//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Setengah gelas air  (Read 8231 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline marcedes

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.528
  • Reputasi: 70
  • Gender: Male
  • May All Being Happinesssssssss
Setengah gelas air
« on: 17 June 2010, 08:34:19 PM »
topik ini sy ambil dari forum tetangga, karena pembahasan nya unik maka saya copas

Ada sebuah gelas terisi setengahnya dengan air, apa yang anda lihat pada gelas itu?
a. Gelasnya setengah penuh.
b. Gelasnya setengah kosong.
c. Gelasnya penuh.
d. Gelasnya kosong.
Bagaimana anda melihat sesuatu, membedakan pemikiran anda ttg hal tersebut.

Silahkan memberikan jawaban kalian...
Ada penderitaan,tetapi tidak ada yang menderita
Ada jalan tetapi tidak ada yang menempuhnya
Ada Nibbana tetapi tidak ada yang mencapainya.

TALK LESS DO MOREEEEEE !!!

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Setengah gelas air
« Reply #1 on: 17 June 2010, 09:20:47 PM »
topik ini sy ambil dari forum tetangga, karena pembahasan nya unik maka saya copas

Ada sebuah gelas terisi setengahnya dengan air, apa yang anda lihat pada gelas itu?
a. Gelasnya setengah penuh.
b. Gelasnya setengah kosong.
c. Gelasnya penuh.
d. Gelasnya kosong.
Bagaimana anda melihat sesuatu, membedakan pemikiran anda ttg hal tersebut.

Silahkan memberikan jawaban kalian...

Observasi harus netral tapi mendetail... jadi jawabannya...

berapa ml air dalam gelas!.............................

contoh : 250 ml air dalam gelas tsb! =))
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline marcedes

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.528
  • Reputasi: 70
  • Gender: Male
  • May All Being Happinesssssssss
Re: Setengah gelas air
« Reply #2 on: 17 June 2010, 11:50:01 PM »
apa bro johan tidak mengerti arti setengah terisi dengan air? ;D
Ada penderitaan,tetapi tidak ada yang menderita
Ada jalan tetapi tidak ada yang menempuhnya
Ada Nibbana tetapi tidak ada yang mencapainya.

TALK LESS DO MOREEEEEE !!!

Offline Jayanto Putra

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 17
  • Reputasi: -1
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Setengah gelas air
« Reply #3 on: 18 June 2010, 12:08:49 AM »
apa bro johan tidak mengerti arti setengah terisi dengan air? ;D

ini maksudnya pesimis, optimis dan realis, bgitu ya?
Segala yang berkondisi akan hancur.
Berjuanglah dengan kesadaran penuh.
(Mahaparinibbana Sutta, Digha Nikaya 16)

Offline wen78

  • Sebelumnya: osin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.014
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: Setengah gelas air
« Reply #4 on: 18 June 2010, 12:59:42 AM »
topik ini sy ambil dari forum tetangga, karena pembahasan nya unik maka saya copas

Ada sebuah gelas terisi setengahnya dengan air, apa yang anda lihat pada gelas itu?
a. Gelasnya setengah penuh.
b. Gelasnya setengah kosong.
c. Gelasnya penuh.
d. Gelasnya kosong.
Bagaimana anda melihat sesuatu, membedakan pemikiran anda ttg hal tersebut.

Silahkan memberikan jawaban kalian...
jawabannya musti salah satu dr 4 itu?
segala post saya yg tidak berdasarkan sumber yg otentik yaitu Tripitaka, adalah post yg tidak sah yg dapat mengakibatkan kesalahanpahaman dalam memahami Buddhism. dengan demikian, mohon abaikan semua statement saya di forum ini, karena saya tidak menyertakan sumber yg otentik yaitu Tripitaka.

Offline marcedes

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.528
  • Reputasi: 70
  • Gender: Male
  • May All Being Happinesssssssss
Re: Setengah gelas air
« Reply #5 on: 18 June 2010, 01:02:29 AM »
jawabannya bisa saja memilih, bahkan memilih lebih dari 1 pun bisa...tapi tolong sertakan alasan nya...
saya hanya meminta pandangan anda sekalian mengenai gelas yg terisi setengah air ini
Ada penderitaan,tetapi tidak ada yang menderita
Ada jalan tetapi tidak ada yang menempuhnya
Ada Nibbana tetapi tidak ada yang mencapainya.

TALK LESS DO MOREEEEEE !!!

Offline siaocing29

  • Teman
  • **
  • Posts: 99
  • Reputasi: 2
  • Gender: Female
  • Buddha Mahayana (Kwan Im)
Re: Setengah gelas air
« Reply #6 on: 18 June 2010, 01:46:53 AM »


gak pasti isi gelasnya.
sprt hidup manusia yg tidak pasti
omitohud
ada nibbana tp tidak ada yg mencapainya
krn keterbatasan alam pemikiran manusia dan beberapa unsur didalamnya
maka itulah buddha theravada mahayana vajrana dalam sebuah kendaraan buddha 
dengan dilandasi kitab suci juga Tripitaka
Buddha Mahayana 100%

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Setengah gelas air
« Reply #7 on: 18 June 2010, 05:05:58 AM »
topik ini sy ambil dari forum tetangga, karena pembahasan nya unik maka saya copas

Ada sebuah gelas terisi setengahnya dengan air, apa yang anda lihat pada gelas itu?
a. Gelasnya setengah penuh.
b. Gelasnya setengah kosong.
c. Gelasnya penuh.
d. Gelasnya kosong.
Bagaimana anda melihat sesuatu, membedakan pemikiran anda ttg hal tersebut.

Silahkan memberikan jawaban kalian...

sebenarnya topik ini hendak dibawa ke mana
1. jika berhubungan dengan psikologis, maka jawaban saceng bener.. karena orang2 dengan tipe melankolis akan berpikir seperti itu
2. jika berhubungan dengan buddhisme, maka gambaran ini menjelaskan konsep anicca / ketidakkekalan. gelas yang awalnya kosong, bisa menjadi setengah terisi

kalau dipelajari lagi lebih lanjut.. apakah gelas itu bener2 setengah terisi ? saya rasa tidak.. ada banyak jawaban mengenai hal ini
1. gelas ini setengah terisi => BENAR, karena hanya setengah diisi oleh air
2. gelas ini setengahnya kosong => BENAR, karena hanya setengahnya diisi oleh udara
3. gelas ini penuh => BENAR, karena gabungan antara setengah terisi air dan setengah terisi udara menjadikan gelas ini penuh
4. gelas ini kosong => kosong dari apa ? misal kosong dari pasir.. ya BENAR juga..

intinya semua tergantung pola pikir..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Setengah gelas air
« Reply #8 on: 18 June 2010, 05:25:38 AM »
apa bro johan tidak mengerti arti setengah terisi dengan air? ;D


Kalau buat kue dgn cara begitu pasti gak jadi dehhhh,....

topik ini sy ambil dari forum tetangga, karena pembahasan nya unik maka saya copas

Ada sebuah gelas terisi setengahnya dengan air, apa yang anda lihat pada gelas itu?
a. Gelasnya setengah penuh.
b. Gelasnya setengah kosong.
c. Gelasnya penuh.
d. Gelasnya kosong.

Bagaimana anda melihat sesuatu, membedakan pemikiran anda ttg hal tersebut.

Silahkan memberikan jawaban kalian...

Lha gelasnya udah terisi separuh air,  trus gimana member disuruh (paksa) memilih yg c. dan d. ?
mohon penjelasannya? adakah defenisi kosong, penuh dan setengah ?  ;D ;D
Bukankah pilihan c. dan d. adalah kontradiksi dgn stement yg pertama ?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline pemula

  • Teman
  • **
  • Posts: 89
  • Reputasi: 1
  • Gender: Male
  • Semoga segala sesuatunya menjadi lebih baik.
Re: Setengah gelas air
« Reply #9 on: 18 June 2010, 08:43:20 AM »
haha.... maaf jika tidak nyambung,,,
yang di tanyai, Gelas atau airnya... atau seputar maksudnya... hehehe,,,

Pilihan yang di kasih gak Yes...  ^-^

Offline marcedes

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.528
  • Reputasi: 70
  • Gender: Male
  • May All Being Happinesssssssss
Re: Setengah gelas air
« Reply #10 on: 18 June 2010, 09:05:41 AM »
topik ini sy ambil dari forum tetangga, karena pembahasan nya unik maka saya copas

Ada sebuah gelas terisi setengahnya dengan air, apa yang anda lihat pada gelas itu?
a. Gelasnya setengah penuh.
b. Gelasnya setengah kosong.
c. Gelasnya penuh.
d. Gelasnya kosong.
Bagaimana anda melihat sesuatu, membedakan pemikiran anda ttg hal tersebut.

Silahkan memberikan jawaban kalian...

sebenarnya topik ini hendak dibawa ke mana
1. jika berhubungan dengan psikologis, maka jawaban saceng bener.. karena orang2 dengan tipe melankolis akan berpikir seperti itu
2. jika berhubungan dengan buddhisme, maka gambaran ini menjelaskan konsep anicca / ketidakkekalan. gelas yang awalnya kosong, bisa menjadi setengah terisi

kalau dipelajari lagi lebih lanjut.. apakah gelas itu bener2 setengah terisi ? saya rasa tidak.. ada banyak jawaban mengenai hal ini
1. gelas ini setengah terisi => BENAR, karena hanya setengah diisi oleh air
2. gelas ini setengahnya kosong => BENAR, karena hanya setengahnya diisi oleh udara
3. gelas ini penuh => BENAR, karena gabungan antara setengah terisi air dan setengah terisi udara menjadikan gelas ini penuh
4. gelas ini kosong => kosong dari apa ? misal kosong dari pasir.. ya BENAR juga..

intinya semua tergantung pola pikir..
bro forte..dari sini lah kita melihat beberapa pandangan....
ada yg melihat gelas dengan setengah air, mungkin  pikiran nya lari ke bagian bisnis...ada yg melihat setengah gelas air mungkin pikiran nya lari ke komentar seperti anda...
ada pula yg melihat setengah gelas air, sebagai benda setengah gelas air...
kalau bro Johan melihat setengah gelas air langsung ingat kue yah?hahaha
cobalah berpikir dari sisi dhamma nya.

sy hanya ingin beberapa pandangan saja dari forum ini...
« Last Edit: 18 June 2010, 09:14:37 AM by marcedes »
Ada penderitaan,tetapi tidak ada yang menderita
Ada jalan tetapi tidak ada yang menempuhnya
Ada Nibbana tetapi tidak ada yang mencapainya.

TALK LESS DO MOREEEEEE !!!

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Setengah gelas air
« Reply #11 on: 18 June 2010, 10:11:00 AM »
topik ini sy ambil dari forum tetangga, karena pembahasan nya unik maka saya copas

Ada sebuah gelas terisi setengahnya dengan air, apa yang anda lihat pada gelas itu?
a. Gelasnya setengah penuh.
b. Gelasnya setengah kosong.
c. Gelasnya penuh.
d. Gelasnya kosong.
Bagaimana anda melihat sesuatu, membedakan pemikiran anda ttg hal tersebut.

Silahkan memberikan jawaban kalian...

Saya melihat a. Gelasnya setengah penuh..

Alasannya: "Gelas adalah gelas, air adalah air. Jika bisa ada air di dalam gelas, maka itu artinya gelas sedang menampung air. Jika air hanya memenuhi setengah gelas, maka artinya gelasnya setengah penuh."

Offline Elin

  • DhammaCitta Press
  • KalyanaMitta
  • *
  • Posts: 4.377
  • Reputasi: 222
  • Gender: Female
Re: Setengah gelas air
« Reply #12 on: 18 June 2010, 10:16:05 AM »
pandangan Elin :

ini bahasan nya muter2.... ;D

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.130
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Setengah gelas air
« Reply #13 on: 18 June 2010, 11:57:12 AM »
pandangan Elin :

ini bahasan nya muter2.... ;D

jawaban aku sama sis... kita muter2 barengan aja ya..
dari pada pikirin yg rumit2 tohhh nanti botak..

sis feel empty ?  :'( :'(
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline CHANGE

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 598
  • Reputasi: 63
Re: Setengah gelas air
« Reply #14 on: 18 June 2010, 12:14:11 PM »
Saya coba ilustrasikan mengenai hal ini dengan perumpamaan :

Pada saat ibu mau memasak, baru ingat minyak telah habis, kemudian menyuruh anaknya untuk membeli, pada saat membeli membawa pulang  botol penuh minyak, karena ketidak hati-hatian, akhirnya dia menjatuhkan seluruhnya ( terjatuh ke dalam parit yang dalam ). Kemudian ia menemui ibunya dengan menangis dan berkata, Ibuuu…. Minyak tumpah seluruhnya. Tanpa sempat dimarahi, anak itu segera lari kekamar dan menutup pintu dan tidak melakukan apapun. Karena ketakutan atas kemarahan ibunya, anak tersebut menghindar dan tidak melakukan apapun. Dan pasrah menerima kondisi ini.

Kemudian ibu menyuruh seorang anaknya yang lain botol penuh minyak. Ia memberikan sebuah botol kosong dan uang sepuluh rupee. Kemudian anak itu pergi membeli apa yang diperintahkan ibunya. Dalam perjalanan pulang, ia terjatuh. Minyak yang ada di dalam botol itu tumpah hingga separuh. Ketika mengetahui botolnya kosong separuh, ia menemui ibunya dengan menangis, "Ooo... saya kehilangan minyak setengah botol! Saya kehilangan minyak setengah botol!" Ia sangat bersedih hati dan tidak bahagia. Tampaknya ia memandang kejadian itu secara negatif dan bersikap pesimis.

Kemudian, ibu itu menyuruh anaknya yang lain untuk membeli sebotol minyak. Ia memberikan sebuah botol dan uang sepuluh rupee lagi. Kemudian anaknya pergi. Dalam perjalanan pulang, ia juga terjatuh. Dan separuh minyaknya tumpah. Ia memungut botol dan mendapati minyaknya tinggal separuh. Ia pulang dengan wajah berbahagia. Ia berkata pada ibunya, "Ooo... ibu saya tadi terjatuh. Botol ini pun terjatuh dan minyaknya tumpah. Bisa saja botol itu pecah dan minyaknya tumpah semua. Tapi, lihat, saya berhasil menyelamatkan separuh minyak." Anak itu tidak bersedih hati, malah ia tampak berbahagia. Anak ini tampak bersikap optimis atas kejadian yang menimpanya.

Sekali lagi, ibu itu menyuruh anaknya yang lain untuk membeli sebotol minyak. Ia memberikan sebuah botol dan uang sepuluh rupee. Anaknya yang ketiga pergi membeli minyak. Sekali lagi, anak itu terjatuh dan minyaknya tumpah. Ia memungut botol yang berisi minyak separuh dan mendatangi ibunya dengan sangat bahagia. Ia berkata, "Ibu, saya menyelamatkan separuh minyak."

Tapi anaknya yang ketiga ini bukan hanya seorang anak yang optimis. Ia juga seorang anak yang realistis. Dia memahami bahwa separuh minyak telah tumpah, dan separuh minyak bisa diselamatkan. Maka dengan mantap ia berkata pada ibunya, "Ibu, aku akan pergi ke pasar untuk bekerja keras sepanjang hari agar bisa mendapatkan lima rupee untuk membeli minyak setengah botol yang tumpah. Sore nanti saya akan memenuhi botol itu."
~~~
Kita bisa memandang hidup dengan kacamata buram, atau dengan kacamata yang terang. Namun, semua itu tidak bermanfaat jika kita tidak bersikap realistis dan mewujudkannya dalam bentuk PERJUANGAN.

Catatan :
Jika harus dipilih, maka sebenarnya pilihannya adalah Perubahan Pola Pikir dalam menghadapi masalah. Karena setiap orang akan menerima satu dari empat kemungkinan tersebut dalam waktu yang berbeda. Karena hidup dan kehidupan adalah PROSES, kita tidak selalu berada pada posisi ATAS ( penuh ) atau posis BAWAH ( kosong ), KANAN atau KIRI ( setengah penuh atau kosong ), semua tergantung bagaimana kita MENYIKAPINYA secara keseluruhan. Semuanya harus dilakukan dengan mengambil TITIK TENGAH sebagai acuan melihat permasalahan. Contoh dalam perilaku, pada saat posisi penuh atau setengah penuh, berarti kecenderungan menunjukkan mencapai kepenuhan dalam berbagai bidang misalnya materi dll, maka kita diharapkan TIDAK SOMBONG, demikian juga pada saat berada pada posisi setengah kosong atau kosong, tidak perlu terlalu RENDAH DIRI. Karena dua-duanya merupakan titik ekstrim. Jadi semuanya kembali pada perubahan pola pikir. Dan membuat perubahan ini adalah suatu bentuk perjuangan.

Jika dipandang dalam sudut yang lain diluar penjabaran yang diatas, maka muncul pertanyaan :

Jika kita melihat dari sisi seorang ibu ( sebagai diri kita sendiri ), maka apakah yang dilakukan ibu tersebut sudah cukup bijaksana, karena melakukan EMPAT KALI suatu pekerjaan yang sama untuk usaha yang sama ?



 

anything