Boleh Konsultasi Bisnis dan management kgak yah?
Sekalian numpang Tanya:
Bagaimana menghitung harga suatu produk baru (dengan catatan belon ada produk sejenis dipasar) yang akan dijual ke pasar?
Thank You...
Konsultasi manajemen bisnis boleh, dan gratis kalau dilapak ini.
Suatu produk baru yang belum ada dipasar, atau innovasi baru, bisa dikategorikan menjadi 4 jenis :
1. Menambah manfaat dibanding produk yg mempunyai fungsi sama
2. Menghemat biaya pemakaian atau mempermudah bila dibandingkan dengan produk yang punya fungsi sama.
3. Gabungan dari keduanya.
4. Betul betul innovasi, yang belum ada sebelumnya.
Contoh :
1. Walkman digantikan dengan CD player portable, karena memberikan kualitas suara yang lebih baik, fungsinya tetap sama, portable music
2. CD Player digantikan dengan mp3 player, lebih hemat karena banyak bisa menggantikan banyak keping CD dengan sebuah alat yg kecil
3. Ponsel dengan fasilitas music player,merupakan gabungan dari fungsi ponsel dan mp3 player
4. Innovasi yang belum ada sebelumnya : misalnya, anda bisa menyimpan aroma duren yang sedang anda makan, lalu dikirimkan kepada teman yang hobby duren , dan dia bisa membuka serta mencium baunya, persis seperti yang ada cium ditempat anda makan. Ya sekarang sih belum ada. contoh yg sudah ada, adalah gramophone pertama yang bisa menyimpan suara ; radio pertama yang bisa mengirim suara.
Nah, produk anda termasuk yang mana?
Yang paling mendasar adalah : anda perlu melihatnya dari sisi konsumen, bukan dari sisi produsen.
Apa persepsi konsumen terhadap produk anda. Kira kira produk apa yang sudah dimiliki oleh mayoritas masyarakat (sebagai calon konsumen) yang akan tergantikan dengan produk anda.
Dari situ anda bisa mulai membuat pola marketing, siapa target market anda? Kawula muda? Kelompok Mapan? Mass market, yang prinsip produk berharga murah yang penting berfungsi, kualitas ya nanti lah, ditingkatkan kalau ada rejeki.