benarkah air kelapa ijo berkhasiat apa hanya mitos?
berkhasiat disini salah satunya, utk wanita yg hamil, konon katanya bila diminum secara rutin
kelak bila melahirkan akan lebih mudah, dan sibayi mempunyai kulit yg putih dan halus

terlepas dr khasiat ato tidak, aye memang mao membawakan air kelapa ijo setiap minggu kepada
sodara aye yg sedang hamil muda  :) dan jg atas permintaan dia, moga2 keinginan dia terkabul ....
mudah melahirkan dgn selamat, sang bayi putih, halus.

ko ... Hedi dan yg laiinya
gimana penjelasan mengenai hal tersebut, mohon pencerahannya

Thanks .....  _/\_

kalo bapak emaknya negro, bayinya gak mungkin putih bro.

tah si Michael jakson itu bukti apa? toh bisa berubah warna dari hitam jadi putih

 

anything