//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: melihat Buddha ?  (Read 7280 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
melihat Buddha ?
« on: 01 May 2009, 05:01:45 PM »
Namo Buddhaya ,

sesuai dgn judul diatas , mungkin tdk seseorang melihat Buddha saat ini ?

pernah membaca ttg pengalaman org2 yg melihat Buddha di dlm meditasinya .

bagaimana tanggapan teman2 ttg hal ini ?

thanks _/\_
thanks Buddha...

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: melihat Buddha ?
« Reply #1 on: 01 May 2009, 06:58:54 PM »
Hhmm..
Sy dulu setiap hari berinteraksi dgn buddha dirumah.
Tapi sekarang udah ngak :'(

hhmm..soal melihat buddha
mungkin cuma hoangg doang..
Soalnya kalo kita simak mahaparinibbana sutta sepertinya buddha tidak akan ada di 31 alam lg.cmiiw

kalo mendengar pengalaman orang yg bertemu buddha dlm meditasinya,
katanya buddha berbentuk cahaya yg sangat terang tapi tidak menyilaukan..
Sepertinya itu cuma hoang duang..
Mungkin karena obsesi orang tersebut yg begitu tinggi sehingga seolah-olah melihat buddha dalam bentuk cahaya..
Ato makhluk lain yg dilihat..dan dikatakan itu adalah buddha

di dalam zen disebutkan
"if you meet buddha on the road kill him"

nah..cmiiw
yg terpenting melaksanakan ajarannya.
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: melihat Buddha ?
« Reply #2 on: 01 May 2009, 07:02:22 PM »
maksudnya rupang Buddha atau Buddha Gotama atau Buddha dalam arti Sadar?
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: melihat Buddha ?
« Reply #3 on: 01 May 2009, 07:12:25 PM »
kalau maksudnya mr. jhon itu berinteraksi dengan buddha di rumah maksudnya ortu ya?

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: melihat Buddha ?
« Reply #4 on: 01 May 2009, 07:24:05 PM »
kalau maksudnya mr. jhon itu berinteraksi dengan buddha di rumah maksudnya ortu ya?
sayang grpku baru di tranfer..
Lain kali sy kasih maria ya..mau ga?

Ya memang buddha di rumah adalah ortu(ibu),coba anda renungkan jasa2 yang telah dilakukan ibu..
"kasih ibu..kepada beta..tak terhingga sepanjang masa..." :'(
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline Sunce™

  • Sebelumnya: Nanda
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.350
  • Reputasi: 66
  • Gender: Male
  • Nibbana adalah yang Tertinggi
Re: melihat Buddha ?
« Reply #5 on: 01 May 2009, 07:33:58 PM »
mungkin saja bisa, kalo mancapai jhana meditasinya..

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: melihat Buddha ?
« Reply #6 on: 01 May 2009, 08:55:33 PM »
bisa, tapi lebih baik jgn dibayang2kan deh...
karena tubuh pangeran siddhattha itu bukan buddha, seperti ucapannya pada Vakkali:

cukup Vakkali,
apa yg kau harapkan dari tubuh menjijikkan ini?
siapa yg melihat dhamma, dia melihatku;
siapa yg melihatku, dia melihat dhamma.
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: melihat Buddha ?
« Reply #7 on: 01 May 2009, 09:09:38 PM »
Keduluan om Tesla.
Dhamma-kaya, yang melihat Dhamma adalah orang yang melihat Sang Buddha.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: melihat Buddha ?
« Reply #8 on: 01 May 2009, 09:10:36 PM »
saya udah....
Buddha Tidur terbesar didunia...di Thailand
kakinya aja GEDEH...

Apakah dgn melihat Buddha membawa pembebasan/pencerahan?
apa perasaan saat melihat Buddha?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: melihat Buddha ?
« Reply #9 on: 01 May 2009, 09:23:38 PM »
mungkin saja bisa, kalo mancapai jhana meditasinya..

mencapai jhana?
Lalu bagaimana dgn kisah bhikku upagupta(yg diyakini mencapai arahat)

http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,773.0.html

....
Akhirnya dengan terpaksa Dewa Mara kembali menemui Upagupta Thera dan memohon untuk dilepaskan kalung bangkai anjing tersebut.
Upagupta Thera kemudian memberikan wejangan kepada Dewa Mara tentang aspirasi dewa Mara untuk menjadi seorang samma sambuddha di masa mendatang. Dewa Mara kemudian tersadar dan mengucapkan kembali aspirasinya untuk menjadi samma sambuddha di masa mendatang dan Upagupta Thera kemudian melepaskan kalung tersebut.

Upagupta Thera kemudian berkata bahwa pertemuan mereka ini diakibatkan adanya ikatan karma antara mereka berdua pada masa lampau.

Pada pertemuan ini pula, upagupta thera meminta Mara untuk merubah dirinya mirip menjadi Buddha Sakyamuni, karena Mara pernah bertemu langsung dengan Buddha Sakyamuni. Upagupta Thera juga diyakini merupakan salah satu arahat yang dikenal setelah era Buddha Sakyamuni.


*sebenarnya dialognya panjang antara upagupta dan mara ketika bhikku upagupta meminta mara merubah dirinya menjadi buddha gautama.
Awalnya mara tidak mau,karena didesak oleh upagupta akhirnya mara merubah dirinya menjadi buddha gautama,dan bhikku upagupta bernamaskara di dpn fisik buddha gautama(yg sebenarnya adalah mara)

nah dari cerita diatas,
maka timbul pertanyaan,
mengapa bhikku upagupta yg diyakni telah mencapai arahat(setidaknya memiliki abhina dashyat),masih meminta mara(yg pernah bertemu buddha gautama) untuk merubah dirinya menjadi fisik sidartha gautama?

Kalo yg telah mencapai jhana saja bisa bertemu buddha,
kenapa yg diyakini mencapai arahat(setidaknya memiliki abhina dahsyat) masih memerlukan bantuan mara untuk dapat melihat sosok fisik dari buddha??

Salam metta
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline Sukma Kemenyan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.840
  • Reputasi: 109
Re: melihat Buddha ?
« Reply #10 on: 01 May 2009, 09:32:53 PM »
Kalo yg telah mencapai jhana saja bisa bertemu buddha,
kenapa yg diyakini mencapai arahat(setidaknya memiliki abhina dahsyat) masih memerlukan bantuan mara untuk dapat melihat sosok fisik dari buddha??
Maaf, kalau sedikit oot...
Menurut anda apa itu abhinna ? Kemampuan tuk Time Travel...?

abhinna (abhi~n~naa): Intuitive powers that come from the practice of concentration: the ability to display psychic powers, clairvoyance, clairaudience, the ability to know the thoughts of others, recollection of past lifetimes, and the knowledge that does away with mental effluents.

menurut saya,
besar kemungkinan arahat tersebut tidak memiliki kamma yang cukup untuk pernah bertemu siddartha gautama dikehidupan lampaunya.
sehingga walaupun memiliki abhinna (recollection of past lifetimes) tidak ada ingatan yang bisa membawanya untuk mengambarkan wujud siddartha

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.404
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: melihat Buddha ?
« Reply #11 on: 01 May 2009, 11:18:46 PM »
saya tutup mata
saya terbayang sang buddha
saya melihat sang buddha

:hammer:

imo, ketika di meditasi katanya melihat buddha itu hanya sekadar gambaran batin saja.
There is no place like 127.0.0.1

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: melihat Buddha ?
« Reply #12 on: 02 May 2009, 12:02:27 AM »
Dulu malah ada yg ngaku-ngaku ngopi bareng sama Sang Buddha ......

Tidak ada yg bisa melukiskan keagungan tubuh Tathagatha .....
itu yg pernah ayee baca .......  ::)
baca post dimana yaaah  :hammer:
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.563
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: melihat Buddha ?
« Reply #13 on: 02 May 2009, 02:18:03 AM »
jika mau melihat buddha dalam arti harafiah, dapat mempraktikkan meditasi dengan obyek buddhanusati. tapi yg kelihatan cuma gambaran batin biasanya dalam bentuk buddharupang, jadi ngapain repot2 meditasi, pelototin aja buddharupang ;D

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: melihat Buddha ?
« Reply #14 on: 02 May 2009, 12:40:42 PM »
saya tutup mata
saya terbayang sang buddha
saya melihat sang buddha

:hammer:

imo, ketika di meditasi katanya melihat buddha itu hanya sekadar gambaran batin saja.

jadi org2 yg katanya melihat Buddha di dlm meditasinya , itu sdh pasti ilusi ?
katakanlah ada org yg punya kecendrungan baik dan bener2 membina diri ,
lalu Hyang Buddha benar2 menampakkan dirinya pd org tsb ... mungkin gak ?

thanks Buddha...

 

anything