//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - hikma

Pages: [1]
1
Perkenalan / Re: Lahir&besar ka****k.Memilih Buddha
« on: 18 September 2020, 03:43:19 PM »
tentu 4 kebenaran mulia....
 _/\_


Nammo Sanghyang AdiBuddhaya,

Nammo Buddhaya,

Menurut saya, garis besar agama buddha , u perumah tangga adalah

Saddha , sila, dana

Bukan cattari ariya saccani.

Dengan alasan,
silani suggati yanti, sila yg menuntun seseorang (perumah tangga) lahir di surga.
Dana yg menuntun seseorang lahir di keluarga yg berkecukupan
Saddha yang menuntun seseorang perumah tangga lahir di keluarga yg memiliki keyakinan.
Silani bogasampada, sila yg membersihkan ucapan dan perbuatan, sehingga seorang perumahtangga hidup bahagia dengan mata pencarian yg benar.

Ini lebih penting dan pokok, daripada belajar catari ariya saccani.

Untuk umat buddha yg dahulu berasal dari agama lain, hendaknya
1.tidak sinkritis, belajar yg baru, tidak boleh dicampur dengan pandangan agama yg lama.
   Sedikitpun tidak boleh. Contoh orang yg suka sinkritis dengan agamanya yg terdahulu adalah
   Bhikhu utaxxxxxmo dari blixxxxxtar.
   Nanti saya tunjukan , bagian yg sinkritis dari ceramahnya.
2.orang yg sinkritis, ciri tidak memiliki saddha.disini tidak menemukan jawaban, disana dia cari jawabnya.
3.semua masa lalu bersama agama yg lama, mesti di lepas, di masukan lemari di gudang saja.buku, simbol agama, foto, video, mp3, dsb
4.pilih salah satu agama buddha yg anda suka. Saya sarankan theravada.jangan sinkritis tantra dan theravada.


Hikma














2
Bagi rekan rekan yg belajar thedavada, jangan belajar tantra.selesaikan dulu theravadanya sampai selesai daripada campur, tetapi tidak karuan jadinya.

Saya bisa memahami konsep ketuhanan dalam tantrayana, dari sudut pandang theravada, tetapi tidak semua tantra baik untuk pemula theravada.

u rekan rekan yg belajar tantra, saya merekomendasikan tidak campur dengan yoga hindu. Jadinya nyeleweng.demikian yg saya dengar dari bhikkhu jinapiya.


Hikma

3
Buddhisme untuk Pemula / Re: kosong adalah isi..isi adalah kosong..
« on: 29 August 2020, 07:03:54 PM »
buat temen2...aku ga ngerti kata2 "kosong adalah isi..isi adalah kosong" yang sering diucapkan oleh Tong Sam Cong dlm kera sakti..maksudnya apa ya?kalo boleh tau..ada tdk sumber valid dalam tripitaka yang menjelaskan ini??
trims..mettacitena  _/\_

Nammo Sanghyang Adi Buddhaya,

Menurut saya, dalam tradisi theravada, Buddha tidak pernah mengajarkan  seperti ini.
Menurut saya,
 kosong adalah berisi, adalah orang yang banyak bicara, tetapi pelaksanaannya kurang.
Berisi adalah kosong adalah orang yg giat berusaha namun sedikit bicara

Nammo Sanghyang Adibuddhaya,

Hikma

4
Nammo Sanghyang Adi Buddhaya,

Nammo Buddhaya,

Mulai besok selama sepekan, bagi murid senior perumahtangga
1.menjalankan sila abrahmacari ketat
2.ruang tidur pisah dengan istri atau suami
3.beritahu pasangan hidupnya sehingga tidak bertengkar.
4.sila abrahmacari yg saya minta, semua, lengkap.
5.tidak usah baca tulisan mengenai 5 sila.jalankan saja.
6.tetap samadhi malam seperti jadwal

Sepasang utusan cepat akan memberi hukuman berat bagi yg lalai via whatsapp.

Semoga lolos seperti yg lalu.

Nammo Sanghyang Adi Buddhaya,

Hikma.


Stop saja.mulai hari ini.kembali pada sila kamesumichacara saja.terimasih atas kesediaannya mengulang kembali.
maaf, semuanya gagal.

Tetap berlatih samadhi malam.


Hikma


5
Nammo Sanghyang Adi Buddhaya,

Nammo Buddhaya,

Mulai besok selama sepekan, bagi murid senior perumahtangga
1.menjalankan sila abrahmacari ketat
2.ruang tidur pisah dengan istri atau suami
3.beritahu pasangan hidupnya sehingga tidak bertengkar.
4.sila abrahmacari yg saya minta, semua, lengkap.
5.tidak usah baca tulisan mengenai 5 sila.jalankan saja.
6.tetap samadhi malam seperti jadwal

Sepasang utusan cepat akan memberi hukuman berat bagi yg lalai via whatsapp.

Semoga lolos seperti yg lalu.

Nammo Sanghyang Adi Buddhaya,

Hikma.

6
Nammo Sanghyang Adibuddhaya,

Nammo Buddhaya,

Tidak semua orang yg bertemu dengan saya , bisa maju dalam latihan samadhi.Banyak juga yg tidak mendapatkan apa apa.Jika hal demikian  terjadi pada anda,
1.tekun berlatih setiap malam.
2.kurangi membaca buku, sehingga pikiran tidak hyperaktif saat samadhi.
3.kurangi plesir ke tempat hiburan malam. Sabtu dan minggu libur samadhi, bukan berarti boleh mengunjungi tempat seperti itu.

Nammo Sanghyang Adibuddhaya,

hikma

7
Meditasi / Re: Mencapai Jhanna Tidak Sulit!
« on: 16 August 2020, 10:32:11 AM »
Ini adalah postingan pertama saya setelah sekian lama mengikuti dan memperhatikan forum DC ini. Salam kenal untuk semua rekan2 se-dharmma disini.

Tujuan saya membuat postingan ini adalah untuk memberikan informasi mengenai guru dan tempat yg baik untuk melaksanakan meditasi, karena saya melihat banyak teman2 se-dharmma yang selalu bertanya-tanya mengenai meditasi terutama masalah jhanna dan kelihatannya sering berputar-putar terus pada keadaan itu.

Hal ini mengingatkan saya ketika pertama kali saya tertarik akan meditasi dan berusaha untuk belajar dari guru2 agama, buku meditasi, para bhikkhu dan informasi lainnya, namun selama 6 tahun tidak ada satupun yg memuaskan rasa dahaga akan kebenaran mengenai meditasi itu. 
Apakah semua yg ditulis dalam buku2 pelajaran agama itu benar? Apakah ajaran Sang Buddha itu benar? Dan kenapa kelihatannya ajaran beliau  terlalu jauh di awang2. Apakah metode meditasi saya telah saya lakukan itu ada pada jalan yg benar? Pertanyaan2 yg demikianlah yang selalu berputar-putar dalam benak saya.


Ada anekdot seperti ini  yang beredar diantara kami sesama saudara seperguruan

Pertapaan Giri Mangalaram

Membuka berbagai jurusan :

- Jurusan  Jhanna I-IV = 1 bulan
- Jurusan Arupa Jhanna I-IV = 3 bulan
- Jurusan Sottapanna = 1 tahun
- Jurusan yang diatas itu = 3 tahun

Untuk mencapai rupa jhanna tidak terlalu sulit intinya hanya perlu "pergulatan batin" untuk ngendapkan bentuk-bentuk pikiran buruk (kemauan jahat, kemalasan, kebencian, kegelisahan dan keragu-raguan) dalam batin itu. 
Cara mengendapkan hal itu adalah dengan mengurangi banyak kontak indra dengan dunia luar, kadang2 walau dengan metode meditasi sederhana hal itu dapat di capai dalam jangka waktu 3 minggu.
Setelah batin tenang, jhanna I-III dapat dicapai dengan mudah, hanya sewaktu memasuki jhanna ke IV agak membutuhkan petunjuk guru.

Maka dikatakan mencapai jhanna itu tidak sulit, karena rata-rata sebulan sudah mampu mencapai itu dengan syarat, Guru dan tempat yang tepat serta didukung oleh 2 hal yaitu : Karma baik yang mendukung dan tekad yang kuat.  Hanya sesederhana itu.

Guru yang saya maksud adalah Bhante Suryabummi Maha Thera dan lokasinya berada di Tempat latihan meditasi & Vipasanna "Giri Mangalaram" Trawas, Mojokerto, Jawa Timur.

Dua kondisi yang saya sebut yaitu karma baik yang mendukung serta tekad yang kuat juga dibutuhkan. Mengapa demikian?
- Untuk tempat : Bhante pernah berkata, tempat beliau itu 'istimewa'.  'istimewa' kenapa dikatakan demikian? Konon orang yang tidak mempunyai hubungan karma dengan tempat itu paling lama tahan tinggal di sana selama 7 hari saja.
- Tekad yang kuat : Walau mempunyai karma baik yang mendukung kalau tidak niat untuk latihan dengan sungguh2, walau tinggal di sana selama 3 tahun juga tidak akan maju.


Jadi kalau anda berkesempatan untuk bertemu dan belajar kepada beliau di Trawas, serta karma baik anda cukup dan sungguh2 bertekad belajar untuk mencapai kemajuan batin, maka saya katakan "Mencapai Jhanna Tidak Sulit!"


. . . . . . . .


 _/\_


Nammo Sanghyang Adi Buddhaya,

Saya terdiam membaca tulisan ini. Karena penulisnya gambar bocah, saya bantu memperbaikinya.

Menurut saya, tidak benar ada jurusan program jhana 1 sd 4 di giri mangala.Bila ada murid yg mampu mencapainya,Bhante Surya tidak pernah mengumumkan secara terbuka.Hanya yg bersangkutan saja yg di beri tahu.Itu semua karena kebajikan dari murid itu di kehidupan sekarang dan kehidupan sebelum sekarang.

Menurut saya, bhante banyak merendah, tempat itu  memang istimewa, tetapi sepeninggal bhante Surya, tempat itu tidak ada bedanya dengan meditasi di rumah masing masing.

Dari tulisan di atas, jhana tidak sulit adalah kesimpulan dari penulis, juga dari bhante Surya.Menurut saya,  janganlah langsung melompat pada kesimpulan yg sama dengan bhante. Investigasi lebih baik.
Apa yg disampaikan bhante , tekad dan karma baik itu benar, 3 minggu itu benar, tetapi pelaksanaannya tidak sesederhana  bicara saja.

Nammo Sanghyang Adi Buddhaya,

Hikma







8
Nammo Sanghyang Adibuddhaya,

Nammo Buddhaya,

Meditasi adalah untuk memperbaiki sila.bukan untuk ketenangan atau kesadaran. Orang orang yg masih hidup di duniawi, selalu timbul pertentangan di dalam mata pencarian.untung atau rugi. Sehingga tidak bisa menjalankan sila dengan lengkap dan benar.Akibatnya samadhinya selalu diwarnai dengan kemajuan dan kemunduran.

Karena itu, untuk pemula, yg kehidupan sehari hari masih seperti itu, boleh tidak mengikuti program meditasi ini.tidak dihukum apapun.saya bisa memakluminya. Bila anda sudah siap untuk memperbaiki sila, bisa datang ke vihara giri mangala untuk samadhi anapanasati memperbaiki sila .sediakan waktu 1 sd 3 bulan. Masalah waktu tidak bisa ditawar.Saya akan menemani anda di giri mangala sampai selesai.

Nammo Sanghyang Adi Buddhaya,

Hikma


9
Diskusi Umum / Re: Pikiran bercahaya maksudnya apa?
« on: 14 August 2020, 11:07:28 AM »
%u201CBercahaya, para bhikkhu, pikiran ini, tetapi dikotori oleh kekotoran dari luar. Kaum duniawi yang tidak terpelajar tidak memahami hal ini sebagaimana adanya; oleh karena itu Kukatakan bahwa bagi kaum duniawi yang tidak terpelajar tidak ada pengembangan pikiran.%u201D (AN 1.51)

Pikiran bercahaya disini maksudnya apa?  _/\_

Nammo Sanghyang Adi Buddhaya,

Menurut saya, demikian yg saya dengar dari alm bhikkhu jinapiya,

Pikiran itu awalnya bersih, kemudian kotor karena pengaruh lingkungan, orang di sekitar nya.
Kenapa bercahaya itu disebut bersih.lawan dari bercahaya adalah gelap, kotor, kumuh.
Barang yg dibersihkan selalu bercahaya, barang yg kotor selalu tampak kusam, dekil, tidak bercahaya.

Pikiran kotor karena meniru orang disekitarnya, yg prilakunya salah.

Pengembangan pikiran adalah pandangan atau pengertian benar. Banyak membaca sutta, berdiskusi dhamma, mendengarkan ceramah di youtube.

Note,
Bhikhu jinapiya adalah salah satu dari bhikkhu awal di sangha agung.
Ada 3 bhikkkhu di awal sangha berdiri, alm bhikkhu jinarakhita, bhikkhu jina dhammo dan alm bhikkhu jinapiya.Bhikkhu jinadhammo bisa dilihat di youtube.

Namo Sanghyang Adi Buddhaya,

Hikma

10
Nammo Sanghyang Adi Buddhaya,

Sekilas sy baca , ada perbaikan jalan mulia berunsur delapan

Pandangan benar, pengertian benar , ucapan benar, perbuatan benar,  mata pencarian benar,  daya upaya benar, perhatian benar, samadhi benar.

no 1,2 panna
No 3,4,5 sila
No 6,7,8 samadhi.

Nammo Sanghyang Adi Buddhaya,

Hikma

11
Nammo Sanghyang Adi Buddhaya,

Kepada rekan rekan, diharap mematuhi kegiatan meditasi bersama tiap malam di rumah masing masing.saya mengerti saya bukan bhante Surya. Saya juga mengerti, tidak ada pesan untuk terus melatih diri dari bhante Surya.Namun saya selaku pengawas vihara girimangala, setelah bhante meninggal, berkewajiban u menjaga mereka, murid murid  yg sedang dalam proses pelatihan meditasi.karena itulah program ini diadakan.
Sebelumnya , maaf jangan marah dengan hukuman yg anda dapat pagi ini.malam ini lalai , tidak meditasi, hal yg sama akan anda dapatkan besok pagi.

Demikian seterusnya sampai hari jumat,

Untuk pemula, saya lepaskan , tidak dihukum apapun, berlatihlah teratur sehingga bisa maju.

Nammo Sanghyang Adi Buddhaya

Hikma



12
Nammo Sanghyang Adi Buddhaya,

Nammo Buddhaya,

Daripada hidup 100 tahun tetapi tidak mampu menjalankan dhamma dengan sungguh sungguh, lebih baik hidup sehari, tetapi mampu menjalankan dhamma dengan sungguh sungguh.

Bagi rekan rekan , murid bhikkhu Dharma Surya Bhumi, vihara girimangala trawas mojokerto, yg berdomisili di jakarta dan sekitarnya,bandung dan sekitarnya, surabaya dan sekitarnya,,sidoarjo, mojosari, mojokerto, bali diharap melakukan meditasi bersama

Jam . 20.00 sd 21.00 wib
Tempat di rumah masing masing
Tiap hari samadhi,
sabtu,minggu, tanggal merah, libur samadhi
Makan terakhir jam 18.00 sore
Anapanasati, atau apa saja yg diajar mendiang bhante Surya Bhumi.

Sebelum samadhi, membaca
        Namakara gatha, penghormatan kepada tisarana

Yg group, 1 rumah bisa samadhi bersama di cetiya atau ruang samadhi di rumah.
yg pemula, ikut saja , tidak ada hukuman apapun.

Yg lalai, batinnya mengalami kemunduran, akan di hukum berat sampai batinnya normal .
Yg nyeleweng jauh akan dihukum sangat berat sampai batinnya normal

Yg tidak lalai, diharap pandai menjaga ketenangan samadhinya sepeninggal bhante.
Jam19.00 wib, sepasang utusan cepat akan mengirimkan kabar whatsapp.
Tinggalkan semua pekerjaan yg tidak penting, bersih bersih , segera samadhi.
Tidak ikut samadhi, beri alasan yg tepat via sepasang utusan cepat atau dihukum berat.

saya berharap rekan rekan mau memperhatikan chat sepasang utusan cepat, tidak main main dan tekun melatih samadhi setiap hari.

Nammo Sanghyang Adi Buddhaya


Hikmabudhi
Bali.
Koordinator pengawas

U moderator terima kasih atas bantuannya

13
Diskusi Umum / Re: Tuhan mempunyai batin/kesadaran
« on: 10 August 2020, 07:44:51 PM »
Salah postkng

14
Nammo sanghyang adi buddhaya

Diskusi secara umum sesuai dengan Buddhisme (Theravada & Mahayana) yang meyakini
3. Jalan Mulia Berunsur 8

Ini saya temukan tidak sengaja di posting aturan main by sumedho.

Apakah agama untuk hidup sama dengan keyakinan terhadap jalan mulia berunsur 8.

Bapak ibu,para upasaka upasika, demikian yg saya dengar
Jalan mulia berunsur 8, dimulai dari pandangan benar, pengertian benar, pikiran benar, ucapan benar, mata pencarian benar, daya upaya benar, perhatian benar dan samadhi benar

No 1 2 adalah pannna, no 3 4 5 adalah sila no 6 7 8 adalah samadhi.

Karena
Umat budddha memiliki pemahaman yg brrbeda dalam belajar, kemudian tidak belajar agama dalam format yg terstruktur, serta kurangnya keyakinan, jadilah campur campur, dalam arti pannna melatih sila, sila bisa menimbulkan pannna, samadhi bisa melatih sila, dsb

Apakah agama untuk hidup sama dengan keyakinan terhadap jalan mulia berunsur 8, menurut saya tidak sama.orang yg mengajarkan agama untuk hidup,
       Selaku dipenuhi keraguan
       Tidak berani mengambil keputusan dalam agama
      Selalu  menggunakan agama untuk kehidupan
Akibatnya
      Jalan mulia berunsur 8 yg dilatih oleh orang itu berubah menjadi jalan kehidupan berunsur 8.
Ini sangat berbahaya, tanpa disadari mereka yg menggunakan agama u hidup, sudah berjalan di jalan yg salah.

Bagaimana dengan hidup untuk agama,
       1.hidup dengan keyakinan menjalankan agama
       2.melatih pannna, sila dan samadhi sebisa mungkin
       3.tidak mencampur agama dengan kehidupan, apalagi menggunakan agama u kehidupan sesuai apa yg disampaikan pak bhikkhu uttamo blitar.

hidup u agama adalah ciri dari keyakinan jalan mulia berunsur 8

Nammo sanghyang adi buddhaya,

Hikmabuddhi

15
Nammo sanghyang adi buddhaya,

Sumber . Agama untuk hidup , bhikkhu uttamo blitar, pannadhika channel, youtube, 2020.

dalam sumber di atas, bhikku uttamo menjelaskan,
1. Agama bisa dipadankan sebagai ageman , bhs jawa , yg berarti pakaian
2.menurut pak bhikkhu, sy biasa memanggil demikian, bukan panggil pak bhante,
    Agama, ageman itu adalah untuk hidup, bukan hidup untuk agama atau ageman.
3.menurut pak bhikkhu, jika agama untuk hidup, maka itu sangat berbahaya, akan menjadi menyalahkan yg lain, menganggap dirinya sendiri yg paling benar.


Menurut saya,
1.pak bhikkhu utamo salah semuanya
2. Agama memang benar berasal dari ageman, pakaian , bhs jawa
3. Hidup tidak berpakaian, sama dengan malu didepan orang lain.
4.agama u hidup adalah pandangan salah.ciri dari keragu raguan, tidak pernah mengambil keputusan.
Ini sangat berbahaya, jika angin kehidupan bertiup ke barat, dia ikut kebarat, meninggalkan ajaran agama di timur.
5.hidup adalah u agama, ageman, u pakaian.
Ini yg benar, terlepas dari contoh yg ekstrem yg disampaikan pak bhikku uttamo.
Apakah hidup u agama, menurut dhamma, hidup u agama adalah
       5.1 hidup u menambah keyakinan
       5.2 hidup u memperbaiki sila
       5.3 hidup u mdngembangkan dana
       5.4 hidup u membuat jalan ke surga
Jika hidup tidak memiliki keyakinan, tidak memperbaiki sila, dst , itu sama dengan hidup tidak berpakaian, malu di hadapan orang lain.
Jika pak bhikkhu uttamo tidak sanggup menjalankan hidup u agama dalam kerangka yg benar,
Berhentilah membalik fakta mengajarkan agama u hidup, yg sangat berbahaya bagi pemula yg baru belajar agama buddha. Jika mereka mengikuti kata kata salah pak bhikkhu uttamo, apa yg akan mereka lakukan....
Mereka akan hidup penuh keraguan, tidak mau mengambil keputusan, dan selalu merubah ajaran agama u kehidupan, sesuai dengan filosofi agama u hidup.mereka tidak pernah memikirkan, tanpa agama, ageman,,pakaian mereka akan malu dihadapan orang lain.
sadarlah pak bhikkhu uttamo, jangan membalik fakta terlalu dalam

Nammo sanghyang adi buddhaya,

Hikmabudhi

Bagi yg ingin diskusi malam, sy online jam 09.00 wita.
 

Pages: [1]