//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Beberapa Aturan dalam Bahasa Indonesia  (Read 37918 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Beberapa Aturan dalam Bahasa Indonesia
« Reply #30 on: 13 January 2013, 11:48:50 AM »
semua kata "Anda" dalam buku itu dalam huruf besar.
jadi dalam semua kalimat,
baik di awal kalimat pakai "Anda"
di tengah kalimat juga pakai "Anda"
jadi ada puluhan, ratusan kata "Anda" dalam 1 buku

NB: terjemahannya bagus, bahasanya juga lancar
cuma bingung sama "Anda" nya aja

Kemungkinan ini adalah kata sapaan langsung kepada orang kedua, seperti halnya di surat kita penyapa penerimanya dengan Bapak / Ibu, juga diawali dengan huruf kapital.

Seingat gw, ini ada pedomannya dalam EYD.  Dulu sebelum ngambll skripsi biasanya ada pengantar mata kuliah / kelas singkat tentang bahasa Indonesia khususnya untuk penulisan / bahasa tertulis.
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.563
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Beberapa Aturan dalam Bahasa Indonesia
« Reply #31 on: 13 January 2013, 11:50:44 AM »
ternyata memang itu sesuai tata bahasa indonesia

15.   Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama kata ganti Anda.
Misalnya:
Sudahkah Anda tahu?
Surat Anda telah kami terima.

sumber: http://id.wikisource.org/wiki/Pedoman_Umum_Ejaan_Bahasa_Indonesia_yang_Disempurnakan_(1987)/Bab_II

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Beberapa Aturan dalam Bahasa Indonesia
« Reply #32 on: 13 January 2013, 12:01:05 PM »
itu versi 87 yah??
kalo udah tahun 2013, apa gak kemungkinan mengalami perubahan??
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.563
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Beberapa Aturan dalam Bahasa Indonesia
« Reply #33 on: 13 January 2013, 12:08:26 PM »
itu versi 87 yah??
kalo udah tahun 2013, apa gak kemungkinan mengalami perubahan??


terakhir ada edisi 2009 masih sama

ref: http://id.wikisource.org/wiki/Pedoman_Umum_Ejaan_Bahasa_Indonesia_yang_Disempurnakan#F._Huruf_Kapital

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Beberapa Aturan dalam Bahasa Indonesia
« Reply #34 on: 13 January 2013, 09:09:08 PM »
ternyata memang itu sesuai tata bahasa indonesia

15.   Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama kata ganti Anda.
Misalnya:
Sudahkah Anda tahu?
Surat Anda telah kami terima.

sumber: http://id.wikisource.org/wiki/Pedoman_Umum_Ejaan_Bahasa_Indonesia_yang_Disempurnakan_(1987)/Bab_II
seingatku itu memang aturan bindo, ternyata memang benar.

kalo kata sapaan "Para bhikkhu, Aku akan mengajarkan kepada kalian tentang ... " ini sering sekali di awal sutta, Sang Buddha menyapa para bhikkhu, apakah bhikkhu ditulis dengan huruf kecil?
atau seharusnya "Para Bhikkhu" ?
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Beberapa Aturan dalam Bahasa Indonesia
« Reply #35 on: 20 January 2013, 05:47:25 PM »
Wikipedia:Pedoman penulisan tanggal dan angka
  • Angka dipakai untuk menyatakan lambang bilangan atau nomor. Ditulis dengan angka Arab atau Romawi.
  • Angka dipakai untuk menyatakan ukuran panjang, berat, luas, isi; satuan waktu; nilai uang; dan kuantitas.
  • Angka dipakai untuk melambangkan nomor jalan, rumah, apartemen, atau kamar pada alamat.
  • Angka dipakai untuk menomori bagian karangan dan ayat kitab suci.
  • Penulisan lambang bilangan dengan huruf secara umum dipisahkan antar tiap bagian dan awalan "per-" (untuk pecahan) digunakan menyatu dengan bagian yang langsung mengikutinya.
  • Lambang bilangan tingkat dituliskan dengan tiga cara: angka Romawi, tanda hubung antara "ke-" dan angka, atau dirangkai jika angka dinyatakan dengan kata.
  • Lambang bilangan yang mendapat akhiran "-an" ditulis dengan tanda hubung antara angka dan "-an" atau dirangkai jika angka dinyatakan dengan kata.
  • Lambang bilangan pada awal kalimat ditulis dengan huruf. Jika perlu, susunan kalimat diubah.
  • Angka yang menunjukkan bilangan utuh besar dapat dieja agar mudah dibaca.
  • Bilangan tidak perlu ditulis dengan angka dan huruf sekaligus, kecuali dalam dokumen resmi seperti akta dan kuitansi. Jika dituliskan sekaligus, penulisan harus tepat.
  • Awalan "ke-" tidak dipisah pada bilangan yang menyatakan jumlah dan pada bilangan ordinal. Misalnya: Keempat anak tersebut sedang bersenang-senang. Ia adalah anak kesatu.

Contoh:
Jika ditulis dengan angka Arab, bilangan ditulis diawali dengan ke-. Jika ditulis dengan angka Romawi, bilangan ditulis sendirian.
Benar: abad kesebelas, abad ke-11, abad XI
Salah: abad ke sebelas, abad ke-sebelas, abad 11, abad ke 11, abad ke-XI, abad ke XI

Penulisan tahun
Benar: 1960-an
Salah: 1960an

http://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Pedoman_penulisan_tanggal_dan_angka
« Last Edit: 20 January 2013, 05:55:17 PM by hemayanti »
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

 

anything