dan catatan tentang vassa ke-7 memang tidak ada di sutta-vinaya ?
Sutta hanya membahas kumpulan khotbah, sedangkan vinaya mencakup disiplin latihan. Pengulangan keduanya memang bukan bertujuan mencatat kehidupan Buddha secara kronologis, jadi memang sangat wajar kalau tidak memuat lengkap jadwal vassanya.
dan Berarti Bhikkhu2 di Konsili ke-4 dengan sangat berani menyisip-kan "kisah fiktif" ke dalam tiga keranjang pitaka...
Menurut saya, ini agak berbeda dengan kitab 'alam naga' yang tampaknya terorganisir dalam membuat kisah, perihal Abhidhamma sepertinya lebih ke arah legenda yang diturunkan dalam waktu lama dan berangsur-angsur diterima.
Kalau begitu, jika Abhidhamma di-ragu-kan, maka seharus-nya semua kitab yang dihasilkan di konsili ke-4 juga harus di-ragu-kan... BUKAN-KAH DEMIKIAN LOGIKA-nya ?
Bukan demikian logikanya, bahkan tidak berhubungan.
Abhidhamma tidak diterima karena 4 nikaya diterima, dan tidak ditolak karena 4 nikaya ditolak.
Demikian juga 4 nikaya tidak ditolak karena abhidhamma ditolak, dan 4 nikaya tidak diterima karena abhidhamma diterima.
Masing-masing dilihat sebagai hal terpisah yang harus diselidiki secara tersendiri. Bahkan seperti Khuddaka Nikaya pun diteliti dan bisa dipisahkan antara karya kuno dan karya belakangan.
Untuk Abhidhamma, sudah disinggung juga bahwa diragukan sebab tidak ada jejak abhidharma sampai sekitar 200 tahun Mahaparinirvana, sementara penggunaan Nikaya/Agama, memang konsisten ada sejak awal. Alasan lainnya, ketika Abhidharma telah muncul, setiap sekte memiliki Abhidharma yang berbeda, bahkan ada yang tidak memiliki serta menolak Abhidharma.