//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Jangan Mudah Terombang-Ambing Oleh Kata2 Orang Lain  (Read 2994 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Jangan Mudah Terombang-Ambing Oleh Kata2 Orang Lain
« on: 24 March 2010, 09:32:48 AM »
Dikisahkan .. Disebuah desa,tinggallah seorang peramal yg terkenal.
Peramal itu sangat dipercaya dgn kemampuannya utk meramal nasib org banyak.
Apalagi berdasarkan tradisi di desa tersebut,masyarakatnya sgt percaya pada hitungan ramalan.
Sehingga,sang peramal pun selalu menjadi referensi saat penduduk desa hendak melakukan berbagai hak.
Saat ingin mengawinkan anak,mencari rumah yg cocok,ingin tahu peruntungan,pekerjaan atau usaha apa yang akan digeluti,mereka tdk ragu meminta nasehat nasehat sang peramal.
Biasanya orang2 puas dgn hasil ramalan karena sang peramal memliki kemampuan bertutr yg baik dan selalu membaca ramalan dari sudut positif.

Suatu hari,ada seorang pemuda mendatangi si peramal.
Dia ingin menanyakan perihal masa depannya.
Setelah mengamati bentuk muka dan menghitung waktu dan hari lahir.
Si peramal dgn wajah berseri berkata "Anak muda,kulit dan bentuk wajahmu sangat bagus dan cemerlang.
Berdasarkan perhitungan tanggal dan waktu lahirmu sebelum umur 35 tahun
Kamu akan menjadi pengusaha yang kaya raya.
Namun Ingat!!!
Selalu berjuanglag dgn semangat,serta jgn mudah putus asa
Kamu jg hrs berbakti kpd orang tuamu.
Jgn lupa rajin bersembahyang agar selalu diberi berkah dan lindungan oleh yang Mahakuasa.
Apakah kamu mengerti?"

"Ya Pak,terima kasih.Saya mengerti,"jawab si pemuda senang.

"Satu lagi pesan bapak. Agar keberhasilanmu bisa bertahan.
Banyak2lah membantu org susah.
Semoga Kamu sukses dan bahagia!"

Sejak Saat itu,si pemuda berusaha dgn giat dan penuh semangat.
Kata2 si peramal seakan mengiang ditelinganya sepanjang waktu.
Berkat keuletannya dlm bekerja dan berusaha.
Dia berhasil membuka usahanya yg pertama.
Yakni sebuah toko obat.
Karena terus bekerja keras,jumlah pelanggannya terus bertambah.
Hingga ia memiliki cabang toko dimana2,hingga bertahun2 kemmudian.

Suatu hari,saat usianya 34 tahun,ibunya sakit keras.
Saat menjelang ajal,si ibu memberitahu bahwa
Ternyata tanggal lahirnya salah
Karena kondisi pasca kelahiran saat itu.

Si pemuda kaget sekali.Maka dgn tergesa2,dia kembali kekampung halamannya
mencari si peramal utk kembali bertanya soal nasib berdasarkan hari lahirnya.
Tetapi.. Si peramal yg dulu telah meninggal dunia.
Kini,ia digantikan oleh peramal lain yg sudah tentu berbeda tutur kata
Dan sifatnya dgn pelamar dulu.

Saat dia mengemukakan masalahnya, si peramal memberitahu pemuda tersebut
"Berdasarkan ramalanku,nasibmu ditahun2 mendatang tdk begitu bagus,segala usahamu akan mengalami hambatan,kemunduran,bahkan akan bangkrut"

Sejak saat itu, si pemuda patah semangat dan kehilangan gairah kerja.
Yang diingat hanya kata2 peramal yg negatif.
Dia merasa percuma bekerja keras,toh usahanya akan bangkrut.
Karena itu,seiring dgn berjalannya waktu,usahanya mengalami kebangkrutan.
Sebab,ia tak lagi bersemangat seperti dulu dalam menjalankan usahanya.
Maka,lama -kelamaan,ramalan si peramal pun menjadi kenyataan.
Sehingga, di penghujung hidupnya, sipemuda benar2 mengalami kebangkrutan.

RENUNGAN........
Berkaca dari kisah tersebut
Kalau kita mudah diombang -ambingkan oleh kata2 orang lain
Dan mudah memercayai ramalan yg bersifat negatif sebagai kebenaran.
Maka kualitas mental kita akan menjadi rapuh
Sehingga,sedikit saja mendapat ujian atau rintangan,diri kita mudah jatuh.

Maka untuk sukses dlm kehidupan,
kita membutuhkan kemandirian,keyakinan dan kepercayaan diri.
Sebab,dgn sifat tersebut,kita akan mampu mengelola pikiran
dan tindakan yg bisa kita kendalikan sepenuhnya menuju kemenangan.

Sehingga,saat diramal bahwa kita akan hidup sukses,
kita akan tetap sadar,bahwa tanpa usaha dan perjuangan,
kita tdk mgkn menjadi sukses.
Sebaliknya, ketika kita diramal akan bernasib jelek,
tidak perlu berkecil hati,frustasi,apalagi patah semangat.
Justru saat itulah kita bisa mengintropeksi diri dan
menjadikan bahan evaluasi utk berjuang keras guna mematahkan semua prediksi.
Dengan begitu ramalan jelek pun bisa kita ubah menjadi lebih baik.

Ingat!!!!
Bahwa setiap kemajuan,pasti dilandasi oleh kesehatan mental.
Karena itu,teruslah kembangkan sikap percaya diri dalam setiap kesempatan.
Dengan kesehatan mental,keberanian,dan kepercayaan diri,
Kita buktikan,nasib baik selalu berpihak kepada kita!

Semoga Bermanfaat

By: Kevin Denilson
thanks Buddha...

Offline Tekkss Katsuo

  • Sebelumnya wangsapala
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.611
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
Re: Jangan Mudah Terombang-Ambing Oleh Kata2 Orang Lain
« Reply #1 on: 24 March 2010, 12:18:06 PM »
postingan yg bagussssss.  ;D

Offline kusalaputto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.288
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • appamadena sampadetha
Re: Jangan Mudah Terombang-Ambing Oleh Kata2 Orang Lain
« Reply #2 on: 24 March 2010, 02:10:03 PM »
bagus banget nih buat mereka yg masih muluk2 percaya ramalan tanpa di dasari oleh pengetahuan dhamma
semoga kamma baik saya melindungi saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan saya menemukan seseorang yang baik pada saya dan anak saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan tujuan yang ingin saya capai, semoga saya bisa meditasi lebih lama.

Offline wiithink

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.630
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: Jangan Mudah Terombang-Ambing Oleh Kata2 Orang Lain
« Reply #3 on: 24 March 2010, 03:21:21 PM »
yah aneh.. kayak bokap gw aja hehehe...
orang bilang ini, dia goyang, orang bilang itu, dia goyang lagi

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Jangan Mudah Terombang-Ambing Oleh Kata2 Orang Lain
« Reply #4 on: 24 March 2010, 11:34:33 PM »
yah aneh.. kayak bokap gw aja hehehe...
orang bilang ini, dia goyang, orang bilang itu, dia goyang lagi
Tugasmu sebagai anak membimbing bokap agar tidak usah percaya pada peramal .....
ini salah satu kewajiban kita sebagai anak ......  ;D


 
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline wiithink

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.630
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: Jangan Mudah Terombang-Ambing Oleh Kata2 Orang Lain
« Reply #5 on: 24 March 2010, 11:58:20 PM »
susahnya, kalo di kasih tau, buntut2nya berantem.
nah, gw pernah denger Dhamma MP3 gitu di DC..
"kalo kita sebagai anak ndak bisa kasih tau orang tua, bawa aja orang tuanya ke Vihara pas lagi ada penceramah, jadi bisa sekalian ikutan denger." kurang lebih gitu deh kata Bhikkhu nya..

lah.. bokap gw, kalo gw ajak ke Vihara, dia malah marah2..
makanya, gw males. ada di tivi taiwan, bhiksu yang ngomong di tipi. sama aja bo'ong, orang gw ama bokap mandarinnya kurang lancar. cuma, gw tatap aja gambar

Offline kusalaputto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.288
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • appamadena sampadetha
Re: Jangan Mudah Terombang-Ambing Oleh Kata2 Orang Lain
« Reply #6 on: 25 March 2010, 12:33:34 PM »
susahnya, kalo di kasih tau, buntut2nya berantem.
nah, gw pernah denger Dhamma MP3 gitu di DC..
"kalo kita sebagai anak ndak bisa kasih tau orang tua, bawa aja orang tuanya ke Vihara pas lagi ada penceramah, jadi bisa sekalian ikutan denger." kurang lebih gitu deh kata Bhikkhu nya..

lah.. bokap gw, kalo gw ajak ke Vihara, dia malah marah2..
makanya, gw males. ada di tivi taiwan, bhiksu yang ngomong di tipi. sama aja bo'ong, orang gw ama bokap mandarinnya kurang lancar. cuma, gw tatap aja gambar
11 12 sama bokap g  :)) :)) :)) malah g di suruh jangan terlalu sering pergi k vihara lebih bae kerja cari duit :))
tapi berharap suatu hari nanti bisa ikut g k vihara :))
semoga kamma baik saya melindungi saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan saya menemukan seseorang yang baik pada saya dan anak saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan tujuan yang ingin saya capai, semoga saya bisa meditasi lebih lama.

Offline wiithink

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.630
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: Jangan Mudah Terombang-Ambing Oleh Kata2 Orang Lain
« Reply #7 on: 25 March 2010, 07:28:51 PM »
syukur karen masih di bolehin.. aku mo ke vihara, bukan ndak boleh, cuma ndak mo diantar. kalo aku jalan kaki, bisa kena omel berkepanjangan..

kalo cici gw, malah di antarin ke gereja.. sebel aku liatnya..

kata mama sih, papa takut gw tertarik jadi bhikhuni..
ehmm.. aneh2 aja

Offline dewi_go

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.848
  • Reputasi: 69
  • Gender: Female
Re: Jangan Mudah Terombang-Ambing Oleh Kata2 Orang Lain
« Reply #8 on: 25 March 2010, 07:52:32 PM »
pengalaman yang sama juga aku alamin cuman bedany aku ga perlu dianter cos bisa bw motor sendiri, cuman kalo soal agama Buddha bokapku lebih cenderung sama Kwan Im Posat y aku sih biarin aja
 ;D
Sweet things are easy 2 buy,
but sweet people are difficult to find.
Life ends when u stop dreaming, hope ends when u stop believing,
Love ends when u stop caring,
Friendship ends when u stop sharing.
So share this with whom ever u consider a friend.
To love without condition... ......... .........

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.107
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: Jangan Mudah Terombang-Ambing Oleh Kata2 Orang Lain
« Reply #9 on: 25 March 2010, 08:13:30 PM »
kan ada daaitv dapet tidak daerah tempat tinggal mu. atau radio cakrawala kan ada biasa siaran Buddhistnya.

Offline wiithink

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.630
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: Jangan Mudah Terombang-Ambing Oleh Kata2 Orang Lain
« Reply #10 on: 25 March 2010, 11:59:30 PM »
da ai tv, harus ganti parabolanya..
sedangkan, bokap suka bingung, kalo diganti ganti..
makanya, bokap lebih suka, nonton mister chen yen lagi pidato. ntah ngerti, ntah ndak, ndak tau lah aku huakakakaaa

 

anything