//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Bisnis Toko Pancing menurut ajaran Buddha salah ga sih ??  (Read 5910 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline her

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 23
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
Bisnis Toko Pancing menurut ajaran Buddha salah ga sih ??
« on: 01 December 2008, 06:06:21 PM »
Mau nanya dong...

Kalau mancing kemungkinan besar menyalahi ajaran Buddha yah ...
Tapi kalau bisnis alat-alat pancing/jaring/dll salah ga yah ??

Terima kasih

 _/\_

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Bisnis Toko Pancing menurut ajaran Buddha salah ga sih ??
« Reply #1 on: 01 December 2008, 06:46:15 PM »
salah satu pancasila buddhis adalah "bertekad untuk menghindari pembunuhan"

mancing menyebabkan hilangnya nyawa seekor ikan

bisnis alat2 pancing mengondisikan seseorang untuk melakukan pembunuhan tersebut

kedua hal tersebut sebaiknya dihindari

Offline her

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 23
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
Re: Bisnis Toko Pancing menurut ajaran Buddha salah ga sih ??
« Reply #2 on: 01 December 2008, 09:50:30 PM »
Tapi bisnis yang ini kebetulan agak spesifik yaitu tidak sampai menghilangkan nyawa ikan tersebut karena systemnya Catch & Release ... apakah tetap sama juga ?

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Bisnis Toko Pancing menurut ajaran Buddha salah ga sih ??
« Reply #3 on: 01 December 2008, 09:56:59 PM »
saya cuma liat dari hukum kamma

saat anda mengukur suatu perbuatan anda, apa hukum kammanya? baik atau tidak?

tidak bisa cuma, menghitung2 apa perbuatan anda lalu keluar totalnya minus apa plus.


hukum kamma itu, adil dan mendetil, jadi variabel2 apa saja tetap dihitung terpisah.

jadi kalau anda berbuat baik dan ada unsur jahatnya, dua2nya tetap dihitung terpisah, bukan ditotal trus keliatan baik atau buruknya.

saya rasa sudah ada topik2 yang menentukan bagaimana yg disebut karma baik/ karma buruk. sehingga anda bisa memilah2 karma buruk dan karma baik apa saja dari suatu perbuatan.

kalau dilihat dari mata pencaharian yg benar. saya kurang hapal.
i'm just a mammal with troubled soul



Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Bisnis Toko Pancing menurut ajaran Buddha salah ga sih ??
« Reply #4 on: 02 December 2008, 08:33:16 AM »
dear her

boleh tau tujuan anda mendirikan toko pancing?
apakah ga ada toko laen yg bisa didirikan, yg bisa meminimalisir kemungkinan digunakan utk tujuan akusala misal toko elektronik, toko perkakas?

walau tujuan mancing "hny" utk catch and release, tapi kita kembali pada persepsi "BAIK/BENAR" secara buddhism yaitu baik/bermanfaat utk diri sendiri dan baik/bermanfaat utk mahluk lainnya.

apakah catch and release itu bermanfaat utk mahluk lain? saya rasa tidak yah.... bnyk kasus dimana bibir ikan sampe sobek (itu ga bs pulih seumur hidup dia loh)
Belum rasa  sakit si ikan selama dalam proses pemancingan

Dari sisi MATA PENCAHARIAN BENAR, memang toko alat pancing tidak termasuk yg dilarang namun saya pribadi berpendapat bhw itu pun bukan mata pencaharian yg bijaksana

semoga bisa dimengerti yah.........
« Last Edit: 02 December 2008, 08:34:48 AM by markosprawira »

Offline her

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 23
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
Re: Bisnis Toko Pancing menurut ajaran Buddha salah ga sih ??
« Reply #5 on: 02 December 2008, 09:37:59 AM »
Ok... thanks teman-teman, ... saya batalin aja deh...  :)

Tadinya ada usul dari teman yang gabung di suatu komunitas mancing, untuk import beberapa piranti kelas atas yang biasanya untuk memancing ikan-ikan besar seperti Marlin dll, dimana system yang dipakai adalah C&R ..

Terima kasih atas masukannya

 _/\_

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Bisnis Toko Pancing menurut ajaran Buddha salah ga sih ??
« Reply #6 on: 02 December 2008, 01:24:59 PM »
dear her,

mudita citta utk kebijaksanaan anda......

bisnis yg akusala memang akan memberikan keuntungan yg besar, namun juga akan cepat hilang/raib
sementara bisnis yg kusala, walau keuntungannya biasa2 saja namun akan memberikan ketenangan dalam hidup si pelaku........

semoga dgn ini, hidup anda akan menjadi lebih tenang  _/\_

Offline BAYU

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 19
  • Reputasi: 0
Re: Bisnis Toko Pancing menurut ajaran Buddha salah ga sih ??
« Reply #7 on: 02 December 2008, 01:44:58 PM »
kasihan deh nelayan gak boleh nangkep ikan,ama tukang ikan juga. sebaiknya mereka jd apa gnti profesi?

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Bisnis Toko Pancing menurut ajaran Buddha salah ga sih ??
« Reply #8 on: 02 December 2008, 01:50:40 PM »
 [at] Bayu : siapa yg bilang ga boleh?

diatas sudah jelas dikatakan bhw itu bukan merupakan mata pencaharian yg benar....

mau dilakukan atau tidak, itu pilihan dari setiap orang kok......

Dulu ada seorang penjagal yg namanya cunda, dia tinggal di sebelah tempat tinggal Buddha.
Itu pun Buddha tidak pernah melarang atau memerintahkan Cunda utk ganti profesi

Dalam Buddhism, ga ada larangan karena "Apapun kamma yang kuperbuat, baik atau buruk, itulah yg akan kuwarisi"
Anda yg berbuat, anda juga yang akan mewarisinya kok  :D

Semoga bisa dimengerti yah  _/\_

Offline marcedes

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.528
  • Reputasi: 70
  • Gender: Male
  • May All Being Happinesssssssss
Re: Bisnis Toko Pancing menurut ajaran Buddha salah ga sih ??
« Reply #9 on: 03 December 2008, 09:37:37 AM »
dear markosprawira
memang sih tidak ada kata larangan.....hanya saja mungkin ada pikiran bahwa
"ingin berdagang tanpa menyengsarakan makhluk lain"
pikiran ini saya dukung 10000000% ^^

dear her
kalau mau buka toko pancing....sebaiknya tidak..karena itu memang tujuannya menyengsarakan makhluk hidup..kalau masih mau...terserah anda sih

bagaimana bro kalau buka toko seperti jaring...tasi jala.....dsb-nya...
kan kalau jala itu sifat nya serbaguna....bisa sebagai rumput laut.....sebagai pembudidayaan ikan.

semoga bermanfaat
« Last Edit: 03 December 2008, 09:40:06 AM by marcedes »
Ada penderitaan,tetapi tidak ada yang menderita
Ada jalan tetapi tidak ada yang menempuhnya
Ada Nibbana tetapi tidak ada yang mencapainya.

TALK LESS DO MOREEEEEE !!!

Offline Dhamma Sukhita

  • Sebelumnya: Thiravaddhani
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 195
  • Reputasi: 14
  • Save our earth
Re: Bisnis Toko Pancing menurut ajaran Buddha salah ga sih ??
« Reply #10 on: 06 December 2008, 12:29:22 PM »
menurut saya bisnis toko pancing itu salah karena dalam mata pencaharian benar tidak boleh menjual senjata dan alat-alat pancing termasuk senjata untuk membunuh ikan. Lebih baik bisnis yang lain aja yang tidak merugikan makhluk lain.

Semoga bermanfaat

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Bisnis Toko Pancing menurut ajaran Buddha salah ga sih ??
« Reply #11 on: 09 December 2008, 03:23:38 PM »
 [at] thira

udah...udah..... benar atau salahnya (kusala atau akusala), bukanlah semata dilihat dari kata perkata di dalam vinaya saja loh, melainkan lebih dari bagaimana manfaat bagi perkembangan batin

sangat bnyk hal yg tidak diatur dalam vinaya namun tetap akusala karena itu tidak bermanfaat bagi perkembangan batin.

Offline sukma

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 294
  • Reputasi: 0
Re: Bisnis Toko Pancing menurut ajaran Buddha salah ga sih ??
« Reply #12 on: 22 December 2008, 02:52:13 PM »
Dua bhikku Thai yang dihormati diundang ke rumah seorang umat untuk menerima persembahan dana makanan pagi. Di ruang tamu, tempat mereka menunggu, terdapat sebuah akuarium berisi berbagai jenis ikan hias. Bhikku yang lebih muda mengadukan bahwa memelihara ikan di akuarium itu bertentangan dengan prinsip Buddhis mengenai Belas Kasih, itu bagaikan memenjarakan mereka, apa sih yang telah diperbuat ikan-ikan itu sehingga mereka harus dikurung dalam penjara tembok kaca.? Mereka seharusnya bebas berenang di sungai atau di danau, bebas pergi kemanapun mereka suka.

Bhikku yang senior tidak Setuju. Memang benar, dia mengakui, bahwa ikan-ikan itu tidak bebas menuruti kehendaknya, tetapi hidup dalam akuarium membebaskan mereka dari begitu banyak marabahaya, lalu ia menguraikan daftar kebebasan mereka ;

1 . Pernahkan anda melihat orang memancing ikan di akuarium di rumah seseorang.? Tidak.! Jadi, kebebasan pertama bagi ikan-ikan dalam akuarium adalah BEBAS dari Ancaman para pemancing. Bayangkan apa jadinya bagi ikan dialam bebas ; Ketika melihat sekor cacing lezat, ikan-ikan itu tidak pernah yakin apakah itu aman di makan atau tidak.? Mereka, tak diragukan lagi, telah menyaksikan banyak teman dan kerabat mereka mencaplok seekor cacing yang tampak lezat, dan tiba-tiba lenyap dari pandangan mereka untuk selamanya. Bagi ikan dialam bebas, makan itu terancam bahaya dan sering berakhir dalam TRAGEDI. Makan malam bisa menjadi traumatic. Ikan di Alam Bebas bisa-bisa menderita gangguan pencernaan kronis karena hilangnya nafsu makan, dan ikan yang paranoid bisa dipastikan akan mati kelaparan, ikan di Alam Bebas mungkin saja menderita Tekanan Batin, tetapi ikan di AKUARIUM TERBEBAS dari bahaya semacam ini.

2 . Ikan di alam bebas juga harus mencemaskan ancaman ikan lebih besar yang akan memangsa mereka . Dewasa ini, dibeberapa sungai yang rusuh, para ikan tak lagi merasa aman untuk keluyuran pada malam hari.! Bagaimanapun, tak ada pemilik akuarium yang akan mengisi akuariumnya dengan jenis ikan yang akan memangsa ikan lainnya. Jadi, ikan dalam akurium TERBEBAS dari bahaya ikan Kanibal.

3. Dalam daur alamiahnya, ikan di Alam Bebas kadang tak memperolah makanan, Namun, bagi ikan akuarium, hidup ini bagai tinggal di sebuah restoran, dua kali sehari, makanan bergizi diantarkan kedepan mereka, bahkan lebih nyaman dari pada jasa antar pizza, karena mereka tak perlu membayar. Jadi, ikan dalam akuarium TERBEBAS dari BAHAYA KELAPARAN.

4 .Selama perubahan musim, sungai dan danau menjadi sangat dingin pada musim dingin, sampai permukaanya tertutup es. Pada musim panas, air bisa menjadi terlalu hangat untuk ikan, kadang bahkan sampai mengering. Namun ikan dalam akuarium memiliki system pengaturan udara dan suhu. Suhu air dalam akuarium terjaga dan nyaman, sepanjang hari, sepanjang tahun. Jadi, ikan dalam akuarium TERBEBAS dari bahaya kedinginan dan kepanasan sampai kekurangan air.

5 . Di Alam Bebas, bila seekor ikan sakit tak ada yang akan merawatnya. Namun. Ikan dalam akuarium punya asuransi kesehatan gratis. Pemiliknya akan memanggil dokter ikan untuk datang kerumah kapan pun bila ada ikan yang sakit, ikan-ikan ini bahkan tak perlu pergi ke klinik. Jadi, ikan dalam akuarium TERBEBAS dari bahaya ketiadaan perlindungan kesehatan.

Bhikku kedua, yang lebih senior, menyimpulkan sikapnya. Ada banyak keuntungan menjadi ikan di dalam akuarium katanya. Memang benar, mereka tidak bebas menuruti kehendaknya dan berenang ke sana ke mari, tetapi mereka TERBEBAS dari begitu banyak bahaya dan ketidaknyamanan.

Bhikku yang lebih senior melanjutkan penjelasan nya bahwa ia sama seperti orang-orang yang hidup dalam kehidupan yang bajik. Benar, mereka tidak bebas mengikuti nafsunya dan seenaknya ke sana ke mari, tetapi mereka TERBEBAS dari begitu banyak banyak bahaya dan ketidaknyamanan.


JENIS KEBEBASAN mana yang anda sukai.?
~X(     

Dikutip dari ; Membuka Pintu Hati dari Bhikku Ajahn Brahm.
« Last Edit: 22 December 2008, 02:57:02 PM by sukma »

 

anything