//honeypot demagogic

Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Abhidhamma/Sutta about Light Theory  (Read 3999 times)

Offline Aryacetana

• Bukan Tamu
  • Reputasi: 3
  • Buddhist KTP (Kritis, To-the-Point)
Abhidhamma/Sutta about Light Theory
« on: 24 November 2010, 02:07:23 PM »
i am new member here.

Just curious,

Saya pernah belajar mengenai dualitas cahaya sebagai energi (wave) dan sebagai materi (particle).

------------------------------------------------------------------------------

What is light ?

Light is part of the electromagnetic spectrum, the spectrum is the collection of all waves, which include  visible light, Microwaves, radio waves ( AM, FM, SW ), X-Rays, and Gamma Rays.

In the late 1600s, important questions were raised, asking if light is made up of particles, or is it waves .?

Sir Isaac Newton, held the theory that light was made up of tiny particles. In 1678, Dutch physicist, Christiaan Huygens, believed that light was made up of waves vibrating up and down perpendicular to the direction of  the light travels, and therefore formulated a way of visualising wave propagation. This became known as 'Huygens' Principle'.  Huygens theory was the successful theory of light  wave motion in three dimensions. Huygen, suggested that light wave peaks form surfaces like the layers of an onion. In a vacuum, or other uniform mediums, the light waves are spherical, and these wave surfaces advance or spread out as they travel at the speed of light. This theory explains why light shining through a pin hole or slit will spread out rather than going in a straight line (see diffraction). Newton's theory came first, but the theory of Huygens, better described early experiments. Huygens' principle lets you predict where a given wavefront will be in the future, if you have the knowledge of where the given wavefront is in the present.

At the time, some of the experiments conducted on light theory, both the wave theory and particle theory, had some unexplained phenomenon, Newton could not explain the phenomenon of light interference, this forced Newton's particle theory in favour of the wave theory. This difficulty was due to the unexplained phenomenon of light Polarisation - scientists were familiar with the fact that wave motion was parallel to the direction of wave travel, NOT perpendicular to the to the direction of wave travel, as light does.

In 1803, Thomas Young studied the interference of light waves by shining light through a screen with two slits equally separated, the light emerging from the two slits, spread out according to Huygen's principle. Eventually the two wave fronts will overlap with each other, if a screen was placed at the point of the overlapping waves, you would see the production of light and dark areas (see interference).

Later in 1815, Augustin Fresnel supported Young's experiments with mathematical calculations.

In 1900 Max Planck proposed the existence of a light quantum, a finite packet of energy which depends on the frequency and velocity of the radiation.

In 1905 Albert Einstein had proposed a solution to the problem of observations made on the behaviour of light having characteristics of both wave and particle theory. From work of Plank on emission of light from hot bodies, Einstein suggested that light is composed of tiny particles called photons, and each photon has energy.

Light theory branches in to the physics of quantum mechanics, which was conceptualised in the twentieth century. Quantum mechanics deals with behaviour of nature on the atomic scale or smaller.

As a result of quantum mechanics, this gave the proof of the dual nature of light and therefore not a contradiction.

Light Wave Theory

Light can exhibit both a wave theory, and a particle theory at the same time. Much of the time, light behaves like a wave. Light waves are also called electromagnetic waves because they are made up of both electric (E) and magnetic (H) fields. Electromagnetic fields oscillate perpendicular to the direction of wave travel, and perpendicular to each other. Light waves are known as transverse waves as they oscillate in the direction traverse to the direction of wave travel.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Menurut Einstein, cahaya/light terdiri dari partikel kecil yang disebut photon yang mana photon itu memiliki energi.
Itu sama seperti badan/rupa kita yang punya batin/nama.

Jadi teori cahaya ini menarik karena dalam Buddhisme, kalo saya gak salah, Alam Brahma ada yang berupa CAHAYA/SINAR (teori 31 Alam Kehidupan).

DUTIYAJHANA BHUMI (Alam Kehidupan Jhana Kedua)

15. Parittabha Bhumi (Alam Brahma Kurang Cahaya)

16. Appamanabha Bhumi (Alam Brahma Tak Terbatas Cahayanya)

17. Abhassara Bhumi (Alam Brahma Yang Gemerlapan Cahayanya)

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pertanyaan saya adalah:

Alam Brahma berupa light/sinar/cahaya itu ada di SUTTA atau di ABHIDHAMMA apa ya? Ada yang tahu?

May all beings be happy (MABBH)
i'm a non-god-ly human being _/\_
it means if gods (of any religions) try to play 'GOD' on me, i will 'HUMAN-ize' them :))

Offline Mahadeva

• Sebelumnya: raynoism
  • Sahabat Baik
  • Reputasi: 10
Re: Abhidhamma/Sutta about Light Theory
« Reply #1 on: 24 November 2010, 05:11:11 PM »
hmm...tapi apa berhubungan ya dengan alam brahma? einstein kan bilangnya cahaya terdiri dari partikel2 kecil. jadi tidak ditemui ada zat yang hakiki berupa cahaya, hanya paduan photon saja. lebih condong ke anatta dah daripada alam brahma.

Offline seniya

• Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • Reputasi: 169
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
« Reply #2 on: 24 November 2010, 09:37:47 PM »
Dalam Abhidhamma, cahaya tidak banyak dibicarakan. Cahaya hanya dianggap sebagai materi yang menjadi objek bagi timbulnya kesadaran penglihatan. Bersama-sama dengan suara, ia dikelompokkan sebagai asampatta-rupa (materi/fenomena fisik yang tidak langsung berhubungan dengan indera), sedangkan objek indera lainnya dianggap sebagai sampatta-rupa (materi yang berhubungan langsung dengan indera). Perbedaan dibuat karena cahaya dan suara berasal dari sumber yang tidak bersentuhan fisik dengan indera yang menanggapinya, sedangkan objek indera lainnya (rasa, bau, dan sentuhan) harus bersentuhan secara fisik dengan indera masing-masing.

Dalam pengertian fisika modern, jika dipandang sebagai partikel, sesungguhnya cahaya juga bersentuhan langsung dengan indera penglihatan, yaitu ketika partikel-partikel foton "membombardir" (menumbuk, istilah fisikanya) sel-sel retina mata. Tetapi, jika dipandang sebagai gelombang, cahaya tidak bersentuhan langsung dengan mata karena gelombang cahaya hanya membawa energi elektromagnetik yang diterima oleh sel-sel retina dari sumber cahaya. Namun,  dalam konteks Abhidhamma, sentuhan cahaya ini tidak dianggap terjadi secara langsung karena adanya jarak antara sumber cahaya dan indera penglihatan. Di sinilah perbedaan antara ilmu pengetahuan modern dan Abhidhamma. Lagi pula Abhidhamma lebih menitikberatkan perhatian pada fenomena batin (citta, cetasika, Nibbana) ketimbang fenomena fisik (rupa).

Memang sangat menarik untuk membandingkan ajaran Buddha dengan ilmu pengetahuan. Tetapi dalam batasan tertentu, konsep ajaran Buddha dan ilmu pengetahuan tetaplah ada perbedaan yang nyata. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat pada http://web.ukonline.co.uk/theravada/nibbanacom/szaung04.htm

O ya, dalam Abhidhamma juga dikatakan bahwa dunia materi (rupa) tersusun dari 4 unsur utama (unsur padat, cair, gerak, dan panas). IMO, cahaya mungkin dapat dianggap sebagai bagian dari unsur panas (tejo/hetu), yaitu salah satu bentuk energi. Jika dianggap demikian, maka agama Buddha lebih cenderung menganggap cahaya sebagai gelombang (energi yang merambat) daripada partikel.

Sedangkan untuk alam brahma yang bercahaya menurut saya bukan berarti mereka terbentuk dari unsur cahaya saja, melainkan mereka memiliki fisik yang bercahaya (mungkin semacam aura yang memancar dari tubuh mereka). Dari 31 alam kehidupan, semua makhluknya memiliki fisik (rupa) dan batin (nama), kecuali untuk alam arupa brahma yang hanya memiliki batin saja dan alam asannasatta yang tidak memiliki kesadaran (ada juga yang berpendapat tidak memiliki persepsi/pencerapan [sanna = persepsi])
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline Aryacetana

• Bukan Tamu
« Reply #3 on: 25 November 2010, 02:32:34 PM »
Back to my question: Ada yang tahu sutta / abhidhamma dari teori 31 alam kehidupan?

MABBH (My All Beings Be happy)
it means if gods (of any religions) try to play 'GOD' on me, i will 'HUMAN-ize' them :))

Offline Sumedho

• Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • Reputasi: 423
  • not self
« Reply #4 on: 25 November 2010, 02:45:44 PM »
There is no place like 127.0.0.1

Offline seniya

• Global Moderator
  • KalyanaMitta
« Reply #5 on: 25 November 2010, 07:15:36 PM »
Oh itu toh inti pertanyaannya, saya kira menanyakan tentang hakekat cahaya dalam Abhidhamma atau Sutta. Abisnya judul thread ini "Abhidhamma/Sutta about Light Theory" kemudian TS membahas tentang teori cahaya dalam fisika, tiba-tiba pada bagian terakhir muncul pertanyaan tentang alam brahma yang bercahaya. Hal ini jelas membingungkan....
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."

Offline Aryacetana

• Bukan Tamu
« Reply #6 on: 26 November 2010, 08:13:34 AM »
Oh itu toh inti pertanyaannya, saya kira menanyakan tentang hakekat cahaya dalam Abhidhamma atau Sutta. Abisnya judul thread ini "Abhidhamma/Sutta about Light Theory" kemudian TS membahas tentang teori cahaya dalam fisika, tiba-tiba pada bagian terakhir muncul pertanyaan tentang alam brahma yang bercahaya. Hal ini jelas membingungkan....

Sorry ya Seniya kalau sampai membingungkan

Udah dijawab sama Sumedho mengenai Sutta/Nikaya-nya
Thanks ya Sumedho atas linknya, membantu sekali...

Seniya menjelaskan bahwa Buddha hanya menjelaskan 5 alam kehidupan namun kemudian dikembangkan Buddhagosha menjadi 31 alam kehidupan.
Thank juga ya Seniya...

Offline morpheus

• Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
« Reply #7 on: 26 November 2010, 09:41:28 AM »
sudahlah... imo, membahas science dengan kitab2 suci agama berujung pada permainan cocok2an belaka...
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline seniya

• Global Moderator
  • KalyanaMitta
« Reply #8 on: 26 November 2010, 07:02:14 PM »
Sorry ya Seniya kalau sampai membingungkan

Udah dijawab sama Sumedho mengenai Sutta/Nikaya-nya
Thanks ya Sumedho atas linknya, membantu sekali...

Seniya menjelaskan bahwa Buddha hanya menjelaskan 5 alam kehidupan namun kemudian dikembangkan Buddhagosha menjadi 31 alam kehidupan.
Thank juga ya Seniya...

Sama2 bro..... :)

Saya tidak bersifat ofensif kok, cuma mengutarakan "kebingungan" saya aja. Kan capek sudah ketik panjang2, eh malah dibilang "bukan itu pertanyaannya".... hehehe.... :D

Mettacittena _/\_

Offline Aryacetana

• Bukan Tamu
« Reply #9 on: 27 November 2010, 08:35:06 AM »
sudahlah... imo, membahas science dengan kitab2 suci agama berujung pada permainan cocok2an belaka...
Tilakkhana berhubungan dengan nama-rupa (istilah science-nya: energi-materi), Nibbana melampaui nama-rupa...
« Last Edit: 27 November 2010, 08:37:06 AM by Aryacetana »

anything