Alo sodara/i sekalian,
ketiga kali neh minta bantuan DCers berhubungan ma tugas kuliah. Terakhir kok, buat TA.
Sesuai judul topik, pelajaran sejarah. Semua pernah belajar donk kan dari zaman waktu namanya masih PSPB. Dan semua pasti ngerasain ngehafal tanggal2, nama tokoh, tempat, isi prasasti/perjanjian. Ampe akhirnya muncul pandangan pelajaran sejarah itu sangat sangat nyebelin. Siapa disini yang sebel ma sejarah angkat tangan
Gw seh seneng ya sebenernya, apalagi zaman2 awal peradaban. Cuma ampe zaman masuknya kumpeni. Perang, proklamasi, wah uda deh. Minta ampun.
Nah kalo dipikir2 lagi, apa yg salah dengan sejarah? Nggak ada sih, sejarah ya sejarah. Contohnya di forum ini aja kalo diskusi banyak berhubungan ma sejarah n tar bawa banyak artikel sejarah disini. Keliatannya banyak yg ahli sejarah. Tapi gw yakin member yang sekarang pinter sejarah belum tentu dulu suka sejarah waktu sekolah, mungkin aja nilai sejarahnya bebek ato kursi (no offense
).
So, telusur punya telusur, banyak pendapat yang bilang yang salah tuh cara pembelajaran sejarahnya. Banyak kok yang suka sejarah asal jangan hafalin tanggal. Atau kalo gurunya pinter ngebawain topiknya n bener2 berpengetahuan soal sejarah (bukan cuma ngedongeng dari buku) pelajaran sejarah bakal asik banget.
Nah pertanyaan gw disini (terutama buat yang dulu/atau sekarang, sebel ma sejarah), gimana seharusnya pembelajaran sejarah di sekolah dilakukan? Baik dari media, cara penyampaian, dll. Ampe akhirnya seorang siswa bisa ngeliat sejarah tu sebagai sesuatu yang menarik. Bukan cuma tulisan ga jelas di buku yang banyak tanggal2nya.
FYI, tujuan gw adalah membuat suatu media alternatif dalam belajar sejarah. Bisa jadi komik, graphic novel, film, animasi, game, cergam, cd interaktif macam encarta, dsb. So, mohon bantuannya sekali lagi ya. Terima Kasih banyak. Atau kalo yang suka sejarah mo nimbrung diskusi boleh2 aja silahkan...