//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Lalai bayar pajak, solusinya????  (Read 21984 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Lalai bayar pajak, solusinya????
« Reply #15 on: 15 February 2013, 10:21:50 AM »
Meski bukan ahli perpajakan, tapi kerjaan sy sedikit banyak terkait perpajakan. Berikut sy sharing apa yg sy tau, sbb:

Pajak perusahaan yg mesti dilaporkan ada bermacam2 (tergantung jenis perusahaan), Yg umum dan rutin dilaporkan SEMUA perusahaan tiap bulan adalah:
- Pajak Penghasilan Karyawan (PPh 21)
- Pajak Penghasilan Final Perusahaan (PPh 25)

~ PPh 21 yg mesti dilaporkan tiap bulannya.
Adalah pajak para karyawan, manajer, direksi, dll yg bekerja di perusahaan tsb.
Perusahaan BERKEWAJIBAN memungut pajak dari semua orang yg bekerja di perusahaan tsb. Besarnya potongan ada aturannya, bertingkat sesuai besaran gaji masing2.
Jadi, tiap bulan, saat gajian, perusahaan memotong pajak dari gaji masing2 orang dan membuat laporan dan menyetor ke pajak. Namanya SSP (Surat Setoran Pajak) PPh 21.

~ PPh 25 yg mesti dilaporkan tiap bulannya
Beda dgn PPh 21 karyawan diatas yg simple, PPh 21 yg mesti dibayar tiap bulan dasar perhitungannya cukup rumit.

Garis besarnya begini:
Negara mau kita membayar pajak keuntungan tiap bulan, sedangkan keuntungan kita, baru tau setelah setahun bekerja.
Maka: setelah setahun bekerja, dihitunglah keuntungan dan hasilnya didapatlah pajak yg mesti disetor.
Pajak hasil keuntungan setahun bekerja ini dibagi 12 dan dibayarkan tiap bulan ditahun depan.

ilustrasi:
- Setelah bekerja setahun penuh di tahun 2012, maka di bulan Jan-April 2013 CV. A telah bisa menghitung keuntungan dan pajaknya sbb:
- Pendapatan CV. A tahun 2012 adalah 1m
- Biaya2 tahun 2012 adalah 400jt
- Sehingga keuntungan adalah 600jt *)
- maka Pajak Final PPh25 untuk tahun 2012 adalah 20% x 600jt = 120jt *)
- Pajak memberi waktu hitung-menghitung keuntungan 2012 ini dari bulan Jan-April 2013, maka mulai bulan Mei 2013 dstnya (sd bulan april 2014) CV. A berkewajiban membayar pajak 10jt tiap bulan (120jt : 12bulan)

*) perhitungan ini adalah ilustrasi cepat, sebenarnya perhitungan lebih detil dan tidak sesimple ini

Bagaimana jika perusahaan baru berdiri, katakanlah Bulan Juli 2012 sehingga belum tau keuntungan dan belum tau berapa nilai pajak PPh 25 ini yg mesti dibayar tiap bulannya?
~ Tetap wajib lapor, isinya: NIHIL

Jika PPh 21 dan PPh 25 wajib lapor tiap bulan ini tidak dilaporkan, maka akan kena denda dan bunga.

Besarnya denda dan bunga tergantung hasil keuntungan akhir tahun nanti (ada perhitungan resminya).

------

Dalam kasus perusahaan Bro Stephen Chow, CV baru berdiri bulan Juli 2012, maka:
- PPh 21 wajib dilaporkan mulai Agustus 2012
Besarnya tergantung jumlah karyawan, kalo nggak ada karyawan tetap dilaporkan juga, isi: NIHIL
- PPh 25 wajib dilaporkan mulai Agustus 2012
Isiannya: NIHIL

Sy kurang tau besaran denda dan bunga jika TIDAK/LUPA lapor (meskipun isiannya NIHIL), biasanya prhitungan begitu ada di situs2 Dirjen Pajak atau blog pajak, juga ada perhitungan di buku2 perpajakan, atau tanya AR juga boleh  ;D

Oh ya, pemanggilan untuk alpa, lupa, atau ada teguran dan pertanyaan dari kantor pajak, SELALU memakai SURAT.

Apakah AR bisa nakal atau KKN?
Namanya negara Indonesia, semuanya bisa saja terjadi  :whistle:
Tapi selama yg saya alami: AR sekarang jauh lebih profesional dan lebih 'mendingan' dibanding petugas2 lama dulu

Saya katakan AR sekarang lebih profesional dibanding petugas2 pajak lama dulu, tapi bbrp kali sy ketemu juga AR yg kebingungan dengan bbrp kasus, sy pikir krn masalahnya juga perpajakan di Indonesia banyak area yg masih abu2.. banyak aturan yg tumpang tindih, sehingga kita bingung dan AR pun bisa bingung.

::

 :jempol: penjelasannya mudah dimengerti...
Jenis pajakBayarDendaLaporDenda
PPh 21tgl 102%tgl 20100rb
PPh 23tgl 102%tgl 20100rb
PPh 4 (2)tgl 102%tgl 20100rb
PPN DNtgl 302%tgl 30500rb
Ribet banget ya buat tabel ternyata...
« Last Edit: 15 February 2013, 10:44:52 AM by M14ka »

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Lalai bayar pajak, solusinya????
« Reply #16 on: 15 February 2013, 10:32:21 AM »
mungkin warga DC ada yg bisa bantu...  :'(
awal saya mau buka usaha JNE jasa pengiriman barang, syarat buat CV ato PT,
maka saya buat CV pada bulan JULI 2012 untuk mengajukan buka JNE, akhirnya JNE saya buka pada bulan akhir2 november 2012, nah sekarang saya mau lapor pajak CV saya karena takut ada masalah di kemudian hari karena saya CV itu badan usaha.. Waktu ke kantor pajak dengan teman saya dan ketemu dengan AR wilayah saya, katanya saya kena denda karena tidak lapor dari bulan JULI 2012 sampai DESEMBER 2012, kena denda pajak karyawan=100.000, direktur=100.000, CV=100.000 jadi 1 bulan denda 300.000 jadi 300.000x6=1.800.000..

Dan parahnya saya sudah buat PKP karena terakhir2 JNE minta PKP(tidak tahu buat apa, apa formalitas saja) karena teman saya bilang PKP itu jika penjualan total 600.000.000 1 tahun.. kalo PKP 1 bulan denda 500.000X6=3.000.000, tapi PKP bisa di hapus bagian AR nya bilang kalau tidak sesuai dengan peraturan PKP..
saya telpon kring pajak katanya sih bisa buat surat lalai pajak karena saya tidak lapor pajak, tapi teman saya bilang AR nya pasti mesti di sogok karena tidak mungkin AR nya itu orang bersih, apalagi dia sudah kasih nomor HPnya ke saya waktu ke kantor pajak..
jadi saya bisa kena denda 1.800.000 normalnya, lumayan gede soalnya JNE baru jalan 2 bulanan, dan sudah biaya banyak keluar..
saya dan teman saya diskusi akhirnya besok mau ketemu AR nya, ya sogot duit lah intinya supaya saya tidak kena denda 1.800.000 dan PKP saya di hapus..

gila sekali ya kalo buka CV dan tidak paham sama sekali seperti umat awam saya ini, jadi intinya adalah jika ada yg buat CV maka wajib lapor walaupun usahanya belum berjalan atau bisa kena denda 300.000/bulan...

ada member DC yg bisa tolong kasi masukan/saran buat saya?  :-?
apakah cara saya ini sudah benar atau salah?  :-?

 _/\_

Dendanya bukannya per pph ya, kok ada denda karyawan, direktur, tuh kayanya termasuk pph 21 aja deh....  :-?

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: Lalai bayar pajak, solusinya????
« Reply #17 on: 15 February 2013, 01:30:23 PM »
:jempol: penjelasannya mudah dimengerti...
Jenis pajakBayarDendaLaporDenda
PPh 21tgl 102%tgl 20100rb
PPh 23tgl 102%tgl 20100rb
PPh 4 (2)tgl 102%tgl 20100rb
PPN DNtgl 302%tgl 30500rb
Ribet banget ya buat tabel ternyata...


ternyata dendanya besar juga ya: Jul-Dec 2012 = 6 bulan x 100 rb = 600rb masing2 untuk PPh25 dan 21 sehingga total 1,2 jt

::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline stephen chow

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.055
  • Reputasi: 37
  • Gender: Male
Re: Lalai bayar pajak, solusinya????
« Reply #18 on: 15 February 2013, 08:22:02 PM »
Dendanya bukannya per pph ya, kok ada denda karyawan, direktur, tuh kayanya termasuk pph 21 aja deh....  :-?
ya tidak ngerti juga sih, tapi kan say badan usaha jadi haru lapor 3 laporan jadi kena denda 3 laporan itu,, tapi sudah selesai sih masalahnya, ke akuntan publik..  ;D
Menjadi Baik adalah moralitas sejati..
Berbuat Baik adalah mungkin sekadar jalan menuju tujuan..
Y.M. Dr. H. Saddhatissa..

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Lalai bayar pajak, solusinya????
« Reply #19 on: 16 February 2013, 01:42:26 PM »
ya tidak ngerti juga sih, tapi kan say badan usaha jadi haru lapor 3 laporan jadi kena denda 3 laporan itu,, tapi sudah selesai sih masalahnya, ke akuntan publik..  ;D

Akuntan publicnya pasti bayar lagi juga kan?  ;D  Berapa jadinya harus bayar totalnya?
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline stephen chow

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.055
  • Reputasi: 37
  • Gender: Male
Re: Lalai bayar pajak, solusinya????
« Reply #20 on: 16 February 2013, 03:20:19 PM »
Akuntan publicnya pasti bayar lagi juga kan?  ;D  Berapa jadinya harus bayar totalnya?
iya bayar karena pakai jasa mereka bro..
Jasa:
SPT CV Tahun 2012=1.500.000
Orang Pribadi Tahun 2012=750.000
Laporan Juli-Desember CV=150.000x6=900.000 (diskon jadi 500.000)
total=2.750.000

ini belum termasuk denda, tapi kata orang akuntan public, jika ada surat baru bayar denda, sebelum bayar buat surat permohonan lalai lapor pajak, mungkin bisa lolos..  :-?

memang harus pakai jasa akuntan public saya pikir2, karena jika kerjakan sendiri bisa pecah kepala...  :'(
Menjadi Baik adalah moralitas sejati..
Berbuat Baik adalah mungkin sekadar jalan menuju tujuan..
Y.M. Dr. H. Saddhatissa..

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Lalai bayar pajak, solusinya????
« Reply #21 on: 16 February 2013, 07:01:39 PM »
iya bayar karena pakai jasa mereka bro..
Jasa:
SPT CV Tahun 2012=1.500.000
Orang Pribadi Tahun 2012=750.000
Laporan Juli-Desember CV=150.000x6=900.000 (diskon jadi 500.000)
total=2.750.000

ini belum termasuk denda, tapi kata orang akuntan public, jika ada surat baru bayar denda, sebelum bayar buat surat permohonan lalai lapor pajak, mungkin bisa lolos..  :-?

memang harus pakai jasa akuntan public saya pikir2, karena jika kerjakan sendiri bisa pecah kepala...  :'(
Mhl jg ya kl pk konsultan pjk entah sama ga biayanya ya...

Offline Alucard Lloyd

  • Sebelumnya: a.k.agus
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 529
  • Reputasi: 13
  • Gender: Male
  • buddho
Re: Lalai bayar pajak, solusinya????
« Reply #22 on: 16 February 2013, 09:21:30 PM »
Sedikit nanya ya bro steven kan baru bicara dengan ar nya apakah surat pemberitahuan dendanya sudah keluar? Apakah hanya baru ar nya saja yang bicara kena denda?
Agama ku tidak bernama
Karena guru ku telah parinibbana
Yang tertinggal hanyalah dahmma
Agar aku dapat mencapai nibbana

Offline stephen chow

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.055
  • Reputasi: 37
  • Gender: Male
Re: Lalai bayar pajak, solusinya????
« Reply #23 on: 18 February 2013, 08:30:40 AM »
Mhl jg ya kl pk konsultan pjk entah sama ga biayanya ya...
mahal sih tidak juga, standar lah, soalnya ini saya laporan tahunan dan bulanan dari bulan juli...

kalo jasa 1 bulan cuma 150.000 per CV..
laporan yg 1 tahun 1x kena 1.500.000 yg CV..
laporan yg 1 tahun 1x kena 750.000 yg pribadi
Menjadi Baik adalah moralitas sejati..
Berbuat Baik adalah mungkin sekadar jalan menuju tujuan..
Y.M. Dr. H. Saddhatissa..

Offline stephen chow

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.055
  • Reputasi: 37
  • Gender: Male
Re: Lalai bayar pajak, solusinya????
« Reply #24 on: 18 February 2013, 08:32:37 AM »
Sedikit nanya ya bro steven kan baru bicara dengan ar nya apakah surat pemberitahuan dendanya sudah keluar? Apakah hanya baru ar nya saja yang bicara kena denda?
surat denda belum keluar bro, makanya konsultan saya bilang biaran saja tidak perlu bayar denda karena belum keluar suratnya, nanti jika sudah keluar suratnya maka buat surat permohonan sejenis lalai bayar pajak karena ketidaktahuan, mungkin bisa di terima, tergantung kamma lah.  :))
Menjadi Baik adalah moralitas sejati..
Berbuat Baik adalah mungkin sekadar jalan menuju tujuan..
Y.M. Dr. H. Saddhatissa..

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Lalai bayar pajak, solusinya????
« Reply #25 on: 18 February 2013, 08:47:38 AM »
mahal sih tidak juga, standar lah, soalnya ini saya laporan tahunan dan bulanan dari bulan juli...

kalo jasa 1 bulan cuma 150.000 per CV..
laporan yg 1 tahun 1x kena 1.500.000 yg CV..
laporan yg 1 tahun 1x kena 750.000 yg pribadi

hah, spt tahunan pribadi 750rb? tuh isi form yg brp ya kok mahal.... temanku bantuin buat spt pribadi yg 1770 S cm 100rb aja... 

Offline stephen chow

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.055
  • Reputasi: 37
  • Gender: Male
Re: Lalai bayar pajak, solusinya????
« Reply #26 on: 18 February 2013, 04:41:11 PM »
hah, spt tahunan pribadi 750rb? tuh isi form yg brp ya kok mahal.... temanku bantuin buat spt pribadi yg 1770 S cm 100rb aja...
iya kurang paham juga soalnya baru terjun ke dunia ini jadi butuh banyak pengalaman...  :-?
iya coba nanti saya diskusi sama teman saya yg paham pajak kok mahal ya 750.000..  :'(
Menjadi Baik adalah moralitas sejati..
Berbuat Baik adalah mungkin sekadar jalan menuju tujuan..
Y.M. Dr. H. Saddhatissa..

Offline Alucard Lloyd

  • Sebelumnya: a.k.agus
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 529
  • Reputasi: 13
  • Gender: Male
  • buddho
Re: Lalai bayar pajak, solusinya????
« Reply #27 on: 18 February 2013, 08:39:48 PM »
hah, spt tahunan pribadi 750rb? tuh isi form yg brp ya kok mahal.... temanku bantuin buat spt pribadi yg 1770 S cm 100rb aja... 

Saya mana gratis kalau bantu teman buat spt tahunan
Agama ku tidak bernama
Karena guru ku telah parinibbana
Yang tertinggal hanyalah dahmma
Agar aku dapat mencapai nibbana

Offline Alucard Lloyd

  • Sebelumnya: a.k.agus
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 529
  • Reputasi: 13
  • Gender: Male
  • buddho
Re: Lalai bayar pajak, solusinya????
« Reply #28 on: 18 February 2013, 08:46:49 PM »
surat denda belum keluar bro, makanya konsultan saya bilang biaran saja tidak perlu bayar denda karena belum keluar suratnya, nanti jika sudah keluar suratnya maka buat surat permohonan sejenis lalai bayar pajak karena ketidaktahuan, mungkin bisa di terima, tergantung kamma lah.  :))

Kalau belum keluar surat pemberitahuan dendanya maka kita pun belum bisa bayar dendanya karena belum ada nomor surat nya. Biasanya kalau denda dibawah 50.ribu orang pajak malas buat dendanya. Dan biasanya 1 tahun an baru keluar surat dendanya. Coba bro cari konsultan lain saja buat komper harga untuk pembuatan spt tahunan cv dan pribadi bro. Biasanya diangka 500rb an untuk pribadi tapi kalau bisa buat sendiri saja. Gampang koq kalau ada contekannya.
Agama ku tidak bernama
Karena guru ku telah parinibbana
Yang tertinggal hanyalah dahmma
Agar aku dapat mencapai nibbana

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Lalai bayar pajak, solusinya????
« Reply #29 on: 21 February 2013, 09:23:03 AM »
Saya mana gratis kalau bantu teman buat spt tahunan

Saya mana gratis maksudnya?