//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Tanya ? Jawab untuk Pemula  (Read 547790 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #1785 on: 25 June 2013, 10:21:23 PM »
alasannya ko?
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #1786 on: 25 June 2013, 10:27:58 PM »
bagaimana cara membedakan antara kamma netral, baik dan buruk?
soal kamma netral itu, aku cuma pernah baca di buku sekilas sih... ;D
tapi IMO, belum tentu kegiatan sehari2, seperti mandi, makan, minum, dll itu termasuk kamma netral, karena sering ada niat dibalik tindakan yang kita lakukan tsb.. (cetana = kamma)

kalo misal kita mau jalan kerumah si A, biasanya kita punya landasan niat dulu, mau ngapain, tujuannya apa..
kalo mau cari ribut di sana, yah berarti cetananya dilandasi akar dosa... ;D
kalo maunya buat berdana, ya cetananya dilandasi alobha.. ;D

jadi gak bisa dipukul rata juga... :D
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #1787 on: 26 June 2013, 09:17:30 AM »
soal kamma netral itu, aku cuma pernah baca di buku sekilas sih... ;D
tapi IMO, belum tentu kegiatan sehari2, seperti mandi, makan, minum, dll itu termasuk kamma netral, karena sering ada niat dibalik tindakan yang kita lakukan tsb.. (cetana = kamma)

kalo misal kita mau jalan kerumah si A, biasanya kita punya landasan niat dulu, mau ngapain, tujuannya apa..
kalo mau cari ribut di sana, yah berarti cetananya dilandasi akar dosa... ;D
kalo maunya buat berdana, ya cetananya dilandasi alobha.. ;D

jadi gak bisa dipukul rata juga... :D
kalo contoh kasus tidur bagaimana? ;D
tidur dengan kebencian? :-?
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #1788 on: 26 June 2013, 09:27:06 AM »
kalo contoh kasus tidur bagaimana? ;D
tidur dengan kebencian? :-?

besok pagi2 gue mau bunuh orang, jadi tubuh gue harus dalam kondisi fit, oleh karena itu sekarang gue harus tidur.

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #1789 on: 26 June 2013, 09:30:57 AM »
besok pagi2 gue mau bunuh orang, jadi tubuh gue harus dalam kondisi fit, oleh karena itu sekarang gue harus tidur.
kalo mo tidur terus tidur aja, gak mikir apa2 atau ketiduran, bagaimana dong?

lagi, 5 sila kalo dilanggar jelas menghasilkan kamma buruk, tapi kalo tambahan 3 sila & perubahan sila ke 3 di formasi atthasila, apa kamma buruk juga?
misalnya makan udah lewat tengah hari pas udah bertekad katanya mau 8sila.
« Last Edit: 26 June 2013, 09:32:29 AM by hemayanti »
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #1790 on: 26 June 2013, 09:40:41 AM »
kalo mo tidur terus tidur aja, gak mikir apa2 atau ketiduran, bagaimana dong?


Saat tidur, meski pikiran dalam kondisi lemah, namun pikiran terus beraksi
Batin anda bergolak, pikiran bergolak, tidur tidak nyenyak dan aksi-reaksi kamma banyak terjadi dalam alam pikiran.

Seperti contoh Bro Indra, sebelum tidur sudah diniati membunuh besok, maka pikiran akan sibuk mengatur rencana2 besok, dipenuhi dosa yg terus memotivasi pikiran kita saat tidur.


Demikian juga dengan tidur tanpa motivasi pikiran yg kuat sebelumnya, alias ketiduran maka pikiran akan dimotivasi oleh aksi-reaksi dari kejadian2 lain.


Kejadian sebelum tidur, mirip saat menjelang kematian, pikiran mana yg paling kuat sebelum tidur, itu yg akan menentukan arah batin kita saat tidur, klu ga ada, maka pikiran2 lain yg akan muncul

::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #1791 on: 26 June 2013, 09:43:10 AM »
Saat tidur, meski pikiran dalam kondisi lemah, namun pikiran terus beraksi
Batin anda bergolak, pikiran bergolak, tidur tidak nyenyak dan aksi-reaksi kamma banyak terjadi dalam alam pikiran.

Seperti contoh Bro Indra, sebelum tidur sudah diniati membunuh besok, maka pikiran akan sibuk mengatur rencana2 besok, dipenuhi dosa yg terus memotivasi pikiran kita saat tidur.


Demikian juga dengan tidur tanpa motivasi pikiran yg kuat sebelumnya, alias ketiduran maka pikiran akan dimotivasi oleh aksi-reaksi dari kejadian2 lain.


Kejadian sebelum tidur, mirip saat menjelang kematian, pikiran mana yg paling kuat sebelum tidur, itu yg akan menentukan arah batin kita saat tidur, klu ga ada, maka pikiran2 lain yg akan muncul

::
begitu yah. :)
jadi intinya tetap ada kamma disana?
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #1792 on: 26 June 2013, 10:27:22 AM »
kalo mo tidur terus tidur aja, gak mikir apa2 atau ketiduran, bagaimana dong?

"ketiduran" adalah ungkapan bahwa seseorang tertidur secara tidak sengaja, dan segala perebuatan yg tidak sengaja adalah tidak didorong oleh kehendak, oleh karena itu bukan kamma.

Quote
lagi, 5 sila kalo dilanggar jelas menghasilkan kamma buruk, tapi kalo tambahan 3 sila & perubahan sila ke 3 di formasi atthasila, apa kamma buruk juga?
misalnya makan udah lewat tengah hari pas udah bertekad katanya mau 8sila.
hanya jika memakan makanan yg diperoleh dengan mencuri

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #1793 on: 26 June 2013, 11:07:56 AM »
"ketiduran" adalah ungkapan bahwa seseorang tertidur secara tidak sengaja, dan segala perebuatan yg tidak sengaja adalah tidak didorong oleh kehendak, oleh karena itu bukan kamma.
ya..ya,... :)

Quote
hanya jika memakan makanan yg diperoleh dengan mencuri
kenapa makan lewat tengah hari gak termasuk kamma buruk om?
kan udah bertekad kalo akan menjalankan sila.
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.469
  • Reputasi: 169
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #1794 on: 26 June 2013, 07:50:12 PM »

kenapa makan lewat tengah hari gak termasuk kamma buruk om?
kan udah bertekad kalo akan menjalankan sila.

IMO, sila yang tidak makan lewat tengah hari adalah sila yang bersifat pelatihan (sikkhapada), bukan sbg penjagaan ucapan dan perbuatan (carita) ataupun penghindaran ucapan dan perbuatan buruk (varitta).
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #1795 on: 26 June 2013, 09:49:23 PM »
IMO, sila yang tidak makan lewat tengah hari adalah sila yang bersifat pelatihan (sikkhapada), bukan sbg penjagaan ucapan dan perbuatan (carita) ataupun penghindaran ucapan dan perbuatan buruk (varitta).
apakh semua perbuatan yang dilandasi lobha, dosa dan moha termasuk kamma buruk om?
kalo makan lewat tengah hari itu dengan lobha, bagaimana?

maaf agak bawel.
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #1796 on: 26 June 2013, 10:02:26 PM »
apakh semua perbuatan yang dilandasi lobha, dosa dan moha termasuk kamma buruk om?
kalo makan lewat tengah hari itu dengan lobha, bagaimana?

maaf agak bawel.

perbuatan baik juga bisa dilandasi oleh lobha, dosa, dan moha, tetapi ini adalah kamma baik. misalnya orang berdana karena didorong oleh pikiran "konon dengan berdana bisa jadi kaya", ini adalah perbuatan berdana yg didorong oleh lobha, tapi bagaimanapun juga berdana adalah kamma baik.

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #1797 on: 26 June 2013, 10:11:49 PM »
perbuatan baik juga bisa dilandasi oleh lobha, dosa, dan moha, tetapi ini adalah kamma baik. misalnya orang berdana karena didorong oleh pikiran "konon dengan berdana bisa jadi kaya", ini adalah perbuatan berdana yg didorong oleh lobha, tapi bagaimanapun juga berdana adalah kamma baik.
iya juga yah.
jadi bagaimana membedakan antara kamma baik dan buruk om?
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #1798 on: 26 June 2013, 11:44:52 PM »
iya juga yah.
jadi bagaimana membedakan antara kamma baik dan buruk om?

MN 41 Sāleyyaka Sutta
http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,17327.msg279173.html#msg279173

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #1799 on: 27 June 2013, 07:31:45 AM »
begitu yah. :)
jadi intinya tetap ada kamma disana?

Jika yg dimaksudkan adalah 'ketiduran'nya, maka seperti yg dijelasin Bro Indra, maka 'ketiduran' itu sendiri adalah proses yg tidak disengaja, maka tidak ada kamma krn kita 'ketiduran'.

Tapi, didalam tidur itu sendiri, terjadi mimpi2.. artinya pikiran berproses, ada kesadaran pikiran yg sedang bekerja. Jika ini yg dimaksud: apakah ada kamma dalam pikiran saat tidur? Sejauh yg saya tau, tergantung kualitas tidurnya. Jika tidurnya nyenyak sekali, maka tidak akan mimpi, sehingga tidak terjadi kamma. Ini tidur berkualitas yg biasanya terjadi jika kita lelah sekali atau selalu terjadi pada orang2 suci.

Jika tidurnya tidak nyenyak alias banyak mimpi, maka terjadi proses kesadaran disini. Saat tidur, kesadaran kita tetap mengambil objek (yakni: objek pikiran) dan memprosesnya. Tetap terjadi kamma disini.

::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)