//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: mohon saran...  (Read 3920 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
mohon saran...
« on: 04 February 2009, 08:29:03 AM »
Namo Amithofo...
Sudah 5 thn ini aku berlatih nienfo setiap malam 10 putaran tasbih. Beberapa kali terhenti krn berbagai macam cobaan & ujian. Beberapa bln terakhir sehabis nienfo, aku melakukan pernapasan dgn cara menarik napas melalui hidung sambil membayangkan energi positif masuk lalu menghembuskan napas keluar melalui mulut sambil membayangkan energi2 negatif keluar bersama napas yg kuhembuskan. Ini kulakukan krn skg terasa ada chi yg sngt kuat ditubuhku. Awalnya 3 thn lalu disktr paha & skg terasa naik kedada...skg mulai terasa dipangkal leher. Kalau aku tdk melakukan pernapasan diatas, chi ini akan terasa sgt penuh...membuatku sesak napas & spt membopong sesuatu yg sgt berat.
Apakah cara yg kulakukan udh benar & berbahaya tdk ???
mohon saran & opini dari teman2...
thanks Buddha...

Offline chingik

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 924
  • Reputasi: 44
Re: mohon saran...
« Reply #1 on: 04 February 2009, 10:01:04 AM »
Namo Amitofo,
Kejadian seperti bro juga sering saya alami. Berhubung bro mempraktikan nianfo, sebaiknya tidk perlu gubris dengan aliran chi ini. Chi yg mengalir intens, dia juga akan berlalu. Awalnya memang agak suprise, lama-lama ya begitu saja. Datang dan pergi. Yg tersisa adalah alunan nianfo.

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: mohon saran...
« Reply #2 on: 04 February 2009, 02:00:26 PM »
Awalnya emang aku cuekin chi ini, tp skg terasa menyiksa. Badanku kadang dingin kadang panas, spt ada tekanan yg kuat ditubuhku. Skg kalo nyalain dupa dialtar, terasa ada yg menggelora didiri ini, lalu mulai terasa hangat...mulai panas...panas...lalu mulai keringetan seiring lantunan nienfo. Biasanya putaran tasbih 7x mulai bersendawa & baru tubuh ini terasa enak.
Apa ada yg salah pd diriku???
thanks Buddha...

Offline chingik

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 924
  • Reputasi: 44
Re: mohon saran...
« Reply #3 on: 06 February 2009, 12:51:19 PM »
mungkin ada kaitan dgn motivasi bro dlm praktik. Jika diawali dgn sikap batin tulus dan berlindung pada Triratna, maka apapun hasilnya tetap akan mengarah ke positif.
Problem yg muncul saat praktik memang sering terjadi. Itulah sebabnya perlu menjaga sila dgn baik, mengawali dgn sikap tulus, dan memiliki motivasi yg benar. Selanjutnya, ya mengandalkan 5 kekuatan (keyakinan, usaha, perenungan, konsentrasi dan kebijaksanaan).

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: mohon saran...
« Reply #4 on: 08 February 2009, 01:09:29 PM »
thanks ... _/\_

jika slma nienfo tubuh kita bergoyang2 seiring lantunan nienfo, apa sebaiknya ditahan atw diikutin aja..?
ada senior yg anjurin agar jgn ditahan n diikutin aja, tapi pernah ada bhante yg anjurin agar ditahan n jgn melekat...mohon bimbingannya...

 _/\_
thanks Buddha...

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.118
  • Reputasi: 128
Re: mohon saran...
« Reply #5 on: 08 February 2009, 02:44:28 PM »
hmm... ada 2 pendekatan
1. pendekatan yang alami: nienfo.. yah nien fo lanjutkan...
apapun yang terjadi hanya di sadari dan diamati... oh lagi sesak nih..
aliran chi ngumpul nih...(kata siapa?) kata pikiran kan?? ... itu adalah pendekatan yang alami
2.pendekatan yang non alami
pertama yang anda lakukan adalah mandi air garam.. usahakan semua bagian tubuh terkena..
garam berguna untuk menetralisir energi2 negatif..
kedua, saya gak menyarankan seh...
bayangkan energi positif ilahi masuk melalui cakra mahkota, (bagaikan air terjun yang deras)
mengalir masuk... membersihkan 7 cakra mayor anda....
dan menyeret semua energi negatif keluar dari tubuh anda, melalui cakra2 terdekat dan melalui pori-pori.
lalu bayangkan energi bumi yang berwarna hijau , naik dari bawah-menyentuh kaki anda,paha, hingga sampai ketinggian cakra jantung, lalu stop...
energi ilahi yg masuk melalui cakra mahkota-terus turun hingga ke cakra jantung dan berhenti

lalu ke dua energi tersebut bercampur dan menyebar ke seluruh tubuh, dan niatkan akan menetralisir segala energi negatif dan akan membuat tubuh saya jadi energik,sehat,normal.

lalu campuran ke2 energi tadi, menyebar sejauh 1 meter ke segala penjuru... dan melingkupi tubuh anda(semacam proteksi lah..) semaca anda berada dalam 1 buah telur raksasa.

saya seh lebih prefer untuk yang metode 1.
namun kalau udah gak kuat.. yah udah yg ke 2 aja...,

semoga membantu
Samma Vayama

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.404
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: mohon saran...
« Reply #6 on: 08 February 2009, 07:26:43 PM »
kalo dah goyang, niatkan utk diam dan tegak. nanti jg berhenti. itu hanya sensasi yg biasanya jadi gangguan aja.
There is no place like 127.0.0.1

Offline chingik

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 924
  • Reputasi: 44
Re: mohon saran...
« Reply #7 on: 08 February 2009, 07:46:06 PM »
thanks ... _/\_

jika slma nienfo tubuh kita bergoyang2 seiring lantunan nienfo, apa sebaiknya ditahan atw diikutin aja..?
ada senior yg anjurin agar jgn ditahan n diikutin aja, tapi pernah ada bhante yg anjurin agar ditahan n jgn melekat...mohon bimbingannya...

 _/\_

Saat tubuh mulai bergoyang, itu hanyalah keadaan batin yang sudah mulai memasuki tahap relaksasi yang kemudian diiringi dgn mulai bergejolaknya sensasi2 ini. Dalam keadaan tanpa meditasi pun saat batin kita memberi perhatian pada sensasi tubuh, maka dia akan mulai bergejolak (mungkin pengaruh dari aliran darah /chi, atau sistem saraf tubuh). Dalam keadaan biasa kita tidak menyadarinya karena sibuk dgn gejolak timbul/tenggelamnya pikiran lain.
Usahakan saja agar tubuh yg bergoyang ini ditahan dalam posisi seimbang, sama seperti menjaga tubuh dalam keadaan tegak, relaks, sama seperti menjaga pikiran tetap seimbang tidak bergejolak ke sana ke mari. Berhubung sedang mempraktikkan nianfo, maka bandingkan bagaimana saat nianfo lalu muncul gangguan pikiran lain dan pikiran lain ini dilenyapkan dan ditarik kembali ke alunan nianfo, demikian juga saat tubuh mulai bergerak, segera menyadarinya dan dikembalikan ke posisi normal.   
 

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: mohon saran...
« Reply #8 on: 09 February 2009, 10:23:13 AM »
mungkin ada kaitan dgn motivasi bro dlm praktik. Jika diawali dgn sikap batin tulus dan berlindung pada Triratna, maka apapun hasilnya tetap akan mengarah ke positif.
Problem yg muncul saat praktik memang sering terjadi. Itulah sebabnya perlu menjaga sila dgn baik, mengawali dgn sikap tulus, dan memiliki motivasi yg benar. Selanjutnya, ya mengandalkan 5 kekuatan (keyakinan, usaha, perenungan, konsentrasi dan kebijaksanaan).


 _/\_ terima kasih tuk pencerahannya...
mungkin benar kalo masih blm bgt tulus menjalani ini semua...sila hrs baik n motivasi hrs benar...thanks!
Emang bnyk rintangan slm menjalani praktek nienfo ini, yg justru membuat keyakinan smakin kuat pd Triratna,
ibarat pisau yg semakin diasah semakin menjadi tajam...
to all...thanks again tuk pencerahannya.
semoga Buddha memberkati... ^:)^ ^:)^ ^:)^
thanks Buddha...

Offline arya_bodhi

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 36
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
Re: mohon saran...
« Reply #9 on: 09 February 2009, 10:56:30 PM »
nanya nech 4kupak nian fo nya
sambil mejam atau buka mata
bagaimana posisi badan

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: mohon saran...
« Reply #10 on: 10 February 2009, 09:25:56 AM »
posisi bersila pake tasbih, mata merem...kalo bnyk gangguan pikiran atw penglihatan, mata lalu dibuka sambil memandang gmbr Hyang Buddha nienfonya...kalo ud tenang mata ya merem lg.
Biasanya setelah putaran tasbih ke7 kali akan bersendawa n bdn terasa lega...sptnya diperut penuh dgn udara/chi.
mohon petunjuknya...thanks
thanks Buddha...