//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Topics - Lily W

Pages: 1 [2] 3 4 5 6 7 8 9 ... 15
16
Kafe Jongkok / 3 Hal yang Pria Benci, Tapi Wanita Sukai
« on: 30 October 2009, 09:30:52 PM »
3 Hal yang Pria Benci, Tapi Wanita Sukai



VIVAnews - Bagi wanita, pria adalah makhluk yang misterius. Begitu pula sebaliknya. Itu sebabnya, seringkali pemikiran atau kesukaan yang berbeda ini membuat mereka seringkali berdebat atau bertengkar.

Karena itu, Anda perlu tahu, ada beberapa hal yang kebanyakan wanita sukai, tapi ternyata dibenci oleh kebanyakan pria. Apa sajakah itu?

1. Bunga. Hampir semua wanita menyukai bunga. Apalagi jika bunga tersebut adalah pemberian pasangannya. Bagi wanita, bunga bisa membuat suasana ruangan lebih semarak, dan dapat meningkatkan mood mereka.

Sedangkan, bagi pria, bunga adalah benda yang harganya cukup mahal, dan akan segera layu. "Jadi, apa gunanya?" itulah pikiran kebanyakan pria.

2. Berbicara di ponsel berlama-lama. Umumnya pria tidak suka membicarakan banyak hal, terutama perasaannya lewat ponsel. Tapi, wanita justru bisa lebih jujur mengungkapkan apa yang dirasakannya tanpa bertatap muka dengan pasangannya.

Wanita, saat berbicara di telepon mereka bisa mengerjakan aktivitas lain. seperti, memoles cat kuku, menonton teve, bahkan mengetik. Yang jadi masalah, bagi pria, menelepon berlama-lama, berarti sudah menghabiskan waktu berharganya.

Tapi, dalam hal ini, ada pengecualian bagi pria. Jika topik obrolan di telepon adalah tentang seks, pasti dia akan betah berlama-lama ngobrol dengan Anda.

3. Belanja. Sebenarnya pria suka aktivitas belanja. Tapi, bagi pria belanja dibagi menjadi dua kategori, 1) membeli barang yang diperlukan, dan 2) belanja yang memberikan aspirasi. Misalnya, pergi ke tempat belanja yang menyediakan barang-barang yang diperlukan, cepat didapat, dan dengan harga terjangkau.

Sedangkan wanita sangat menikmati aktivitas cuci mata sebelum membeli barang. Terutama mencari barang yang sale. Mereka juga tidak merasa perlu membeli barang saat jalan-jalan di mal. Dan, wanita juga tak punya batas waktu saat window shopping.

_/\_ :lotus:

17
Kafe Jongkok / Bagaimana Memulai Obrolan dengan Wanita
« on: 30 October 2009, 08:23:55 PM »
T. Dokter cara terbaik apa yang bisa dilakukan untuk memulai perbincangan dengan seorang wanita yang saya suka, tetapi saya malu untuk memulainya.

J. Pelajari mengenai bahasa tubuh. Gerak tubuh seseorang memiliki banyak makna. Mulai dengan melakukan kontak mata dengannya sebelum bicara dengannya. Saat mulai berbicang, Anda bisa mulai dengan menanyakan apa yang dia suka. Jika kalian memiliki banyak kesamaan, maka percakapan ini akan berlangsung seru. Lemparkan lelucon-lelucon kecil untuk melumerkan suasana.



semoga bermanfaat... ;D
_/\_ :lotus:

18
Theravada / Kisah Atula Seorang Umat Awam
« on: 29 October 2009, 03:59:42 PM »
DHAMMAPADA XVII, 7-10


Suatu saat Atula bersama dengan 500 orang temannya, mengunjungi Revata Thera, dengan harapan dapat mendengarkan Dhamma. Revata Thera yang pendiam seperti seekor singa tidak mengatakan apapun pada mereka. Atula dan teman-temannya sangat tidak puas dan kemudian pergi menghadap Sariputta Thera. Saat Sariputta Thera mengetahui mengapa mereka datang ke hadapannya, beliau menjelaskan Abhidhamma secara mendalam. Apa yang dijelaskan Sariputta Thera juga bukanlah yang mereka harapkan, dan mereka mengeluh bahwa Sariputta Thera terlalu panjang dan terlalu mendalam.

Kemudian Atula dan rombongannya mendekati Ananda Thera. Ananda Thera menjelaskan pada mereka sedikit tentang inti dari ajaran Dhamma. Kali itu, mereka menilai bahwa penjelasan Ananda Thera terlalu singkat dan kurang lengkap.

Akhirnya mereka menghadap Sang Buddha dan berkata kepada Beliau, "Bhante, kami datang untuk mendengarkan ajaran-Mu. Kami telah menemui beberapa guru sebelum kami datang kemari, tapi kami tidak puas terhadap mereka. Revata Thera tidak berkenan mengajar kami dan ia hanya berdiam diri. Penjelasan Sariputta Thera terlalu mendalam dan Dhamma yang beliau ajarkan terlalu sukar buat kami. Begitu pula Ananda Thera, beliau menjelaskan terlalu singkat dan kurang lengkap. Kami tidak menyukai apa yang mereka ajarkan".

Kepada mereka, Sang Buddha berkata, "Murid-murid- Ku, mencela orang lain bukanlah hal yang baru. Tak satu pun orang di dunia ini yang tak pernah dicela; orang-orang akan mencela meskipun seorang raja atau bahkan seorang Buddha. Dicela atau dipuji oleh orang bodoh, tidaklah berarti. Seseorang akan benar-benar tercela hanya bila ia dicela oleh orang bijaksana, dan benar-benar terpuji hanya bila ia dipuji oleh orang bijaksana".

Kemudian Sang Buddha membabarkan syair 227, 228, 229, dan 230 berikut ini:

O Atula, hal ini telah ada sejak dahulu dan bukan baru saja ada sekarang, di mana mereka mencela orang yang duduk diam, mereka mencela orang yang banyak bicara, mereka juga mencela orang yang sedikit bicara. Tak ada seorang pun di dunia ini yang tak dicela.

Tidak pada zaman dahulu, waktu yang akan datang ataupun waktu sekarang, dapat ditemukan seseorang yang selalu dicela maupun yang selalu dipuji.

Setelah memperhatikan secara seksama, orang bijaksana memuji ia yang menempuh kehidupan tanpa cela, pandai serta memiliki kebijaksanaan dan sila.

Siapakah yang layak merendahkan orang tanpa cela seperti sepotong emas murni? Para dewa akan selalu memujinya, begitu pula para brahmana.

Atula dan teman-temannya mencapai tingkat kesucian sotapatti setelah khotbah Dhamma itu berakhir.***

Spoiler: ShowHide
(copas dari milis sebelah)

_/\_ :lotus:

19
Kesehatan / Khasiat Secangkir Sari Jeruk Nipis
« on: 22 October 2009, 11:25:09 AM »
Khasiat Secangkir Sari Jeruk Nipis
Oleh: Agatha Yunita

Citrus aurantifolia atau yang dikenal dengan nama jeruk nipis, merupakan buah yang terkenal khasiatnya di dunia kesehatan maupun kecantikan.

Buah jeruk yang kecil mungil ini memiliki diameter rata-rata 3-6 cm, daging buahnya masam dan rasanya mirip dengan lemon. Warna kulit buahnya hijau dan kuning jika sudah masak.

Dalam dunia kecantikan, buah jeruk nipis dikenal sebagai bahan yang dapat mencerahkan kulit dan mengecilkan pori-pori dengan cara dimaskerkan. Dan di dunia kuliner, buah jeruk nipis dikenal sebagai penyegar, minuman, tambahan membuat sambal, dan membantu menghilangkan bau amis.

Dan tahukah Anda di bidang kesehatan, buah jeruk nipis ini juga menyumbangkan manfaat yang luar biasa? Hmmm... dari pada penasaran lihat saja apa sih khasiat jeruk nipis di dunia kesehatan berikut ini:

1. Sebagai obat batuk

Secara tradisional, jeruk nipis ini terkenal sebagai penyembuh batuk. Nenek moyang kita mengandalkan jeruk nipis untuk meredakan batuk yang bertubi-tubi seperti suara motor. Caranya mudah, cukup menambahkan sari jeruk nipis pada sesendok kecap manis dan meminumnya. Beberapa saat kemudian nafas Anda akan lebih lega dan batuk Anda kembali reda.

2. Menghilangkan dan mencegah mual di perjalanan

Beberapa orang dari Anda mungkin pernah merasakan mabuk dalam perjalanan, entah perjalanan udara, darat maupun laut. Bagaimana kah selama ini Anda menanggulangi rasa mual tersebut? Dengan memakai minyak kayu putih? Koyo? ataupun tidak makan sebelum melakukan perjalanan?

Hmm... jika ada cara mudah mengapa Anda harus menggunakan cara yang sulit?

Tuang sari jeruk nipis ditambahkan sedikit gula dan air dingin, minum sedikit demi sedikit sampai perut Anda terasa nyaman. Minuman ini bisa Anda minum sebelum maupun saat di perjalanan. Niscaya perut Anda terasa lebih stabil dan nyaman. Mual pun akan hilang dan Anda bisa menikmati perjalanan Anda.
 
3. Mengobati masuk angin

Tak hanya jahe saja yang membantu mengobati masuk angin, jeruk nipis pun bisa. Tuangkan sari jeruk nipis ke dalam gelas, tambahkan 1 sdt madu, dan air hangat, minum sesendok demi sesendok sari jeruk nipis hangat tersebut.

Perut Anda akan lebih hangat dan udara yang masuk ke dalam tubuh akan dikeluarkan melalui sendawa.

4. Menyegarkan pernafasan dan mengurangi bau mulut

Jika obat kumur (mouthwash) Anda tak membantu menghilangkan bau mulut Anda, jeruk nipis bisa!

Peras sari jeruk nipis, jangan tambahkan air, hanya tambahkan madu saja. Aduk kemudian minum setiap hari 1-2 sendok, nafas Anda akan lebih segar dan bau mulut perlahan akan hilang. Asalkan jangan melupakan gosok gigi ya!

5. Menghilangkan pegal-pegal dan rasa lelah di tubuh

Anda yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan biasanya terlalu lelah dan merasakan pegal-pegal di seluruh tubuh.

Agar badan lebih fresh dan tidur bisa nyenyak, Anda bisa meracik 2 sdt sari jeruk nipis, 1 cm jahe dimemarkan, 1 sdm madu, 200 ml air hangat, minum selagi hangat dan cobalah untuk tidur.

Racikan minuman ini efeknya akan lebih terasa jika diminum setelah mandi dan menjelang tidur, Anda akan merasa tubuh lebih segar keesokan harinya. (kpl/bee)

_/\_ :lotus:

20
Kafe Jongkok / Mengapa Pria Sukar Minta Maaf?
« on: 22 October 2009, 11:21:19 AM »
Mengapa Pria Sukar Minta Maaf?
Oleh: Mega Aprilianti

Kerapkali setelah melakukan kesalahan kaum pria cenderung ngeles alias pura-pura tidak terjadi apa-apa, pura-pura lupa ingatan. Tidak ada kata maaf atas tindakan bodohnya. Malahan mungkin, dia kemudian balik menyalahkan Anda, saat Anda bertanya padanya tentang sikap teledornya itu.

Yang perlu kita ketahui tentang perbedaan pria dan wanita adalah bahwa pria 'hidup' dari harga diri atau penghargaan, sedangkan wanita 'hidup' dari kasih atau cinta. Hal ini yang kemudian menjelaskan mengapa makhluk berkumis itu susah minta maaf.

Bagi pria, kata maaf berarti ia gagal, sementara bagi wanita, berani minta maaf itu merupakan tindakan terhormat

Maaf mengandung arti bagi pria bahwa ia telah gagal. Jika ia gagal, maka harga dirinya pun jadi tercoreng. Oleh karena itu, meski merasa bersalah atau menyesal, kaum pria jarang mengungkapkannya secara verbal.

Mereka cenderung melakukan hal-hal istimewa, seperti membeli bunga, mentraktir makan, atau merayu, untuk 'membayar' rasa bersalah itu. Mereka tidak ingin dicap gagal saat mereka minta maaf. karena itu, kita perlu menjadi teladan bagi mereka. Jika Anda berbuat salah, minta maaflah. Dengan demikian mereka akan melihat bahwa minta maaf itu bukanlah bentuk kegagalan, namun sebaliknya.

Pria tidak tahu mereka salah, dan kalaupun mereka tahu mereka tidak suka disalahkan

Bisa jadi pria enggan minta maaf karena mereka tidak tahu bahwa mereka salah. Atau jika mereka tahu, mereka tidak menyadari bahwa Anda telah terluka karenanya. Dalam hal ini, Anda harus mengungkapkan secara jujur apa yang Anda rasakan jika ia berbuat seperti itu.

Bicarakan dengan nada lembut tanpa ada embel-embel menghakimi atau menyalahkannya, karena siapa juga yang suka disalahkan atau dipojokkan. Ingatlah, bahwa tujuan Anda adalah agar dia tidak mengulangi kesalahan yang sama, bukannya mencari kesalahannya dan mempermalukannya.

Pria sukar mengungkapkan perasaannya secara verbal

Memang banyak pria yang suka berkata muluk-muluk. Namun, hal itu dengan mudah dapat dipelajari oleh pria manapun. Berbeda dengan wanita, pria tidak terlalu pandai dalam hal membicarakan apa yang mereka rasakan. Oleh karena itu, tiap kali bila disinggung tentang yang namanya perasaan, mereka bakal lari terbirit-birit karena tidak tahu harus berkata apa.
 
Memang tidak mau

Yang satu ini merupakan alasan terakhir dan sebuah sinyal merah untuk Anda. Jika Anda mengenal pria yang sudah tahu bahwa dirinya bersalah, namun tidak melakukan apapun untuk memperbaiki kesalahannya itu, maka ia tak patut dipertahankan. Pria macam ini berhati kaku dan dingin, enggan minta maaf karena ia memang tidak mau disalahkan dan bertanggung jawab atas apa yang telah ia lakukan. Apa Anda mau hidup dengan pria egois macam ini?!

Setelah kita tahu beberapa alasan yang membuat pria bungkam tentang minta maaf, maka satu hal lagi yang perlu kita ingat adalah jangan memaksa mereka untuk minta maaf. Seorang pria yang dipaksa untuk minta maaf akan balik menyalahkan Anda karena ia merasa harga dirinya sedang terancam.

Sebaliknya, dekati ia dengan lembut. Minta maaflah lebih dulu atas reaksi negatif Anda padanya, dan baru nyatakan perasaan dan keberatan Anda atas sikapnya itu. Jika Anda melunak, ia juga akan melunak.

Jika Anda merendah, maka ia akan merasa tersanjung dan lebih mau mengakui kesalahannya karena ia tahu bahwa Anda takkan memandang sebelah mata jika ia minta maaf. Pria pun butuh rasa aman, sama seperti Anda. (kpl/meg)

_/\_ :lotus:

21
Kesehatan / PENCEGAHAN KANKER SERVIKS dgn CERVARIX/VAKSIN
« on: 20 October 2009, 12:56:21 PM »
Aku dapat info dari temanku yg seorang dokter bahwa bisa suntik CERVARIX untuk mencegah kanker Serviks. Terus aku mencari artikel ttg vaksin dan ini artikelnya sbb:

PENCEGAHAN KANKER SERVIKS dgn CERVARIX/VAKSIN
11/15/2008 - admin

CERVARIX Pengenalan

    * Cervari adalah vaksin kanker serviks terbaru di Indonesia yang ditujukan baik bagi remaja putri maupun perempuan dewasa (usia 10 tahun s/d 55 tahun) untuk pencegahan kanker serviks

- Vaksin ini mengandung antigen untuk HPV tipe 16 dan 18 yang menjadi penyebab lebih dari 70% kasus kanker serviks di dunia.1,2

-         Vaksin kanker serviks GSK memberikan 100% perlindungan terhadap human papillomavirus (HPV) tipe 16 dan 18 yang terkait dengan lesi pra-kanker.2

    * Cervarix juga memberikan perlindungan tambahan terhadap type HPV onkogenik yang lain yaitu tipe HPV 45, 31 dan 52. 20

Cervarix diformulasikan dengan teknologi sistem ajuvan ASO4. ASO4 mendorong terbentuknya respon kekebalan yang lebih kuat dan tahan lama dibandingkan dengan ajuvan alumunium tradisional.5

Semua perempuan berisiko terinfeksi kanker serviks selama hidup mereka , tanpa memandang usia dan gaya hidup

    * HPV adalah virus yang umum.

    * HPV dengan mudah ditularkan melalui kontak kulit kelamin. 6

    * Baik remaja putri maupun perempuan dewasa berisiko terkena kanker serviks disebabkan oleh infeksi berulang dari HPV penyebab kanker.7

-        Diperkirakan hingga 50-80% perempuan akan mengalami infeksi HPV dalam hidup mereka, 7-9 dan hingga 50% persen infeksi tersebut berpotensi menyebabkan kanker. 9-11 Risiko infeksi terjadi sejak kontak seksual yang pertama. 12

    * Kebanyakan infeksi HPV akan menghilang dengan sendirinya, namun beberapa akan menetap. 13 Tidak seperti virus lainnya, ketika seorang perempuan telah terinfeksi HPV, tidak berarti dia akan memiliki kekebalan terhadap virus ini. 7,14-19 Oleh karena itu, meskipun seorang perempuan telah terpapar HPV, dia tetap memiliki risiko infeksi berulang dari tipe HPV yang sama atau yang berbeda, dan tetap berisiko terkena kanker serviks. 7,14-19

Indikasi Cervarix

    * Di Indonesia, vaksin kanker serviks dari GSK ditujukan untuk remaja putri dan perempuan dewasa untuk pencegahan kanker serviks dengan melindungi dari kejadian infeksi dan infeksi menetap pada tahap CIN 2 dan lesi yang lebih parah yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV) tipe 16 dan 18. 1

­        Vaksin ini telah menunjukkan khasiat melawan infeksi menetap yang disebabkan oleh tipe HPV onkogenik lainnya selain HPV 16 dan HPV 18. 20

    * Jadwal vaksinasi untuk vaksin kanker serviks GSK terdiri dari 3 dosis, diberikan pada bulan ke-0, ke-1 dan ke-6. 1

Keamanan

    * Cervarix telah diujikan pada 40.000 subyek penelitian dan telah menunjukkan tingkat toleransi yang baik. 3
          o Di dunia, setiap dua menit seorang perempuan meninggal karena kanker serviks. 1,2
          o Di Indonesia, kanker serviks merupakan kanker nomor satu yang paling umum diderita perempuan Indonesia. 9-10
          o Kanker serviks merupakan kanker yang dapat mempengaruhi perempuan dengan latar belakang dan umur yang berbeda di seluruh dunia. Dimulai dengan serviks – bagian dari uterus (atau rahim) dan kemudian mencapai vagina – dan secara bertahap akan menyebar jika tidak diberikan pengobatan.
          o Kanker serviks seringkali menjangkiti dan dapat membunuh perempuan di usia yang produktif (usia 30-50 tahun), seringkali pada saat mereka masih memiliki tanggung jawab ekonomi dan sosial terhadap anak-anak dan anggota keluarga lainnya.¹¹
          o Pap smear dapat mendeteksi stadium awal kanker serviks dengan cara mengidentifikasi perubahan sel pada leher rahim.
          o Pada umumnya, tidak akan terlihat gejala pada stadium awal dari kanker serviks.12
          o Risiko berkembangnya kanker serviks pada perempuan yang tidak melakukan screening secara teratur adalah lima kali lebih tinggi dibandingkan yang teratur.13
          o Screening penting dilakukan karena dapat membantu mendeteksi perkembangan kanker serviks, tetapi tidak dapat mencegah terjadinya infeksi HPV. 15
          o Terdapat 15 jenis tipe HPV yang menyebabkan kanker yang dapat mengarah kepada kanker serviks; HPV 16 dan 18, menyebabkan lebih dari 70 % kanker serviks di Asia Pasifik dan dunia. 18,19
          o HPV merupakan virus yang umum.
          o HPV mudah ditularkan melalui kontak kulit kelamin 20
          o Baik remaja putri maupun perempuan dewasa berisiko terkena kanker serviks yang disebabkan oleh infeksi atau infeksi berulang yang disebabkan oleh HPV penyebab kanker. 3
          o Kebanyakan infeksi HPV akan menghilang dengan sendirinya, namun beberapa akan menetap. 26 Tidak seperti virus lainnya, ketika seorang perempuan terinfeksi virus HPV, tidak berarti dia akan memiliki kekebalan terhadap virus ini. 3,27-32 Oleh karena itu meskipun seorang perempuan telah terpapar HPV, dia tetap berisiko untuk mendapatkan infeksi berulang dari tipe HPV yang sama atau berbeda, dan tetap berisiko terkena kanker serviks.3,27-32
          o Vaksin yang menargetkan HPV tipe 16 dan 18 ini berpotensi untuk mencegah lebih dari 70 % kejadian kanker serviks 19
          o Di masa yang akan datang, vaksinasi bersama screening dapat mengurangi resiko terkena kanker serviks dibandingkan hanya dengan screening saja dan dapat mengurangi jumlah screening yang tidak normal yang memerlukan tindak lanjut secara berarti. 39-41


      HPV dan KANKER SERVIKS

      Seputar Kanker Serviks

      -        Di dunia, sekitar 500.000 perempuan di diagnosa menderita kanker serviks dan rata-rata 270.000 kematian setiap tahunnya. 1

      -        Perempuan yang aktif secara seksual memiliki risiko terinfeksi kanker serviks atau tahap awal penyakit ini tanpa memandang usia atau gaya hidup.

      -        Kasus baru kanker serviks 40 – 45/ hari 9-10

      -        Jumlah kematian karena kanker serviks 20 – 25/ hari9-10

      -        Setiap satu jam, seorang perempuan meninggal karena kanker serviks9-10

      Bagaimana mendeteksi kanker serviks?

      HPV – virus penyebab kanker serviks

      -        HPV tipe 16, 18, 45, 52 dan 31 merupakan penyebab lebih dari 80% kasus kanker serviks di Asia Pasifik19

      Setiap perempuan berisiko terjangkit kanker serviks selama hidup mereka, tanpa memandang usia dan gaya hidup

      -        Diperkirakan 50 –  80 % perempuan mengalami infeksi  HPV melaui kontak  kelamin dalam hidup mereka, 3,21,22 dan berpotensi menyebabkan kanker hingga 50%. 22-24 Risiko infeksi terjadi sejak kontak seksual yang pertama. 25

      Pencegahan dengan vaksinasi HPV

      -        Vaksin akan meningkatkan kemampuan sistem kekebalan untuk mengenali dan menghancurkan virus ketika masuk ke dalam tubuh, sebelum terjadi infeksi. 37,38

      Referensi:

      1.       Ferlay J, Bray P, Pizani P, Parkin DM. GLOBOCAN 2002: Cancer incidence, mortality and prevalence worldwide. IARC CancerBase No. 5, version 2.0. IARCPress, Lyon, 2004

      2.       Saslow D, et al. CA Cancer J Clin 2007;57;7-28

      3.       Baseman and Koutsky. The epidemiology of human papillomavirus infections, J Clin Virology 2005; 32S: S16-24

      4.       Munoz N, et al, Incidence, duration and determinants of cervical human papillomavirus infection in a cohort of Colombian women with normal cytological results, J Infect Dis, 2004, 190: 2077-87

      5.       Herrero et al. Population-Based Study of Human Papillomavirus Infection and Cervical Neoplasia in Rural Costa Rica. J of Natl Cancer Inst 2000; 92(6):464-474

      6.       Franco et al. Epidemiology of Acquisition and clearance of cervical human papillomavirus infection in women from a high risk area for cervical cancer. J Infect Dis 1999 ; 180 :1415-23

      7.       Sellors et al. Incidence, clearance and predictors of human papillomavirus in women. CMAJ . 2003 ; 168(4) : 421-5

      8.       Schiffman & Kruger Kjaer, Chapter 2: Natural History of Anogenital Human Papillomavirus Infection and Neoplasia J Natl Cancer Inst Monogr 2003; 31: 14-9

      9.       GLOBOCAN 2002. http ://www-dep.iarc.fr/ Last accessed 24th August 2006

      10.    Second Report of the National Cancer Registry, Cancer Incidence in Malaysia, 2003, http://www.acrm.org.my/ncr/ncrReport_2003.htm

      11.    NCIRS (National Centre for Immunisation Research and Surveillance of Vaccine Preventable Diseases. Human papillomavirus vaccines for Australians: Information for GPs and Immunisation providers. September 2006

      12.    Schiller J and Davies P. Delivering on the promise: HPV vaccines and cervical cancer. Nat Rev Microbiol 2004; 2:343-347

      13.    Kitchener HC, Castle PE, Cox JT.  Chapter 7: Achievements and limitations of cervical cytology screening. Vaccine 2006; 24S3: S3/63-S3/70

      14.    Chew GK, Cruickshank ME, Rooney PH et al. Human papillomavirus 16 infection in adenocarcinoma of the cervix, British Journal of Cancer 2005; 93: 1301-1304.

      15.    De Villiers EM. Heterogeneity of the Human Papillomavirus Group. J Virology 1989; 63: 4898-903. 4. 796-802

      16.    Bosch FX et al. Prevalence of Human Papillomavirus in Cervical Cancer: A Worldwide Perspective. J Natl Cancer Inst 1995; 87: 796-802

      17.    Muñoz N, Bosch FX, de Sanjosé S, Herrero R, Castellsagué X, Shah KV, Snijders PJ, Meijer CJ; International Agency for Research on Cancer Multicenter Cervical Cancer Study Group. Epidemiologic classification of human papillomavirus types associated with cervical cancer. N Engl J Med. 2003 Feb 6;348(6):518-27

      18.    Munoz N, Bosch X, Castellsagué X et al. Against which human papillomavirus types shall we vaccinate and screen? The international perspective. Int J Cancer 2004; 111: 278-85

      19.    McIntosh N, Human papillomavirus and cervical cancer JHPIEGO strategy paper No. 8, May 2000. Available at http://www.jhpiegopubs/category_detail.asp?category_id=4. Accessed 7 June 2007

      20.    Ho GY, Bierman R, Beardsley L, Chang CJ, Burk RD. Natural history of cervicovaginal papillomavirus infection in young women. N Engl J Med 1998; 338: 423-428

      21.    Brown DR, Shew ML, Qadadri B, Neptune N, Vargas M, Tu W, Juliar BE, Breen TE, Fortenberry JD. A longitudinal study of genital human papillomavirus infection in a cohort of closely followed adolescent women. J Infect Dis 2005; 191: 182-192

      22.    Brown DR, Shew ML, Qadadri B, Neptune N, Vargas M, Tu W, Juliar BE, Breen TE, Fortenberry JD. A longitudinal study of genital human papillomavirus infection in a cohort of closely followed adolescent women. J Infect Dis 2005; 191: 182-192

      23.    Clifford GM, Gallus S, Herrero R, Munoz N, Snijders PJ, Vaccarella S, Anh PT, Ferreccio C, Hieu NT, Matos E, Molano M, Rajkumar R, Ronco G, de Sanjose S, Shin HR, Sukvirach S, Thomas JO, Tunsakul S, Meijer CJ, Franceschi S. Worldwide distribution of human papillomavirus types in cytologically normal women in the International Agency for Research on Cancer HPV prevalence surveys: a pooled analysis. Lancet 2005; 366: 991-998

      24.    Burk RD. Human papillomavirus and the risk of cervical cancer. Hosp Pract (Off Ed) 1999; 34: 103-111.

      25.    Giuliano AR, Harris R, Sedjo RL et al. Incidence, prevalence, and clearance of type- specific human papillomavirus infections: The Young Women’s Health Study. J Infect Dis 2002; 186: 462-9

      26.    Carter et al, Comparison of Human Papillomavirus Types 16,18, and 6 Capsid Antibody Responses Following Incident Infection, J Infect Dis 2000; 181: 1911-9

      27.    Ho et al, Natural history of human papillomavirus type 16 virus-like particle antibodies in young women. Cancer Epidemiol Biomarkers Prev. 2004;13(1):110-6.

      28.    Viscidi et al, Prevalence of antibodies to human papillomavirus (HPV) type 16 virus-like particles in relation to cervical HPV infection among college women, Clin Diagn Lab Immunol 1997, 4(2): 122-26.

      29.    Viscidi et al. Seroreactivity to Human Papillomavirus (HPV) Types 16,18, or 31 and Risk of Subsequent HPV Infection: Results from a Population-Based Study in Costa Rica. Cancer Epi, Biomarkers & Prev 2004; 13: 324-327

      30.    Thomas KK et al. Concurrent and sequential acquisition of different genital human papillomavirus types. J Infect Dis 2000; 182: 1097-102

      31.    Trottier and Franco. Human Papillomavirus and Cervical Cancer. Burden of Illness and Basis for Prevention. Am J Manag Care 2006; 12:S462-S472

      32.    Harper DM et al. Sustained efficacy up to 4·5 years of a bivalent L1 virus-like particle vaccine against human papillomavirus types 16 and 18: follow-up from a randomised control trial. Lancet 2006;367:1247-55

      33.    Pedersen C et al. Immunization of Early Adolescent Females with Human Papillomavirus Type 16 and 18 L1 Virus-Like Particle Vaccine Containing AS04 Adjuvant. J Adol Health 2007; 40: 564-571

      34.    Schwarz TF, Dubin GO. An AS04 containing human papillomavirus (HPV) 16/18 vaccine for prevention of cervical cancer is immunogenic and well-tolerated in women 15-55 years old. American Society of Clinical Oncology (ASCO), 1-5 June 2007:Abstract

      35.    Paavonen J, Jenkins D, Bosch FX, Naud P, Salmeron J, Wheeler CM, Chow SN, Apter DL, Kitchener HC, Castellsague X, de Carvalho NS, Skinner SR, Harper DM, Hedrick JA, Jaisamrarn U, Limson GA, Dionne M, Quint W, Spiessens B, Peeters P, Struyf F, Wieting SL, Lehtinen MO, Dubin G; HPV PATRICIA study group. Efficacy of a prophylactic adjuvanted bivalent L1 virus-like-particle vaccine against infection with human papillomavirus types 16 and 18 in young women: an interim analysis of a phase III double-blind, randomised controlled trial.  Lancet. 2007 Jun 30;369(9580):2161-70.

      36.    Schiller J and Davies P. Delivering on the promise: HPV vaccines and cervical cancer. Nat Rev Microbiol 2004; 2:343-347

      37.    Mandic A and Vujkov T. Human papillomavirus vaccine as a new way of preventing cervical cancer: a dream or the future? Annals of Oncology 2004; 15: 197-200

      38.    Goldie SJ, Grima D, Kohli M, Wright TC, Weinstein M, Franco E.  A comprehensive natural history model of HPV infection and cervical cancer to estimate the clinical impact of a prophylactic HPV-16/18 vaccine. Int J Cancer 2003; 106: 896-904.

      39.    Goldie SJ, Grima D, Kohli M, Wright TC, Weinstein M, Bosch FX, Franco E. Projected clinical benefits and cost-effectiveness of a human papillomavirus 16/18 vaccine.  J Natl Cancer Inst 2004; 96: 604-15.

      40.    Harper DM, Franco EL, Wheeler C, Ferris DG, Jenkins D, Schuind A, Zahaf T, Innis B, Naud P, De Carvalho NS, Roteli-Martins CM, Teixeira J, Blatter MM, Korn AP, Quint W, Dubin G; GlaxoSmithKline HPV Vaccine Study Group.  Efficacy of a bivalent L1 virus-like particle vaccine in prevention of infection with human papillomavirus types 16 and 18 in young women: a randomised controlled trial. Lancet 2004; 364: 1757-65.

      41.    Kanker di Indonesia 2001, Data Histopatologik

==============

 [at]  Bro Forte, Sis Nobita & Sis calon arahat.... apakah ada resiko dari vaksin itu? terus kira2 harga vaksin itu berapa dan cara suntiknya harus berapa bulan sekali (ada syarat2nya ga)?

ini maksudnya apa yah sbb:
* Jadwal vaksinasi untuk vaksin kanker serviks GSK terdiri dari 3 dosis, diberikan pada bulan ke-0, ke-1 dan ke-6.

~Kenapa kata temanku itu vaksin diberikan pada bulan ke-0, ke-1 & ke-3? jadi mana yg benar? Apakah setiap dokter kandungan bisa memberikan vaksin tsb?

Thanks...


 _/\_ :lotus:

22
Omong-omong tentang Tuhan...ini ada cuplikan tanya jawab yg bagus...sbb:

Di dalam suatu ruangan kelas, sang professor sedang menjelaskan tentang "GOD" kepada murid-muridnya ....

Professor:
I'll prove to you
If GOD exist, then he is evil
Did GOD create everything that exits?
If GOD created everything then he created the evil
Which means GOD is evil.

Kemudian ada seorang murid bertanya kepada Professor... .

Student:
excuse me, Professor
Does Cold exist?

Professor:
What kind of question is this?
of course it exists
have you never been cold?

Student:
In fact Sir, cold does not exist
according to the laws of physics
what we consider cold is in reality the absence of heat
Professor, does darkness exist?

Professor:
of course it does

Student:
You are wrong Sir
darkness does not exist either
darkness is in reality the absence of light
light we can study but not darkness
Evil does not exist
it is just like darkness and cold
GOD did not create evil
Evil is the result of what happens when man does not have God's love present in his heart.

http://www.facebook.com/video/video.php?v=155315264765

_/\_ :lotus:

23
Kesehatan / Hanya Dengan Bertemu Wanita Cantik, Pria Bisa Lebih Sehat
« on: 02 October 2009, 11:17:36 AM »
 Hanya Dengan Bertemu Wanita Cantik, Pria Bisa Lebih Sehat

Nurul Ulfah - detikHealth


(Foto : Craveonline)
Jakarta, Para pria, jika Anda ingin lebih sehat, sebaiknya sering-seringlah melihat dan bertemu wanita cantik. Studi membuktikan bahwa kehadiran wanita cantik bisa meningkatkan kesehatan pria terutama kesehatan hormon yang mengatur sistem metabolisme tubuh.

Peneliti dari University of California menemukan bahwa pria yang berada di tengah-tengah lawan jenisnya yang cantik akan mempunyai level hormon testosteron dan kortisol yang tinggi. Kedua hormon tersebut berfungsi dalam kemampuan berpikir, kesadaran, keseimbangan metabolisme tubuh dan kesehatan tubuh secara utuh.

Sebaliknya, peneliti justru menemukan level kedua hormon tersebut dalam keadaan rendah ketika pria berada di sekeliling pria lainnya. Itu artinya, laki-laki ternyata lebih bahagia ketika bersama wanita ketimbang ketika berkumpul dengan teman-teman prianya.

Studi yang melibatkan 149 siswa pria berusia 18 dan 24 tahun tersebut dilakukan dengan cara memberi kesempatan pada para pria untuk berinteraksi dengan wanita-wanita cantik untuk kemudian diberi skor antara 1 sampai 7. Rata-rata pria ternyata memberi nilai 5,83 yang menunjukkan bahwa para wanita itu cukup memikat.

Selang beberapa menit, air liur para responden pun diambil dan diuji untuk mengetahui kadar hormon testosteron dan kortisolnya. Para ahli pun kemudian menemukan sebuah fakta, yaitu hanya dalam waktu 5 menit berbicara dengan wanita cantik, level testosteronnya meningkat hingga 14 persen sedangkan hormon anti stres yaitu kortisol meningkat sebesar 48 persen.

Hal itu berbanding terbalik ketika para pria sedang bersama teman-teman prianya. Level testosteron dan kortisolnya justru menurun hingga 7 persen.

Hormon testosteron tidak hanya berfungsi sebagai hormon pembangkit libido, tapi juga bisa meningkatkan kesehatan dan memberi energi bagi tubuh. Hormon tersebut berada pada level yang paling tinggi ketika pria berusia 20 tahun dan akan berkurang seiring bertambahnya usia dan hubungan yang sudah berlangsung lama.

Sedangkan kortisol adalah hormon yang berfungsi menurunkan ketegangan urat-urat saraf dan meningkatkan kesadaran. Jika kedua hormon tersebut sama-sama meningkat, tubuh pun akan terasa lebih sehat.

"Ketika pria bertemu dengan wanita cantik dan atraktif, otaknya akan mengirim pesan pada kelenjar pituitari untuk mengeluarkan kedua hormon tersebut. Dan ketika hormon itu tersebar ke dalam tubuh, sistem metabolisme akan menjadi lancar dan tubuh pun akan terasa lebih hidup," ujar Dr Leslie Knapp, antropolog dari University of Cambridge, seperti dikutip Telegraph, Kamis (1/10/2009).

source

_/\_ :lotus:

24
Humor / HM... BENER2 SUSAH YA CARI KERJAAN
« on: 14 September 2009, 02:28:41 PM »

HM... BENER2 SUSAH YA CARI KERJAAN
 
 
Saking susahnya nyari kerjaan saat ini, akhirnya seorang lulusan ITB
terpaksa menerima tawaran untuk bekerja di Kebon Binatang Ragunan.
"Apa boleh buat, daripada nganggur.... kerja beginian juga bolehlah,
yang penting kan .....halal !" begitu tekadnya.
Maka sejak hari itu, sang insinyur muda mulai bekerja
sebagai "monyet-monyetan".
Sepanjang hari, ia harus betah mengenakan baju monyet, pakai topeng
monyet sambil mengunyah pisang atau kacang rebus terus menerus.
Serta harus jumpalitan selincah mungkin untuk menarik perhatian
pengunjung. Pokoknya tidak beda dengan monyet asli yang sudah mulai
punah. Tak ayal lagi, pengunjung Kebon Binatang Ragunan membludak
lantaran mau 'ngeliat si monyet super yang konon tidak hanya lincah
dan gesit, tapi juga cerdas! (Yee.....wong lulusa n ITB koq......:-)
Sayang sekali, yang namanya sial itu sulit untuk di-elak-kan, sedang
enak-enaknya jumpalitan, tiba-
tiba........"Gedebuk..... .Byurrrrrrrrrrrr r......." Sang monyet
terjatuh ke dalam kandang tetangga.... ..Buaya!!
"Waduh, mati aku!" pikirnya sebelon dicaplok ama si buaya-buaya
ganas itu. Yang saat itu mulut buaya-2 itu sudah terbuka lebar siap
menggigit... , dari dalam terdengar suara
berbisik.... ..."Sssttttt.... ..mas.... jangan takut.... kami dari UI!"

:)) :)) :))

 _/\_ :lotus:

25
Theravada / Pandangan Agama Buddha Tentang Astrologi (bahasa Malaysia)
« on: 11 September 2009, 01:49:02 PM »
Tajuk : Pandangan Agama Buddha Tentang Astrologi
Pengarang : Bhante Dr K Sri Dhammananda

Semenjak manusia mula meneliti bumi ini serta alam sekelilingnya, dia berasa mungkin terdapat satu perhubungan di antara dirinya dengan bintang-bintang. Manusia berpendapat pengerakan bintang-bintang ini mungkin mempegaruhi hidupnya. Para cendikiawan daripada setiap bangsa dan budaya yang berbeza cuba menghuraikan tentang perhubungan fenomena ini dan maksud yang terkandung di sebaliknya.

Buku ini bertujuan menerangkan pandangan agama Buddha tentang bidang astrologi. Agama Buddha menasihati manusia supaya jangan terlalu bergantung kepada kuasa luar. Sungguhpun begitu, agama ini mengalakkan satu sikap yang rasional terhadap perhubungan yang wujud di antara manusia dan bintang-bintang.

Pandangan Agama Buddha Tentang Astrologi

Semenjak manusia wujud di dunia ini, dia amat tertarik dengan pengaruh bintang. Dia berusaha mencari perkaitan yang mungkin wujud diantara masa depannya dengan bintang. Kajian serta tafsiran tentang bintang dan pergerakannya telah menghasilkan dua bidang yang baru, iaitu astronomi dan astrologi.

Astronomi boleh dikatakan sebagai satu bidang sains tulen yang mengkaji pengukuran jarak, evolusi dan disintegrasi bintang serta pengerakannya. Sesungguhnya, semua ini ukuran yang relatif kepada bumi. Kajian cara pengerakan planet-planet tersebut mempengaruhi manusia daripada segi fizikal turut dijalankan.

Bidang astronomi moden masih berusaha mencari jawapan kepada persoalan seperti bagaimana manusia wujud, hari kiamat dan sebagainya. Bidang ini merangkumi banyak aspek-aspek yang menarik,khasnya berikutan pengetahuan baru tentang alam semesta serta cakerawala kita. Akibatnya, banyak agama terpaksa menilai semula ajaran mereka tentang pencipta alam dan bagaimanakah hidup wujud di dunia ini.

Agama Buddha tidak menghadapi masalah seperti ini kerana Buddha tidak menggalakkan pengikutnya membuat spekulasi tentang perkara yang di luar bidang pemahaman mereka. Bagaimanapun, Buddha pernah memberi beberapa kiasan yang terbukti benar dengan bertambahnya pengetahuan baru melalui bidang sains. Hal ini menunjukkan bahawa Buddha sedia maklum tentang sifat semulajadi alam semesta kita. Misalnya, Bhagava mengatakan bahawa dunia tidak dicipta di dalam sekelip mata dan bumi kita hanya merupakan sebahagian kecil sahaja di alam yang luas ini. Buddha juga mengatakan pembentukkan dan penghancuran sesuatu entity berlaku pada setiap masa dan bukanya disuatu kelak sahaja. Buddha juga menyatakan semua jasad sentiasa bergetar.

Astrologi pula merupakan satu bidang kajian yang sama sekali berlainan. Sejak bermulanya kewujudan, manusia amat tertarik dengan perkaitan antara dirinya dengan alam. Tamadun manusia mula berkembang daripada memburu kepada bercucuk tanam untuk makanannya. Sejak itu, manusia mendapati terdapat pertalian antara pengerakan matahari di dalam setahun dengan aktiviti penanaman, penuaian dan aktiviti-aktiviti lain yang berkaitan. Dengan perkembangan masa, manuisa menjadi lebih sofistikated. Manusia kini dapat meramalkan pengerakan matahari dan mencipta konsep masa, membahagikannya kepada tahun, bulan, hari, jam, minit serta saat.

Dengan pengetahuan ini, manusia berasa mungkin terdapat satu perhubungan di antara kitaran hidupnya dengan pergerakan planet. Dengan berkembangnya aliran pemikiran ini, konsep zodiak terbentuk. Zodiak merupakan jalan haluan matahari yang terbahagi kepada duabelas bahagian (buruj). Kajian tentang pergerakan matahari ini dan hubunganya dengan kehidupan seseorang individu dipanggil horoskop.

Bidang astrologi meliputi aspek pemahaman sifat manusia serta meramalkan pergerakan planet dengan tepat. Bidang ini juga merangkumi kebolehan untuk memahami dengan mendalamnya fenomena-fenomena yang tidak dapat dijelaskan oleh bidang sains. Sejak dahulu lagi, telah ada pakar-pakar astrologi. Malangnya, terdapat lebih ramai lagi penipu yang mengaku diri mereka sebagai ahli astrologi. Mereka menipu orang ramai dengan berpura-pura menilik masa depan mereka. Penipu seperti ini juga mengeksploitasikan kejahilan dan ketakutan mereka yang mudah diperdayakan untuk meragut wang mereka. Akibatnya, ahli sains mempersendakan bidang asrtologi dan tidak bergantung kepadanya. Bagaimanapun sikap dingin ahli sains terhadap bidang ini tidak berasas.

Tujuan utama menilik ialah supaya seseorang individu boleh memahami dirinya dengan lebih mendalam. Caranya tidak lain seperti gambar X-ray yang menunjukkan bentuk fizikal seseorang. Terdapat pertalian di antara kedudukan matahari di dalam bahagian zodiak tertentu (buruj) dengan kelahiran seseorang. Bukti daripada statistik menunjukkan bahawa beberapa orang yang mempunyai ciri-ciri luarbiasa dilahirkan didalam bulan-bulan yang tertentu. Sesetengah jenayah pula didapati berpadanan dengan bahagian zodiak (buruj) yang dilalui oleh matahari pada bulan-bulan yang tertentu. Pemahaman tentang bidang ini boleh menolong seseorang merancang hidupnya supaya lebih bermakna dan harmoni dengan ciri-ciri kecenderungan semulajadi.

Bayi yang baru lahir bagaikan benih. Bayi itu membawa bersamanya ciri-ciri yang menjadikannya serupa dengan orang lain namun tetap merupakan seorang individu tersendiri. Latihan dan bimbingan yang diterimanya akan menentukan cara dia menggunakan kebolehannya. Setiap orang dilahirkan dengan sifat semulajadi yang tersendiri. Dia sendiri yang akan menentukan cara dia menggunakan kebolehan dan bakatnya itu sama ada bagi kebaikan atau sebaliknya. Kita harus mengenali sifat semulajadi diri sendiri, misalnya kecenderungan menjadi malas, kecewa, runsing, dengki, kejam, mudah marah dan banyak tipu muslihat. Jika kita mempunyai sifat seperti ini, kita harus mengambil langkah positif untuk mengatasinya. Langkah pertama untuk mengatasi masalah ini ialah dengan mengenalpasti serta mengakui yang kita mempunyai sifat-sifat negatif ini.

Tafsiran astrologi dapat mengenalpasti kecenderungan semulajadi kita. Setelah mengetahui hal ini, kita harus mengambil langkah-langkah yang sewajarnya untuk merancang kehidupan kita supaya menjadi manusia yang berguna. Seseorang yang cenderung melakukan jenayah juga boleh menjadi seorang yang mulia jika dia dapat mengenalpasti sifat semulajadinya dan mengambil langkah-langkah tertentu untuk menjadi seorang yang baik.

Kita memeta horoskop untuk menunjukkan benih kamma yang dibawa oleh seseorang sejak dia dilahirkan. Kamma menentukan masa dia dilahirkan. Seorang ahli astrologi yang pakar dapat meramalkan masa depan seseorang dengan tepatnya berdasarkan masa dia dilahirkan.

Bumi mengambil masa lebih kurang satu tahun untuk bergerak mengelilingi matahari. Pengerakan ini jika diperhatikan daripada bumi dapat menempatkan matahari di dalam beberapa kawasan zodiak sepanjang tahun. Seseorang dilahirkan (bukan secara tidak sengaja tetapi ditentukan oleh kammanya) apabila matahari berada di dalam salah satu daripada duabelas bahagian zodiak (buruj).

Dengan bantuan horoskop, kita boleh menentukan masa-masa tertentu di dalam hidup kita supaya lebih bergiat lagi dan pada masa-masa lain pula tidak terlalu membebankan diri. Pada masa-masa yang tertentu, kita juga harus lebih berhati-hati tentang kesihatan.

Persoalan yang sering ditanya ialah sama ada agama Buddha menerima ataupun menolak astrologi. Sebenarnya, Buddha tidak mengulas secara langsung tentang perkara ini. Bhagava telah beberapa kali menegaskan bahawa perkara seperti ini tidak dapat membantu ke arah perkembangan spiritual kita. Walau bagaimanapun, agama Buddha tidak mengecam secara langsung bidang astrologi seperti beberapa agama lain

Manusia bebas mengunakan pengetahunan ini supaya hidupnya lebih bermakna. Jika kita meneliti ajaran Buddha dengan mendalam, kita dapati bidang astrologi boleh digunakan untuk kebaikan kita. Sains moden sebenarnya selaras dengan ajaran Buddha. Hakikat ini bermakna terdapat satu pertalian langsung diantara hidup seseorang dengan cara kosmos ini berfungsi. Kita sedia maklum bahawa terdapat pertalian langsung di antara hidup manusia dengan perubahan alam semesta.

Misalnya terdapat satu pertalian yang rapat di antara pergerakan bulan dengan kelakuan kita. Fenomena ini boleh diperhatikan di kalangan mereka yang mengalami gangguan fikiran dan mereka yang cenderung kepada keganasan. Penyakit tertentu seperti asthma dan bronchitis menjadi lebih serius sewaktu bulan penuh. Oleh itu, tiada sebab bagi kita menolak kepercayaan bahawa planet lain boleh mempengaruhi kehidupan kita.

Agama Buddha mengakui bahawa terdapat satu tenaga kosmik kuat yang bergetar melalui setiap makhluk hidup termasuk tumbuh-tumbuhan. Tenaga ini berserta dengan tenaga kamma seseorang akan menentukan jalan hidupnya. Kelahiran seseorang bukan kewujudan hidupnya yang pertama. Kewujudanya merupakan sesuatu yang akan terus berlanjutan selagi dia tidak dapat mangatasi kammanya. Sesuatu makhluk hidup hanya akan wujud di dalam satu persekitaran baru jika beberapa faktor, khasnya faktor musim, faktor benih(germinal) dan faktor alam semulajadi dipenuhi. Faktor -faktor ini diambilkira berserta dengan tenaga mental dan tenaga kamma yang saling berinteraksi pada setiap masa di dalam mengubah hidup seseorang.

Mengikut ahli astrologi, waktu seseorang dilahirkan ditentukan oleh tenaga kosmik dan tenaga kamma. Kewujudan hidup bukan secara tidak sengaja. Akan tetapi kewujudan tersebut hasil interaksi di antara tenaga kamma seseorang dengan tenaga kosmik. Hidup manusia telah pun ditentukan oleh perbuatannya di hidup yang lalu dan tenaga yang mengaktifkan kosmos. Setelah kedua – dua tenaga ini diaktifkan, hidup dikawal oleh interaksi mereka walaupun pada saat kelahiran. Dengan itu seorang ahli astrologi yang mahir dapat menilik masa depan seseorang berdasarkan pemahamannya tentang pengaruh alam semesta dan kamma.

Hidup kita ditentukan oleh bentuk – bentuk tenaga yang disebutkan tadi. Akan tetapi Buddha telah menunjukkan jalan untuk membebaskan diri kita daripada pengaruhnya. Semua tenaga kamma tersimpan di dalam sub – sedar (subconsious) kita sebagai kecemaran minda dan kesucian minda. Kamma dapat menentukan masa depan seseorang. Oleh itu, melalui perkembangan minda, seseorang dapat membatalkan pengaruh negatif yang di sebabkan oleh kammanya yang lepas. Seseorang boleh membersihkan serta menyucikan mindanya dan dengan itu menyingkirkan semua tenaga kamma pada dirinya. Justeru itu, tumimbal lahir (kewujudan semula) tidak akan berlaku lagi.

Dengan tiadanya tumimbal lahir tidak terdapat benih kehidupan lagi. Dengan itu tiada kewujudan atau hidup pada masa akan datang untuk
diramalkan. Pada tahap perkembangan spiritual dan mental yang tinggi seperti ini, seseorang tidak memerlukan bantuan horoskop. Sebabnya ialah kebanyakan ketidakpuasan dan ketidak sempurnaan hidupnya telahpun disingkirkan.

Sejak awal abad ke – 20, ahli psikologi dan ahli kaji jiwa mendapati masih terdapat banyak lagi yang harus diselidiki tentang minda manusia. Seorang ahli psikologi yang terkenal dari Switzerland bernama Carl Jung banyak menggunakan bantuan horoskop untuk mengubati pesakitnya. Di dalam satu analisis astrologi tentang 500 pasangan yang telah berkahwin, beliau mendapati hasil kajian Ptolemy (astrologi moden di barat berasaskan kajiannya) masih boleh digunakan sehingga sekarang. Hasil kajian itu menunjukkan aspek – aspek yang menguntungkan di antara matahari dan bulan bagi pasangan – pasangan itu boleh mewujudkan satu perkahwinan yang bahagia.

Seorang ahli psikologi Peranchis yang terkenal bernama Michel Gauguelin pada mulanya mempunyai pandangan negatif terhadap bidang astrologi. Akan tetapi semasa beliau membuat satu kajian tentang 20,000 analisis horoskop, beliau kagum dengan hasil kajiannya. Beliau telah mendapati bahawa analisis horoskop itu menghuraikan ciri seseorang sama dengan cara psikologi moden.

Menanam sayur – sayuran dan pokok tertentu pada masa yang berlainan di dalam setahun akan menghasilkan perbezaan di dalam ketahanan serta ciri luaran tumbuhan tersebut. Oleh itu, tiada sebab bagi kita meragui kenyataan bahawa mereka yang lahir pada masa yang berlainan di dalam setahun akan mempunyai ciri- ciri yang berlainan.

Dengan mengetahui kelemahannya, seseorang boleh berusaha bersungguh – sungguh untuk mengatasi kelemahan itu supaya menjadi seorang anggota masyarakat yang lebih berguna. Hal ini dapat membantu seseorang mengatasi kekecewaan dan penderitaannya. Berhijrah ke negara lain juga dapat membantu mengurangkan pengaruh bintang – bintang ke atas seseorang.

Shakespeare mengatakan bahawa masalahnya bukan terletak pada bintang tetapi pada diri kita yang memandang rendah terhadap kemampuan diri sendiri. Seseorang ahli astrologi yang terkenal mengatakan bintang hanya memberi dorongan tetapi tidak menentukan tindakan yang sepatutnya dilakukan.

St. Thomas Aquinas mengatakan bahawa planet mempunyai pengaruh yang lebih kuat ke atas bahagian elemen manusia daripada perasaan manusia, tetapi dengan menggunakan kebijaksanaannya seseorang boleh mencorakkan hidupnya supaya hormoni dengan planet-planet. Manusia juga dapat mengasah serta menggunakan bakatnya yang terpendam untuk kemajuan diri.
Astrologi tidak dapat menelesaikan masalah kita secara automatik. Kita sendiri yang boleh berbuat demikian. Seperti seorang doktor yang hanya dapat memberitahu ciri sesuatu penyakit, begitu juga seorang astrologi pula hanya dapat menunjukkan aspek serta ciri tertentu hidup kita. Selepas itu, terpulang kepada kita untuk mengubahsuaikan cara hidup kita.

Sudah tentu usaha ini akan menjadi lebih mudah dan kita pula lebih bersedia setelah mengetahui apa akan kita hadapi kelak. Sesetengah orang terlalu bergantung kepada astrologi. Mereka berjumpa dengan ahli astrologi setiap kali sesuatu berlaku atau berkejar untuk mendapatkan penerangan tentang mimpi mereka.

Kita harus sedar bahawa bidang astrologi tidak sempurna dan memang mempunyai kekurangannya. Ahli astrologi yang terbaik juga mungkin boleh membuat ramalan yang salah. Gunakan bantuan bidang astrologi dengan bijaknya untuk membolehkan anda hidup dengan lebih bahagia. Berjaga-jaga terhadap ahi astrologi yang ingin memperdayakan anda. Mereka tidak akan memberitahu kebenaran tetapi hanya memberitahu perkara yang kita ingin dengar atau sedap di dengar.

Jangan mengharapkan nasib baik datang bergolek tanpa sebarang usaha. Sekiranya kita ingin menikmati hasil yang baik, kita harus berusaha dengan jalan yang betul. Ingat, peluang kebahagian sentiasa ada tetapi ia tidak akan datang begitu sahaja tanpa sebarang usaha. Kalau tidak dipecahkan ruyong, masakan dapat sagunya.

Diterjemahkan oleh : Rakan-rakan Se Dhamma Universiti Sains
Malaysia
Penyelaras : Hong Tai Fook
Penterjemah : Kong Sook Fong
K Don Premaseri
Penyunting : Yeoh Yong Cheng
Tan Hock Ming

_/\_ :lotus:

26
Theravada / MEMBANGUN CITRA DIRI PEKERJA SUKSES
« on: 10 September 2009, 04:11:40 PM »
Lagi iseng... saya delete2 email yahoo ku...dan ketemu artikel yg sangat bermanfaat ini (maaf yah kalo repost)...sbb:

MEMBANGUN CITRA DIRI PEKERJA SUKSES
Oleh : Y.M. Bhikkhu Uttamo Thera


Bhikkhu Sangha yang saya muliakan serta saudara-saudari sedharma yang berbahagia, malam ini saya memperoleh kesempatan untuk MEMBANGUN. Biasanya membangun vihara, kali ini membangun citra. Membangun citra diri pekerja sukses.

Saya pikir kok saya disuruh ceramah? Apakah saya ini termasuk seorang pekerja atau pengangguran? Mengapa demikian? Karena seorang bhikkhu sering dianggap pengangguran. Lebih parah lagi, ada ada yang mengatakan, "Enak ya jadi bhikkhu." Kenapa? "Nganggur, tenang-tenang saja, nggak pikirin apa-apa." Saya ngomong, "Lho, kalau enak jadi bhikkhu, kamu jadi bhikkhu saja. Mestinya yang jadi bhikkhu rombongan, buktinya yang jadi bhikkhu sedikit." Kalau kita ngomong restauran disana enak, pasti pelanggannya banyak. Kalau menjadi bhikkhu enak, pasti yang jadi bhikkhu juga banyak.

Ya, tapi bagaimanapun juga bhikkhu bukanlah pengangguran, karena pekerjaannya banyak. Memang kami tidak mencangkul, tidak pergi ke kantor, tetapi kehidupan kami ini sama dengan yang lain. Kalau Anda mengatakan bhikkhu itu pengangguran, berarti Anda mengatakan guru juga pengangguran, karena bhikkhu juga adalah guru. Seperti malam ini, masa saya menganggur, duduk-duduk saja disini?

Jadi psikiater / psikolog juga pengangguran, kenapa? Karena menjadi bhikkhu juga merangkap jadi psikiater dan psikolog. Sering kita bertemu, "Bhante, anak saya nakal, Bhante." Sebetulnya kami juga berpikir, "Justru saya jadi bhikkhu ini biar nggak punya anak, kamu kok tanya saya tentang anak kamu yang nakal. Gimana ini?" Tapi kan kami harus menasehati. Kalau menjawab begitu, ya besok pagi vihara tutup, orang-orang pada ngomel semua, "Bhantenya sadis." Jadi yah…. Kami akhirnya menjawab.

Nah, kegiatan membimbing seperti ini kan kegiatannya seorang psikolog sebetulnya, tetapi kenapa kami berikan? Dan kenapa kami dianggap pengangguran? Karena bedanya kami tidak menerima gaji. Itu saja. Coba kalau sekarang orang konsultasi dengan bhikkhu, lalu dikenakan biaya sekali duduk sekian menit dibiayai sekian rupiah. Satu pertanyaan dikenai biaya sekali, dua pertanyaan dikenai biaya kali dua. Itu mungkin baru disebut bhikkhu pekerja, karena terima upah.

Oleh karena itu, jelaslah bahwa seorang bhikkhu juga bekerja, tetapi di bidang batin. Anda juga jelas, karena Anda juga seorang pekerja. Pekerja tentunya bermacam-macam; pekerja di rumah sendiri, pekerja sebagai karyawan, pekerja sebagai atasan, semuanya termasuk dalam konteks pekerja. Apa boleh sih bekerja menurut Agama Buddha? Boleh, umat Buddha boleh bekerja.

Seorang umat itu boleh bekerja. Bahkan, kalau mau bekerja bukan sembarang kerja. Umat Buddha sebetulnya harus kaya. Wah….. kok harus kaya, gimana sih? O… iya, kalau umat Buddha nggak kaya, bagaimana vihara bisa dibangun? Kalau umat Buddha semuanya berkata, "Saya jadi umat Buddha sajalah, nggak usah pegang duit." Kalau semua umat Buddha nggak pegang duit, vihara ini bagaimana? Anda datang kesini juga butuh duit. Sepeda motor, mobil juga butuh duit. Anda pakai pakaian juga perlu duit, tempat ini dibangun juga perlu duit. Kalau sekarang umat Buddha nggak punya duit, kan susah. Kenapa boleh kaya? Kenapa harus kaya? Karena memang kekayaan adalah merupakan salah satu tujuan umat Buddha.

Anda tentu tahu, di dalam kegiatan beberapa tradisi, atau Anda di rumah juga punya patung, Patung, FUK LUK SHOU. Punya Patung FUK LUK SHOU? Tahu nggak Patung FUK LUK SHOU itu? FUK LUK SHOU itu patung tiga dewa. FUK itu rezeki, patung yang membawa seperti tongkat di dada. LUK adalah pangkat atau kedudukan, patung yang topinya seperti Judge Bao. SHOU adalah panjang usia, digambarkan orang tua yang jidatnya maju. Apa Anda punya atau pernah melihat patung tersebut?

FUK LUK SHOU artinya punya rezeki, punya pangkat atau kedudukan dan umur yang panjang. Itu sebetulnya di dalam Agama Buddha juga ada, bahkan lebih dari itu, karena Agama Buddha selalu punya nilai tambah. Kalau Anda punya FUK LUK SHOU 3 in 1, dalam ketiga patung itu Anda punya tujuan, maka Agama Buddha pada malam ini akan memberikan 4 in 1.

Banyak rezeki atau kekayaan, punya kedudukan, umur panjang dan mati masuk surga. Ini…ngeri, 4 in 1 namanya. Ya… jadi disini kita akan melihat apa yang disebut kebahagiaan duniawi, atau kesuksesan. Apakah yang disebut sukses? Kesuksesan di dalam kehidupan dunia ini ada 4 hal. Yang tadi dikenal dengan FUL LUK SHOU cuma tiga. Kita punya yang ke empat, `mati masuk surga'.

Jadi mulai sekarang arahkan pikiran Anda, bahwa orang sukses di dalam Agama Buddha minimal 4 hal. Kalau Anda bekerja belum kaya, belum sukses, nanti kaya itu bagaimana? Kaya apa nanti kami terangkan. Mau kaya apa saja bisa. Kaya uang? Bisa. Kaya orang? Bisa. Pokoknya kaya apa saja bisa.

Punya pangkat kalau pendek umur, percuma. Kaya raya kalau pendek umur, percuma. Anda kerja susah payah, yang menikmati orang lain, pacar Anda, anak Anda masih kecil, cucu Anda. Kenaoa? Karena Anda tidak panjang umur, Karena itu, harus panjang umur.

Sukses di dalam Agama Buddha, bukan di dalam kehidupan ini saja. Kalau hanya di dalam kehidupan ini saja, suksesnya masih terlalu kecil. Mati saja harus sukses. Mati dengan sukses itu berarti terlahir di surga. Itu baru mati sukses. Kalau kaya raya, berpangkat, panjang umur, mati lahir di neraka, itu belum sukses.

Kalau di dalam Agama Buddha dibicarakan tentang kekayaan, sekarang apa yang disebut kekayaan? Dan bagaimana cara memperolehnya? Karena kalau sekarang hanya diberitahu, "Ayo, kalian kaya, ayo kaya." Kaya itu apa sih? Kaya itu bagaimana caranya? Jangan kuatir, di dalam ajaran Sang Buddha, yang merupakan sumber pengetahuan, cara untuk mecapai kekayaan juga diberikan.

Apa usaha untuk mencapai kekayaan? Kita ingat di dalam pepatah sewaktu kita masih kecil, `rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya'. Disini kelihatan, kalau kekayaan akan kita peroleh kalau punya kerajinan dan punya semangat. Bagaimana caranya kita bisa rajin di dalam bekerja? Tentu ada cara untuk rajin di dalam bekerja. Salah satu caranya adalah memilih pekerjaan harus sesuai dengan kita. Kadang-kadang saya tanya, "Kerja di bank ya?" "Iya." "Wah enak dong, dulu jurusan apa?" "Saya lulusan STM, Bhante." "Jurusan apa?" "Mesin." "Jurusan mesin kerja di bank? Rugi kamu sekolah, investasinya rugi." Lalu saya tanya lagi, "Wah, hebat, daganganmu lancar." "Iya, Bhante." "Dulu kuliah nggak?" "Kuliah, Bhante." "Pasti Jurusan Manajemen ya." "Bukan Bhante, Arsitektur." "Lho, arsitek kok dagang di pasar?"

Orang yang hidup seperti ini sebetulnya sudah kuliahnya sulit, malah tersia-siakan. Sebetulnya yang terpenting dalam memilih pekerjaan supaya rajin, pekerjaan harus sesuai dengan hobby kita. Hal ini penting. Kesenangan apa saja di dalam diri kita bisa dipakai untuk bekerja.

Saya teringat ada seorang murid saya sewaktu mengajar di SMA, murid ini kurang cerdas. Kelas I mengikuti pelajaran susah, akhirnya tinggal kelas. Lalu tahun berikutnya, seharusnya tidak naik lagi, tapi kami guru-guru berpikir, "kasihan ya masa kelas I sampai 2 tahun." Okelah dinaikkan, jadi sekarang kelas II. Di kelas II, eh tidak naik lagi. Wah sudah nggak ketulungan nih. Lalu bagaimana, "Sudahlah, kamu hobbynya apa?" "Saya hobbynya bercocok tanam. Jadi saya di kelas ngantuk saja." "Baik, kalau begitu kamu salurkan hobby kamu yang bercocok tanam itu." "Lho, cocok tanam apa?" "Kamu ikut orang yang suka bikin-bikin tanaman, nah disitu hobby kamu yang cocok tanam itu dikembangkan. " Lalu anak ini keluar dari sekolah. Satu tahun kemudian, saat rekan-rekannya di kelas III baru EBTANAS, anak ini datang membawa sedan, bergaya. Lalu kami tanya, "Lho, ini sedan kreditan ya?" "Bukan, ini saya beli sendiri." "Dari mana duitnya?" "Bercocok tanam." Ternyata dari kerja bercocok tanam itu dia sukses. Jadi dia kerjanya senang karena hobby, dan dapat duit lagi. Itu yang membuat dia rajin dan bersemangat.

Anda kalau hobby memasak, buka catering. Jadi yang menyicipinya banyak, dan duitnya dapat. Dulu ada yang tanya sama saya, "Kok Bhante mau jadi bhikkhu, dulu hobbynya apa?" Saya jawab, "Hobby saya ngomong." Saya di kelas sewaktu kecil, di rapor saya ditulis, `banyak cakap-cakap dalam kelas'. Memang dari kecil saya senang ngomong, makanya sekarang saya jadi bhikkhu. Ngomong saja selama berjam-jam… ngomong saja, karena memang hobby. Jadi hobby tersalurkan, teman jadi banyak, kan senang. Kalau Anda senang ngomong, boleh jadi bhikkhu, atau jadi sales juga bisa. Karena jadi bhikkhu itu SALES DHARMA. Sekarang kan saya dalam rangka PROMOSI DHARMA nih.

Ada yang iseng tanya begini, "Bhante, sekarang kalau hobbynya tidur, apa kerja yang cocok?" Saya jawab, "Buka hotel. Kalau kamu buka hotel atau penyewaan kamar, kamu harus tahu ksur yang bagaimana yang enak untuk tidur, lampu yang bagaimana biar enak tidur, musik yang bagaimana untuk enak tidur. Jadi tidurmu nyenyak, tidurmu bisa dijadikan duit."

Lebih nakal lagi, orang ngomong lagi, "Sekarang Bhante, saya kasih tebakan lagi. Kalau ada orang yang hobbynya ngintip, bagaimana?" Saya langsung jawab, `Jadi tukang photo. Jangan kuatir jadi tukang photo, yang ngintip dapat duit, dan yang diintip action. Nah…kan senang." Akhirnya kita sedang, aktivitas kita ngintip… ngintip terus. Mana ada tukang photo yang melek kedua-dua matanya, harus ngintip.

Ada orang suka ngurusin dompetnya orang lain. Dompet orang dilihat, dihitungin duitnya. Karena nggak jadi akuntan sekalian, audit duit orang. Kan enak itu, sekalian dapat duit lagi.

Karena itu, di dalam memilih pekerjaan, hobby sangat menentukan. Supaya bisa kaya, hobby ini sangat penting.

Berikutnya, karena kita hobby, maka kita rajin, dan akhirnya tentu kita memiliki harta. Setelah memiliki harta, kita harus berhati-hati menjaga milik kita. Apakah yang kita jaga? Yang pertama adalah `sistem', sistem yang sudah kita gunakan. Kalau sistem sudah maju, kembangkan terus, dievaluasi untuk terus ditingkatkan. Sedangkan hasilnya, misalkan kita bisa beli rumah, maka rumah itu harus dijaga. Jangan rumahnya bocor disana, kita mengatakan, "Yang bocor kan masih disana, aku tidur disini saja. Nggak apa-apa, biarlah air turun mengalir kan ku tampung dan ku salurkan dengan pipa wavin…" Akhirnya rusak tempat kita. Lalu bocor lagi disini, "Sudahlah, kalau bocor disana, bocor disini, saya pindah kesitu saja." Tidak diperbaiki akan menimbulkan kerusakan yang lebih berat pada harta milik kita. Oleh karena itu, apa yang sudah kita miliki harus kita jaga. Agama Buddha, ajaran Sang Buddha ini mengajarkan orang hidup effisien. Jangan bisa kita beli, terus kita biarkan terbengkalai. Itu tidak boleh, harus effisien. Karena effisien adalah harta yang kita miliki harus dijaga; sistem yang kita kerjakan, sistem kita bekerja harus ditingkatkan, dievaluasi. Ini yang disebut berhati-hati dalam menjaga harta milik kita.

Nah berikutnya, kadang-kadang ini tidak dibahas dalam beberapa ilmu manajemen, punya teman yang baik. Teman sangat menentukan gaya hidup kita. Ada satu ilmu yang sudah lama yang tertulis dalam buku paritta kita, ASEVANĀ CA BĀLĀ NAM PANDITANAŇ CA SEVANĀ, yang artinya jangan bergaul dengan orang yang tidak bijaksana, bergaullah dengan orang yang bijaksana. Teman pergaulan sangat mempengaruhi gaya hidup kita. Diakatakan di dalam Dharma, andaikan sepotong kayu cendana dibungkus dengan daun, maka daun tersebut akan wangi kayu cendana. Tetapi kalau sepotong daging busuk kita bungkus dengan daun, daun ini pun akan busuk baunya.

Oleh karena itu, teman sangat mempengaruhi. Kalu teman kita malas ke vihara, begitu kita ke vihara dia akan bertanya, "Mau kemana kamu, pakai lipstik segala?" "Mau ke vihara." "Sok suci kamu, gaya lu, kuno lu… Gimana sih, sekarang yang trendi bukan ke tempat ibadah, apalagi ke vihara. Yang trendi kalau minggu ke Dufan." "Oh ya?" "Iya." "Saya ketinggalan zaman ya? Ya sudahlah… saya ikut kamu deh."

Itu adalah pengaruh lingkungan. Akhirnya orang malas ke vihara. Kenapa? Kalau ditanya, "Kenapa malas ke vihara?" "Nggak punya teman." Hayo, siapa diantara kalian yang menjawab kalau malas ke vihara karena nggak punya teman? Berarti Anda di rumah selalu diintrik, "Mau kemana?" Ke vihara." "Sok lu…" Akhirnya nggak punya teman. Sekarang harus diubah! Kalau nggak punya teman, harus cari teman. Ajak yang malas-malas itu!

Nah, sebaliknya, kalau sekarang teman kita yang rajin ke vihara ngajak ke vihara, "Hei, ayo ke vihara." "Malas ah, capek…" "Eh… ke vihara itu seminggu cuma sekali, setahun cuma 52 kali. Masa kamu gitu saja ditinggal, sayang kan. Ayo berangkat." Nah kan kita berangkat juga. Ini yang dikatakan teman yang mendukung.

Demikian pula di dalam pekerjaan. Kalau kita sudah mendapat hasil yang besar, nanti kadang-kadang teman kita ngajak, "Ayo, kamu kan sudah kaya… kamu kan sudah sukses, sekarang bagaimana kalau kita lipatgandakan kekayaanmu." "Lho, caranya bagaimana?" "Setiap malam kan ada bola, dua kali main… tiga kali main, kita ikut saja. Mau pegang yang mana, Juventus…? Ikut. Mau satu banding satu setengah, Oke." "Lho kan sayang duitnya." Kamu kuno, nggak trendi. Zaman sekarang tuh kalo kaya, duit disimpan di bank itu jamuran, dan kalau kita ngambil nanti ditodong. Jadi… lebih bagus main pakai telepon, duit datang, kan enak…" "Iyalah… coba-coba." "Ya, hari ini pegang apa?" "Jeventuslah. " "Berapa?" "Satu juta." "Kurang…bos besar kok satu juta."

"Okelah, dua juta." Rupa-rupanya kalah. Dari mana cerita ini? Dari teman kita yang nggak beres tuh. Oleh karena itu, hati-hati punya teman karena itu akan mempengaruhi gaya hidup kita.

Dan yang berikutnya supaya kita bisa lebih kaya, ada cara untuk menjaga kekayaan kita, yaitu jangan boros. Boros itu bagaimana? Apakah belanja Rp. 1.000,-/hari itu boros? Apakah belanja Rp. 1.000.000,-/ hari termasuk boros? Nanti dulu, di dalam Dharma sudah disebutkan bagaimana cara kita untuk tidak boros, tetapi juga tidak kikir. Kalau boros, tidak boros tapi kikir itu juga keliru. Nah, di dalam Dharma disebutkan cara membagi / menggunakan kekayaan kita supaya kita bisa bertambah kaya. Omset/penghasilan bersih dibagi empat bagian.

Satu bagian dipakai untuk hidup (25%), termasuk untuk makan, minum, bayar PLN, PAM, Telkom, bayar pembantu dan untuk kebutuhan sehari-hari. Jadi, kalau ada orang yang menggunakan Rp. 1.000,- sehari jangan ngomong pelit. "Kamu hidup masa belanja makan untuk lauk sehari hanya seribu?" Rp. 1.000,- yang dibelanjakan dari Rp. 1.500,- yang dia peroleh pada hari itu, sebetulnya dia itu boros. Jadi Sang Buddha tidak memakai nilai tertentu, tetapi perbagian. Ini yang bisa bertahan untuk jangka waktu yang lama.

Sekarang, "kamu sehari kok menghabiskan Rp. 1.000.000,-? " Nggak apa-apa kalau penghasilannya sehari Rp. 10.000.000,- Ini masih irit, karena baru 1/10 yang dibelanjakan. Kalau penghasilan bersihnya sehari Rp. 10.000.000,- dia boleh membelanjakan uangnya Rp. 2.500.000,-/ hari. Tapi kalau cukup hanya belanja Rp. 5.000,- ya jangan Rp. 2.500.000,- dipakai semuanya, kan bisa ditabung di tempat lain.

Satu bagian hidup, dua bagian (50%) digunakan untuk menambah modal. Ini canggih, Dharma ini benar-benar mengajari manajemen yang baik. 50% untuk menambah modal, jadi usaha kita semakin besar. Kenapa? Karena duitnya masuk ke penambahan modal. Dan akhirnya, apa yang terjadi pada 25% yang terakhir? Didepositokan. Kenapa? Karena kita nggak sehat untuk selamanya. Kita bisa sakit. Sakit nggak bisa kerja, depositonya dipakai. Mau jalan-jalan ke luar negeri, depositonya yang dipakai. Jangan memakai bagian yang pertama, atau yang kedua, depositonya yang dipakai. Kalau Anda mau berdana, juga yang 25% yang terakhir yang dipakai.

Nah, cara membagi keuntungan juga begitu. Ini yang disebut tidak boros. 25% untuk hidup, 50% untuk modal usaha, dan 25% didepositokan atau untuk melakukan perbuatan baik. Ini yang disebut cara memperoleh kekayaan.

Berikutnya lagi, kalau tadi disebutkan kebahagiaan duniawi adalah punya kekayaan, pangkat, panjang usia dan lahir masuk surga, seperti yang termuat dalam Anguttara Nikaya II, 65. Maka akan kita lihat, setelah kaya itu kita tahu bagaimana cara memperolehnya, sekarang bagaimana cara kita menjaganya, bagaimana cara kita menggunakannya.

Kita akan lihat apakah yang disebut dengan memiliki pangkat. Anda memiliki pangkat, memiliki kedudukan itu sebetulnya dicapai bukan dengan main sikut-sikutan, bukan main intrik-intrikan, juga bukan dengan magic. Ada yang datang ke tempat saya, "Bhante, saya butuh bantuan, apakah Bhante bisa menolong? Begini Bhante, saya sudah lama jadi asisten manager, kenapa saya nggak naik-naik jadi manager? Tolong Bhante bikin managernya sakit, mati kalau perlu supaya saya diangkat jadi manager." Saya ngomong, "Kamu datang bukan ngajak saya untuk berbuat baik, malah menjerumuskan saya ke lembah penderitaan. Apa dikira kalau menjadi bhikkhu kita ngurusin yang begituan? Bikin orang sakit? Orang sakit saja mau saya sembuhkan, kok orang sehat mau disakiti. Ini kan namanya nggak masuk akal.

Jadi bukan dengan cara itu supaya bisa menjadi manager. Tetapi ada caranya, dan caranya di dalam Agama Buddha adalah perjuangan dengan kerja keras. Kalau tadi kita lihat bahwa di dalam mencari pekerjaan supaya kaya kita harus mulai dari senang dengan pekerjaan itu, hobby dengan pekerjaan itu, sekarang kalau kita sudah hobby makan akan muncul semangat untuk berjuang, loyal pada pekerjaan kita. Sehingga memang syarat yang baik adalah mempunya kesenangan pada pekerjaan.

Kembali pada sumber kekayaan tadi, kita harus senang pada pekerjaan kita. Kalau sudah senang, maka akhirnya akan muncul sikap bertahan menghadapi kesulitan. Sebagai asisten manager, dihajar terus-terusan oleh manager, "Ya…saya senang pada pekerjaan ini, gangguanmu merupakan cambuk bagiku untuk maju. Ayo terus… ngomel terus…!"

Ada seorang filosof mengatakan, istrinya ngomel terus, tiap hari ngomel terus. Suatu hari ketika dia tampak susah., lalu teman-temannya bertanya, "Kenapa kamu? Mukamu kok tampak susah?" Hari ini istriku nggak ngomel…." "Lho, seharusnya kan kamu senang kalau istrimu tidak mengomel." "Nggak, saya malah susah, karena hari ini hilang kesempatanku untuk melatih kesabaran." Jadi dia melihat penderitaan itu ada hikmahnya, bukan ngawur-ngawur nggak karuan.


bersambung...

:lotus:

27
Kadang-kadang kita tidak menyadari apa yang kita benar-benar yakini...tapi kenyakinan tersebut tidak membuatmu bahagia...!
~ Berhati-hatilah pada keadaan sykology tersebut...!
~ Ada sesuatu yang salah...!
~ Apakah 'Cara...!' Kamu memahaminya salah!... atau kamu tetap mempertahankan kenyakinan yang membodohimu...?!
~ Segera tinggalkan..! apapun! yang tidak membuat batinmu berkembang.
~ Jangan terjebak!...pada hal-hal yang bersifat 'semu..!' ketenangan yang semu, kebahagiaan yang semu, pemahaman yang semu , 'pencapaian' yang semu... dsb.

Jadilah manusia yang cerdas dan bijaksana...dengan memahami Dhamma Sang Buddha, bersama dengan Bapak Selamat Rodjali di Vihara Dhammacakka (VJDJ) Gedung Serba Guna, Sunter, yg akan mengajarkan tentang "Perlindungan vs Penyembahan Berhala" pada tanggal 13 Sepetember 2009 jam 09.00-11.00.

_/\_ :lotus:

28
Theravada / Alam Neraka
« on: 05 September 2009, 01:38:33 PM »
Alam Neraka
Oleh. UP. Dharma Mitra (Peter Lim)


       Sang Buddha bersabda : "DOSE NAHICANDAJATATAYA DOSA SA DISAMNIRYAM UPPAJJANTI : Semua makhluk dila-hirkan di alam neraka (niraya) dengan kekuatan dosa (kebencian) " .

Suatu saat berceritalah si A, kepada teman-temannya bahwa dia akan lebih senang kalau nantinya, setelah meninggal dunia, sebaiknya dilahirkan di alam neraka. Mengapa…? Karena, menurutnya di alam neraka bakalan ketemu aktris / aktor yang cakep. Apakah pendapat ini benar atau salah? Sungguh sulit sekali diketemukan jawabannya, karena hingga saat dan detik ini, walaupun katanya dunia sudah sedemikian canggih, biro perjalanan dengan jurusan kesana, belum terbentuk mungkin ka-rena peminatnya belum ada, atau ketidakmampuan mendata daerah pariwisata (siapa tahu ada !) yang terdapat disana. Kalau kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yang sederhana, neraka (niraya) berarti tiada kebahagiaan dan di dalam agama Buddha, alam ini merupakan salah satu dari empat alam derita (duggati bhumi). Di alam neraka ini, boleh dikatakan tiada dijumpai kebahagiaan sama sekali, di mana-mana yang dijumpai adalah jeritan, tangisan dan rintihan yang memilukan, sebagai akibat dari pembayaran hutang-hutang akusala karma (perbuatan perbuatan jahat), yang pernah diperbuat sebelumnya. Pembayaran hutang-hutang akusala karma (perbuatan-perbuatan jahat) ini, bisa saja dalam bentuk siksaan/deraan sebagai alat bayanya. Ibarat orang yang menderita kesakitan, mis : kanker maka disaat saat yang kritis ini, akan merintih-rintih menahan sakit, dan bagaimanapun cantik atau gantengnya seseorang, PASTI refleksi pancaran wajahnya akan menimbulkan gambaran yang jelek. Kalau tak percaya, cobalah dibuat mimik wajah bagaikan jeruk purut (jeruk yang asamnya luar biasa), apakah akan timbul kepermukaan, wujud yang cantik/ganteng ? Kita pasti akan kelihatan cantik/ganteng, kalau berada dalam kondisi yang sehat ! Demikian juga halnya, walaupun memiliki cantik bagaikan dewi tapi kalau sudah berada di alam neraka, maka kecantikannya akan amburadul (ngak karuan) atau pudar sebagai akibat dari, menahan siksaan/deraan yang dialami. Alam neraka bukanlah merupakan alam yang final, dalam arti kata kekal mengalami siksaan/deraan. Terlahirkan di alam ini sifatnya adalah transien (sementara) dan hanya untuk melunasi, akusala karma (perbuatan-perbuatan jahat) yg telah disemai, di kehidupan sebelumnya. Setelah hutang-hutang akusala karma (perbuatan-perbuatan jahat) ini terlunasi, maka akan ditumimbal lahirkan lagi, di salah satu dari 31 alam kehidupan, yang disesuaikan dengan kekuatan karma (perbuatan), yang dimiliki. Jika kekuatan karma (perbuatan) baik lebih dominan, dibandingkan kekuatan karma (perbuatan) jahat, maka akan ditumimbal lahirkan di alam Manusia, Dewa atau Brahma TAPI jika kekuatan perbuatan jahat lebih dominan, maka akan ditumimbal lahirkan di alam duggati (alam derita) mis : alam setan, binatang, jin atau neraka. Didalam agama Buddha dijelaskan bahwa terdapat 8 Maha Niraya (neraka besar) terdiri dari :

Sanjiva :
makhluk apapun juga yang terlahirkan di alam neraka ini, akan merasakan penderitaan yang luar biasa, sebagai akibat dari karma buruk yang dimilikinya. Di alam ini, makhluk makhluknya dipotong-potong menjadi kepingan-kepingan yang tiada akhirnya. Apakah akan mengalami kematian setelah menerima siksaan ini…? Ya, pasti ! Tapi setelah mati ia akan hidup dan hidup lagi, sampai kekuatan akusala karmanya habis, dan setelah itu dia akan terlepaskan dari alam siksaan ini dan ditumimbal lahirkan, di salah satu dari 31 alam kehidupan, yang disesuaikan dengan kekuatan karma, yang dimiliki. Sanjiva bisa juga berarti hidup dan hidup lagi.

Kalasuta :
benang hitam. Makhluk apapun juga yang terlahirkan di alam neraka ini, akan merasakan penderitaan yang luar biasa, sebagai akibat dari karma buruk, yang dimilikinya. Makhluk makhluk yg terlahirkan di alam ini, tubuhnya dijelujuri (dijahit) dengan benang hitam dan dipukuli, dengan beliung sampai sisa-sisa akusala karma (perbuatan-perbuatan jahat) nya HABIS, barulah terbebaskan dari derita ini.

Sanghata :
neraka penghancur. Makhluk apapun juga yang ditumimbal lahirkan di alam neraka ini, akan merasakan pernderitaan yang luar biasa, sebagai akibat dari karma buruk, yang dimilikinya. Makhluk makhluk yg terlahirkan di alam ini, akan merasakan terpaan/terjangan benda-benda keras, mis : batu karang dari empat penjuru angin, ke arah tubuhnya tanpa henti-hentinya. Semuanya ini akan berakhir, jika akusala karmanya telah terlunasi.

Roruva :
daerah tertarus. Makhluk apapun juga yang ditumimbal lahirkan di alam neraka ini, akan merasakan penderitaan yang luar biasa, sebagai akibat dari karma buruk, yang dimilikinya. Makhluk makhluk yg terlahirkan di alam ini, akan merasakan masuknya nyala api dan asap ke tubuh, melalui sembilan lubang mis : telinga, hidung, mulut dan lain lain serta membakar di dalamnya. Dan pada akhirnya akan menimbulkan keperihan yang luar biasa. Derita ini akan berakhir, jika sisa-sisa akusala karmanya telah habis.

Maha roruva :
daerah tertarus yang besar. Makhluk apapun juga yang ditumimbal lahirkan di alam neraka ini, akan merasakan penderitaan yang luar biasa, sebagai akibat dari karma buruk, yang dimilikinya. Makh-luk makhluk yang dilahirkan di alam neraka ini, juga akan merasakan penderitaan yang luar biasa, ia dipanggang bagaikan sate di atas bara yang menyala. Ratapan dan tangisan yang menderu-deru, terdengar keras sekali di alam ini. Siksaan di alam ini juga akan berakhir, jika hutang-hutang akusala karma (perbuatan jahat) telah terlunasi.

Tapana :
pembakar. Makhluk apapun juga yang ditumimbal lahirkan di alam ini, akan merasakan penderitaan yang luar biasa, sebagai akibat dari karma buruk yang dimilikinya. Makhluk makhluk yang terlahirkan di alam ini, tubuhnya akan dibakar dengan tangan terikat di tiang besi yang panas dan lantainya menyala-nyala, diiringi dengan adanya api yang besar sekali. Sungguh derita yang menyakitkan sekali dan akan berakhir, jika sisa-sisa akusala karmanya habis.

Patapa :
pembakaran yang hebat. Makhluk apapun juga yang ditumimbal lahirkan di alam neraka ini akan merasakan penderitaan yang luar biasa akibat dari karma buruk yang dimilikinya. Makhluk makhluk yg terlahirkan di alam ini, akan di dera penderitaan yang luar biasa dan juga akan berakhir, jika sisa-sisa akusala karmanya habis.

Avici :
tanpa penghentian. Makhluk apapun juga yang ditumimbal lahirkan di alam neraka ini, akan merasakan penderitaan yang luar biasa, sebagai akibat dari karma buruk, yang dimilikinya. Makhluk makhluk yg terlahirkan di alam ini, akan selalu merasakan serangan api dari segala sisi, yang tanpa hentinya. Diantara ke delapan alam neraka ini, maka neraka Avici adalah yang paling lama masa hukumannya dan juga merupakan neraka yang paling menderita serta berat siksaannya. Terlahirkan di neraka Avici adalah sebagai akibat dari melakukan 5 perbuatan durhaka (panca nantariya karma) yang terdiri dari : membunuh ibu, membunuh ayah, melukai Sang Buddha, membunuh arahat dan memecah belah Sangha (persaudaraan para Bhikkhu/Bhikkhuni). Di neraka Avici disaat ini, berdiam Devadatta yang mana di masa kehidupan Sang Buddha Gautama, sering berusaha mencelakakan Sang Buddha dan memecah belah Sangha. Setelah mengetahui kondisi dan keadaan yang menyedihkan di alam neraka, apakah masih ada terpikirkan di akall logika kita, untuk mau terlahirkan di alam neraka, hanya untuk menjumpai aktris dan aktor idola? Adalah suatu hal yang mustahil, memikirkan sesuatu yang indah, jika kondisi pikiran kita lagi kacau atau berada dalam kesakitan. Hamburger yang bagai-manapun nikmatnya, akan jadi hambar jika kondisi badan sakit-sakitan ! Agar terhindari dari jeratan alam neraka, marilah kita menjauhi/ mengharamkan :

Tindakan-tindakan yang bisa mencelaka-kan/membunuh makhluk hidup, misalnya para Bhikkhu/ni, umat yang taat pada agamanya, baik dia beragama Buddha, Islam, kr****n, Katholik maupun Hindu.

Penggunaan kekuasaan untuk memeras, menganiaya dan menyiksa ataupun membunuh makhluk lainnya.

Korupsi atau mengambil sesuatu yang bukan-lah merupakan HAK, mencari keuntungan berupa materi (uang, benda-benda berharga dan lain lain), yang bertentangan dengan kebenaran, sehingga menimbulkan penderitaan bagi makhluk lain. SUKHA VAGGA XV : 204 "KESEHATAN : anugerah yang utama. KEPUASAN : kekayaan yang terbesar. KEPERCAYAAN : keluarga yang terbaik. NIRWANA : berkah yang tertinggi".

Perbuatan-perbuatan yang merugikan masyarakat, mis : membakar kota, rumah tempat ibadah (Vihara, Mesjid, Gereja maupun Puri), kantor atau merusak candi-candi dan tempat tempat suci peninggalan sejarah agama, apapun juga.

Pandangan hidup yang sempit, mis : anti agama (selalu memuji-muji agama yang dianutnya lah, yang terbaik sedangkan agama orang lain dicela habis-habisan), tidak percaya akan hukum karma(siapa yang mena-bur/menyemai maka dialah yang akan selalu memetik) dan selalu menyalahkan orang lain atas kemalangan/kekurangan yang dimilikinya, tidak meyakini akan adanya proses tumimbal lahir sehingga memiliki pandangan hidup yang salah, yang menyatakan hidup hanya sekali dan oleh karena itu, hidup ini dinikmati sepuas-puasnya, dengan menghalalkan segala macam cara, untuk mencapai tujuan yang didambakan. Perbuatan durhaka yang tidak terampuni adalah membunuh orang tua (ayah dan ibu), membunuh arahat (orang suci setingkat Buddha), melukai Sang Buddha dan menyebabkan terjadinya perpecahan di dalam Sangha (persaudaraan para bhikkhu-/bhik-khuni).
Perbuatan asusila (perzinahan) dan melakukan pengguguran kandungan.
Pelanggaran sila mis : melakukan hubungan intim, dengan suami/istri orang lain, merebut suami/istri orang lain, untuk dijadikan teman hidup ataupun keisengan belaka dan merusak kerukunan hidup rumah tangga orang lain. Di dalam sabdaNYA, Sang Buddha menekankan bahwa ada empat ganjaran bagi orang yang suka berzina yaitu :
kehilangan rezeki
terganggu tidurnya
dikutuk oleh orang dan
akan masuk neraka.
Hanya orang-orang yang diliputi oleh kebodohanlah, akan melakukan tindakan tercela yaitu perzinahan. Kenikmatan yang sekejab, dibayar dengan penderitaan sepanjang masa!

Kesimpulan :
       Adalah suatu pandangan yang sangat keliru, jika masih beranggapan bahwa kecantikan/kegantengan, akan mampu bertahan di alam neraka. Yang logisnya adalah pada waktu mengalami / menjalani siksaan, kemungkinan besar adalah rambutnya sudah awut-awutan, wajahnya pucat dan berkeringat menahan sakit, lidahnya menjulur karena kehausan, mulutnya mengeluarkan cairan yang beraneka ragam, bisa saja darah, dahak, liur maupun lendir, berceceran dimana mana. Apakah dikondisi ini, masih bisa dikategorikan cantik / ganteng .? Hiiiii amit-amit ! Kalau diperhatikan dari ke delapan jenis alam neraka di atas, maka tidak satupun dijumpai keadaan/kondisi yang memungkinkan, di dapatnya sedikit saja kebahagiaan. Bisa disimpulkan bahwa makna dari kata niraya (neraka) adalah tiada kebahagiaan, benar adanya. Adakah yang ingin mencobanya? Kalau tidak, marilah direnungkan dan diamalkan ajaran luhur Sang Buddha, dalam bentuk yang nyata, disetiap derap langkah yang akan dilalui.
"Bagaikan kota di perbatasan yang dijaga ketat, yang dikitari oleh benteng-benteng yang kuat. Demikianlah hendaknya anda menjaga diri anda JANGAN sampai membiarkan anda tergelincir AGAR kesedihan tak menyusul sesampai di neraka"demikianlah yang telah disabdakan oleh Sang Buddha. Selagi kita berada di alam manusia, marilah kita melindungi diri kita, dengan dimilikinya sila yang baik, agar terbebas dari perbuatan tecela. Selalulah waspada dan mawas diri, akan gerak-gerik kenikmatan duniawi. Janganlah sampai terjerumus ke perbuatan perbuatan tercela. Hiduplah penuh dengan cinta kasih dan kasih sayang, kepada siapapun juga. Dengan dikuasainya tanha (nafsu keinginan) dan tersirnanya avijja (kebodohan)berkat dari prajna (kebijaksanaan) Sang Buddha, maka kita akan terbebaskan dari alam neraka, begitu kematian datang menjemput. Akhir kata, dengan adanya pengertian yang benar tentang kondisi alam neraka ini HENDAK-NYA, kita disetiap saat dan detik, selalu mengkontribusikan perbuatan terpuji, baik melalui pikiran, ucapan maupun tindakan badan jasmani sehingga akhirnya berdaya guna, bagi semua makhluk dan terutama sekali bagi bangsa dan negara kita tercinta. Indonesia.
       Sabbe satta sabba dukkha pamuccantu - Sabbe satta bhavantu sukhitata. Semoga semua makhluk terbebaskan dari derita dan Semoga semuanya senantiasa berbahagia...sadhu…..sadhu..sadhu....


 _/\_ :lotus:

29
Kesehatan / Misteri Nangis Darah Calvino Inman
« on: 03 September 2009, 11:36:26 AM »
Kamis, 03/09/2009 07:25 WIB
Misteri Nangis Darah Calvino Inman

Nurul Ulfah - detikHealth



Tennessee, Lazimnya, seseorang mengeluarkan air mata ketika menangis. Namun yang terjadi pada seorang remaja asal Amerika sangatlah tidak lazim. Calvino Inman, remaja yang berumur 15 tahun itu justru mengeluarkan darah ketika menangis.

Keluarnya darah dari air mata Inman hingga kini masih menjadi misteri. Remaja asal Tennessee, Amerika itu bisa menangis dan mengeluarkan darah dari matanya tanpa terkontrol, bisa tiga kali sehari. Bahkan dokter pun masih belum bisa menjawab mengapa hal itu bisa terjadi.

"Terkadang saya merasa kalau darah itu akan keluar, seperti air mata saja, dan mata saya pun menjadi basah kemudian," ujar Inman, seperti dilansir ABC News, Kamis (3/9/2009). Inman pun mangatakan bahwa darah yang keluar dari matanya bisa berlangsung sekitar satu jam.

Ketika darah itu keluar dari matanya untuk pertama kali, ibunya justru memanggil 911. "Hal paling mengerikan dan menyedihkan dalam hidup saya adalah ketika ia memandang padaku dan berkata 'Ibu, apakah saya akan mati? dan saat itu juga hati saya terasa hancur," ujar Tammy Mynatt, ibunda Inman.

Mynatt pun kemudian mengajak anaknya untuk melakukan MRI dan CAT scan serta tes ultrasonik kepada para spesialis, tapi tidak satu dokter pun yang tahu mengapa hal itu bisa terjadi.

Seorang dokter ophtamolog, dr. Rex Hamilton hanya bisa mendiagnosa kemungkinan penyakit yang diderita Inman sebagai penyakit Haemolacria, yang artinya air mata darah.

"Itu hanya sebuah istilah deskriptif untuk air mata yang mengeluarkan darah. Tapi untuk penyebab khususnya masih belum diketahui," ujar Hamilton.

Di negeri India, kejadian seperti ini sebenarnya sudah ada. Twinkle Dwivedi, seorang anak usia 13 tahun tidak hanya mengeluarkan air mata berdarah, tapi juga mengeluarkan darah dari kepala, kaki dan tangannya tanpa ada gejala apapun sebelumnya.

Ibunda Inman hanya berharap suatu hari nanti akan ada obat yang bisa menghentikan keluarnya darah dari mata sang anak, sehingga ia bisa diterima kembali di lingkungannya, karena selama ini ia hanya dijadikan bahan olokan oleh teman-temannya.

http://health.detik.com/read/2009/09/03/072516/1195360/763/misteri-nangis-darah-calvino-inman

_/\_ :lotus:

30
Theravada / Macam2 makhluk Peta (Hantu) & Asura dlm Buddhisme
« on: 02 September 2009, 11:40:15 AM »
Macam2 makhluk Peta (Hantu) & Asura dlm Buddhisme

Suatu alam di sebut Peta-Bhumi (alam Hantu) krn makhluk yg diam di alam ini jauh dari kesenangan dan kebahagiaan. Makhluk Hantu ini terbagi dlm beberapa kelompok, di antaranya terdpt kelompok2 hantu yg di sebut PETA 4, PETA 12, dan PETA 21 sebagai tertulis di bawah ini :

PETA 4 (terdpt dlm kitab suci Petavatthu-Atthakat ha)

1. Paradattupajivika- Peta : Hantu yg memelihara hidupnya dgn memakan makanan yg disuguhkan orang dlm upacara sembahyang.

2. Khupapipasika- Peta : Hantu yg selalu lapar dan haus.

3. Nijjhamatanhika- Peta : Hantu yg selalu kepanasan.

4. Kalakancika- Peta : Hantu yg sejenis Asura.

Penjelasan : Hanya Paradattupajivika- Peta saja yg dapat menerima makanan yg diberikan orang dlm upacara sembahyang serta kiriman jasa dari keluarga. Para Bodhisattva, jika terlahir menjadi hantu, akan menjadi Paradattupajivika- Peta, dan tdk akan menjadi peta (hantu) yg lain.

PETA 12 (terdpt dlm kitab suci Gambhilokapanyatti)

1. Vantasa-Peta : Hantu yg makan air ludah, dahak dan muntah

2. Kunapasa-Peta : Hantu yg makan mayat manusia dan binatang

3. Guthakhadaka- Peta : Hantu yg makan berbagai macam kotoran

4. Aggijalamukha- Peta : Hantu yg dimulutnya selalu ada api

5. Sucimuja-Peta : Hantu yg mulutnya sekecil lobang jarum

6. Tanhattika-Peta : Hantu yg dikendalikan oleh nafsu keinginan rendah shg lapar dan haus

7. Sunijjhamaka- Peta : Hantu yg bertubuh hitam spt arang

8. Suttanga-Peta : Hantu yg mempunyai kuku tangan dan kaki yg panjang dan tajam spt pisau

9. Pabbatanga-Peta : Hantu yg bertubuh setinggi gunung

10. Ajagaranga-Peta : Hantu yg bertubuh spt ular

11. Vemanika-Peta : Hantu yg menderita pd waktu siang dan senang pd waktu malam dalam kahyangan

12. Mahidadhika- Peta : Hantu yg mempunyai ilmu gaib

PETA 21 (terdpt dlm kitab suci Vinaya dan Lakkhanasanyutta)
1. Athisankhasika- Peta : Hantu yg mempunyai tulang bersambung, tetapi tdk mempunyai daging

2. Mansapesika- Peta : Hantu yg mempunyai daging terpecah-pecah, tetapi tdk mempunyai tulang

3. Mansapinada- Peta : Hantu yg mempunyai daging berkeping-keping

4. Nicachaviparisa- Peta : Hantu yg tdk mempunyai kulit

5. Asiloma-Peta : Hantu yg berbulu tajam

6. Sattiloma-Peta : Hantu yg berbulu spt tombak

7. Usuloma-Peta : Hantu yg berbulu panjang spt anak panah

8. Suciloma-Peta : Hantu yg berbulu spt jarum

9. Dutiyasuciloma- Peta : Hantu yg berbulu spt jarum jenis kedua

10. Kumabhanda-Peta : Hantu yg mempunyai buah kemaluan yg sangat besar

11. Guthakupanimugga- Peta : Hantu yg bergelimangan dgn kotoran

12. Guthakhadaka- Peta : Hantu yg makan kotoran

13. Nicachavitaka- Peta : Hantu perempuan yg tdk mempunyai kulit

14. Dugagandha-Peta : Hantu yg baunya sangat busuk

15. Ogilini-Peta : Hantu yg badannya spt bara api

16. Asisa-Peta : Hantu yg tdk mempunyai kepala

17. Bhikkhu-Peta : Hantu yg berbadan spt Bhikkhu

18. Bhikkhuni-Peta : Hantu yg berbadan spt Bhikkhuni

19. Sikkhamana-Peta : Hantu yg berbadan spt pelajar wanita atau calon bhikkhuni

20. Samanera-Peta : Hantu yg berbadan spt Samanera

21. Samaneri-Peta : Hantu yg berbadan spt Samaneri


Macam2 makhluk Asura (iblis/jin/raksasa) dlm Buddhisme

Suatu alam di sebut Asurakaya-Bhumi (alam iblis/jin/raksasa) krn makhluk yg diam di alam ini jauh dari kemuliaan, kebebasan, kesenangan dan kebahagiaan.

Pembagian makhluk yg di sebut Asura :

1. Deva-Asura : kelompok Dewa yg di sebut Asura

2. Peta-Asura : kelompok Hantu yg di sebut Asura

3. Niraya-Asura : kelompok makhluk Neraka yg di sebut Asura

------------ --------- --------- --------- --------- --------- -

Sukhi Hotu,

Gunasaro

============

_/\_ :lotus:

Pages: 1 [2] 3 4 5 6 7 8 9 ... 15