kenapa di bikin kitab ? karena mewariskan secara lisan jau lebih sulit di pertahankan, jadi di kitab in spy lebih tahan lama, so inti dari lisan n kitab ini apakah sama ? menurut anda2, kalo ga secara kitab kira2 ajaran buddha bertahan sampe taun berapa ?
ajaran A kalo secara lisan di diwariskan terus selama 2008 tahun apakah tetep jadi A or melenceng jadi A234234 ?
ajaran A kalo secara tertulis diwariskan terus selama 2008 tahun apakah tetep jadi A or melenceng sejauh A234234 ? ataukah cuman sampe A2583 ?
kemungkinan terjadi kesalahan pewarisan selalu terjadi, tp kalo di bandingkan antara lisan n tulisan kira2 lebih salah yg mana kalao di wariskan sampe 2008 tahun ?
dari artikel mas ryu, kalo kita liat dari sudut pandang tula, apakah kesalahan si A dibanding si B ? si A mungkin cuman rajin belajar teori .. tp praktek nya jarang2 or mala ga pernah ? so ? kembali yg perna saya ketik dulu .. teori itu mendukung praktek ...
ada 2 orang beli HP blackberry bold yg mahal gile itu ...
orang 1. membaca manual book nya dulu terus sambil di utik2 itu smartphone, mungkin di tengah2 jalan ada di manual book yg ga sesuai or salah ketik or apalah, sambil utik2 dia akan menyadari kesalahan itu or lgsg nanya ke pemakai lain (bikinan manusia gitu lo
mana ada yg sempurna
yg bikinan tuhan aja ga sempurna kok, isa koit isa sakit dll)
orang 2. ga pake baca manual .. lgsg hajar, mungkin dari nyalain sampe lama banget isi nya nanya2 molo or mala kalo ga pake nanya lebih gawat, itu BOLD isinya dipake utk nelpon n sms duang ... pake 2280i aja kalo begini
nongol lagi :
orang 3. ga pake utik2 HP baca manual book nya pagi sore malam pagi sore malam sampe sebulan, mungkin dia menyadari wuiw ini HP keren banget isa sms nelpon messanger email ketik ketik gps dll, tp ya segono aja.
other cases ah
asik banget xixixixixi
suatu hari si A les masak, si guru kasi resep2 spy bisa masak setara koki resto terkenal, bumbunya ini lo .. abcada;lkdksjflkajweljfaiefjla;ijefajiesl sampe muacem2 masakan .. setelah 1 kitabsuci, mungkin si A ini jenius lah .. isa inget itu smua, terus A jg dari waktu kewaktu mempraktekan masakn2 itu biar tidak lupa n bisa menikmati hasil nya, terus si A punya anak, kira si A mau ngajarin teknik, bumbu yg dia inget n praktekin itu smua kaga ke anaknya biar ikutan sukses n secanggih dia ? kemungkinan besar pasti akan mengajarkan (minat dan bakat tergantung si anak), tp apakah smua orang bisa mengajar dengan baik or mengutarakan apa yg ada diotaknya dengan baik ? kadang mengajar selain ILMU yg mau di ajarkan jg sangat di pengaruhi MOOD, ketrampilan mengajar dll, kira2 kalo si A tuangkan smua resep di dalem otak nya ke dalam buku terus dia sambil ngajar kan ke si anak sambil baca buku itu lebih mudah n lebih efektif kaga ?
kalo si A mau ngajarkan ke tetangganya yg ternyata sangat tertarik jg kira2 si A lebih mudah mengajar berdasarkan ingetannya duang or sambil di sertai buku tulisan smua resep2 nya kaga ?
kira2 sauatu hari kalo si A uda ga da .. terus ada orang yg nemuin buku dia yg berisi reesep2 itu .. bisa mengaplikasikan or mempelajarinya kaga ? or lebih baik yg orang rencanya mau nemuin buku itu lebih baik berlatih sendiri nemuin resep sendiri sampe 1 buku itu ? pdhl itu mungkin resep turun menurun .. dari gurunya guru masak si A terus ke anak si A .. guru nya guru masak si A itu kumpulin resep2 itu selama 45 tahun, berarti kira2 yg rencana nemuin resep itu (kalo di pukul sama) harus belajar sendiri selama 45 th agar bisa ngumpulin resep2 seperti itu, baru sukses.
dan balik lagi .. kalo kira2 si A wariskan itu resep dari generasi 1 2 3 4 5 - 10 .... lebih match yg pake buku or cuman mulut ke mulut ? (getok tular)
menurut para tetua bener kaga sikap si A kalo bikin menuangkan smua reesep yg di inget nya itu agar tetep terwariskan dengan baik (at least lebih baik)
mohon bimbingannya para tetua.
jadi OOT ya ? xxixixixiixiixixixixixi dari bahas tripitaka jadi bahas resep masakah warisan leluhur wukukukukuku