//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Meditasi samatha menggunakan lagu/mantra Tissarana sbg 'OBJEK'  (Read 12122 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Meditasi samatha menggunakan lagu/mantra Tissarana sbg 'OBJEK'
« Reply #15 on: 13 August 2013, 02:35:45 PM »
dalam sutta memang hanya ada 38, visuddhimagga menambahkan 2 lagi tapi yg memang juga ada dalam sutta, hanya sutta tidak mengatakan bermeditasi dengan 2 itu, dan tidak pernah diajarkan dalam sutta tahap2an meditasi dengan 2 objek tambahan itu

baru tau, thanks.
klo boleh tau yang 2 itu apa saja om?

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Meditasi samatha menggunakan lagu/mantra Tissarana sbg 'OBJEK'
« Reply #16 on: 13 August 2013, 02:44:19 PM »
dalam sutta memang hanya ada 38, visuddhimagga menambahkan 2 lagi tapi yg memang juga ada dalam sutta, hanya sutta tidak mengatakan bermeditasi dengan 2 itu, dan tidak pernah diajarkan dalam sutta tahap2an meditasi dengan 2 objek tambahan itu
baru tau, thanks.
klo boleh tau yang 2 itu apa saja om?
Ikutan duduk antri.... ;D
Ref sutta pls...
I'm an ordinary human only

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Meditasi samatha menggunakan lagu/mantra Tissarana sbg 'OBJEK'
« Reply #17 on: 13 August 2013, 02:48:52 PM »
baru tau, thanks.
klo boleh tau yang 2 itu apa saja om?

Ikutan duduk antri.... ;D
Ref sutta pls...

visuddhimagga muncul belangan setelah sutta, jadi mustahil ada referensi sutta tentang "2 objek tambahan dalam  visuddhimagga adalah ...."

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Meditasi samatha menggunakan lagu/mantra Tissarana sbg 'OBJEK'
« Reply #18 on: 13 August 2013, 02:50:08 PM »
baru tau, thanks.
klo boleh tau yang 2 itu apa saja om?

saya pernah mencoba melakukan studi atas hal ini, tapi dalam pekerjaan itu, ternyata saya sampai pada kesimpulan, bahwa itu gak perlu, karena sudah banyak yg melakukan, yg diperlu dilakukan, hanyalah google search saja.

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Meditasi samatha menggunakan lagu/mantra Tissarana sbg 'OBJEK'
« Reply #19 on: 13 August 2013, 03:03:46 PM »
dalam sutta memang hanya ada 38, visuddhimagga menambahkan 2 lagi tapi yg memang juga ada dalam sutta, hanya sutta tidak mengatakan bermeditasi dengan 2 itu, dan tidak pernah diajarkan dalam sutta tahap2an meditasi dengan 2 objek tambahan itu
visuddhimagga muncul belangan setelah sutta, jadi mustahil ada referensi sutta tentang "2 objek tambahan dalam  visuddhimagga adalah ...."
bocorin nama nya sutta donk.... ;D

 
I'm an ordinary human only

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Meditasi samatha menggunakan lagu/mantra Tissarana sbg 'OBJEK'
« Reply #20 on: 13 August 2013, 03:12:38 PM »
visuddhimagga muncul belangan setelah sutta, jadi mustahil ada referensi sutta tentang "2 objek tambahan dalam  visuddhimagga adalah ...."

bocorin nama nya sutta donk.... ;D

 

saya sudah berusah menjelaskan, tidak ada sutta yg memberi informasi itu, karena pada saat sutta pitaka di susun, visudhimagga blm ada. jadi yg bisa dilakukan adalah membandingkan objek apa aja yg terdapat dalam sutta-sutta dan apa aja yg ada dalam visudhimagga, kemudian bandingkan

Offline Shasika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.152
  • Reputasi: 101
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Meditasi samatha menggunakan lagu/mantra Tissarana sbg 'OBJEK'
« Reply #21 on: 13 August 2013, 03:15:43 PM »
saya sudah berusah menjelaskan, tidak ada sutta yg memberi informasi itu, karena pada saat sutta pitaka di susun, visudhimagga blm ada. jadi yg bisa dilakukan adalah membandingkan objek apa aja yg terdapat dalam sutta-sutta dan apa aja yg ada dalam visudhimagga, kemudian bandingkan
IC.
I'm an ordinary human only

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Meditasi samatha menggunakan lagu/mantra Tissarana sbg 'OBJEK'
« Reply #22 on: 13 August 2013, 03:17:32 PM »
mungkin maksudnya sutta2 apa yang memuat yang 38 biji itu...
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Meditasi samatha menggunakan lagu/mantra Tissarana sbg 'OBJEK'
« Reply #23 on: 13 August 2013, 03:26:11 PM »
mungkin maksudnya sutta2 apa yang memuat yang 38 biji itu...

nah itu tersebar di banyak sutta, saya juga harus menggunakan google untuk mencarinya, jadi apa bedanya dengan mencari sendiri?

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Meditasi samatha menggunakan lagu/mantra Tissarana sbg 'OBJEK'
« Reply #24 on: 13 August 2013, 03:37:01 PM »
om indra, 2 objek mana yang nggak ketemu di sutta?
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Meditasi samatha menggunakan lagu/mantra Tissarana sbg 'OBJEK'
« Reply #25 on: 13 August 2013, 03:55:03 PM »
om indra, 2 objek mana yang nggak ketemu di sutta?


bukan gak ketemu, tapi sutta tidak menyebutkan itu sebagai objek, melainkan hanya salah satu bentuk perenungan di antara banyak perenungan lainnya, dan tidak dikatakan mengarah pada jhana2 dengan renungan itu, kalo gak salah dalam list VM dimasukkan dalam urutan terakhir. ada 1 tulisan yg beredar di internet yg membahas hal ini, cobalah google dulu, saya pernah membacanya dan saat ini saya sedang tidak leluasa untuk mencari2, dan juga apa yg bisa saya lakukan juga sama bisa dilakukan oleh semua orang.

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Meditasi samatha menggunakan lagu/mantra Tissarana sbg 'OBJEK'
« Reply #26 on: 13 August 2013, 04:07:54 PM »
yang 2 itu yang ini ya?

# aharapatikulasanna (satu perenungan terhadap makanan yang menjijikkan)
# catudhatuvavatthana (satu analisa terhadap keempat unsur yang ada didalam badan jasmani)

CMIIW

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.231
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: Meditasi samatha menggunakan lagu/mantra Tissarana sbg 'OBJEK'
« Reply #27 on: 13 August 2013, 04:38:40 PM »
17. “Sekarang ketiga perumpamaan ini muncul padaKu secara spontan yang belum pernah terdengar sebelumnya. Misalkan terdapat sebatang kayu basah terletak di dalam air, dan seseorang datang dengan sebatang kayu-api, dengan berpikir: ‘Aku akan menyalakan api, aku akan menghasilkan panas.’ Bagaimana menurutmu, Aggivessana? Dapatkah orang itu menyalakan api dan menghasilkan panas dengan menggosokkan kayu api dengan kayu basah yang terletak di dalam air?”

“Tidak, Guru Gotama. Mengapa tidak? Karena kayu itu adalah kayu basah, [241] dan terletak di dalam air. Akhirnya orang itu hanya akan memperoleh kelelahan dan kekecewaan.”

“Demikian pula, Aggivessana, sehubungan dengan para petapa dan brahmana itu yang masih belum hidup dengan jasmani yang terasing dari kenikmatan indria, dan yang keinginan indrianya, cintanya, ketergila-gilaannya, dahaganya, dan demamnya akan kenikmatan indria belum sepenuhnya ditinggalkan dan ditekan secara internal, bahkan jika para petapa dan brahmana baik itu merasakan perasaan-perasaan yang menyakitkan, menyiksa, menusuk karena usaha, mereka tidak akan mampu mencapai pengetahuan dan penglihatan dan pencerahan tertinggi; dan bahkan jika para petapa dan brahmana baik itu tidak merasakan perasaan-perasaan yang menyakitkan, menyiksa, menusuk karena usaha, mereka tidak akan mampu mencapai pengetahuan dan penglihatan dan pencerahan tertinggi. Ini adalah perumpamaan pertama yang muncul padaku secara spontan yang belum pernah terdengar sebelumnya.

18. “Kemudian, Aggivessana, perumpamaan ke dua muncul padaKu secara spontan yang belum pernah terdengar sebelumnya. Misalkan terdapat sebatang kayu basah terletak di atas tanah kering yang jauh dari air, dan seseorang datang dengan sebatang kayu-api, dengan berpikir: ‘Aku akan menyalakan api, aku akan menghasilkan panas.’ Bagaimana menurutmu, Aggivessana? Dapatkah orang itu menyalakan api dan menghasilkan panas dengan menggosokkan kayu api dengan kayu basah yang terletak di atas tanah kering yang jauh dari air?”

“Tidak, Guru Gotama. Mengapa tidak? Karena kayu itu adalah kayu basah, bahkan walaupun kayu itu terletak di atas tanah kering yang jauh dari air. Akhirnya orang itu hanya akan memperoleh kelelahan dan kekecewaan.”

“Demikian pula, Aggivessana, sehubungan dengan para petapa dan brahmana itu yang masih hidup dengan jasmani yang terasing dari kenikmatan indria,  tetapi keinginan indrianya, cintanya, ketergila-gilaannya, dahaganya, dan demamnya akan kenikmatan indria belum sepenuhnya ditinggalkan dan ditekan secara internal, bahkan jika para petapa dan brahmana baik itu merasakan perasaan-perasaan yang menyakitkan, menyiksa, menusuk karena usaha, mereka tidak akan mampu mencapai pengetahuan dan penglihatan dan pencerahan tertinggi; dan bahkan jika para petapa dan brahmana baik itu tidak merasakan perasaan-perasaan yang menyakitkan, menyiksa, menusuk karena usaha, mereka tidak akan mampu mencapai pengetahuan dan penglihatan dan pencerahan tertinggi. Ini adalah perumpamaan ke dua yang muncul padaku secara spontan, yang belum pernah terdengar sebelumnya.

19. “Kemudian, Aggivessana, perumpamaan ke tiga muncul padaKu [242] secara spontan, yang belum pernah terdengar sebelumnya. Misalkan terdapat sebatang kayu kering terletak di atas tanah kering yang jauh dari air, dan seseorang datang dengan sebatang kayu-api, dengan berpikir: ‘Aku akan menyalakan api, aku akan menghasilkan panas.’ Bagaimana menurutmu, Aggivessana? Dapatkah orang itu menyalakan api dan menghasilkan panas dengan menggosokkan kayu api dengan kayu kering yang terletak di atas tanah kering yang jauh dari air?”

“Dapat, Guru Gotama. Mengapa? Karena kayu itu adalah kayu kering, dan kayu itu terletak di atas tanah kering yang jauh dari air.”

“Demikian pula, Aggivessana, sehubungan dengan para petapa dan brahmana itu yang masih hidup dengan jasmani yang terasing dari kenikmatan indria, dan yang keinginan indrianya, cintanya, ketergila-gilaannya, dahaganya, dan demamnya akan kenikmatan indria telah sepenuhnya ditinggalkan dan ditekan secara internal, bahkan jika para petapa dan brahmana baik itu merasakan perasaan-perasaan yang menyakitkan, menyiksa, menusuk karena usaha, mereka akan mampu mencapai pengetahuan dan penglihatan dan pencerahan tertinggi; dan bahkan jika para petapa dan brahmana baik itu tidak merasakan perasaan-perasaan yang menyakitkan, menyiksa, menusuk karena usaha, mereka akan mampu mencapai pengetahuan dan penglihatan dan pencerahan tertinggi.  Ini adalah perumpamaan ke tiga yang muncul padaku secara spontan, yang belum pernah terdengar sebelumnya. Ini adalah tiga perumpamaan yang muncul padaku secara spontan yang belum pernah terdengar sebelumnya.
...

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.469
  • Reputasi: 169
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Meditasi samatha menggunakan lagu/mantra Tissarana sbg 'OBJEK'
« Reply #28 on: 13 August 2013, 06:43:44 PM »
yang 2 itu yang ini ya?

# aharapatikulasanna (satu perenungan terhadap makanan yang menjijikkan)
# catudhatuvavatthana (satu analisa terhadap keempat unsur yang ada didalam badan jasmani)

CMIIW

Perenungan empat unsur ada dalam Satipatthana Sutta:

6. ‘Kemudian, seorang bhikkhu memeriksa jasmani ini, bagaimanapun posisinya, dalam hal unsur-unsur: “Terdapat dalam jasmani ini, unsur tanah, unsur-air, unsur-api, unsur-angin.”[28] Bagaikan seorang tukang daging yang terampil atau pembantunya, setelah menyembelih seekor sapi,[29] duduk di persimpangan jalan dengan daging yang telah dibagi dalam beberapa bagian, demikianlah seorang bhikkhu memeriksa jasmani ini ... dalam hal unsur-unsur: “Terdapat dalam jasmani ini, unsur tanah, unsur-air, unsur-api, unsur-angin.”’
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa