//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Jhana dan tingkat kesucian  (Read 32761 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline dipasena

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Sudah Meninggal
Jhana dan tingkat kesucian
« on: 14 July 2007, 12:31:59 PM »
saya mau tanya neh, apakah jhana itu dapat di capai setiap orang ? apakah harus ada bakat dari kehidupan sebelumnya ? jika ya, mengapa demikian ? berarti tidak semua orang dapat mencapai jhana dalam kehidupannya yg sedang berjalan ?

bagaimana dengan tingkat2 kesucian, apakah dapat di capai setiap orang ? apakah diperlukan bakat jg ? jika ya, mengapa demikian ? berarti tidak semua orang dapat mencapai kesucian dalam kehidupannya yg sedang berjalan ?

mohon pencerahannya  ^:)^

saya pernah bermeditasi sendiri-an (malam hari) disalah satu vihara tua (bangunan kayu, tapi sekarang dah dibongkar) lagi tenang2 nya, tiba2 ada angin kencang (pintu dhammasala mengarah keluar/halaman terbuka), ada suara orang melangkah kemudian duduk (lantai vihara berupa papan kayu), disitu dah buyar meditasinya mungkin karena penasaran saya membuka mata dan melihat ke sekeliling dhammasala (dilantai 2, lampu dimatikan, cuma tersisah lampu di altar), tidak ada 1 pun manusia... ??? mungkin cuma rasa takut saya yg berlebihan karena sendirian divihara (maklum vihara nya sepi dan dah tua), tapi beberapa kali kejadian seperti itu terjadi lagi. pernah saya ditemani (3-4 orang) bermeditasi di vihara tersebut dan ada beberapa orang yg merasakan apa yg saya rasakan. apakah ini cuma ilusi/perasaan takut yg terbawa ? atau meditasi nya kurang konsen ?  ;D

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.406
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Jhana dan tingkat kesucian
« Reply #1 on: 14 July 2007, 12:53:06 PM »
Soal Jhana, katanya ada orang yang tidak bisa mencapai jhana pada kehidupan itu karena kondisinya tidak memungkinkan (buah kamma lampau).

Katanya sih tingkat kesucian bisa dicapai siapa saja, yah mungkin hanya yang terendah (sotapana).

Tentang pegalaman meditasi, kalau ada 3-4 orang merasakan yang sama mah bukan ilusi lagi. Masa ilusi bisa bareng-barengan.

Saya juga pernah waktu itu berlibur di puncak, pas siang hari suasana tenang, saya bermeditasi dengan tenang di lantai 2, yah cukup lama. Sesaat sebelum meditasi selesai, terdengar ada seseorang masuk lalu benda-benda disana terdengar tergeser (plastik) lalu seperti berbicara sepotong2x/bergumam2x. Pada waktu masih tetap memperhatikan nafas tetapi bunyi latar itu tetap terdengar jelas. Tiba-tiba hilang sendiri. Lalu ada saudara yang naik (terdengar langkah di tangga). Disaat itu baru saya selesai bermeditasi.
Oh oh siapa dia ?  ???
There is no place like 127.0.0.1

Offline langitbiru

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 547
  • Reputasi: 23
Re: Jhana dan tingkat kesucian
« Reply #2 on: 14 July 2007, 01:21:14 PM »
hayo loh.. ada yg mo menemani tuh ^-^

btw.. pertanyaan ama cerita bawahnya agak ga nyambung ya?
yg atas soal jhana n kesucian, yg bawah ttg kemungkinan adanya ilusi ato malah kehadiran mahkluk lain  ?  ::)*who know?*

ato mnrt dhannutono, "bertemu" dgn mahkluk lain termasuk dr hasil jhana?
oni... kao titi bobo... gigi...

Offline dipasena

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Sudah Meninggal
Re: Jhana dan tingkat kesucian
« Reply #3 on: 14 July 2007, 01:33:03 PM »

"bertemu" dgn mahkluk lain termasuk dr hasil jhana?   :)) ini jhana berapa ya ? jhana nol, kali  ;D

pertanyaan ama cerita emang agak ga nyambung  ;D karena awalnya sih topik ini kelanjutan dari topik "Pengalaman meditasi yang unik" tadi sih ku reply aja, karena ada pembicaraan mengenai pencapaian jhana dan pembicaraan mengenai pengalaman unik selama meditasi, aneh jg sih tiba2 koq jd topic baru ? (apa di pindahkan oleh moderator ya  ^-^)

sebenarnya saya cuma ingin mengetahui pendapat rekan-rekan disini mengenai pencapaian jhana dan tingkat kesucian yg dapat dicapai seseorang. dibagian bawah saya menceritakan salah satu pengalaman unik saya ketika bermeditasi di vihara tua (terlihat dari bangunannya) dan sepi (vihara jarang digunakan, cuma satpam yg jaga pagar, lampu vihara jg tidak terang)...

Offline Sukma Kemenyan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.840
  • Reputasi: 109
Re: Jhana dan tingkat kesucian
« Reply #4 on: 09 October 2007, 03:33:09 AM »
Bisa Melihat, Mendengar, Menyelami juga termasuk Efek samping Jhana (Iddhi)

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Jhana dan tingkat kesucian
« Reply #5 on: 12 December 2007, 06:40:18 PM »
Halo bro kemenyan ,ketemu lagi nih kita...


Kalo ketemu makhluk halus,dengar atau yg lainnya,kebetulan frekwensi kita lagi pas dengan dimensi dia. Nah kalo yg latihan meditasi sering, biasanya lebih gampang nyambung. _/\_
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.806
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Jhana dan tingkat kesucian
« Reply #6 on: 12 December 2007, 09:09:40 PM »
Quote
Katanya sih tingkat kesucian bisa dicapai siapa saja, yah mungkin hanya yang terendah (sotapana).

Tidak juga, mereka yang melakukan minimal salah satu dari 5 karma buruk terberat otomatis tidak bisa, mereka yang melakukan perbuatan buruk terhadap ariya juga tidak bisa (tapi kalau sudah minta maaf bisa), ada juga yang dilahirkan kondisi yang tidak memungkinkan : dilahirkan sebagai binatang, peta, dengan pandangan salah (micchaditthika), seseorang yang mengaku-aku sebagai Bhikkhu/Bhikkhuni tanpa prosedur yang benar, seorang Bhikkhu/Bhikkhuni yang berlindung pada non-Buddhist tanpa melepas jubah terlebih dahulu, seseorang yang telah memperkosa seorang Bhikkhuni, seorang Bhikkhu/Bhikkhuni yang melanggar salah satu dari 13 peraturan Sanghadisesa dan belum dibersihkan dari pelanggarannya, seorang berumur kurang dari 7 tahun, 3 jenis dari 5 jenis pandaka, (yaitu orang yang dikebiri, orang yang lahir tanpa alat kelamin, pandaka pada bulan purnama, kalau gay/lesbian dan tukang intip kelihatannya masih bisa) dan hemaprodit. Mereka yang di atas tidak bisa mencapai Jhana, apalagi mencapai Sottapana.

Jangan salah paham, Buddha tidak mendiskriminasi siapapun, cuma dari sudut pandang Abbhidhamma, kalau orang yang terlahir dengan kecacatan (misalnya buta, dll) ada kemungkinan membawa karma buruk. Mengapa terlahir sebagai hemaprodit dibilang buruk? Di dunia yang patriarkinya besar ini tentu saja dianggap buruk. Kalau terlahir di dunia yang hemaprodit semua sih engga ya... Kenapa orang yang dikebiri tidak bisa, bukankah dia terlahir normal? Pada saat lahir memang normal, tapi ada buah karma yang menghancurkan kenormalannya itu. Tadinya bisa sampai jhana, terus karma buruknya berbuah, jadi tidak bisa mencapai minimal jhana.

Boddhisattva juga tidak bisa menjadi minimal Sottapana karena aspirasi mereka, bukan karena kurang kebijaksanaan. Sebenarnya salah satu syarat menjadi Boddhisattva adalah mampu menjadi Arahat pada saat beraspirasi, cuma karena aspirasinya itu maka kemampuan menjadi Arahat dipatahkan.

Kalau dari Abbhidhamma, hanya orang yang dilahirkan dengan 3 akar kebajikan (ketidakserakahan, ketidakbencian, dan kebijaksanaan) yang bisa mencapai minmal pencapaian jhana, dan mungkin sottapana.
« Last Edit: 12 December 2007, 09:26:57 PM by karuna_murti »
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.119
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: Jhana dan tingkat kesucian
« Reply #7 on: 13 December 2007, 02:29:24 PM »
Jangan salah paham, Buddha tidak mendiskriminasi siapapun, cuma dari sudut pandang Abbhidhamma, kalau orang yang terlahir dengan kecacatan (misalnya buta, dll) ada kemungkinan membawa karma buruk. Mengapa terlahir sebagai hemaprodit dibilang buruk? Di dunia yang patriarkinya besar ini tentu saja dianggap buruk. Kalau terlahir di dunia yang hemaprodit semua sih engga ya...

Di lihat dari 4 kondisi yg sulit diperoleh atau ditemui oleh para mahluk hidup.....
1. Sulit untuk tumimbal lahir sebagai manusia (Kiccho manussapatilabho)
2. Sulit untuk menjalani kehidupan manusia (Kiccham macanajivitam)
3. Sulit untuk berkesempatan memperoleh / mendengarkan  Dhamma yang benar (Kiccham saddhammasavanam)
4. Sulit kemunculan Samma Sambuddha (Kiccho Buddhanam uppado)
*(Khuddaka Nikaya, Dhammapada Gatha)

kalau orang yang terlahir dengan kecacatan (misalnya buta, dll)...orang ini masih beruntung lho....

 _/\_  :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.119
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: Jhana dan tingkat kesucian
« Reply #8 on: 13 December 2007, 02:43:44 PM »
Kalau dari Abbhidhamma, hanya orang yang dilahirkan dengan 3 akar kebajikan (ketidakserakahan, ketidakbencian, dan kebijaksanaan) yang bisa mencapai minmal pencapaian jhana, dan mungkin sottapana.

Kalau dari Abbhidhamma, hanya orang yang dilahirkan dengan 3 akar kebajikan (ketidakserakahan, ketidakbencian, dan kebijaksanaan)...---> maksudnya? Bisa tolong jelaskan... ^:)^

 _/\_  :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Jhana dan tingkat kesucian
« Reply #9 on: 13 December 2007, 03:02:16 PM »
wah menarik nih...ditunggu penjelasannya
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.406
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Jhana dan tingkat kesucian
« Reply #10 on: 13 December 2007, 03:08:32 PM »

Tidak juga, mereka yang melakukan minimal salah satu dari 5 karma buruk terberat otomatis tidak bisa, mereka yang melakukan perbuatan buruk terhadap ariya juga tidak bisa (tapi kalau sudah minta maaf bisa), ada juga yang dilahirkan kondisi yang tidak memungkinkan : dilahirkan sebagai binatang, peta, dengan pandangan salah (micchaditthika), seseorang yang mengaku-aku sebagai Bhikkhu/Bhikkhuni tanpa prosedur yang benar, seorang Bhikkhu/Bhikkhuni yang berlindung pada non-Buddhist tanpa melepas jubah terlebih dahulu, seseorang yang telah memperkosa seorang Bhikkhuni, seorang Bhikkhu/Bhikkhuni yang melanggar salah satu dari 13 peraturan Sanghadisesa dan belum dibersihkan dari pelanggarannya, seorang berumur kurang dari 7 tahun, 3 jenis dari 5 jenis pandaka, (yaitu orang yang dikebiri, orang yang lahir tanpa alat kelamin, pandaka pada bulan purnama, kalau gay/lesbian dan tukang intip kelihatannya masih bisa) dan hemaprodit. Mereka yang di atas tidak bisa mencapai Jhana, apalagi mencapai Sottapana.
Jadi tanpa jhana maka tidak bisa mencapai kesucian yah ? Di sutta-sutta banyak diceritakan, setelah mendengar kotbah lalu langsung mencapai sotapanna. Apakah ketika mereka ketika mendengar itu mencapai jhana ?  :-?

Quote
Kalau dari Abbhidhamma, hanya orang yang dilahirkan dengan 3 akar kebajikan (ketidakserakahan, ketidakbencian, dan kebijaksanaan) yang bisa mencapai minmal pencapaian jhana, dan mungkin sottapana.
Maksudnya dilahirkan dengan 3 akar kebajikan (alobha,adosa,amoha) seperti apa yah ?
Bukankah tanpa lobha dosa moha, meaning sudah arahat, dan tidak terlahir lagi ?
There is no place like 127.0.0.1

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Jhana dan tingkat kesucian
« Reply #11 on: 13 December 2007, 03:15:16 PM »
Quote
Katanya sih tingkat kesucian bisa dicapai siapa saja, yah mungkin hanya yang terendah (sotapana).

Tidak juga, mereka yang melakukan minimal salah satu dari 5 karma buruk terberat otomatis tidak bisa, mereka yang melakukan perbuatan buruk terhadap ariya juga tidak bisa (tapi kalau sudah minta maaf bisa), ada juga yang dilahirkan kondisi yang tidak memungkinkan : dilahirkan sebagai binatang, peta, dengan pandangan salah (micchaditthika), seseorang yang mengaku-aku sebagai Bhikkhu/Bhikkhuni tanpa prosedur yang benar, seorang Bhikkhu/Bhikkhuni yang berlindung pada non-Buddhist tanpa melepas jubah terlebih dahulu, seseorang yang telah memperkosa seorang Bhikkhuni, seorang Bhikkhu/Bhikkhuni yang melanggar salah satu dari 13 peraturan Sanghadisesa dan belum dibersihkan dari pelanggarannya, seorang berumur kurang dari 7 tahun, 3 jenis dari 5 jenis pandaka, (yaitu orang yang dikebiri, orang yang lahir tanpa alat kelamin, pandaka pada bulan purnama, kalau gay/lesbian dan tukang intip kelihatannya masih bisa) dan hemaprodit. Mereka yang di atas tidak bisa mencapai Jhana, apalagi mencapai Sottapana.

Jangan salah paham, Buddha tidak mendiskriminasi siapapun, cuma dari sudut pandang Abbhidhamma, kalau orang yang terlahir dengan kecacatan (misalnya buta, dll) ada kemungkinan membawa karma buruk. Mengapa terlahir sebagai hemaprodit dibilang buruk? Di dunia yang patriarkinya besar ini tentu saja dianggap buruk. Kalau terlahir di dunia yang hemaprodit semua sih engga ya... Kenapa orang yang dikebiri tidak bisa, bukankah dia terlahir normal? Pada saat lahir memang normal, tapi ada buah karma yang menghancurkan kenormalannya itu. Tadinya bisa sampai jhana, terus karma buruknya berbuah, jadi tidak bisa mencapai minimal jhana.

Boddhisattva juga tidak bisa menjadi minimal Sottapana karena aspirasi mereka, bukan karena kurang kebijaksanaan. Sebenarnya salah satu syarat menjadi Boddhisattva adalah mampu menjadi Arahat pada saat beraspirasi, cuma karena aspirasinya itu maka kemampuan menjadi Arahat dipatahkan.

setuju dengan anda, bro........ tentunya ini berhubungan dengan trend batin positif yang sudah dipupuk sekian lama.....

Kalau dari Abbhidhamma, hanya orang yang dilahirkan dengan 3 akar kebajikan (ketidakserakahan, ketidakbencian, dan kebijaksanaan) yang bisa mencapai minmal pencapaian jhana, dan mungkin sottapana.

dear bro.....

sepertinya ada miskonsepsi disini yah.......... jika anda kembali ke citta dan cetasika, maka dapat dilihat bahwa sebenarnya setiap org punya akar kebajikan dan juga akar kejahatan.......

Org cacat seperti yang anda sebutkan diatas, juga PASTI punya akar kebaikan loh.......

Jadi relevansi dengan fisik yang cacat hanya pada kondisi batin mereka yang juga "cacat" sehingga menghalangi mereka untuk mencapai kesucian pada hidup SEKARANG, namun jika yg bersangkutan dapat membuat kamma baik yg luar biasa, tidak mustahil ia akan dapat mencapai jhana atau mungkin tingkat kesucian di masa yang akan datang

menarik sekali bahwa ada yang membahas ini dari sisi abhidhamma  ;)

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Jhana dan tingkat kesucian
« Reply #12 on: 13 December 2007, 03:24:24 PM »

Tidak juga, mereka yang melakukan minimal salah satu dari 5 karma buruk terberat otomatis tidak bisa, mereka yang melakukan perbuatan buruk terhadap ariya juga tidak bisa (tapi kalau sudah minta maaf bisa), ada juga yang dilahirkan kondisi yang tidak memungkinkan : dilahirkan sebagai binatang, peta, dengan pandangan salah (micchaditthika), seseorang yang mengaku-aku sebagai Bhikkhu/Bhikkhuni tanpa prosedur yang benar, seorang Bhikkhu/Bhikkhuni yang berlindung pada non-Buddhist tanpa melepas jubah terlebih dahulu, seseorang yang telah memperkosa seorang Bhikkhuni, seorang Bhikkhu/Bhikkhuni yang melanggar salah satu dari 13 peraturan Sanghadisesa dan belum dibersihkan dari pelanggarannya, seorang berumur kurang dari 7 tahun, 3 jenis dari 5 jenis pandaka, (yaitu orang yang dikebiri, orang yang lahir tanpa alat kelamin, pandaka pada bulan purnama, kalau gay/lesbian dan tukang intip kelihatannya masih bisa) dan hemaprodit. Mereka yang di atas tidak bisa mencapai Jhana, apalagi mencapai Sottapana.
Jadi tanpa jhana maka tidak bisa mencapai kesucian yah ? Di sutta-sutta banyak diceritakan, setelah mendengar kotbah lalu langsung mencapai sotapanna. Apakah ketika mereka ketika mendengar itu mencapai jhana ?  :-?

dear sumedho,

gw  rasa yg dimaksud karuna adalah bahwa mencapai jhana aja udah ga bisa, apalagi mau mencapai kesucian...... tentunya ada org yg bs mencapai kesucian tanpa harus melalui jhana

Quote
Quote
Kalau dari Abbhidhamma, hanya orang yang dilahirkan dengan 3 akar kebajikan (ketidakserakahan, ketidakbencian, dan kebijaksanaan) yang bisa mencapai minmal pencapaian jhana, dan mungkin sottapana.
Maksudnya dilahirkan dengan 3 akar kebajikan (alobha,adosa,amoha) seperti apa yah ?
Bukankah tanpa lobha dosa moha, meaning sudah arahat, dan tidak terlahir lagi ?

awalnya ini jg yang terlintas di pikiran gw, bro......... tp abis diliat2, kekna bro karuna agak bingung dengan konsep terlahir sempurna dan konsep "tidak ada 3 akar kejahatan".......

tentunya setiap orang, bahwa bodhisatva atau Pangeran Siddharta sebelum jadi buddha gautama, masih mempunyai 3 akar kejahatan, yang dikikis pelan-pelan selama 4 asankheya kappa dan 100.000 kappa serta dicabut habis pada perjuangannya selama 6 tahun itu

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.406
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Jhana dan tingkat kesucian
« Reply #13 on: 13 December 2007, 03:40:17 PM »
Quote
dear sumedho,

gw  rasa yg dimaksud karuna adalah bahwa mencapai jhana aja udah ga bisa, apalagi mau mencapai kesucian...... tentunya ada org yg bs mencapai kesucian tanpa harus melalui jhana
emang koq maksudnya itu ^-^
There is no place like 127.0.0.1

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.806
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Jhana dan tingkat kesucian
« Reply #14 on: 13 December 2007, 03:47:33 PM »
Kalau dari Abbhidhamma, makhluk hidup diklasifikasikan sesuai dengan kesadaran kelahiran (birth conciousness), jadi yang dimaksud adalah orang yang pada saat tumimbal lahir bersekutu dengan ketiga akar kebajikan. Ada yang cuma 2, ada yang 1, dan ada yang kesadaran kelahirannya tidak bersekutu sama sekali dengan 3 akar kebajikan. Kalau menilik Abbhidhamma, hanya yang bersekutu dengan 3 akar kebajikan yang bisa mencapai pencapaian (jhanna atau magga dan phala). Jadi 3 akar lobha dosa moha bukannya tidak ada. Kelihatannya saya salah tulis...

Kalau di Sutta-Sutta Buddha pernah berkata jangan berharap dapat jhanna dalam kehidupan ini, apalagi kehidupan sebagai ariya, contohnya pada cerita saat Buddha berdiam di hutan ditemani gajah, ketika akan meninggalkan hutan Buddha berkata kepada gajah. Kelihatannya sih kalau jhana saja tidak bisa, apalagi jadi ariya.

Kalau deskripsi yang di atas, dari Milindapanha.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

 

anything