//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - seniya

Pages: 1 ... 220 221 222 223 224 225 226 [227] 228
3391
Theravada / Re: Cara Yang Sesuai Untuk Penyebaran Dhamma
« on: 27 February 2010, 06:28:32 PM »

Adalah suatu keuntungan jika orang melihat perilaku kita yang baik dan mau tahu tentang Ajaran Buddha. Tetapi adalah kerugian bagi seseorang yang berbuat baik hanya karena ingin menyebarkan "Agama Buddha", karena perbuatan baiknya menjadi kecil nilainya, dan dengan perbuatannya itu sendiri ia merendahkan Buddha-dhamma.

Setuju, bro, itu namanya "ada udang dibalik batu"......

3392
Theravada / Re: Cara Yang Sesuai Untuk Penyebaran Dhamma
« on: 26 February 2010, 03:40:22 PM »
 [at] johan:
Wkwkwkwk.... Lucu, tp bkn begitu maksudny, d sini sy cuma memberi cth bhw perilaku nyata dr umat Buddha sendiri yg sesuai dg Dhamma itu adl cr yg sesuai utk memperkenalkan Dhamma. Tentu bnyk perilaku sesuai Dhamma yg lain,tdk hrs jd "penyedia jasa pembersihan lingkungan". Itu kan cuma cth,dan tdk seharusny dmaknai scr harfiah,melainkan diambil pelajaran moralny. Thx

3393
Theravada / Re: Cara Yang Sesuai Untuk Penyebaran Dhamma
« on: 26 February 2010, 01:25:38 PM »
Menurut sy,penyebaran Dhamma yg terbaik adl dg menunjukkan perilaku yg sesuai Dhamma dlm kehidupan sehari2,shg org2 non-Buddhis maupun Buddhis awam/KTP tertarik utk mengenal Dhamma (tentu saja menyebarkan Dhamma utk non-Buddhis tdk utk menambh pengikut spt para evangelis,tetapi agar mrk lbh kenal agama Buddha & tdk salah paham bhw agama Buddha itu berhala,tahayul,atheis,dst).

Cth yg paling nyata bs dcth dr para Dharmaduta aliran Maitreya d Korea (sy tau bhw para Theravadin d sini ad yg mengecam aliran Maitreya & sejenisny krn tdk sesuai dg ajaran B.Gotama dlm Tipitaka Pali,ttp tdk dpt dpungkiri bhw aliran tsb jg ad sisi baik yg mgkn kt cth & ini tdk dmaksudkn utk memancing perdebatan ttg aliran ini)

Seorg Dharmaduta aliran Maitreya diutus pimpinan aliranny utk menyebarkan ajaran mrk k Korea. Org itu tdk fasih berbhs Korea. Ia mendptkan sebuah rmh kecil d sebuah gang yg penuh perumahan penduduk,seorg diri ia tinggal d sana yg jg djadikan vihara. Mulany ia tdk menyebarkan agama br tsb,hny tiap pagi2 skali sehabis berdoa,membersihkan vihara,lalu membersihkan daerah gang tsb yg selama ini jarang dbersihkan penduduk d sana. Org2 menjd heran krn tiap pagi menemukan lingkungan mrk lbh bersih dr keadaan malam sebny. Stlh dselidiki,ternyata tetangga br mrk yg tdk bnyk bicara tsb yg melakukanny. Akhirny melihat perbuatan baik si org br tsb,org2 menjd tertarik utk mengetahui agama br yg ia bw. Demikianlah lama-kelamaan aliran Maitreya dpt berkembang d Korea.

Jd,Dhamma bkn utk dbicarakan,ddiskusikan,apalagi dperdebatkan,melainkan praktek Dhamma-lah yg terpenting,spt ungkapan "Less talk,more action"

3394
Theravada / Pembahasan 45 tahun Sang Buddha
« on: 26 February 2010, 12:25:25 PM »
Pembahasan dari thread ini: http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,15156.msg245107.html
Anumodana,sdr. Indra.
Kalau bs dbuat dlm bentuk pdf jg donk,agar bs d download & dbaca scr offline.

3395
Studi Sutta/Sutra / Re: Sutta dongeng???
« on: 26 February 2010, 07:31:10 AM »
O ya,mengenai susunan DN,aliran Theravada menempatkan Brahmajala Sutta sbg sutta pertama,namun aliran lain yg berbasis kitab Agama yg sejenis (kalau tdk salah Sarvastivada) Dirgha Agama nya bkn Brahmajala Sutta yg pertama. Jd,sptny susunan kitab DN bkn dtentukan pd Konsili Pertama (kalau pun sudah dtentukan tp blm final),namun mgkn ms2 sesudah perpecahan sektarian.

3396
Studi Sutta/Sutra / Re: Diamond Sutra dan Hinayana
« on: 25 February 2010, 08:28:06 PM »
Dalam Bab III dari Saddharmapundarika Sutra, dikatakan Sravaka bukanlah jalan terakhir, maka pengetahuan itu diperbaharui dan kemudian dinyatakan Sariputra akan menjadi Tathagata di kemudian hari bernama Padmaprabha.

Ya, saya tahu akan hal tersebut.....
Menurut saya hal tsb bukan untuk merendahkan pencapaian Arahat, namun menyiratkan bahwa sesungguhnya Arahat dan Pacceka Buddha juga adalah seorang Samma Sambuddha yang pencapaian Pencerahan/Nirvana-nya sama dan setara, tidak berbeda.

3397
Studi Sutta/Sutra / Re: Sutta dongeng???
« on: 25 February 2010, 12:45:01 PM »
 [at] dhammasiri:
Thx atas penjelasanny yg cukup jelas & dpt dterina dg baik.

 [at] indra:
Memang susunan dlm Digha nikaya tdk menunjukkan urutan kronologis,ttp menunjukkan pengelompokan atas sutta2 yg memiliki pokok pikiran sejenis spt yg djelaskan sdr. Dhammasiri.

3398
Studi Sutta/Sutra / Re: Diamond Sutra dan Hinayana
« on: 25 February 2010, 12:02:24 AM »
Sy ingin memberi pendpt pribadi sy:
Istilah hinayana (hina = rendah) sbg lawan dr mahayana (maha= besar/agung) tdklah tepat krn lawan kt maha bkn hina,tetapi cula (kecil). Pd awalny mahayana adl istilah yg dgunakan utk menunjuk pd jalan pencerahan yg dtempuh para bodhisattva (yaitu menjd samma sambuddha). Yana/kendaraan lain adl sravakayana (jalan kearahatan) & pratyekabuddhayana (jalan paccekabuddha). Jd mahayana/bodhisattvayana duluny bkn nama aliran. Bibit2 mahayana sudah tampak pd berbagai kanon buddhis awal/pali spt buddhavamsa & jataka yg menggambarkan perjalanan karir bodhisatta gotama. Jika teks buddhis awal hny menggambarkan jalan bodhisatta sbg jalan yg mulia tp sulit & lama (butuh wkt berkalpa2 tak terhitung) shg tdk dianjurkan bg yg ingin segera bebas dr samsara,mk teks2 sanskerta mengembangkan lbh jauh jalan ini dg menggbrknny sbg jalan mulia yg bs menyelamatkan bnyk makhluk terlepas dr sulit & lamany.

Mulany tdk ad yg namany aliran mahayana,tetapi yg ad hanya perbedaan tujuan akhir. Para bhikkhu dlm aliran buddhis awal (yg bercita2 pd jalan kearahatan spt sthraviravada/theravada,sarvastivada,dst) ad yg menganut pandangan mahayana,yaitu tdk ingin jd arahat,melainkan ingin melanjutkan perjalanan dlm samsara utk melaksanakan paramita guna menjd buddha. Lama2 ini menjd tren kemudian menjd aliran tersendiri dg teks2 kitab suci yg mendukung cita2/jalan/yana tsb.

Namun demikian,para mahayanist yg fanatik berlebihan memandang 2 yana lain sbg jalan yg rendah & hrs dhindari shg muncul istilah hinayana. Hal ini pun "menyusup" dlm kitab2 mahayana shg kt membaca bnyk sutra mahayana yg merendahkan 2 yana lain.

Namun sesungguhny jk kt membaca saddharmapundarika sutra/lotus sutra,kt tahu bhw ketiga yana pd dasarny sama,sama2 menuju nirvana yg sama,tdk ad yana yg lebih tinggi/rendah,sama2 bs menyelamatkan bnyk makhluk. Yg dmaksud hinayana dlm berbagai sutra mahayana sesungguhny adl org2 yg merasa diriny berada dlm jalan kebuddhaan tp tdk peduli thd kondisi sekitar yg menderita,mrk mgkn berpikir krn mencapai pencerahan lbh penting mk sibuk mengasingkan diri dlm meditasi,tdk ad wkt utk terlibat dlm kehidupan sosial utk membantu org lain. Oleh sebab itu mrk dsebut rendah krn keegoisanny. Seorg arahat tdk punya keegoisan spt ini krn apakah sdg dlm tahap mencapai (sekha) ataupun sudah mencapai (asekha) mrk tetap pny hati welas asih utk membantu makhluk lain. Cthny arahat mahakassapa membantu org2 miskin dg berkeliling meminta makanan dr org2 miskin segera stlh ia bangkit dr nirodha-samapatti (kebahagiaan buah kearahatan yg drasakan selama meditasi seorg arahat) krn dana yg dberikan kpd arahat yg br keluar dr nirodha-samapatti ini akan membuahkan pahala yg besar.

Seorg mahayanist yg tdk memahami hakekat sesungguhny dr ketiga yana & merendahkan 2 yana lain sbnrny lebih "hinayana" drpd org2 yg drendahkanny krn mrk msh terikat oleh pandangan salah. Seorg theravadin yg bercita2 pd kearahatan & menunjukkan metta karuna yg bsr atas penderitaan mkhlk lain sesungguhny lbh "mahayana" dr kaum mahayana itu sendiri.

3399
Studi Sutta/Sutra / Sutta dongeng???
« on: 24 February 2010, 10:49:56 PM »
Ketika membaca Digha Nikaya lengkap terbitan DC yg dlengkapi dg catatan kaki,saat melihat cat.kaki pd Agganna Sutta & Cakkavatti-sihanada Sutta yg isiny bhw kedua sutta ini mnrt RD (Rhys Davis,seorg penulis/peneliti Buddhis) adl berisi perumpamaan/legenda/dongeng yg dbuat utk menyindir sistem kasta d India (pd Agganna Sutta) atau utk memperlihatkan pentingny hukum/norma (pd Cakkavatti-sihanada Sutta).

Jd,apakah kisah kemunculan manusia menurut Agganna Sutta & kisah penurunan & kenaikan usia manusia sampai kemunculan Metteya mnrt Cakkavatti hny dongeng/kisah rekaan yg dbuat Sang Buddha (atau penyusun sutta2 ini)? Mohon penjelasan dr para ahli sutta d sini. Thx

3400
 [at] peace mind:
What an excellent answer,bro. :thumbs:

3401
Benar,spt kt sdr.johan bhw tdk semua umat agm tetangga itu spt evangelis yg fanatik,spt suster theresa. Sy sendiri wkt smp sekolah d sekolah ka****k,punya guru agm ka****k yg "berjasa" bg sy. Wkt itu sy blm mengenal agama buddha krn gak pernah k vhr. Guru agm d sekolah membr tgs bg setiap murid utk pergi k tmpt ibadah msg2,mencatat ceramah pemuka agm d sana,mengumpulkanny tiap minggu utk tambhn nilai. Mulany sy k vhr terpaksa demi nilai,lama2 jd terbiasa. Apalagi d sana ad perpustakaan & sy hobi membaca. Dr sini sy jd bs mengenal agama buddha & sy merasa sgt berterima kasih kpd guru agm ka****k sy tsb (walaupun sdh belasan th yg lalu, sampai skrg sy msh ingat nama beliau)

3402
Perkenalan / Re: Asal muasal dan Arti Nick Masing2 ...
« on: 23 February 2010, 01:30:26 PM »
Salam kenal,semuany,sy member br d sini.

Kalau nick sy berasal dr nama keluarga sen. Trus ad nama seniya bimbisara,seorg raja magadha yg mrpk raja pendukung Buddha,jg seorg upasaka pd ms Buddha hidup. Dr sinilah alasanny pake nick ini. Thx

3403
Sy tdk liat videony,tp dr penjelasan TS tampakny benar bhw mrk,para evangelis,hny menjelek2kan agama Buddha tanpa dasar pengertian yg bnr ttg ajaran Buddha.

Mgkn bg yg sudah ngerti ajaran Buddha,hal ini terlihat konyol,tp org2 Buddhis yg msh awam/tdk tahu ap2 mgkn akan "terjerumus" dlm "jebakan" mrk. Bnyk org2 yg saya knal duluny Buddhis KTP skrg pindah agama lain krn tdk tahu ap2 ttg ajaran Buddha yg sebenarny. Bhkan ad seorg pengurus kelenteng yg anakny beralih agama lain krn ayahny tdk bs menjwb ap makna pemujaan dewa2 d kelenteng tsb.

Oleh sebab itu,drpd beradu argumentasi dg para evangelis,lbh baik para umat Buddha yg sudah cukup pengetahuan Dharma ny spt para senior d forum ini membimbing para umat awam/KTP agar memiliki pengertian yg benar atas agamany sendiri.

3404
Menurut sy,tdk mslh apakah dia menangis atau tdk krn kt tdk tahu apakah itu benar2 terharu krn mengasihi kt yg tdk percaya Tuhan yg personal atau sekedar air mata buaya utk menarik simpati kt.

Utk mslh hub bisnis,menurut sy kt hrs bs pandai2 agar dia tdk mencampuri urusan bisnis dg urusan pribadi (mnrt sy agama adl urusan pribadi krn menyangkut keyakinan msg2 org). Misalny saat dia hendak membicarakan soal agama,mgkn kt bs mengalihkan pembicaraan atau tdk terpancing utk beradu argumentasi ttg agama (tunjukkan bhw anda tdk tertarik utk membicarakan agama krn itu urusan pribadi msg2). Cr ini cukup manjur bg sy krn ad tmn dr agama tetangga prnh "mempromosikan" agamany kpd sy. Krn terpancing,sy beradu argumentasi dgny sampai tdk ad satu pun yg mau mengakui keunggulan lawan. Akhirny dia bilang "Kamu tampakny tdk bs dsadarkan/dselamatkan",sy jwb "Biarlah,utkmu lah agamamu,utkku lah agamaku. Biar msg2 menjalankan agama sesuai dg keyakinan msg2,soal manakah yg akan dselamatkan atau tdk,itu urusan pribadi kt msg2."
Pd kesempatan lain saat ia mau "promosi" lg,sy berusaha utk menunjukkan bhw sy tdk tertarik lg membicarakan soal agama dg mengalihkan pembicaraan k topik lain. Lama2 ia pun tdk mau membicarakan ttg agama lg,tetapi sampai saat ini sy msh berteman baik dg tmn sy tsb.

Thx. Semoga bermanfaat

3405
Sutra Mahayana / Re: Prajna paramita hridaya sutra
« on: 20 February 2010, 10:48:39 PM »
Prajna Paramita Hridaya Sutra mrpk ringkasan dr Mahaprajna Paramita Sutra yg sangat pjg. Sutra ini agak unik krn tdk spt kebanyakan sutra lain,sutra ini tdk diawali dg frase "Demikianlah telah kudengar". Dlm sutra ini dkisahkan bhw Avalokitesvara Bodhisattva sedang mengkontemplasikan bhw lima kelompok kehidupan/pancaskandha adalah sunya (kosong) shg mencapai prajna yg mendalam. Kemudian diikuti uraian ttg sunyata (kekosongan) kpd Sariputra, yg dyakini berasal dr Sang Buddha. D sini kejanggalan kedua muncul: jika yg terkemuka dlm memahami sunyata adl Subhuti,mengapa uraian ini dberikan kpd Sariputra yg terkemuka dlm kebijaksanaan/prajna. Sesungguhny utk mencapai prajna yg mendalam dperlukan pemahaman atas sunyata.

Kalau tdk salah teks Prajna Paramita Hridaya Sutra pertama kali dtemukan d Dunhuang oleh Xuan Zang,seorg peziarah Cina yg mengadakan perjalanan k India mencari kitab suci. Beliau menerjemahkan teks ini k bhs Cina. Sampai saat ini sutra ini sangat populer & sering dbacakan d vihara2 Mahayana.

Sampai d sini aja penjelasanny krn sy jg masih bljr & blm memahami sepenuhny isi sutra ini. Cmiiw....

Pages: 1 ... 220 221 222 223 224 225 226 [227] 228