//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: METTA  (Read 28737 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline budha child

  • Teman
  • **
  • Posts: 86
  • Reputasi: 2
  • Gender: Male
  • kehidupan adalah kekosongan yang diwarnai
Re: METTA
« Reply #30 on: 24 May 2009, 08:25:06 PM »
metta : mengasihi musuh2 anda

belum pernah saya lihat secara langsung seseorang yang bila ditampar pipi kirinya lalu memberikan pipi kanan nya...

kbanyakan kita hanya mandengar cerita2 dri orng atau membaca dari buku dll

pernah gak melihat secara langsung?

yang namanya manusia normal pasti mempunyai emosi (marah,sedih,dll)
bisakah emosi tsb diredam dalam suatu keadaan atau situasi tertentu...??



 _/\_

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: METTA
« Reply #31 on: 24 May 2009, 10:20:31 PM »
metta : mengasihi musuh2 anda

belum pernah saya lihat secara langsung seseorang yang bila ditampar pipi kirinya lalu memberikan pipi kanan nya...

kbanyakan kita hanya mandengar cerita2 dri orng atau membaca dari buku dll

pernah gak melihat secara langsung?

yang namanya manusia normal pasti mempunyai emosi (marah,sedih,dll)
bisakah emosi tsb diredam dalam suatu keadaan atau situasi tertentu...??

 _/\_

Saya siap ditampar pipi kiri, setelah dipasang KULIT DURIAN...

gimana? bro kita coba?

dlm film HERO (jetLi),...

dia rela dipanah mati,... karna menurut dia,,,
   kebutuhan org banyak (negara2 lainnya) lebih besar dari pada
      kebutuhan dia sendiri.
      (dgn pengorbanan dia, negara Tiongkok menjadi satu)


Quote
yang namanya manusia normal pasti mempunyai emosi (marah,sedih,dll)
bisakah emosi tsb diredam dalam suatu keadaan atau situasi tertentu...??
Kalau gw lihat cewek yg begitu manis, cantik, imut2... jadi gak bisa emosi lho!
« Last Edit: 24 May 2009, 10:26:13 PM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.119
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: METTA
« Reply #32 on: 25 May 2009, 05:46:15 AM »
yang namanya manusia normal pasti mempunyai emosi (marah,sedih,dll)
bisakah emosi tsb diredam dalam suatu keadaan atau situasi tertentu...??

 _/\_
Kalau gw lihat cewek yg begitu manis, cantik, imut2... jadi gak bisa emosi lho!

Masa sih...wah....Bro Sacheng harus cari bini yg manis, cantik, imut2 dech...biar ga bisa emosi... :))

Oh ya... ada salah satu teknik mengatasi kemarahan adalah dengan cinta kasih lho... :jempol:

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: METTA
« Reply #33 on: 25 May 2009, 10:39:01 AM »
Quote
[at] ika polim
Nasi keras tidak cocok dihidangkan di forum ini.

Ohhhh rupanya bro IP, gak bisa masak... makanya nasinya keras!

 ;D yukk mari kita belajar masak dgn mEttA ! ;D
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: METTA
« Reply #34 on: 25 May 2009, 07:15:18 PM »
Tosss ..... utk ii Citta

ternyata ii Citta lebih bijaksana dan pinter dari orang yg mengatakan seorang Arhat tidak punya metta ....

GRP .... bulan depan  ;D
^tadi barusan nampak postingannyaa :)) :)) :))
^ Thanks cek virr, dah berniat mo ngasih...\;D/\;D/\;D/^^/"
tapi gak usah dehh...
soalnya.....
soalnyaa.....
Spoiler: ShowHide
soalnya cek vir sptnya byk utang ma wnya grp..... :|"" :|"" :|""
[spoiler]
grpnya srg bulan depan katanya... :| :| :| dah brapa byk utang grpnyaa.... ::) ::) ::) ::)
mikirin utang itu gak enak lhoo... ^-^ ^-^ ^-^
jadi gak usah dikasih, (klo misalnya dah lupa)pun gak masalahh.... ;D ;D ;D
daripada mikirin utang grp ma wnya teruss lhee... :)) :)) :))


sehubungan dgn "nasi lembek", ...

akankah kita semua disini terus menerus disuapi dgn nasi lembek???

saya berikan "nasi keras"!!! krn memang sdh seharusnya demikian!!!

nikmatilah menu tsb!

ika.
nasi lembek ma nasi keras? maksudnya?
napa dikasih nasi keras broo?
klo nasinya gak sekeras beras wnya terima aja nasi kerasnyaa... ;D ;D ;D
klo sekeras beras, ntar taruh air aja dimasak kembali yaa :-? :-? :-? , dah gak terlalu keras dehh jadinya...\;D/\;D/\;D/
klo gitu, nasi sekeras apapun wnya terima deh broo ;D ;D ;D
thanks dah ngasih menunya yoo broo..^^/ :P :P :P
klo nasi keras kan bisa ditaruh air, dimasak balek, jadi lembek lagi nasinya, jadi w terima aja nasi kerasnyaa...\;D/\;D/\;D/
soalnya itu juga makanan lhe... :P :P :P

bukannya om ika sudah tercerahkan?
cek wolv jwbnya kok gitu...
misalnya kita taupun seseorang sudah tercerahkan, kan gak ada salahnya menjawabnyaa..\;D/\;D/\;D/
klo SB nanya, jwbnnya cek wolv juga gitu... :)) :)) :))
gak sopan lhoo... ^-^ ^-^ ^-^ :P :P :P
klo wnya gak sopan ma bhikkhuni karena salah paham/gak tau masuk neraka avici
klo cek wolv, masuk neraka mana ya ntar... ^-^ ^-^ ^-^ ^-^ ^-^ :P :P :P :P :P
tambahin yah bro...,
metta yang murni bisa mengerjakan karuna dan mudita.
berlandaskan pada cita-cita atau pengharapan yang muncul dalam hati seseorang (bukan hanya diucapkan dimulut saja) sebagai doa pengharapan yang dinyatakan umat 'semoga semua makhluk berbahagia'.  _/\_

Emang metta ada yg ga murni?

Metta itu adalah Adosa cetasika yaitu salah satu dari 19 kondisi batin yg indah/sobhana. JAdi ga mungkin ada Metta yg ga murni, atau dikotori dengan lobha

Kalau yg anda maksud Metta identik dengan cinta maka itu adalah hal yg berbeda. Silahkan baca kembali Karaniyametta sutta utk karakteristik metta

Tapi betul jika metta bisa bersekutu dengan karuna dan mudita (sama2 sobhana cetasika)

semoga bs memperjelas agar salah pengertian tidak berlarut2.....

metta

btw, apakah Metta itu juga akan "hadir" kpd seseorg yang telah merealisasi Nibbana?

ika.
jelas orang yang dah merealisasikan Nibbana juga memiliki metta ;D ;D ;D
menurut wnya, karena klo tidak memiliki metta sama sekali, org tsb pasti sudah membunuh org2 di sekitarnya bro...^^
setiap org punya metta, cuman kadar mettanya aja yg berbeda... \;D/\;D/\;D/

dan juga menurutku, org yg telah merealisasikan Nibbana kan telah menyempurnakan parami mereka, karena memiliki parami yg cukup mereka dapat merealisasikan Nibbana(sebab utk mencapai keBuddhaan dibutuhkan parami)
Dalam parami ada termasuk Metta parami, jadi dengan kata lain org yg telah merealisasikan Nibbana, sudah jelas memiliki metta \;D/\;D/\;D/

Jika ada kekeliruan mohon maaf, maklum... :P ^:)^ ^:)^ ^:)^

jadi apa hubungannya bro, nasi lembek dgn nasi keras dgn metta? :-? :-? :-?

Metta Cittena,
Citta _/\_

jika anda jujur mengatakan bahwa para arhat masih ber "metta" dan krn "ke metta an" nya mereka "bertindak", ...

saya pikir para arhat tsb belum pas jika dikatakan para "Arahat betulan"!!!

ika.
Bro IP....
klo menurut saya, klo seseorang tidak memiliki metta, ia pasti tdk berperasaan utk membunuh sapa saja... ;D ;D ;D
setiap org pasti memiliki metta, hanya kadarnya saja yang berbeda2... \;D/\;D/\;D/
mo nanya mo nanya...
mang metta yg bro IP maksud itu metta yang bagaimana sebenarnyaa?
Arahat pasti punya mettaa\;D/\;D/\;D/
kita ambil contohnya... ;D ;D ;D
contohnya Sang Buddha(Arahat), Beliau memiliki metta pada semua makhluk....\;D/\;D/\;D/
Jadi, apakah Sang Buddha tidak dapat dikatakan Arahat sungguhan?
mang, Arahat yang bagaimana yang merupakan Arahat sungguhan menurut bro IP?
wujud metta yang dimiliki Sang Buddha,
Ketika dalam diri Sang Buddha sempat mengurungkan niat Beliau untuk membabarkan Dhamma...
Lalu Brahma Sahampati Sang penguasa dunia datang...
merangkapkan kedua tangannya lalu berdiri di satu sisi kemudian memohon,
Demi kesejahteraan semua makhluk, babarkanlah Dhamma...
karena di dunia ini masih banyak terdapat org2 yg memiliki sedikit debu di matanya...

Lalu mendengar perkataan Brahma Sahampati, Sang Bhagava pun bertekad utk membabarkan Dhamma  demi Cinta Kasih-Nya pada semua makhluk...\;D/\;D/\;D/
itu contoh bahwasannya seorang Arahat masih memiliki mettaa\;D/\;D/\;D/
menurutku, klo seseorang yang tidak memiliki metta sama sekali, ia pasti dapat dengan tega membunuh siapa sajaa, ayahnya, Ibunya, anaknya, istrinya, dkk... :) :) :) \;D/\;D/\;D/

Seorang Bodhisatva, karena mettanya kepada semua makhluk, bertekad utk mencapai keBuddha-an...\;D/\;D/\;D/

^Apa hubungannya juga yaa... ::) ::) ::) kalimat yang ini tak usah dihiraukan, sepertinya gak ada hubungannya...^^"
ntar klo i temui lagi contoh metta seorang Arahat, ntar wnya post lagi...^^/

Jadi menurut definisi bro IP, Arahat yang bagaimana yang dapat dikatakan sebagai Arahat sungguhan? :-? :-? :-?
Anda yang menuduh bila seseorang Arahat punya cinta kasih pasti bukan Arahat betulan!
Jadi saya asumsikan anda menuduh semua orang yang punya cinta kasih sebagai genderuwo.
cek wolvv, yang punya metta gak hanya si genderuwo.. \;D/\;D/\;D/
semua makhluk juga punya mettaa\;D/\;D/\;D/


Metta Cittena,
Citta _/\_


apakah dengan demikian, anda ingin mengatakan bahwa sang Buddha sadar bahwa yang Beliau lakukan adalah "sebuah tindakan metta"???

ika.
hmmm....
hmmmm...
sadar tindakan metta kayak mana broo? w kurang pahamm nihh...^^""" ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^
sorii yoo... ^:)^ ^:)^ ^:)^ , gak gitu ngerti maksudnyaa...mohon dijelasin maksudnyaa broo...>/\<"""
i kurang pahamm....^^""
Dia mempertanyakan apakah Sang Buddha sadar, dengan kata lain ia mengatakan bahwa Sang Buddha mungkin tidak sadar.
napa Sang Buddha dibilang tidak sadar cek wolvv? ::) ::) ::)
Quote
bro IP, klo ngomong ma wnya, ngomongnya langsung aja..\Grin/\Grin/\Grin/ soalnya sering kurang nangkep dgn jelas^^?" , klo ngomongnya gak langsung...klo ngomongnya langsung, tenang ajaa... wnya gak bakalan mudah tersinggung ataupun sakit hati kokk\Grin/\Grin/\Grin/

setuju, langsung aja,...

singkat, jelas, PADAT, dan bermanfaat..
memang w gak ngerti bro sacengg... :?? :?? :??
makanya nyuruh langsung ajaa...^^"""
klo mo dipikirin, musti panjang2 mikirnya baru bisa nangkep sepertinyaa...^^?""""
Quote
.
Gw baru ingat.... kalau tak salah postingnya bro Upasaka....

seorang Arahat (salah satu "jenis" arahat) dapat menjelaskan sesuatu dgn sederhana, jelas, dan mudah dimengerti!


 :)) Kalau bro IP termasuk yg mana ya?  :))


bro sacengg....
kata2nya spt menyindir broo.... gak baik....^^"""
bro IP jadi kyk spt tokoh dalam cerita yg dikucilkan, sementara bro saceng jadi kyk ngolok2 orgg...^^""""(sorii broooo ^:)^ ^:)^ ^:)^ , tapi keliatan spt begituu...^^""")

Klo ada kata2 yg salah, atopun kurang berkenan, mohon dimaafinn yooo... ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^

Metta Cittena,
Citta _/\_
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.508
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: METTA
« Reply #35 on: 25 May 2009, 11:55:28 PM »
[at] ii Citta ....
tuch udah dikasih ..... kemarin khan masih 57  8) ;)
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: METTA
« Reply #36 on: 26 May 2009, 04:48:25 PM »
meTTa apakah yg dpt kita berikan pd seorang IP ?

please jangan dijawab dgn pertanyaan lagi lho!...

(dari pada nasi keras,
nasi goreng, nasi uduk, nasi hainam, nasi campur,
nasi bebek, nasi pecel, nasi betutu, nasi udang,
nasi siobak, nasi padang, nasi kuning, nasi ayam,...
dan masih banyak yg wuuueenak2 lagi koq...)  ^:)^
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Budhi26

  • Teman
  • **
  • Posts: 64
  • Reputasi: 0
Re: METTA
« Reply #37 on: 27 May 2009, 12:00:25 PM »
wah ini salah satu mahluk "dicerahkan" ??

"dicerahkan" oleh siapa ??  ^-^ ^-^



Sang Buddha dicerahkan oleh siapa? ???
Arahat dicerahkan oleh siapa? ???

_/\_

Budhi

Offline Budhi26

  • Teman
  • **
  • Posts: 64
  • Reputasi: 0
Re: METTA
« Reply #38 on: 27 May 2009, 12:12:24 PM »
Quote from: ika_polim link=topic=10563.msg181442#msg181442 [/quote

jika anda jujur mengatakan bahwa para arhat masih ber "metta" dan krn "ke metta an" nya mereka "bertindak", ...

saya pikir para arhat tsb belum pas jika dikatakan para "Arhat betulan"!!!

ika.

Arahat (betulan) melakukan tindakan secara spontan, bukan bertindak karena metta atau ke-metta-an.

Yang melihat/merasakan/menilai dia/mereka melakukan metta adalah orang awam, bukan dia sendiri.

Arahat yang merasa dia melakukan tindakan metta, namanya "arahat bohongan".


_/\_

Budhi

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: METTA
« Reply #39 on: 27 May 2009, 12:20:36 PM »
Quote from: ika_polim link=topic=10563.msg181442#msg181442 [/quote

jika anda jujur mengatakan bahwa para arhat masih ber "metta" dan krn "ke metta an" nya mereka "bertindak", ...

saya pikir para arhat tsb belum pas jika dikatakan para "Arhat betulan"!!!

ika.

Arahat (betulan) melakukan tindakan secara spontan, bukan bertindak karena metta atau ke-metta-an.

Yang melihat/merasakan/menilai dia/mereka melakukan metta adalah orang awam, bukan dia sendiri.

Arahat yang merasa dia melakukan tindakan metta, namanya "arahat bohongan".


_/\_

Budhi

Apakah Anda tahu proses batin yang terjadi dalam sebuah tindakan bernama "tindakan spontan"...?

Offline Budhi26

  • Teman
  • **
  • Posts: 64
  • Reputasi: 0
Re: METTA
« Reply #40 on: 27 May 2009, 12:35:38 PM »
 [at]  bro upasaka :

Silakan menjelaskannya.  :)


_/\_

Budhi

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: METTA
« Reply #41 on: 27 May 2009, 12:36:02 PM »
Quote from: ika_polim link=topic=10563.msg181442#msg181442 [/quote

jika anda jujur mengatakan bahwa para arhat masih ber "metta" dan krn "ke metta an" nya mereka "bertindak", ...

saya pikir para arhat tsb belum pas jika dikatakan para "Arhat betulan"!!!

ika.

Arahat (betulan) melakukan tindakan secara spontan, bukan bertindak karena metta atau ke-metta-an.

Yang melihat/merasakan/menilai dia/mereka melakukan metta adalah orang awam, bukan dia sendiri.

Arahat yang merasa dia melakukan tindakan metta, namanya "arahat bohongan".


_/\_

Budhi


Ryu mode on 8)

Sumber : RAPB Buku 1 Hal 69

Parami

Apakah Pàramã ?
Jawaban pertanyaan ini adalah: kebajikan-kebajikan mulia seperti dàna, sãla, dan lain-lain, tidak melibatkan kemelekatan, kesombongan maupun pandangan salah, namun dibangun dengan dasar welas asih yang mulia dan kebijaksanaan yang terampil dalam mengumpulkan jasa, inilah yang disebut Pàramã.
Penjelasan lebih lanjut: Sewaktu memberi dàna, jika dinodai oleh kemelekatan, dengan berpikir “ini adalah danaku”; jika dinodai oleh kesombongan, dengan berpikir “dàna ini adalah milikku”; jika dinodai oleh pandangan salah, “dàna ini adalah aku,” dàna semacam ini disebut telah dinodai oleh kemelekatan, kesombongan, dan pandangan salah. Hanya dàna yang tidak dinodai oleh kemelekatan, kesombongan, dan pandangan salah yang dapat disebut Kesempurnaan. (penjelasan yang sama berlaku untuk sãla)
Lebih jauh lagi, untuk dapat disebut Pàramã, tindakan kebajikan seperti dàna, sãla, dan lain-lain, tidak hanya harus bebas dari kemelekatan, kesombongan, dan pandangan salah, akan tetapi juga harus dibangun atas dasar welas asih yang mulia (Mahàkaruõà) dan kebijaksanaan yang terampil dalam mengumpulkan kebajikan (Uppàya-kosalla ¥àõa).
70
Riwayat Agung Para Buddha
Mahàkaruõà: Bodhisatta harus mampu mengembangkan perasaan welas asih yang tidak terbatas kepada semua makhluk, dekat atau jauh, seolah-olah mereka adalah anaknya sendiri. Tidak membeda-bedakan teman ataupun musuh, ia harus menganggap semua makhluk mengalami penderitaan dalam saÿsàra di mana mereka terbakar oleh api kemelekatan, kebencian, dan keraguan, oleh api kelahiran, usia tua, kematian, kesedihan, kesakitan, kesusahan, dan keputus-asaan. Dengan merenungkan hal-hal ini, ia harus mengembangkan welas asih yang besar terhadap mereka. Welas asih ini haruslah sangat besar sehingga memungkinkannya untuk menolong semua makhluk dari saÿsàra meskipun dengan mengorbankan dirinya sendiri. Welas asih seperti inilah yang disebut welas asih yang luar biasa yang membentuk dasar dari semua Kesempurnaan.
Bodhisatta dalam kehidupannya sebagai Sumedhà sang petapa telah mencapai tingkat-tingkat spiritual pada waktu bertemu dengan Buddha Dãpaïkarà sehingga ia dapat mencapai kebebasan jika ia menginginkannya. Namun sebagai seorang manusia luar biasa yang memiliki welas asih yang tertinggi, ia rela mengalami banyak penderitaan dalam saÿsàra selama jangka waktu yang sangat lama empat asaïkhyeyya dan seratus ribu kappa untuk memenuhi Kesempurnaan dengan tujuan untuk membebaskan makhluk-makhluk dari penderitaan.
Upàya-kosalla ¥àõa: adalah kebijaksanaan yang terampil dalam melakukan jasa seperti dàna, sãla, dan lain-lain, sehingga dapat menjadi alat dan mendukung dalam mencapai Kebuddhaan. Seseorang dari keluarga yang baik yang ingin mencapai Kebuddhaan harus melakukan kebajikan-kebajikan seperti dàna, sãla, dan lain-lain dengan satu tujuan yaitu mencapai Kebuddhaan. (Ia tidak boleh mengharapkan keuntungan yang dapat mengarah pada penderitaan dalam saÿsàra). Kebijaksanaan yang memungkinkannya untuk mencapai Kebuddhaan adalah satu-satunya Buah dari kebajikan yang dilakukannya yang disebut Upàya-kosalla ¥àõa.
Mahàkaruõà dan Upàya-kosalla ¥àõa yang telah dijelaskan di
71
Pàramã
atas adalah dasar untuk mencapai Kebuddhaan dan untuk melatih Kesempurnaan. Seseorang yang ingin mencapai Kebuddhaan pertama-tama harus berusaha untuk memiliki dua dasar ini.
Hanya kebajikan-kebajikan seperti dàna, sãla, dan lain-lain yang dikembangkan di atas dasar dua prinsip ini yang dapat menjadi Kesempurnaan sejati.
Mengapa Disebut Pàramã?
Mungkin ada pertanyaan mengapa sepuluh kebajikan seperti dàna, sãla, dan lain-lain disebut Pàramã.
Jawabannya adalah: dalam bahasa Pàëi, kata Pàramã terdiri dari parama dan i, Parama berarti ‘yang tertinggi’, di sini digunakan dalam hubungannya dengan para Bodhisatta, karena mereka adalah makhluk yang tertinggi yang memiliki kebajikan dàna, sãla, dan lain-lain yang luar biasa.
Atau, karena mereka memenuhi dan menjaga kebajikan-kebajikan seperti dàna, sãla, dan lain-lain; karena mereka bertindak seolah-olah mereka terikat dan menarik makhluk-makhluk lain kepada mereka melalui kebajikan-kebajikan seperti dàna, sãla, dan lain-lain; karena mereka membersihkan makhluk-makhluk lain dengan menghapuskan kotoran batin makhluk-makhluk lain dengan penuh semangat; karena mereka dengan pasti melanjutkan ke Nibbàna tertinggi; karena mereka mengetahui kelahiran berikutnya seperti mereka memahami kehidupannya yang sekarang; karena mereka mempraktikkan kebajikan-kebajikan seperti sãla dan lain-lain dalam cara yang tiada bandingannya seolah-olah kebajikan-kebajikan ini tertanam dalam batin mereka; karena mereka menaklukkan dan menghancurkan semua “makhluk-makhluk asing” kotoran batin yang mengancam mereka, para Bodhisatta disebut “Parama.”
Bodhisatta yang tiada bandingnya yang memiliki kebajikan-kebajikan seperti dàna, sãla, dan lain-lain. Pernyataan ini adalah untuk menyebutkan “Orang ini adalah Bodhisatta; ia adalah Parama, makhluk yang tinggi.” Dengan demikian kebajikan-kebajikan
72
Riwayat Agung Para Buddha
seperti dàna, sãla, dan lain-lain, disebut juga “Parama.”
Sekali lagi, hanya para Bodhisatta yang dapat melakukan perbuatan jasa seperti dàna, sãla, dan lain-lain dengan tiada bandingannya. Karena itulah perbuatan-perbuatan ini disebut Pàramã, yang berarti kewajiban-kewajiban Bodhisatta (Paramànaÿ kammaÿ Pàramã), atau kekayaan-kekayaan Bodhisatta (Paramànaÿ ayaÿ Pàramã).
i'm just a mammal with troubled soul



Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: METTA
« Reply #42 on: 27 May 2009, 12:36:41 PM »
Ada Berapa Jenis Pàramã?
Sesuai dengan ajaran:
Dànam sãla¤ ca nekkhamam, pa¤¤à viriyena pa¤camam, khanå saccam ‘adhiññhànaÿ, mett’ upekkhà ti te dasa,
Ada Sepuluh Kesempurnaan (Pàramã), yaitu, Dàna, Sãla, Melepaskan keduniawian, Kebijaksanaan, Usaha, Kesabaran, Kejujuran, Tekad, Cinta Kasih, dan Ketenangseimbangan.
i'm just a mammal with troubled soul



Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: METTA
« Reply #43 on: 27 May 2009, 12:38:24 PM »
.....................................................
.....................................................
.....................................................
.....................................................
.....................................................
.....................................................


Demikian pula, Melepaskan keduniawian yang didasarkan atas Kebijaksanaan, Kebijaksanaan atas Usaha, Usaha atas Kesabaran, Kesabaran atas Kejujuran, Kejujuran atas Tekad, Tekad atas Cinta Kasih, Cinta Kasih yang didasarkan atas Ketenangseimbangan adalah yang memiliki manfaat tertinggi; dengan demikian
75
Pàramã
Ketenangseimbangan diajarkan setelah Cinta Kasih.
Ketenangseimbangan hanya bermanfaat jika didasarkan atas welas asih. Bodhisatta adalah makhluk luar biasa yang telah memiliki kualitas dasar welas asih.
Selanjutnya muncul pertanyaan, bagaimana Bodhisatta, yang maha-welas-asih, dapat menganggap sama semua makhluk dengan keseimbangan (tanpa membedakan)?
Beberapa guru mengatakan, “Tidak dalam setiap kasus dan setiap waktu Bodhisatta menunjukkan ketidakberbedaan terhadap semua makhluk; mereka hanya melakukannya jika diperlukan.”
Beberapa guru lain mengatakan, “Mereka tidak menunjukkan ketidak-berbedaan terhadap semua makhluk, tetapi terhadap tindakan agresif yang mereka lakukan. Dengan demikian welas asih yang besar dan Kesempurnaan Keseimbangan tidak berlawanan.”
i'm just a mammal with troubled soul



Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: METTA
« Reply #44 on: 27 May 2009, 12:39:47 PM »
.....................................................................
.....................................................................
.....................................................................
.....................................................................
.....................................................................


9. Cinta kasih disebut setelah Tekad: (a) karena pengembangan Cinta Kasih dapat membantu dalam pemenuhan Tekad untuk melakukan pekerjaan untuk kesejahteraan makhluk lain; (b) karena, setelah mengajarkan tekad, Buddha ingin mengajarkan apa yang membawa manfaat kepada makhluk lain sesuai dengan tekadnya (bagi seorang Bodhisatta dalam memenuhi kesempurnaannya, biasanya hidup dalam cinta kasih); dan (c) karena jika seseorang dapat merasa puas dalam kepastian untuk bekerja demi kesejahteraan makhluk lain, seseorang dapat mencapai cita-citanya dengan cinta kasih.
10. Ketenangseimbangan disebut setelah Cinta Kasih (a) karena Ketenangseimbangan menyucikan Cinta Kasih; (jika seseorang mengembangkan Cinta Kasih tanpa Ketenangseimbangan, sesorang dapat tertipu oleh kemelekatan atau keserakahan yang bertopeng Cinta Kasih). Hanya jika seseorang melatih Ketenangseimbangan, seseorang dapat jauh dari tipuan kemelekatan atau keserakahan; (b) karena setelah mengajarkan bagaimana ketertarikan terhadap makhluk lain dapat menjadi Cinta Kasih, Buddha ingin mengajarkan bahwa ketidak-berbedaan tersebut harus dipertahankan ke arah semua keburukan yang ditimbulkannya. (Bodhisatta bekerja demi
80
Riwayat Agung Para Buddha
kesejahteraan makhluk lain dengan Cinta Kasih; Ia menjaga batin-Nya yang seimbang; memaafkan mereka yang bersalah kepada-Nya); (c) karena, setelah mengajarkan pengembangan Cinta Kasih, Buddha ingin mengajarkan manfaat-manfaatnya, hanya setelah melatih Cinta Kasih, maka Ketenangseimbangan dapat berhasil dikembangkan; dan (d) Buddha ingin mengajarkan sifat-sifat baik (dari seorang Bodhisatta) yang dapat tetap sama bahkan kepada mereka yang baik kepadanya.
i'm just a mammal with troubled soul