//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - pannadevi

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 [9] 10 11 12 13 14 15 16 ... 132
121
apa hubnya dgn bante panna??
lalu bante panna dgn jempol, apa hub nya?

sory banget bro, sy baru baca hari ini, jadi telat kasih tanggapan. yang sy maksud ini adalah bahwa B.Panna udah menyatakan dlm Dhammadesana beliau yg berkali2 saya dengarkan, baik di Yogya maupun dikota lain, bhw semua orang itu sebenarnya sakit jiwa. dan ternyata orang Diknas tsb juga menyatakan hal yg sama.

122
Hanya opini.
Avalokitesvara dengan 1000 adalah manifetasi dari kritik terhadap Buddhisme yang tidak memiliki “super hero” karena Sang Buddha telah parinirvana.


bro Kelana mo nanya ya? bukankah tangan 1000 itu hanya simbolis bhw beliau akan siap membantu siapa saja kapan saja dimana saja dalam kesulitan apa saja. karena tangan beliau mampu melakukan apa saja kapanpun dimanapun.

123
Mahayana / Re: Bab Ii Dan Bab Xvi Sadharmapundarika Suter
« on: 16 June 2011, 09:21:43 PM »
Samaneri

dari chapter 2 Lotus Sutra, sutra ini menekankan untuk semuanya bersatu ke  mahayana. Karena menurut sutra ini juga semua cara dan jalan yang diajarkan para Buddha sesungguhnya adalah mahayana dan tidak ada kendaraan lain.

(http://www.buddhistdoor.com/oldweb/resources/sutras/lotus/sources/lotus2.htm)

Spoiler: ShowHide
Now all of you assembled here,
Should cast your doubts aside.
The speech of all Buddhas is the same:
There is only One Vehicle, not two.


kecuali karena upaya kausalya

menurut sutra ini sesungguhnya Buddha ingin mengajarkan hanya 1 kendaraan yaitu bodhisattva namun karena upaya kausalya supaya makhluk dengan berbagai latar belakang bisa menerima dulu ajaran Buddha maka Buddha juga mengajarkan 2 kendaraan lain yang pada akhirnya setelah mereka siap, mereka bisa menempuh jalur bodhisattva.

Spoiler: ShowHide
They use the power of expedients
To demonstrate the various paths,
In reality, for the sake of the Buddha Vehicle.
Knowing the conduct of living beings,
The thoughts deep within their minds,
Their habitual actions in the past,
The nature of their desire, the power of their vigor,
and their faculties, keen or dull,
They employ various causes and conditions,
Analogies and verbal expressions,
To teach them the appropriate expedients.



Spoiler: ShowHide
I have established these expedients
To cause them to enter the Buddha�s wisdom.
Never did I say, "All of you
Will realize the Buddha Way."
I did not say as much because
The time to speak had not yet come.
The time, now, is exactly right,
To speak the Great Vehicle.
The nine divisions of my Dharma,
Are spoken to accord with living beings;
Intending to lead them into the Great Vehicle,


ini ada juga:

Spoiler: ShowHide
"Shariputra, all of you should, with one heart, believe, understand, accept and uphold the speech of the Buddha, for in the words of all the Buddhas there is nothing vain or false. There are no other vehicles; there is only the One Buddha Vehicle."



Lotus sutra merupakan salah satu sutra yang pertama kali menggunakan istilah mahayana.

Jadi dalam mahayana ada berbagai macam aliran dan cara masing-masing di dunia ini, semuanya memang harus bersatu dalam hal menjadi bodhisattva. Karena point ini memang point penting kendaraan ini yang membedakan dengan kendaraan lain.

bahasan mengenai kendaraan ini dan kendaraan lain banyak dibahas di chapter 2 ini. Jadi Buddha mengajarkan kendaraan lain sebagai upaya kausalya. Tapi tetap menurut sutra ini bodhisattva yana merupakan yang terbaik.


nb: terimakasih Samaneri doorprizenya, saya belum bisa balas soalnya belum 1000 post.. ;D


lho sy malah yg dibantu ya sy terima kasih bro, kok malah bro terima kasih ke sy krn dpt door prize....sy khan udah dibantu bro ngerjakan tugas saya....ini bener2 sangat membantu sy, krn untuk baca sutra ini belum apa2 udah puyeng sendiri 28 chapter sihhh  ;D....walau mau ga mau harus baca juga...tp klo dah dpt point2 pentingnya tinggal nyari chapter2 penting aja, ntar yg tiap chapter tinggal dibaca sekilas utk dibuatkan sekilas ringkasannya. tapi haduhh...ampun dah panjang banget sutra ini... ;D

jadi justru dlm sutra ini ya istilah Mahayana dikenalkan....juga di Sutra ini pula yg diharuskan Mahayana bersatu...nahh udah kejawab nih tugas sy...ntar kalo ada pertanyaan lagi nanya lagi ya bro...

oya, punya yg versi sanskritnya ga? linknya donk bro....(**GRP buat bulan depan.... ;D). thanks banget ya bro udah bantu saya.

mettacittena,

124
perwujudan seribu lengan dan seribu mata (sahasra bhuja sahasra netra) ini muncul di karanda vyuha sutra chapter 1
(http://www.fodian.net/world/1050_01.html)

Jadi saat Mak Kwan Im masuk neraka Avici, neraka langsung jadi kolam lotus dan suasana jadi kayak surga. Nah anak buah Raja Yama lapor ke Raja Yama kalau ada yang bisa merubah neraka jadi surga, Raja Yama segera mencari tau siapa yang kesaktiannya begitu luar biasa, apakah Mahesvara atau Narayana atau yang laen...ternyata dia menyadari bahwa yang merubah neraka jadi surga adalah yang lebih hebat dari Mahesvara yaitu Mak Kwan Im. Nah Raja Yama langsung sujud di depan Mak Kwan Im dan membawakan puji-pujian:

Spoiler: ShowHide
Homage to the lotus king,
the great compassionate Avalokitesvara,
the greatly unrestricted and auspicious one.
who can grant wishes for sentient beings,
and has great majestic sacrosanct powers,
to tame and subdue the extreme atrocities.
You are the bright lamp for the dark destinies,
and make all who see you have no fear.
You manifest hundreds or thousands of arms,
so many as your eyes;

and have fully eleven faces;
your wisdom is as vast as the four great oceans.


nih bahasa sanskritnya

namo’stvavalokiteśvarāya, maheśvarāya, padmaśriye, varadāya, vaśaṁkarāya, pṛthivīvaralocanakarāya, jagadāśvāsanakarāya, śatasahasrabhujāya,koṭīśatasahasranetrāya, ekādaśaśīrṣāya, vaḍavāmukhaparyantāya,[...]

bahkan di bahasa sanskritnya lebih banyak jumlah lengan dan matanya
seratus ribu lengan (śatasahasrabhujāya)
dan
10 juta seratus ribu mata (koṭīśatasahasranetrāya)

keren banget Mak Kwan Im

Namo Ta Pei Guan Shi Yin Pu'sa



bro, ada ga kisahnya Mak Kwan Im di Neraka ini yg di Lotus Sutra? abis lumayan panjang nih sutra, masak 1 sutra aja kok 28 chapter, butet dah...klo Pali Sutta yg penting dicari intinya, langsung ketemu, tp klo baca sutra Lotus ini mo nyari intinya musti baca semuanya.... :P

125
Mahayana / Re: Bab Ii Dan Bab Xvi Sadharmapundarika Suter
« on: 16 June 2011, 09:13:20 AM »
Samaneri saya mencoba menjawab, saya menggunakan terjemahan Lotus sutra ini:
http://www.buddhistdoor.com/oldweb/resources/sutras/lotus/sources/contents.htm

Yang TS kasi baru 2 bab, totalnya ada 28 Bab jadi saya ambil yang inggrisnya.

1) Saddharma Puṇḍarīka Sūtra (nama lainnya lotus sutra) ini merupakan sutra utama dan menurut sutra ini sendiri merupakan sutra paling tinggi di antara sutra2 lain.
ini kutipannya dari bab 10 Lotus sutra (Master of the Dharma):  (http://www.buddhistdoor.com/oldweb/resources/sutras/lotus/sources/lotus10.htm)

"Medicine King, I tell you now,
Of all the Sutras I have spoken,
The Dharma Flower is foremost."

Sutra ini terutama menjelaskan ttg upaya kausalya dan penyempurnaan parami bodhisattva, kebanyakan dalam bentuk perumpamaan.
ada perumpamaan terkenal yaitu Buddha diumpamakan sebagai tabib yang mempunyai anak2 yang keracunan namun tidak mau meminum penawar racun yang sudah dibuat tabib itu karena mereka merasa tidak sakit atau keracunan, lalu tabib itu melakukan cara2 piawai supaya mereka mau minum obat.

dikutip dari Lotus Sutra Bab 16. (http://www.buddhistdoor.com/oldweb/resources/sutras/lotus/sources/lotus16.htm)

"It is as if there were a good physician, wise and well versed in the medical arts and intelligent, who is skillful at healing the multitude of sicknesses. The man also has many sons ten, twenty or even a hundred. Then, called away on business, he travels to a far-off country.

"Meanwhile, the children drink some poison, which causes them to roll on the ground in delirium.

"Just then their father returns home. Because they drank the poison, some of the sons have lost their senses, while others have not. Seeing their father at a distance, they are all greatly happy. They bow to him, kneel, and inquire after him. �Welcome back in peace and safety. In our foolishness, we took some poison by mistake. We pray that you will rescue and heal us, and will restore our lives to us.�

"Seeing his children in such agony, the father consults his medical texts and then searches for fine herbs of good color, aroma, and flavor. He then grinds, sifts, and mixes them together, and gives the compound to his sons to take.

"And he says to them, �This is an excellent medicine of good, color, aroma, and flavor. Take it. Your agony will be relieved, and you will suffer no further torment.�

"Some among the children have not lost their senses. Seeing the fine medicine with its good color and aroma, they immediately take it and their sickness is completely cured.

"Although the others who have lost their senses rejoice in their father�s arrival, have inquired after his well-being, and have sought to be cured of their illnesses, they refuse to take the medicine. What is the reason? The poisonous vapors have entered them so deeply that they have lost their senses, and so they say that the medicine of good color and aroma is not good.

"The father then thinks, �How pitiful these children are! The poison has confused their minds. Although they rejoice to see me and ask me to rescue and cure them, still they refuse such good medicine as this. I should now set up an expedient device to induce them to take this medicine. �

"Immediately he says, �You should know that I am now old and weak, and my time of death has arrived. I will now leave this good medicine here for you to take. Have no worries about not recovering.� Having instructed them in this way, he then returns to the far-off country and sends a messenger back to announce, �Your father is dead.�

"When the children hear that their father is dead, their hearts are struck with grief, and they think, �If our father were here, he would be compassionate and pity us, and we would have a savior and protector. Now he has forsaken us to die in another country, leaving us orphaned, with no one to rely upon.� Constantly grieving, their minds then become awakened. They understand that the medicine has good color, aroma, and flavor. They take it immediately, and their poisonous sickness is completely cured.

"The father, hearing that his sons have been completely cured, then comes back, and they all see him.

"Good men, what do you think, could anyone say that this good physician has committed the offense of false speech?"

nah jadi sutra ini sangat penting untuk mahayana.



2) seperti yang kita ketahui di tradisi theravada, Buddha juga tidak cuma 1 Buddha Gotama, namun ada tak terhitung Buddha di masa lampau dan akan ada tak hinggal Buddha di masa depan setelah Maitreya.

di sutra lotus bab 8 (http://www.buddhistdoor.com/oldweb/resources/sutras/lotus/sources/lotus8.htm)
Buddha memprediksikan 500 murid akan jadi Sammasambuddha. dan akan ada banyak sekali Buddha
ini kutipannya

"The five hundred Arhats, Uruvilvakashyapa, Gayakashyapa, Nadikashyapa, Kalodayin, Udayin, Aniruddha, Revata, Kapphina, Vakula, Cunda, Svagata, and others all will attain Anuttarasamyaksambodhi, all of them with the same name Universal-Brightness."

At that time the World Honored One, wishing to restate his meaning, spoke verses, saying:

The Bhikshu Kaundinya,
Will see limitless Buddhas,
And after Asankhyeya aeons,
Will realize Equal Proper Enlightenment. "

mungkin banyaknya Buddha di sini bisa berarti, selalu akan ada orang yang ingin menolong makhluk lain mendapatkan kebahagian sejati.

3)Bodhisattva dalam sutra ini memang dianggap lebih spesial daripada savaka Buddha atau pacceka Buddha.

ada kutipannya juga di bab 2. (http://www.buddhistdoor.com/oldweb/resources/sutras/lotus/sources/lotus2.htm)

"Furthermore, Shariputra, it should be known that those Bhikshus and Bhikshunis who claim to have attained Arhatship and to dwell in their final bodies before ultimate Nirvana, but who do not further resolve to seek Anuttarasamyaksambodhi, are people of overweening pride. Why is this? It is impossible that any Bhikshu who had actually attained Arhatship should not believe this Dharma, except in the case when the Buddha has passed into extinction and no Buddha is in existence. Why is this? After the Buddha has passed into extinction, those who accept, uphold, read, recite, and understand the meaning of Sutras such as this will be hard to find. If they encounter other Buddhas, they will then obtain thorough understanding of this Dharma."

kata Buddha, jangan merasa puas sudah sampai arhat karena masih ada cita2 yang lebih besar yang bisa dicapai yaitu anuttara samyaksambodhi

Uniknya memuja Bodhisattva seperti yang dilakukan sekarang di klenteng dan tempat lain terutama Mak Kwan Im
ada sumbernya di sutra ini yaitu di bab 25 (The Universal Door of Guanshi yin Bodhisattva)
di bab ini diceritakan yang melafal nama Guan Shi Yin dengan tulus ketika tenggelam, masuk ke api, kena badai dsb
akan ditolong oleh Mak Kwan Im.

http://www.buddhistdoor.com/oldweb/resources/sutras/lotus/sources/lotus25.htm


Nah bab 25 ini di vihara  mahayana di kota saya di buatkan plakat di samping tiap perwujudan Mak Kwan Im, seperti Mak Kwan Im lagi naik naga, Mak Kwan Im duduk di atas batu karang, dll

Bab 25 ini sangat terkenal.


ini dia...thanks banget bro....buku Lotus Sutra saya entah kemana, menghilang, sy udah bongkar2 lemari buku sy tetap ga ketemu, langsung terbantu dg link lotus sutranya...sbg terima kasih door prize udah meluncur.

thanks banget udah dibantu point2 yg sy butuhkan, ini ada tambahan lagi nih, lalu dari sutra ini mana yg menyatakan point terpenting yg membuat Mahayana menjadi bersatu di seluruh dunia....

mettacittena,

126
 :jempol: :jempol:

 :lotus: :lotus: :lotus:

nice posts...thanks bro...


127
saya setuju....penilaian dari para putthujana sulit di nilai kebenaran nya mengenai masalah batin untuk lepas dari kemelekatan....namanya masih awam, mata masih punya debu..gimana mau liat jelas?

nah SangBuddha sudah jelas mengatakan "vinaya dan dhamma" adalah guru di kemudian hari...
maka dari itu Vinaya mmg harus sebagai acuan...
kalau acuan di nilai dari masing masing individu, wah kacau balau bisa....nanti lama kelamaan bikkhu boleh sampai punya istri...( penilaian menurut orang K aja, sudah kodrat nya manusia berumah tangga ) :D


lho khan udah ada...bro Saceng udah posting kok dulu itu, malah dilengkapi dg upacara wedding mrk segala... ;D

ada di thread ini http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=17085.msg274382#msg274382

128
Ny Siami tak pernah membayangkan niat tulus mengajarkan kejujuran kepada anaknya malah menuai petaka. Warga Jl Gadel Sari Barat, Kecamatan Tandes, Surabaya itu diusir ratusan warga setelah ia melaporkan guru SDN Gadel 2 yang memaksa anaknya, Al, memberikan contekan kepada teman-temannya saat Unas pada 10-12 Mei 2011 lalu.
Teriakan “Usir, usir…tak punya hati nurani” trs menggema di Balai RW 02 Kelurahan Gadel, Kecamatan Tandes, Surabaya, Kamis (9/6) sian. Ratusan orang menuntut Ny Siami meninggalkan kampung. Sementara wanita berkerudung biru di depan kerumunan warga itu hanya bisa menangis pilu. Suara permintaan maaf Siami yang diucapkan dengan bantuan pengeras suara nyaris tak terdengar ditengah gemuruh suara massa yang melontarkan hujatan dan caci maki.
Keluarga Siami dituding telah mencemarkan nama baik sekolah dan kampung. Setidaknya empat kali, warga menggelar aksi unjuk rasa, menghujat tindakan Siami. Puncaknya terjadi pada Kamis siang kemarin. Lebihdari 100 warga Kampung Gadel Sari dan wali murid SDN Gadel 2 meminta keluarga penjahit itu enyah dari kampungnya.
Padahal, agenda pertemuan tersebut sebenarnya mediasi antara warga dan wali murid dengan Siami. Namun, rembukan yang difasilitasi Muspika (Musyawarah Pimpinan Kecamatan Tandes) itu malah berbuah pengusiran.Mediasi itu sendiri digelar untuk menuruti tuntutan warga agar keluarga Siami minta maaf di hadapan warga dan wali murid.
Siami dituding sok pahlawan setelah melaporkan wali kelas anaknya, yang diduga merancang kerjasama contek-mencontek dengan menggunakan anaknya sebagai sumber contekan.
Sebelumnya, Siami mengatakan, dirinyabaru mengetahui kasus itu pada 16 Meilalu atau empat hari setelah Unas selesai. Itu pun karena diberi tahu walimurid lainnya, yang mendapat informasi dari anak-anak mereka bahwa Al, anaknya, diplot memberikan contekan. Al sendiri sebelumnya tidak pernah menceritakan ‘taktik kotor’itu. Namun, akhirnya sambil menangis, Al, mengaku. Ia bercerita sejak tiga bulan sebelum Unas sudah dipaksa gurunya agar mau memberi contekan kepada seluruh siswa kelas 6. Setelah Al akhirnya mau, oknum guru itu diduga menggelar simulasi tentang bagaimana caranya memberikan contekan.
Siami kemudian menemui kepala sekolah. Dalam pertemuan itu, kepala sekolah hanya menyampaikan permohonan maaf. Ini tidak memuaskan Siami. Dia penasaran, apakah skenario contek-mencontek itumemang didesain pihak sekolah, atau hanya dilakukan secara pribadi oleh guru kelas VI.
Setelah itu, dia mengadu pada Komite Sekolah, namun tidak mendapat respons memuaskan, sehingga akhirnya dia melaporkan masalah ini keDinas Pendidikan serta berbicara kepada media, sehingga kasus itu menjadi perhatian publik.
Dan perkembangan selanjutnya, wargadan wali murid malah menyalahkan Siami dan puncaknya adalah aksi pengusiran terhadap Siami pada Kamis kemarin. Situasi panas sebenarnya sudah terasa sehari menjelang pertemuan. Hari Rabu (8/6), warga sudah lebih dulu menggeruduk rumah Siami di Jl Gadel Sari Barat.
Demo itu mendesak Ny Siami meminta maaf secara terbuka. Namun, Siami berjanji menyampaikannya, Kamis.
Pertemuan juga dihadiri Ketua Tim Independen, Prof Daniel M Rosyid, Ketua Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dindik Tandes, Dakah Wahyudi, Komite Sekolah, dan sejumlah anggota DPRD Kota Surabaya. Satu jam menjelang mediasi, sudah banyak massa terkonsentrasi di beberapa gang.
Pukul 09.00 WIB, tampak Ny Siami ditemani kakak dan suaminya, Widodo dan Saki Edi Purnomo mendatangi BalaiRW. Mereka berjalan kaki karena jarak rumah dengan balai pertemuan ini sekitar 100 meter. Massa yang sudah menyemut di sekitar balai RW langsungmenghujat keluarga Siami.
Mereka langsung mengepung keluarga ini. Beberapa polisi yang sebelumnya memang bersiaga langsung bertindak. Mereka melindungi keluarga ini untuk menuju ruang Balai RW. Warga kian menyemut dan terus memadati balai pertemuan. Ratusan warga terus merangsek. Salah satu ibu nekat menerobos. Namun, karena yang diizinkan masuk adalah perwakilan warga, perempuan ini harus digelandang keluar oleh petugas.
Mediasi diawali dengan mendengarkan pernyataan Kepala UPT Tandes, Dakah Wahyudi. Ia menyatakan bahwa seluruh kelas VI SDN Gadel 2 tidak akankena sanksi mengulang Unas. Ucapan Dakah sedikit membuat warga tenang. Namun, situasi kembali memanas. Apalagi Ny Siami tidak segera diberi kesempatan menyampaikan permintaan maaf secara langsung.
Kemudian warga diminta kembali mendengarkan paparan yang disampaikan Prof Daniel Rosyid. Ketua tim independen pencari fakta bentukan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini ini berusaha menyejukkan warga dengan menyebut dirinya asli Solo. Dikatakan bahwa Solo, Surabaya adalah juga Indonesia, sehingga setiap warga tidak berhak mengusir warga Indonesia.
Kemudian dia berusaha berdialog santai dengan warga. Ada salah satu warga menyeletuk. “Kalau kita dikatakan menyontek massal. Lantas, kenapa saat menyontek pengawas membiarkannya,” ucap salah satu ibuyang mendapat tepukan meriah wargalain.
Warga juga menyatakan bahwa menyontek sudah terjadi di mana-mana dan wajar dilakukan siswa agar bisa lulus. Mendengar hal ini, Daniel kemudian memperingatkan bahwa perbuatan menyontek adalah budaya buruk. Di masyarakat manapun, perbuatan curang dan tidak jujur ini tidak bisa ditoleransi.
”Menyontek adalah awal dari korupsi.Jika perbuatan curang ini sudah dianggap biasa, maka ini akan membuka perilaku yang lebih menghancurkan masyarakat. Tentu tidak ada yang mau demikian,” sindir Daniel.
Kemudian mediasi dilanjutkan dengan menghadirkan Kepala SDN Gadel 2, Sukatman. Akibat kasus contekan massal di sekolahnya, Sukatman dan dua guru kelas VI dicopot. Sukatman menyampaikan permintaan maaf kepada wali murid.
Namun wali murid menyambut dengan teriakan bahwa Sukatman tidak salah. Yang dianggap salah adalah keluarga Siami karena membesar-besarkan masalah. Warga pun kembali berteriak “usir… usir”. Namun warga mulai tenang karena Sukatman tampak menghampiri Ny Siami dan suaminya. Mantan Kasek ini langsung meraih tangan ibunda Al dan saling meminta maaf. Namun, setelah itu warga kembali riuh rendah.
Setelah Siami diberi kesempatan berbicara, keributan langsung pecah. Suara massa di luar balai RW terus membahana, menghujat keluarga Siami.Padahal saat itu, Siami sedang menyiapkan mental dengan berdiri di hadapan warga.
Meski sudah berusaha tegar, namun ibu dua anak ini mulai lemah. Dia tampak berdiri merunduk sementara kedua matanya sudah mengeluarkan air mata. “Saya minta maaf kepada semua warga…” ucap Siami yang tak sanggup lagi meneruskan kalimatnya.
Namun, sang suami terus membimbing,membuat perempuan ini kembali melanjutkan pernyataan maaf. Namun, suasana kian ricuh karena massa terus berteriak “usir”. Baik petugas polisi dan tokoh masyarakat berusaha menenangkan situasi. Baru kemudian kembali terdengar suara Siami.
Dengan tangan gemetar dan ketegaran yang dipaksakan, Siami kembali berucap, “Saya tidak menyangka permasalahan akan sepertiini. Saya hanya ingin kejujuran ada pada anak saya. Saya sebelumnya sudah berusaha menyelesaikan persoalan dengan baik-baik.”
Pernyataan tulus Siami tidak juga membuat massa tenang, sampai akhirnya polisi memutuskan untuk mengevakuasi Siami dan keluarganya. Siami diarahkan ke mobil polisi dengan pengamanan pagar betis. Namun massa tetap berusaha merangsek, ingin meraih tubuh Siami. Sejumlah warga bahkan sempat menarik-narik kerudung Siami hingga hampir terlepas. Siami akhirnya berhasil diamankan ke Mapolsek Tandes.
Baik Ny Siami dan suaminya enggan memberi komentar usai kericuhan. Namun, kakak kandung Siami, Saki, mengakui bahwa adiknya saat ini dalam tekanan yang luar biasa. “Dia tak tahan lagi dengan tekanan warga. Sampai tidak mau makan hari-hari ini. Nanti kami akan merasa tenang jika di Gresik,” kata Saki. Benjeng, Gresik adalah daerah asal Siami. Saat ini Al, anak Siami yang dipaksa memberi contekan, juga diungsikan ke Benjeng setelah rumahnya beberapa kali didemo warga.
Sementara itu, Ny Leni, perwakilan warga menyatakan bahwa pihaknya masih akan terus menuntut agar tiga guru yang dicopot tetap mengajar di SDN Gadel 2 dan menuntut Siami bertanggung jawab.
Prof Daniel M Rosyid yang juga Penasihat Dewan Pendidikan Jatim, menyesalkan tindakan warga Gadel yang berencana mengusir keluarga Siami, ibunda Al. “Tuntutan warga untuk mengusir keluarga Al tidak masuk akal. Itu tidak bisa dituruti,” katanya.
Daniel menilai tuntutan warga tersebut sudah tidak rasional. Perbuatan benar yang dilakukan ibu Al,Siami, dinilai warga justru malah salah. Tindakan menyontek rupanya sudah mengakar dan menjadi kebiasaan bahkan budaya di masyarakat. “Warga ternyata sakit,” katanya.
Lagi pula Kepala Sekolah Sukatman dandua guru kelas VI, Fatkhur Rohman dan Prayitno, sudah legowo dan menerima keputusan sanksi yang diberikan. “Saya kira ini kalau dibiarkan masyarakat akan sakit terus. Orang jujur malah ajur, ini harus kita cegah,” papar Daniel.
Sebelumnya, hasil tim independen pimpinan Daniel Rosyid menyampaikan temuannya bahwa Al, anak Siami, memang diintimidasi guru sehingga mau memberikan contekan. Namun, tim tidak menemukan cukup bukti sehingga Unas di SDN Gadel 2 perlu diulang. Alasannya tim independen tidak menemukan hasil jawaban Unas yang sistemik sama, dan nilai Unas punhasilnya tidak sama. Al ternyata membuat contekan yang diplesetkan. Al tidak seluruhnya memberikan jawaban yang benar. Dan kawannya pun tidak sepenuhnya percaya denganjawaban Al. Sehingga hasil ujian tidak sama.
Selain itu tim juga mempertimbangkan Unas ulang akan memberatkan siswa dan wali murid. Sanksi yang direkomendasikan yakni sanksi administratif dari Pemkot Surabaya kepada guru yang melakukan intimidasi kepada Al.
(sur) Sumber : http://www.fimadani.com/potret-bangs...-malah-hancur/

Bhante Panna gitu lho.... :jempol:
semua orang sebenarnya sakit jiwa, hanya kadarnya berbeda2....

di Jatim budayanya amat keras, cenderung kasar, jadi agak sulit meredam emosi masyarakatnya. apalagi tingkatan grass-root, yang notabene amat mudah sekali disulut. itulah sebabnya yang "melek politik" akan unggul dlm perolehan suara jika mereka berhasil merangkul grass-root, amat mudah dihasut, dikibulin, diiming2in, digosipin, langsung dah mereka segera tersulut dan bergerak...bayangin aja kalo kita sendirian diserbu massa ribuan, mau ga mau kita pasti KALAH. walau kita BENAR tapi dalam jumlah (massa) kita kalah, ga bakalan dah bisa menang.  ;D

satu2nya jalan adalah bagi yg terlibat tetap dikenai sangsi, sedang murid dan orang tuanya sebaiknya pindah saja, keluar dari daerah yg sangat rawan untuk perkembangan pribadi anak dan juga untuk penghidupan keluarga tsb selanjutnya. untuk murid2 yg lain yg terlibat nyontek namun mereka tidak menyontek MUTLAK, mereka tidak sama jawabannya itu menunjukkan mereka juga mengerjakan berdasarkan pikiran mereka sendiri, tentu tidak bisa dijatuhi sangsi, jadi ujian kembali tidak perlu dilakukan krn murid2 tetap mengerjakan sendiri (tidak menyontek mentah2). inilah wajah negeriku tercinta.... ;D

129
Jurnal Pribadi / Re: me my mine
« on: 12 June 2011, 09:06:08 PM »
:))

lho dapat foto saya dari mana om??  :-?

menanti dg penuh harap (***pic nya mana nih ?)

130
Jurnal Pribadi / Re: bisikan centil si bawel ;D
« on: 12 June 2011, 09:04:06 PM »
kalau tidak kejam kok saya di tawarin  :))  :P

hayooo....ngaku aja bro....yang bener yg mana nihh.... ;D

yah.. g jadi yah.. padahal saya udah siap2 mau minjemin palu saya..  ;D

wahh...sis dewi sory lho...ternyata sis hema juga bersedia.... ^-^


131
Bantuan Teknis, kritik dan saran. / Re: Ganti display name
« on: 12 June 2011, 09:01:35 PM »
justru aa minta reinkarnasi gara2 dapat blessing cc dari sebelah  :))

dengan ini saya nyataken gelar "DATO'TONO" telah diserahkan kepada "NABE" setelah ini acara blessing kepret2 air yang akan dilakukan oleh cc pannadevi, waktu dan tempat saya persilahken.   ( CC cici airnya pake air tajin aja ya  :)) ^:)^)


setahu saya air tajin itu obat lho...kalo orang sakit biar cepat sembuh diberi air tajin yg masih hangat, badan akan segera pulih.... ;D

132
Sutra Mahayana / Re: Om Mani Padme Hum berasal dari sutra ini.
« on: 12 June 2011, 08:59:24 PM »
iya Samaneri sudah dibantu mr Kelana..ada di chapter 4...be happy

yah, khan masih ada yg saya tanyakan tuh bro...sbg TS bantu jawab donk.....

133
Mahayana / Re: Bab Ii Dan Bab Xvi Sadharmapundarika Suter
« on: 12 June 2011, 08:53:55 PM »
mau nanya ah....yang berkaitan dg Sadharmapundarika, siapa yang bisa bantu menjelaskan pasti dpt door prize.... ;D

1. apa signifikasi Sadharmapundarika dalam tradisi Mahayana ?
2. apa keistimewaan dengan banyaknya Buddha di tradisi Mahayana ?
3. mengapa mereka lebih memuja Bodhisattva ?

***) jawaban mohon disertai kutipan Sutranya Sadharmapundarika, dilengkapi keterangan chapter berapa.thanks.

[spoiler]
Quote
Mohon jangan melebar ke lain Sutra, saya hanya membutuhkan bahasan Sutra Sadharmapundarika ini. ;D

134
Theravada / Re: Apa hub citta dengan cetasika
« on: 12 June 2011, 06:01:14 PM »
Bibliografi:
1. Sebuah A Manual Abhidhamma, oleh: Narada Maha Thera.
2. Komprehensif Comprehensive Manual of Manual Abhidhamma, oleh: Bhikkhu Bodhi.
3. Encyclopaedia of Buddhisme Extract -, No.4 Psikologi Buddha, 1995, Departemen Buddhasasana, Sri Lanka.
4. Realitas Reality the Abhidhammic Analysis Analisis Abhidhammic, Prof.Sumanapala Galmangoda, Publikasi Sararwathi, Divulapitiya, Sri Lanka.
5. Visuddhimagga, Catthasangayana, CSCD. (Pali versi)
6. Jalur Pemurnian    The Path of Purification, diterjemahkan oleh Bhikkhu Ñāṇamoli 1991, BPS, Kandy, Sri Lanka.


koreksi judul buku.... ;D

bro, coba anda searching disini pake kata kunci "CITTA" dan "CETASIKA" nanti akan keluar semua postingan lama yang membahas tentang hal itu, jadi anda akan mendapatkan lebih lengkap lagi.

salah satu postingan lama yg membahas ttg "Citta"

http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=12076.msg338128#msg338128



135
tiga helai kumis macan cerita berbeda dengan kisa gotami tidak sama cuma dalam buku tersebut memang trerdapat dua cerita salah satu nya bagian pertama adalah kisa gotami sedang cerita satu nya tiga helai kumis macan ini ( wanita didalam cerita "tiga helai kumis macan" ini bukan kisa gotami)

oh beda ya bro...iya deh kalo gtu....

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 [9] 10 11 12 13 14 15 16 ... 132