yah... mengenai "7 hari" tsb memang agak meragukan...
rasanya dulu pernah saya tanyakan juga dg Rekan Sumedho & Karuna.
mereka berpendapat sama...
Menurut saya, mitos ini berkembang bersama dengan perkembangan Theravada di India pada waktu itu, di mana sangha menjadi semacam kasta elite di atas umat awam.
Inilah salah satu faktor berkembangnya Mahasanghika dengan doktrin Bodhisattva-nya.
Salam,
hudoyo
ah.. menurut pendapat saya tidak ada pengaruhnya..
secara teori, begitu mencapai tingkat arahat tidak ada bedanya antara hidup singkat maupun lama..
Ya setuju ... bagi si arahat sih tidak ada bedanya.
Yang saya tanyakan, apakah betul pendapat yang mengatakan kalau arahat tidak jadi bhikkhu ia akan mati dalam waktu 7 hari ... Kalau ya, apa alasannya? ...
Salam,
hudoyo
w punya bukti nih om
hehe hehe....
waktu kehidupan Sang Buddha, ada seorang Arahat perumah tangga, yaitu papanya pangeran Siddharta sendiri
yaitu Raja Suddhodana...
Beliau juga dah Arahat (klo ga salah yo
) w blum ada bukti yg jelas nih
soalnya buku Riwayat Hidup Buddha Gotamanya ilang
entah ke mana perginyo huhu...)
tapi lalu meninggal dunia, krn dah 7 hari ato sakit (klo gak salah yo...
setiap hari jwb sesuatu yg kgk pasti, pasti kek gitu neh...)
itu Arahat perumah tangga lhoo ho ho ho...
)
klo 7 hari kagak Nibbana, mana mungkin Arahat dibagi jenisnya lagi kan, om. kan? kan?
Pasti kan hanya ada 1 jenis Arahat klo kek gitu...
Klo mo bukti yg jelas, om sendiri coba test aja sendiri,
sorii yo om
kayaknya w dah ngomong yg kasar yo...
yoo om