//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: BODHIDHARMA  (Read 18177 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline SUGI THEN

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 304
  • Reputasi: 8
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
BODHIDHARMA
« on: 30 June 2011, 11:28:19 AM »
Beberapa hari yang lalu saya bersama teman sedang membicarakan tentang mahaguru zhen buddhitsme bodhidharma dalam pembahasan ada yang mengatakan bahwa sesungguhnya maha guru bodhidharma adalah penjelmaan atau manifestasi dari yesus kristus yang sedang menyempurnakan kesucian dan paramithanya kalau kita menelusuri tentang cerita  in india  bahwa yesus pernah belajar agama buddha di india tetapi pengetahuannya masih terbatas akan dharma maka itu dia datang lagi untuk menyempurnakannya makanya kita menemui kesamaan antara maha guru bodhidharma dan   christ :
pertama sama sama memiliki janggut yang cukup lebat
kedua sama sama mampu berjalan diatas air
ketiga sama sama melakukan pertapaan didalam gua, yesus berdoa didalam gua selama 40 hari sedangkan maha guru bodhidharma melakukan pertapaan didalam gua selama 9 tahun lamanya untuk mencapai tingkat arahat
keempat sama sama bangkit dari kematian yesus bangkit dari kematian meninggalkan kain kafan sedangkan maha guru bodhidharma bangkit dari kematian meninggalkan sepatunya yang konon sampai sekarang masih tersimpan dikuil shaolin she
dan masih banyak lagi kesamaannya!!!
dikatakan bahwa sesungguhnya pada saat yesus sedang menjalani perjalanan spiritualnya yesus sudah mencapai tingkat anagami belum mencapai tingkat arahat untuk kedua kalinya dia datang sebagai bodhidharma baru menyempurnakan kesuciannya dan mencapai tingkat arahat
menurut teman teman sedharma bagaimana tentang argument ini mohon jawabannya terima kasih!!! :lotus:
« Last Edit: 30 June 2011, 11:51:24 AM by SUGI THEN »

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: BODHIDHARMA
« Reply #1 on: 30 June 2011, 11:32:56 AM »
Serius tuh bangkit dari kematian   ???

Offline SUGI THEN

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 304
  • Reputasi: 8
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: BODHIDHARMA
« Reply #2 on: 30 June 2011, 11:52:19 AM »
Beberapa hari yang lalu saya bersama teman sedang membicarakan tentang mahaguru zhen buddhitsme bodhidharma dalam pembahasan ada yang mengatakan bahwa sesungguhnya maha guru bodhidharma adalah penjelmaan atau manifestasi dari yesus kristus yang sedang menyempurnakan kesucian dan paramithanya kalau kita menelusuri tentang cerita  in india  bahwa yesus pernah belajar agama buddha di india tetapi pengetahuannya masih terbatas akan dharma maka itu dia datang lagi untuk menyempurnakannya makanya kita menemui kesamaan antara maha guru bodhidharma dan  christ :
pertama sama sama memiliki janggut yang cukup lebat
kedua sama sama mampu berjalan diatas air
ketiga sama sama melakukan pertapaan didalam gua, yesus berdoa didalam gua selama 40 hari sedangkan maha guru bodhidharma melakukan pertapaan didalam gua selama 9 tahun lamanya untuk mencapai tingkat arahat
keempat sama sama bangkit dari kematian yesus bangkit dari kematian meninggalkan kain kafan sedangkan maha guru bodhidharma bangkit dari kematian meninggalkan sepatunya yang konon sampai sekarang masih tersimpan dikuil shaolin she
dan masih banyak lagi kesamaannya!!!
dikatakan bahwa sesungguhnya pada saat yesus sedang menjalani perjalanan spiritualnya yesus sudah mencapai tingkat anagami belum mencapai tingkat arahat untuk kedua kalinya dia datang sebagai bodhidharma baru menyempurnakan kesuciannya dan mencapai tingkat arahat
menurut teman teman sedharma bagaimana tentang argument ini mohon jawabannya terima kasih!!! :lotus:

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: BODHIDHARMA
« Reply #3 on: 30 June 2011, 12:04:36 PM »
Beberapa hari yang lalu saya bersama teman sedang membicarakan tentang mahaguru zhen buddhitsme bodhidharma dalam pembahasan ada yang mengatakan bahwa sesungguhnya maha guru bodhidharma adalah penjelmaan atau manifestasi dari yesus kristus yang sedang menyempurnakan kesucian dan paramithanya kalau kita menelusuri tentang cerita  in india  bahwa yesus pernah belajar agama buddha di india tetapi pengetahuannya masih terbatas akan dharma maka itu dia datang lagi untuk menyempurnakannya makanya kita menemui kesamaan antara maha guru bodhidharma dan   christ :
pertama sama sama memiliki janggut yang cukup lebat
kedua sama sama mampu berjalan diatas air
ketiga sama sama melakukan pertapaan didalam gua, yesus berdoa didalam gua selama 40 hari sedangkan maha guru bodhidharma melakukan pertapaan didalam gua selama 9 tahun lamanya untuk mencapai tingkat arahat
keempat sama sama bangkit dari kematian yesus bangkit dari kematian meninggalkan kain kafan sedangkan maha guru bodhidharma bangkit dari kematian meninggalkan sepatunya yang konon sampai sekarang masih tersimpan dikuil shaolin she
dan masih banyak lagi kesamaannya!!!
dikatakan bahwa sesungguhnya pada saat yesus sedang menjalani perjalanan spiritualnya yesus sudah mencapai tingkat anagami belum mencapai tingkat arahat untuk kedua kalinya dia datang sebagai bodhidharma baru menyempurnakan kesuciannya dan mencapai tingkat arahat
menurut teman teman sedharma bagaimana tentang argument ini mohon jawabannya terima kasih!!! :lotus:

Kalau sama, berarti ajaran-nya harus sama...
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.117
  • Reputasi: 128
Re: BODHIDHARMA
« Reply #4 on: 30 June 2011, 12:05:03 PM »
saya ingin bertanya, tujuan TS apa ya?
ini kan semacam compare antara si esus dgn bodhidarma.
thx
Samma Vayama

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: BODHIDHARMA
« Reply #5 on: 30 June 2011, 12:17:30 PM »
Ok ok gue ngaku aj a deh. Bodhidharma itu sebenarnya gue, buktinya kumis gue dah mirip. Tapi gue bukan anagami melainkan poligami. Kalo yesus kekna ryu, tuh jempolnya mirip.

Offline Mahadeva

  • Sebelumnya: raynoism
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 602
  • Reputasi: 10
  • Gender: Male
Re: BODHIDHARMA
« Reply #6 on: 30 June 2011, 12:18:48 PM »

pertama sama sama memiliki janggut yang cukup lebat


ha3...

kalo menurut saya, terlalu spekulatif....dan dari ajaran jelas jauh beda kok...

Offline Sostradanie

  • Sebelumnya: sriyeklina
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.375
  • Reputasi: 42
Re: BODHIDHARMA
« Reply #7 on: 30 June 2011, 12:28:05 PM »
Beberapa hari yang lalu saya bersama teman sedang membicarakan tentang mahaguru zhen buddhitsme bodhidharma dalam pembahasan ada yang mengatakan bahwa sesungguhnya maha guru bodhidharma adalah penjelmaan atau manifestasi dari yesus kristus yang sedang menyempurnakan kesucian dan paramithanya kalau kita menelusuri tentang cerita  in india  bahwa yesus pernah belajar agama buddha di india tetapi pengetahuannya masih terbatas akan dharma maka itu dia datang lagi untuk menyempurnakannya makanya kita menemui kesamaan antara maha guru bodhidharma dan   christ :
pertama sama sama memiliki janggut yang cukup lebat
kedua sama sama mampu berjalan diatas air
ketiga sama sama melakukan pertapaan didalam gua, yesus berdoa didalam gua selama 40 hari sedangkan maha guru bodhidharma melakukan pertapaan didalam gua selama 9 tahun lamanya untuk mencapai tingkat arahat
keempat sama sama bangkit dari kematian yesus bangkit dari kematian meninggalkan kain kafan sedangkan maha guru bodhidharma bangkit dari kematian meninggalkan sepatunya yang konon sampai sekarang masih tersimpan dikuil shaolin she
dan masih banyak lagi kesamaannya!!!
dikatakan bahwa sesungguhnya pada saat yesus sedang menjalani perjalanan spiritualnya yesus sudah mencapai tingkat anagami belum mencapai tingkat arahat untuk kedua kalinya dia datang sebagai bodhidharma baru menyempurnakan kesuciannya dan mencapai tingkat arahat
menurut teman teman sedharma bagaimana tentang argument ini mohon jawabannya terima kasih!!! :lotus:
Bukankah anagami itu sudah tidak terlahir sebagai manusia lagi?
PEMUSNAHAN BAIK ADANYA (2019)

Offline sin guang

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 11
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: BODHIDHARMA
« Reply #8 on: 30 June 2011, 12:29:59 PM »
anagami? :o   ....se tahu saya.....org yg mencapai anagami ,setelah kematianya didunia manusia,otomatis terlahir di alam brahma sudhavasa......tidak kembali ke alam manusia.......... :-?

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: BODHIDHARMA
« Reply #9 on: 30 June 2011, 12:47:32 PM »
kek-nya temen-nya satria baru gabung disini deh...
mangsud-nya teman dekat-nya  ^-^ ^-^ ^-^
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline hartz

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 10
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
  • Semua bentukan adalah tidak memuaskan
Re: BODHIDHARMA
« Reply #10 on: 30 June 2011, 12:58:01 PM »
Orang yang sudah mencapai tingkat kesucian Anagami tidak akan terlahir lagi ke dunia ini. Jadi riwayat Yesus dan Bodhidharma tidak berhubungan sama sekali walaupun ada beberapa bagian yang mirip.

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: BODHIDHARMA
« Reply #11 on: 30 June 2011, 02:10:58 PM »
mirip dimirip kan dan kemudian mudah dibelokkan/dipelintirkan dan setelah itu: ini asal-nya dari situ, junk...

bahsa gaoul-nya: othak athik gatuk





salam,
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline hendrako

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.244
  • Reputasi: 60
  • Gender: Male
Re: BODHIDHARMA
« Reply #12 on: 30 June 2011, 02:23:15 PM »
Kambing janggutnya juga lebat.



yaa... gitu deh

Offline sobat-dharma

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.286
  • Reputasi: 45
  • Gender: Male
  • sharing, caring, offering
Re: BODHIDHARMA
« Reply #13 on: 30 June 2011, 02:46:36 PM »
Wah, orang kr****n marah loh denger ini hehehe
Mereka yang melihat-Ku dari wujud dan mengikuti-Ku dari suara terlibat dalam upaya salah. Mereka takkan melihat Aku. Dari Dharma-lah mestinya ia melihat Para Buddha. Dari Dharmakaya datang tuntunan baginya. Namun hakikat sejati Dharma tak terlihat dan tiada seorangpun bisa menyadarinya sebagai obyek

Offline Wolvie

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 805
  • Reputasi: 25
Re: BODHIDHARMA
« Reply #14 on: 30 June 2011, 06:33:24 PM »
Kalau sama, berarti ajaran-nya harus sama...

setuju..

lagian lebay ah, kaya agama satunya lagi tuh segala diklaim, wong fei hung sampe Bhiksu Tong, aya2 wae..

Offline GandalfTheElder

  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.480
  • Reputasi: 75
  • Gender: Male
  • Exactly who we are is just enough (C. Underwood)
Re: BODHIDHARMA
« Reply #15 on: 02 July 2011, 01:44:18 PM »
Wkwkwkw tapi banyak loh orang yang gathuk"an seperti di atas itu... contohnya cek (paman) saya...hahahah bikin spekulasi sendiri soal Bodhidharma dan Yesus.

1. Emg kenapa klo jenggotan? Banyak bhiksu yang punya janggut selain Bodhidharma. Liat tuh bhiksu" Tiongkok banyak yang jenggotan. Lebai ini...

2. Berjalan di atas air? Sang Buddha, Shariputra dan pendeta Mahayana Mpu Baradah juga bisa =_="

3. Berdoa dalam gua? Perasaan banyak juga Mahasiddha Buddhis yang bermeditasi dalam goa, misalnya Naropa. Lagian klo puasa krn meditasi, sang Buddha Shakyamuni kan juga.

4. Bangkit dari kematian? Gak cuman Bodhidharma, Buddha Shakyamuni, Nagarjuna dan Master Chan Puhua serta master" Dzogchen juga bisa.

5. Ak tambahin deh... Yesus kan bisa "naik" (ascension) ke surga. Padmasambhava  dan para Mahasiddha Buddhis juga bisa.

Apakah mereka semua inkarnasi Yesus? kan nggak toh =_=" wew

 _/\_
The Siddha Wanderer
Theravada is my root. This is the body of my practice.... It [Tibetan Buddhism]has given me my Compassion practice. Vajrayana is my thunder, my power. This is the heart of my practice..True wisdom is simple and full of lightness and humor. Zen is my no-self (??). This is the soul of my practice.