//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Topics - juli wu

Pages: [1] 2
1
Pengalaman Pribadi / Neuropati Diabetes
« on: 23 February 2018, 04:48:15 PM »
Hello all :

sekedar mau bagi pengalaman pribadi saya,berawal dari sering nya telapak kaki jika malam sering pegal,kebas n kesemutan,ternyata setelah di periksa,oh my kantong, sy di bilang kena penyakit Neoropati Diabetes, Neuropati Diabetes adalah kerusakan saraf pembuluh darah yang disebabkan karena diabetes yang umumnya menyerang pada bagian kaki.

jadi bagi teman2 jagalah kesehatan jangan sepeleh kan hal yg kita anggap biasa saja.

Terima kasih,  _/\_

2
Studi Sutta/Sutra / MN 55 JIVAKA SUTTA
« on: 22 April 2014, 09:31:15 PM »
 _/\_

Mau tanya dong tuk para KalyanaMitta,pada MN 55 Jivaka Sutta,13
13. Ketika hal ini dikatakan, Jivaka Komārabhacca berkata kepada Sang Bhagavā: ‘”Sungguh mengagumkan, Yang Mulia, sungguh menakjubkan! Para bhikkhu memelihara diri mereka dengan makanan-makanan yang diperbolehkan. Para bhikkhu memelihara diri mereka dengan makanan-makanan yang tanpa cacat. Sungguh mengagumkan, Yang Mulia, sungguh menakjubkan! ... sejak hari ini sudilah Sang Bhagavā mengingatku sebagai seorang umat awam yang telah menerima perlindungan seumur hidup.”577
577) Sangat mengherankan bahwa Jivaka di sini menyatakan dirinya sebagai umat awam seolah-olah untuk pertama kalinya padahal ia telah mencapai tingkat memasuki-arus. Mungkin formula ini digunakan sebagai cara untuk menegaskan pengabdian seseorang pada Tiga Permata dan bukan terbatas pada pernyataan berlindung pertama kali.
 
yang ingin ku tanya kan adalah bukan kah Jivaka baru pertama kali ini bertemu dengan Sang Buddha,tapi dalam komentarnya tidak seperti itu,apakah sebelum melakukan diskusi ini Jivaka telah mencapai tingkat memasuki-arus
Thanks oh ya jika ini bukan yg pertama di mana saya bisa baca lagi saat dia berdiskusi dengan Sang Buddha

3
Studi Sutta/Sutra / Majjhima Nikaya
« on: 11 March 2014, 08:00:15 PM »
 _/\_
mau tanya dong pada MN 6 Akankheyya sutta : Jika seorang Bhikkhu menghendaki (33) 4-18,maka ia harus memenuhi aturan aturan....,terputus apa si isi aturan2 itu,apakah maksudnya aturan untuk bhikkhu atau gaimana ya,gue pusing n penasaran ni ,gak tahan tuk gak tanya

thanks

4
Diskusi Umum / 7 Pemurnian
« on: 05 November 2013, 03:44:29 PM »
 _/\_
Hari ini sy ikut kelas dhammadesa yg di bawakan oleh sayadaw dhsmmasara, tdk bisa tanya,krn yg tanya bnyk,so sy tanya DC  aja dhe
 
1.9 faktor Uposatha itu apa aja si
2. Maksud sila berkenaan kebutuhan apa ya 

Thanks ya yg menjwb 

5
Kesehatan / Mie + coklat = dead
« on: 13 March 2013, 08:44:38 PM »
Baca y temn2,, SEKEDAR INFO!! Ada seorang Wanita meninggal 'Mendadak' dgn 'Kelima Panca Indera keluar nanah . Setelah diselidiki ternyata Wanita ini meninggal, bukan krna 'Bunuh Diri' atau 'Dibunuh', melainkan karena ketidaktahuan tentang 'Racun akibat Makanan'. - Wanita ini memiliki kebiasaan makan coklat.  tiap hari, ini tidak masalah. Masalahnya, malam itu wanita ini kebanyakan makan 'MIE GORENG'. - Sebenarnya cma makan mie goreng  saja juga tidak masalah, karena orang rumahnya juga banyak makan mie  malam itu dan tak ada yang meninggal.

Tetapi, karena MIE  itu mengandung 'Arsenic Pentoxide' (As2O5) & berhubung habis makan MIE wanita itu makan COKLat.
Terjadilah "Reaksi Kimia" di dalam perut yang membuat 'Arsenic Pentoxide' (As2O5) berubah menjadi Arsenic Trioxide (As2O3) yang sangat beracun.
- Inilah yg Mengakibatkan :
• Hati
• Jantung
• Ginjal
• Pembuluh darah rusak
• Usus Berdarah
• Pembuluh darah Melebar

- Sehingga wanita itu Meninggal dengan sangat Mengenaskan dengan Kelima Panca Indera 'Keluar Darah' saat itu.
- Jadi Hati-hati!!
Jika habis banyak makan.
•  MIE goreng
•. MIE kering
•. MiE soto
- Jangan makan coklat   pada saat yang 'Bersamaan' !!!
- Copy paste-lah jika Anda 'Merasa' ini cukup 'Penting' (y) 
- Kasih tau ke semua Teman atau Keluarga. - Mari berbagi Kepedulian Kita dengan Sesama!!!
PENTING BANGET!!!
Jangan ragu2 untuk broadcast jika bermanfaat

Jgn tanya ya apakah sudah ku coba,krn sy masi mau hidup

6
Diskusi Umum / Karaniya metta sutta
« on: 12 February 2013, 12:21:15 PM »
 _/\_

adakah yg bisa membantu saya,Benarkah Karaniya metta sutta langsung di babarkan oleh Sang Buddha seperti  Ratana sutta, dalam kejadian apa Karaniya metta sutta di babarkan, saya suka mendengarkan Karaniya metta sutta jika lagi galau,pertanyaan ini di tanya kan teman kantor saya yg beragama kr****n & dia tertarik untuk mendengarkannya,dia bertanya saya gak bisa menjawab,bantu saya tuk memberi jawaban yg benar ya,please  ^:)^

7
Diskusi Umum / cuci darah gratis
« on: 27 December 2012, 01:38:01 PM »
Cuci darah gratis di RS Puri Indah tgl.7-10 Januari'13.. Please Share , info ini sangat berarti bagi yg membutuhkan..terimakasih

8
Tahukah anda mengapa ajaran Buddha dikatakan selaras dengan ilmu pengetahuan?

Sebabnya antara lain:

1. Ajaran Buddha tidak bertumpu pada keyakinan namun pembuktian dan pengalaman langsung.

2. Tidak ada konsep dalam Sains yang ditolak atau ditentang oleh ajaran Buddha, seperti Fakta Evolusi Darwin menurut Biologi (ilmu pengetahuan) tidak ditolak oleh Buddhis, Alam Semesta tercipta dari Gravitasi (bentuk Energi, tidak diciptakan dan tidak dimusnahkan, hanya berubah-ubah) seperti kata Stephen Hawking.

3. Bersifat Universal, ajaran Buddha berlaku bagi siapa saja baik beragama maupun tidak beragama, bahwa setiap manusia menginginkan kebahagiaan dan caranya dapat dilakukan siapa saja tanpa terikat LABEL AGAMA. Sama seperti Ilmu Pengetahuan bersifat Universal.

4. Cara berpikir Buddhis sama seperti Sains, Ilmu Pengetahuan. Jangan diterima apabila belum dibuktikan.

9
Studi Sutta/Sutra / 22 (2) Jangka Waktu,Samyutta Nikaya 5
« on: 16 November 2012, 11:22:32 AM »
  _/\_Apakah sebab dan alasan mengapa Dhamma sejati tdk bertahan lama setelah seorang Tathagata mencapai Nibbana akhir?
Krn empat landasan perhatian tdk di kembangkan dan di latih maka Dhamma sejati tdk bertahan lama setelah seorang Tathagata mencapai Nibbana akhir

yg jadi pertanyaan saya,hanya krh itu kah,apakah tdk ada hubungannya perpecahan dalam agama buddha yg terbentuknya banyak aliran,thanks  _/\_

10
apakah maksud bagian ini ya
79 (9) Waktu yang Salah
… “Demikian pula, para bhikkhu, hanya sedikit makhluk-makhluk
yang menghindari makan di waktu yang salah. Tetapi banyak sekali
yang tidak menghindari makan di waktu yang salah….“
apakah maksudnya jam 6 musti sarapan,jam 12 hrs mkn siang,jam 6 musti makan malam,wkt jam makan bukankah sesuai kebutuhan kita,kecuali yg krj kantoran ya,musti jam 12,krn itu jam yg sudah di tetapkan (sy si sering langgar  ;D)
85 (5) Daging
… “Demikian pula, para bhikkhu, hanya sedikit makhluk-makhluk
yang menghindari menerima daging mentah. Tetapi banyak sekali
yang tidak menghindari….“
86 (6) Gadis-gadis
… “Demikian pula, para bhikkhu, hanya sedikit makhluk-makhluk
yang menghindari menerima perempuan dan gadis. Tetapi banyak
sekali yang tidak menghindari….“
91 (1) Lahan
… “Demikian pula, para bhikkhu, hanya sedikit makhluk-makhluk
yang menghindari lahan dan tanah. Tetapi banyak sekali yang tidak
menghindari….“
92 (2) Membeli dan Menjual
… “Demikian pula, para bhikkhu, hanya sedikit makhluk-makhluk
yang menghindari tindakan membeli dan menjual Tetapi banyak sekali
yang tidak menghindari….“
93 (3) Pesan
… “Demikian pula, para bhikkhu, hanya sedikit makhluk-makhluk
yang menghindari tindakan menyampaikan pesan dan menjadi pesuruh.
Tetapi banyak sekali yang tidak menghindari….“
itu dulu dhe,gak terpikir sama sekali maksudnya apa ya,thanks

11
Studi Sutta/Sutra / 22 (2) Indria Kehidupan,Samyutta Niakya 5
« on: 24 October 2012, 12:37:14 PM »

 _/\_Benar tdk kesimpulan ku tentang Banci & Tomboy

ada tiga indria ini. Apakah tiga ini? Indria keperempuanan,
indria kelaki-lakian, indria kehidupan. Ini adalah tiga indria

indria keperempuanan mengendalikan
keperempuanan (yaitu, menentukan ciri keperempuanan dari
seorang perempuan); dan indria kelaki-lakian mengendalikan
kelaki-lakian.
Kalau banci berarti  indria kelaki-lakian mengendalikan keperempuan
Kalau tomboy berarti indria keperempuanan mengendalikan kelaki-lakian. _/\_


12
53 Para Deva Awan Dingin
Di Sāvatthī…. Sambil duduk di satu sisi, bhikkhu itu berkata pada Sang
Bhagavā “Yang Mulia, apakah sebab dan alasan mengapa hari kadangkadang
menjadi dingin?”
“Ada, Bhikkhu, apa yang disebut deva awan-dingin. Ketika mereka
berpikir, ‘Mari kita bersuka-ria melakukan apa yang kita senangi,’293
maka, sesuai dengan keinginan mereka, hari menjadi dingin. Ini,
bhikkhu, adalah sebab dan alasan mengapa hari kadang-kadang
menjadi dingin.”
Para Deva Awan-Hangat,Para Dewa Awan-Badai,Para Deva Awan-Angin,Para Deva Awan-Hujan

apakah perubahan suhu di luar ruangan bukan karena cuaca,melainkan krn deva

berarti yg di klenteng2 yg memuji para deva gak bohong,emang ada,seperti dewa tanah,dewa api,dewa obat,dewi jodoh

ngacau gak si kesimpulan ku ini  :-? :-?



13
Di Sāvatthī…. Sambil duduk di satu sisi, bhikkhu itu berkata kepada
Sang Bhagavā:
“Yang Mulia, dikatakan, ‘pembabar Dhamma, pembabar Dhamma.’
Bagaimanakah, Yang Mulia, seseorang menjadi seorang pembabar
Dhamma?”222
“Bhikkhu, jika seseorang mengajarkan Dhamma dengan tujuan
untuk memperoleh kejijikan terhadap bentuk, untuk peluruhan dan
lenyapnya, maka ia dapat disebut sebagai seorang bhikkhu yang
adalah pembabar Dhamma. Jika seseorang berlatih dengan tujuan
untuk memperoleh kejijikan terhadap bentuk, untuk peluruhan dan
lenyapnya, maka ia dapat disebut sebagai seorang bhikkhu yang
berlatih sesuai dengan Dhamma. Jika, melalui kejijikan terhadap
bentuk, melalui peluruhan dan lenyapnya, ia terbebaskan melalui
ketidakmelekatan, maka ia dapat disebut sebagai seorang bhikkhu
yang mencapai Nibbāna dalam kehidupan ini juga.
“Bhikkhu, jika seseorang mengajarkan Dhamma dengan tujuan
untuk memperoleh kejijikan terhadap perasaan … persepsi … bentukanbentukan
kehendak … kesadaran, untuk peluruhan dan lenyapnya,
maka ia dapat disebut sebagai seorang bhikkhu yang adalah pembabar
Dhamma. Jika seseorang berlatih dengan tujuan untuk memperoleh
kejijikan terhadap kesadaran, untuk peluruhan dan lenyapnya, maka
ia dapat disebut sebagai seorang bhikkhu yang berlatih sesuai dengan
Dhamma. Jika, melalui kejijikan terhadap kesadaran, [164] melalui
peluruhan dan lenyapnya, ia terbebaskan melalui ketidakmelekatan,
maka ia dapat disebut sebagai seorang bhikkhu yang mencapai Nibbāna
dalam kehidupan ini juga.”

Yang saya mau tanyakan adalah,apakah Dhammaduta,Pandita,para adik2 yg membantu di sekolah minggu vihara,termasuk dalam pembabaran Dhamma,oh ya Dhammacitta juga termasuk gak,atau hanya tuk Bhikkhu

14
 _/\_ mau tanya dong ,ini adalah ringkasan yg sy buat dari hasil bacaan saya tentang Samyutta Nikaya 3,58 (6) Yang Tercerahkan Sempurna,pfd hal 94


Yang Tercerahkan Sempurna adalah yang terbebaskan oleh ketidakmelekatan
melalui kejijikan terhadap bentuk, melalui peluruhan dan lenyapnya.

terbebaskan melalui kebijaksanaan adalah terbebaskan oleh kebijaksanaan, terbebaskan oleh ketidakmelekatan melalui kejijikan terhadap bentuk, melalui peluruhan dan lenyapnya

Yang Tercerahkan Sempurna adalah Yang Tercerahkan Sempurna, yang terbebaskan oleh ketidakmelekatan melalui kejijikan terhadap perasaan … persepsi … bentukan-bentukan kehendak, kesadaran, melalui peluruhan [66] dan lenyapnya

terbebaskan melalui kebijaksanaan adalah Seorang bhikkhu yang terbebaskan oleh kebijaksanaan, terbebaskan oleh ketidakmelekatan melalui kejijikan terhadap perasaan … persepsi … bentukan-bentukan kehendak … kesadaran, melalui peluruhan dan
lenyapnya

perbedaan antara Sang Tathāgata, Arahanta, Yang Tercerahkan Sempurna, dan seorang bhikkhu yang terbebaskan oleh kebijaksanaan

Sang Tathāgata, para bhikkhu, Sang Arahanta, Yang Tercerahkan Sempuna, adalah penemu jalan yang belum muncul sebelumnya, pembuat jalan yang belum dibuat sebelumnya, yang menyatakan jalan yang belum dinyatakan sebelumnya

Beliau adalah pengenal sang jalan, penemu sang jalan, yang terampil dalam jalan
para siswaNya sekarang berdiam dengan mengikuti jalan tersebut dan kemudian memilikinya.

Yang jadi pertanyaan saya adalah,Jika seorang Arahanta,apakah tingkat kesuciannya yg telah di capai  berbeda dengan Sang Tathagata dan Bhikkhu juga tingkat kesuciannya berbeda dengan Sang Tathagata,kalau dalam istilah dunia kerja sesuai dengan bidangnya dan Sang Tathagata adalah penguasaan segalanya,seperti itu bukan  :-?,mohon penjelasannya bagi yg ngerti,thanks  ;D

15
Diskusi Umum / Bhikkhun? Thullanand? jatuh dari kehidupan suci
« on: 18 September 2012, 09:06:51 PM »
Jubah
Pada suatu ketika Yang Mulia Mahākassapa sedang berdiam di
Rājagaha di Hutan Bambu, Taman Suaka Tupai. Pada saat itu Yang
Mulia Ānanda sedang melakukan perjalanan di Dakkhiṇāgiri bersama
dengan sejumlah besar para bhikkhu Saṅgha .293 Pada saat itu tiga
puluh bhikkhu – murid Yang Mulia Ānanda – sebagian besar dari
mereka adalah para pemuda, telah meninggalkan latihan dan kembali
ke kehidupan yang lebih rendah. [218]
Setelah Yang Mulia Ānanda mengembara di Dakkhiṇāgiri selama
yang ia inginkan, ia kembali ke Rājagaha, di Hutan Bambu, Taman
Suaka Tupai. Ia mendekati Yang Mulia Mahākassapa, memberi hormat
kepadanya, dan duduk di satu sisi, dan Yang Mulia Mahākassapa berkata
kepadanya: “Sahabat Ānanda, untuk berapa alasankah Sang Bhagavā
menetapkan aturan bahwa para bhikkhu tidak makan di antara para
keluarga dalam kelompok yang lebih dari tiga orang?”294
“Sang Bhagavā menetapkan aturan ini untuk tiga alasan, Yang Mulia
Kassapa: untuk mengendalikan orang-orang yang berperilaku buruk
dan demi kenyamanan bhikkhu-bhikkhu berperilaku baik, [dengan
niat,] ‘Semoga mereka yang berkeinginan buruk, dengan membentuk
kelompok, tidak melakukan perbuatan memecah-belah Saṅgha’; dan
karena bersimpati terhadap para keluarga.295 Untuk tiga alasan inilah,
Yang Mulia Kassapa, Sang Bhagavā menetapkan aturan ini.”
“Kalau begitu mengapa, Sahabat Ānanda, engkau mengembara
bersama para bhikkhu muda ini yang tidak terkendali indrianya, tidak
makan selayaknya, dan tidak berusaha untuk sadar? Seseorang akan
menganggap engkau berjalan menginjak-injak tanaman; seseorang
akan menganggap engkau mengembara dan menghancurkan para
keluarga. Pengikutmu berpencar, Sahabat Ānanda, para pengikut
mudamu bercerai-berai. Tetapi anak muda ini masih tidak mengetahui
kapasitasnya!”
“Rambut putih telah tumbuh di kepalaku, Yang Mulia Kassapa.
Dapatkah kami terbebaskan dari disebut anak-muda oleh Yang Mulia
Mahākassapa?”296 [219]
“Sahabat Ānanda, adalah karena engkau mengembara bersama
para bhikkhu muda ini, yang tidak terkendali indrianya … Tetapi anak
muda ini masih tidak mengetahui kapasitasnya!”
Bhikkhunī Thullanandā mendengarkan hal ini:297 “Guru
Mahākassapa menegur Guru Ānanda, sang bijaksana dari Videhi,
dengan menyebutnya anak-muda.” Kemudian, karena tidak senang
akan hal ini, ia mengungkapkan ketidaksenangannya sebagai berikut:
“Bagaimana mungkin, Guru Mahākassapa, yang sebelumnya adalah
pengikut sekte lain,298 berpikir untuk menegur Guru Ānanda, sang
bijaksana dari Videhi, dengan menyebutnya anak-muda?”
Yang Mulia Mahākassapa mendengar bhikkhunī Thullanandā
mengungkapkan pernyataan ini dan berkata kepada Yang Mulia
Ānanda: “Sahabat Ānanda, Bhikkhunī Thullanandā pasti membuat
pernyataan ini secara kasar, tanpa pertimbangan. Karena sejak
aku mencukur rambut dan janggut, mengenakan jubah kuning, dan
meninggalkan kehidupan rumah tangga dan menjalani kehidupan
tanpa rumah, aku tidak ingat pernah mengakui guru selain Sang
Bhagavā, Sang Arahanta, Yang Tercerahkan Sempurna.
.....Tetapi Bhikkhunī Thullanandā jatuh dari kehidupan suci

yg jadi pertanyaanku adalah,napa bisa Bhikkhuni Thullanada ada diantara percakapan Yang Mulia Mahakassapa dengan Yang Mulia Ananda kan gak di sebut di antara rombongan itu ada bhikkhuni n apakah Yang Mulia Ananda telah mencapai arahat saat itu

Pages: [1] 2
anything